Ikuti Kami

Subscribe

Muslimah Daily

Cerita Para Selebgram Muslimah yang Inspiratif

BincangMuslimah.Com – Ambisi Indonesia ingin menjadi negara pusat fashion muslim dunia perlu diapresiasi. Dalam dunia fashion, keberadaan model sangat diperlukan. Kini, kita tak perlu mengacu pada televisi untuk menemukan model atau public figure mana yang akan kita ikuti gaya berbusananya. Media sosial memudahkan semua. Keadaan ini melahirkan banyak Selebriti Instagram (Selebgram) atau influencer di Instagram.

Selebgram muslimah menjamur di mana-mana. Para selebgram tersebut menjadi acuan netizen dalam memadukan gaya berbusana, make up, dan gaya hidup. Kemudahan dalam berkomunikasi menjadi kunci bagi para selebgram muslimah. Interaksi sosial yang ada di media sosial terjadi dalam dua arah. Pengikut dan yang diikuti bisa saling berdiskusi, tidak seperti para artis atau model di televisi yang tidak mungkin dikenali secara langsung.

Beberapa selebgram tak hanya membagikan gaya berbusana dan gaya hidup. Ada banyak hal yang juga dibagikan mereka dan berguna bagi banyak orang. Berikut ini adalah lima contoh selebgram muslimah yang inspiratif:

1. Dwi Handayani Syah Putri.

Uwik, begitu ia biasa dipanggil, adalah perempuan asal Medan yang punya pembawaan sangat positif. Selain gaya berbusananya yang kalem, apa yang disukai netizen dari Uwik adalah pribadinya yang lucu (baca: suka melawak). Ibu dari Freya Kayonna Humaira ini juga selalu membagikan konten positif dalam postingannya di media sosial terutama Instagram dan Twitter. Tiap kali hate speech dilontarkan netizen padanya, ia akan membagikan pada para pengikutnya dan membahas bagaimana menghadapi hal tersebut.

Hal-hal positif dan yang ia alami dalam hidup dituangkannya ke dalam buku berjudul Hatimu Aku Hidupku Kamu (Penerbit Galaxy, 2020). Ia menandai tulisan-tulisannya dalam hashtag #TulisanUwik. Uwik pantas diikuti di media sosial bukan hanya karena gaya berbusana dan gaya hidup, tapi juga karena konten-konten positif yang menginspirasi banyak orang. Tak heran, pada tahun 2016 ia dinobatkan sebagai 100 Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia versi BBC.

2. Gita Savitri.

Gita lebih aktif di Youtube ketimbang Instagram. Gita memang mengawali karirnya sebagai Youtuber dengan membuat channel Youtube Gita Savitri dengan membuat konten-konten positif dengan tema kesetaraan gender, kemanusiaan, hak asasi manusia, Islam yang toleran, dan isu-isu hangat kekinian yang dikemas dengan cara pandang yang jernih. Gita berkuliah di Jerman dengan mengambil jurusan Kimia. Ia kini menjadi influencer muslimah yang banyak digemari perempuan muda dan video-videonya menjadi rujukan dalam berpikir kritis dan bersikap toleran.

3. Helmi Nursifah.

Mojang Bandung satu ini punya gaya berbusana sederhana yang sangat bisa dijadikan sebagai referensi para perempuan kalem. Ia kerap memilih warna-warna earth tone. Amy, begitu ia biasa disapa, adalah salah satu selebgram kalem yang jarang mengumbar masalahnya di media sosial. Setiap harinya, ia terlihat tenang dalam menjalani hidup dan sangat enjoy. Wah, netizen sangat bisa mencontek ke-selow-annya nih!

4. Natasha Rizky Pradita.

Siapa yang tak kenal Aca? Istri dari Deddy Mahenda Desta (Desta Club 80’s) ini adalah salah satu artis yang kini lebih dikenal sebagai selebgram. Aca gemar menulis dan sangat menyukai kebudayaan populer Korea. Satu hal yang sangat bisa dicontoh dari Aca adalah kemampuannya mengaktualisasikan diri dalam pekerjaan sembari mengurusi tiga buah hatinya. Meski kelelahan tergurat di wajahnya, Aca tetap semangat menghadapi hari-hari dengan ceria. Keceriaan inilah yang membuatnya sangat disayang netizen.

