Ikuti Kami

Keluarga

Bahaya! Ini Dampak Buruk Anak Menyaksikan KDRT

dampak anak menyaksikan KDRT
gettyimages.com

BincangMuslimah.Com – Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) ternyata juga menyebabkan dampak buruk bagi anak, walaupun tindak KDRT terjadi antar suami istri atau ayah dengan ibu sang anak. Sebelum membahas lebih dalam perihal dampak buruk pada anak yang menyaksikan KDRT, mungkin tidak ada salahnya mengetahui apa, siapa yang berisiko dan bentuk-bentuk KDRT terlebih dahulu. 

Menurut Komnas Perempuan, KDRT adalah kekerasan yang terjadi pada ranah privat atau personal. Biasanya pelaku dengan korban memiliki relasi yang akrab dan dekat. Sering juga ditemukan pelaku punya pertalian darah dengan korban. 

Misalnya saja, kekerasan yang terjadi antara suami dengan istri, kakek dengan cucu, orangtua pada anak atau sebaliknya. Bisa juga kekerasan terjadi pada majikan dengan asisten rumah tangga yang bekerja di dalam rumah tangga tersebut. 

Lantas apa saja bentuk dari KDRT? Mengacu pada Komite Konvensi Penghapusan Segala Bentuk Diskriminasi Pada Perempuan (The Convention on the Elimination of All Forms of Discrimination Against Women/CEDAW) terdapat bentuk kekerasan berbasis gender. 

Artinya, ada kekerasan baik kekerasan fisik, psikis, dan seksual yang terjadi berakar pada perbedaan berbasis gender dan jenis kelamin yang sangat kuat di dalam masyarakat.

AlloFresh x Bincang Muslimah

Bentuk-bentuk KDRT juga bisa diintip di dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (UU PKDRT),  yaitu  meliputi kekerasan fisik (Pasal 6), kekerasan psikis (Pasal 7), kekerasan seksual (Pasal 8), dan penelantaran rumah tangga (Pasal 9).

Pada kasus di lapangan, tindak KDRT ternyata bisa merambat dari istri, lalu ke anak. Dengan kata lain, pelaku yang tidak mendapatkan tindakan yang tepat bisa melakukan kekerasan kepada siapa saja. 

Namun bagaimana jika anak tidak mendapatkan kekerasan, namun terus melihat KDRT yang dilakukan oleh orangtua mereka? 

Dampak Anak Terus Menyaksikan Tindak KDRT Jangka Panjang

Tidak bisa dianggap sepele. Menurut laman Komnas Perempuan, ternyata anak yang menyaksikan kekerasan di dalam rumah secara terus-menerus dapat memberikan dampak sangat serius. Khususnya dalam perkembangan mental dan nilai-nilai yang dianut. 

Pertama, anak akan sulit mengembangkan perasaan damai di dalam hatinya. Selain itu, perkembangan emosi anak menjadi tidak sempurna. Rasa empati dan kasih sayang pun terganggu. 

Anak tidak mendapat contoh bagaimana mencintai atau menyayangi antar sesama manusia. Sepanjang tumbuh kembangnya, anak akan diliputi perasaan sedih, cemas, bingung dan bingung dengan keberadaan dirinya. 

Selain itu, anak tumbuh menjadi orang yang tidak percaya dengan siapa pun. Beberapa situasi di atas tentu saja dapat memengaruhi kualitas hidupnya. Ia juga diprediksi akan kesulitan beradaptasi dalam bersosialisasi. 

Ketika menghadapi konflik atau suatu permasalahan, anak kelak akan bingung. Karena sejak kanak-kanak, ia tidak mendapatkan pengajaran yang baik terkait problem solving. 

Kedua, akibat melihat kekerasan dalam jangka panjang, anak merasa kekerasan adalah jalan yang tepat dalam menyelesaikan masalah. Kekerasan menjadi hal yang wajar dan boleh dilakukan. 

Bukan tidak mungkin, kelak ketika anak tumbuh dewasa lalu berkeluarga, ia masih memegang nilai ini. Bak lingkaran setan, KDRT pun terulang kembali. Mereka yang mendapatkan paparan KDRT melakukan hal serupa pada pasangan, bahkan anaknya. 

Atau sebaliknya, anak yang dahulunya kerap melihat kekerasan antar orangtua, ia bisa menjadi korban kekerasan ketika dewasa. Bukannya melapor, ia merasa tindakan kekerasan yang dialaminya merupakan hal wajar dan pantas diterima. 