5. Tasya Farasya.

Kita tak bisa menafikan make up saat membahas soal fashion. Sebab, fashion tak akan lengkap tanpa make up dan stylist. Beruntung, Indonesia punya Tasya Farasya. Perempuan berdarah Arab ini selalu update soal make up di Instagram dan Youtube. Selain tetek-bengek make up, ia juga membangun narasi bahaya make up palsu, skincare abal-abal serta perawatan gigi yang membahayakan.

Sebagai orang yang pernah menjadi mahasiswa Kedokteran Gigi, Tasya merasa punya tanggungjawab besar untuk menyampaikan pada masyarakat tentang bagaimana cara merawat gigi yang benar dan persoalan kesehatan lain yang seharusnya diserahkan kepada dokter tapi disalahgunakan beberapa oknum untuk meraup keuntungan. Semoga muncul lebih banyak influencer seperti Tasya yang bertekad mengedukasi masyarakat tentang kesehatan tubuh.

Lima influencer muslimah yang telah disebutkan adalah bukti bahwa perempuan bisa melakukan apa pun dalam hidup, sesuai bakat, kemampuan, dan cita-citanya. Tidak ada yang tidak mungkin. Media sosial sangat membantu kita dalam melakukan apa pun. Tapi ingat, jadikanlah media sosial untuk mencerap hal-hal positif, jangan malah seharian penuh bermain media sosial dan tak mengerjakan kegiatan apa pun di dunia nyata.

Rekomendasi

Dwi Handayani: Berkarya dengan Menularkan Positive Vibes di Instagram

Ayu Alfiah Jonas
Ditulis oleh

Tim Redaksi Bincang Muslimah

Komentari

Komentari

Terbaru

islam perempuan bekerja publik islam perempuan bekerja publik

Pandangan Islam Tentang Perempuan yang Bekerja di Ruang Publik

Kajian

anjuran menjadi morning person anjuran menjadi morning person

Anjuran Menjadi Morning Person dalam Islam

Kajian

menjalani hidup konsep mindfullnes menjalani hidup konsep mindfullnes

Menjalani Hidup dengan Konsep Mindfullnes; Kumpulan Nasihat dari Ibnu ‘Athaillah as-Sakandari

Khazanah

al-Mulk meringankan siksa kubur al-Mulk meringankan siksa kubur

Faidah Surat al-Mulk; Meringankan Siksa Kubur

Kajian

islam rama perempuan ceria islam rama perempuan ceria

Islam Ajarkan Untuk Bersikap Ramah dan Menyambut Perempuan dengan Ceria

Muslimah Talk

islam menghapus diskriminasi perempuan islam menghapus diskriminasi perempuan

Kehadiran Islam Menghapus Tradisi Diskriminasi Pada Perempuan

Muslimah Talk

masjid dhirar tempat ibadah masjid dhirar tempat ibadah

Masjid Dhirar dan Tragedi Perusakan Tempat Ibadah

Khazanah

perempuan bela diri senjata perempuan bela diri senjata

Perempuan Perlu Mahir Ilmu Bela Diri Bahkan Memiliki Senjata

Muslimah Talk

Trending

tuna netra waktu shalat tuna netra waktu shalat

Cara Penyandang Tuna Netra dalam Memperkirakan Waktu Shalat

Ibadah

sufi tasawuf rabi'ah al-adawiyah sufi tasawuf rabi'ah al-adawiyah

Tasawuf Cinta Murni Sufi Rabi’ah al-Adawiyah

Diari

nafkah keluarga ditanggung bersama nafkah keluarga ditanggung bersama

Nafkah Keluarga Boleh Ditanggung Bersama-Sama

Kajian

Pengakuan Korban Kekerasan Seksual Diakui dalam Islam

Video

fenomena adopsi spirit doll fenomena adopsi spirit doll

Fenomena Adopsi Spirit Doll dan Pandangan Islam Terhadapnya

Berita

mandi jumat sunnah shalat mandi jumat sunnah shalat

Apakah Mandi Hari Jumat Hanya Sunnah untuk yang Melaksanakan Shalat Jumat?

Kajian

darah istihadhah hentakan setan darah istihadhah hentakan setan

Benarkah Darah Istihadhah Berasal dari Hentakan Setan?

Kajian

ayah cinta anak perempuan ayah cinta anak perempuan

Ayah Perlu Menunjukkan Rasa Cinta dan Keceriaan pada Anak Perempuan

Keluarga

Connect