Oleh karena itu, mari tingkatkan kesadaran kita untuk menghindari tindak KDRT. Tidak hanya hubungan suami saja yang hancur, anak-anak pun akan menjadi korban.

Kalian bisa kolaborasi buat bantu BincangMuslimah.com terus menyajikan artikel-artikel yang bermanfaat dengan berbelanja minimal 150.000 di Allofresh. Dapatkan rangkaian cashback dengan download aplikasinya disini dan masukan kode AFBS12 saat berbelanja

Rekomendasi

Tetangga Alami KDRT Tetangga Alami KDRT

Tetangga Alami KDRT, Kita Harus Lakukan Ini

https://bincangsyariah.com/khazanah/langkah-mewujudkan-keluarga-sakinah/ https://bincangsyariah.com/khazanah/langkah-mewujudkan-keluarga-sakinah/

Tiga Pilar Pernikahan Menurut Syekh Ahmad Thayyib

kekerasan pada anak kekerasan pada anak

Anak Kerap Jadi Korban Kekerasan dalam Keluarga; Bentuk Ketidakmampuan Orangtua Memproses Emosi

Pembunuhan Empat Anak Jagakarsa Pembunuhan Empat Anak Jagakarsa

Kasus Pembunuhan Empat Anak di Jagakarsa: KDRT Adalah Kejahatan yang Harus Diproses Secara Hukum 

Ditulis oleh

Melayu udik yang berniat jadi abadi. Pernah berkuliah di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, jurusan Jurnalistik (2014), aktif di LPM Institut (2017), dan Reporter Watchdoc (2019). Baca juga karya Aisyah lainnya di Wattpad @Desstre dan Blog pribadi https://tulisanaisyahnursyamsi.blogspot.com

Komentari

Komentari

Terbaru

amalan meringankan sakaratul maut amalan meringankan sakaratul maut

Amalan untuk Meringankan Penderitaan Sakaratul Maut

Ibadah

Frugal living Rasulullah Frugal living Rasulullah

Frugal Living ala Rasulullah

Khazanah

Memberi nama baik bayi Memberi nama baik bayi

Mengapa Disunnahkan Memberi Nama yang Baik untuk Bayi?

Ibadah

Perbedaan lelaki perempuan shalat, Membangunkan Shalat malam Perbedaan lelaki perempuan shalat, Membangunkan Shalat malam

Lima Perbedaan Lelaki dan Perempuan dalam Shalat

Ibadah

krisis lingkungan krisis lingkungan

Aktivis Lingkungan Berbasis Agama Serukan Pemerintah Serius Atasi Krisis Lingkungan

Berita

perempuan tulang rusuk laki-laki perempuan tulang rusuk laki-laki

Tafsir An-Nisa Ayat 1; Benarkah Perempuan Berasal dari Tulang Rusuk Laki-laki?

Kajian

Hukum dan Hikmah Membersihkan Rambut Kemaluan Bagi Perempuan

Ibadah

nyai hamdanah sejarah islam nyai hamdanah sejarah islam

Nyai Hamdanah, Tokoh Perempuan yang Turut Andil dalam Sejarah Islam Nusantara

Khazanah

Trending

istihadhah shalat sunah fardhu istihadhah shalat sunah fardhu

Bolehkah Perempuan Istihadhah Shalat Sunah dengan Wudhu Shalat Fardhu?

Ibadah

perempuan tulang rusuk laki-laki perempuan tulang rusuk laki-laki

Tafsir An-Nisa Ayat 1; Benarkah Perempuan Berasal dari Tulang Rusuk Laki-laki?

Kajian

diperhatikan Memilih pasangan hidup diperhatikan Memilih pasangan hidup

Tafsir Al-Baqarah Ayat 221: Hal yang Harus Diperhatikan saat Memilih Pasangan Hidup

Kajian

Memberi nama baik bayi Memberi nama baik bayi

Mengapa Disunnahkan Memberi Nama yang Baik untuk Bayi?

Ibadah

angin vagina membatalkan wudhu angin vagina membatalkan wudhu

Apakah Angin yang Keluar dari Vagina Dapat Membatalkan Wudhu?

Ibadah

doa menjelang persalinan rasulullah doa menjelang persalinan rasulullah

Doa Menjelang Persalinan dari Rasulullah untuk Fatimah

Ibadah

Makna aurat buya syakur Makna aurat buya syakur

Empat Makna Aurat Menurut Buya Syakur Yasin

Kajian

Masa iddah perempuan hamil Masa iddah perempuan hamil

Masa Iddah Perempuan Hamil yang Cerai Kemudian Keguguran

Kajian

Connect