Ikuti Kami

Khazanah

Tujuh Lagu Religi Tentang Ramadhan

Lagu Religi Tentang Ramadhan
Source: gettyimages.com

BincangMuslimah.Com – Bulan Ramadhan adalah tamu agung bagi umat muslim. Menyambut hadirnya memang perlu akan kesiapan mental dan spiritual. Karena di dalamnya kita akan dihujani oleh kenikmatan ukhrawi, bersamaan dengan harus melalui ujian duniawi. 

Perasaan gembira dalam menyambut Ramadhan ini hendaknya terpatri pada diri setiap muslim. Umat muslim yang tidak ada secercah kebahagiaan dalam hatinya mendengar datangnya Ramadhan patut untuk merasa khawatir. Sebagaimana anjuran bergembira akan tibanya bulan suci Ramadhan sudah disabdakan oleh Nabi Muhammad Saw.:

قَدْ آتَاكُمْ رَمَضَانُ سَيِّدُ الشُّهُوْرِ فَمَرْحَبًا بِهِ وَاَهْلاً جَاءَ شَهْرُ الصِّيَامِ بِبَرَكَاتٍ فَأكْرِمْ بِهِ

Artinya: “Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, penghulu segala bulan. Maka hendaklah engkau mengucapkan selamat datang kepadanya. Telah datang bulan puasa dengan segenap berkah di dalamnya maka hendaklah engkau memuliakannya.”  

Datangnya bulan Ramadhan banyak disambut oleh masyarakat dengan tradisi yang berbeda di masing-masing daerah. Mulai dari ritual ziarah makam, pawai obor, berbagi makanan, dzikir bersama, dan banyak lainnya.

Di era digital ini, aktivitas dunia maya juga kerap kali ramai dengan unggahan persiapan Ramadhan. Tak jarang mereka menikmati lagu bernuansa religi tentang Ramadhan dari para musisi. Menariknya, mereka juga mengkompilasi kegiatan persiapan ramadhan dengan lagu-lagu tersebut agar lebih menarik untuk dibagikan.

Berikut beberapa rekomendasi lagu islami tentang ramadhan yang bisa menjadi referensi dalam menyemarakkan hadirnya bulan ramadhan.

  • Ramadhan Tiba – Opick

Lagu ini banyak membawa pesan dakwah terutama edukasi tentang bulan ramadhan dan hingga ajakan untuk amar ma’ruf nahi munkar. Aransemen lagu yang ceria juga membawa lagu ini pada vibes ramadhan yang damai dan suka cita. Sampai sekarang lagu ini masih menjadi salah satu lagu legend menyambut ramadhan. Lagu karya Opick ini rilis pada tahun 2008 dan masih banyak diputar hingga sekarang. 

  • Ramadhan Penuh Cinta – Budi Doremi
Baca Juga:  Ramadan di Negeri Seribu Menara

Lagu ini berisi tentang rasa syukur dan bahagia karena masih diberikan kesempatan untuk bertemu bulan suci ramadhan. Video klipnya pun merepresentasikan perasaan gembira ketika berkumpul keluarga dan teman dalam bingkai bulan suci ramadhan. Sang penyayi, Budi Doremi seakan membawa pendengar pada suasana gembira ramadhan dalam aransemen lagu dan liriknya. Usia lagu ini pun terhitung new born karena rilis pada bulan Februari 2024 kemarin.

  • Ramadhan – Maher Zain 

 Lagu ini tak pernah absen diputar menjelang ramadhan karena mewakili kecintaan penuh kita terhadap Ramadhan. Di dalamnya tersirat makna yang mewakili banyak insan agar ramadhan tidak bergegas pergi. Saking populernya, lagu ini diterjemahkan dalam tiga bahasa, yakni Arab, Inggris, dan Melayu/Indonesia. Lagu yang rilis pada tahun 2013 ini memiliki sentuhan musik yang menenangkan. Dibawakan pula oleh Maher Zain sebagai salah satu figur atau idola bagi dunia musik Islam modern era sekarang.

  • Marhaban Ya Ramadhan – Haddad Alwi

Lagu ini dibawakan duet oleh penyanyi islami legend Indonesia yakni Haddad Alwi dan Anti. Meski rilis pada tahun 2013 silam, lagu ini seakan tidak lekang oleh zaman.  Tidak hanya musiknya yang menularkan kegembiraan, isi lagu tersebut membawa pesan Islam yang damai dan menarik para pendengarnya untuk menyambut suka cita bulan suci ramadhan. Lirik lagu yang berulang membuat lagu ini dapat diterima di semua kalangan terutama anak-anak. Tak ayal lagu ini sering menghiasi perayaan menyambut bulan ramadhan.

  • Ya Maulana – Opick

Lagu ini memuat pujian kepada Allah swt dan mengarah pada permohonan ridho serta ampunan-Nya di dunia.  Pesan dalam lagu ini memang tidak spesifik mengarah pada ramadhan. Namun lagu ini memiliki kesejukan tersendiri bagi pendengarnya dan cocok dengan suasana ramadhan sebagai ladang ibadah. 

Baca Juga:  Kisah Teladan Nabi Isa dalam Menahan Amarah

Lagu yang sering diputar untuk menyambut ramadhan maupun idul fitri ini rilis pada tahun 2013. Dibawakan oleh salah seorang penyanyi islami legenda di Indonesia yaitu Aunur Rofiq Lil Firdaus atau yang masyhur dengan panggilan Opick. 

  • Ramadhan Datang – Tompi

Lagu karya Tompi ini rilis pada tahun 2010 silam. Dikemas dengan melodi yang ceria dan persuasif mengajak masyarakat menyemarakkan bulan suci ramadhan. Dalam liriknya tersirat ajakan untuk memaksimalkan ibadah dalam bulan ramadhani mulai dari berpuasa, tarawih, berzakat, hingga meraih kemenangan. Tak heran, lagu ini disebut menjadi salah satu lagu religi Tompi yang sukses pada album religinya Soulful Ramadhan.

  • Romadhonu Tajalla –  Khadijah

Qasidah arab ini memiliki makna dan gramatika bahasa yang indah. Melodinya yang tenang juga membuat lagu ini mereprentasikan sejuk dan damainya bulan ramadhan.

Di Indonesia, lagu ini dipopulerkan oleh Ai Khadijah dan juga telah di cover oleh banyak penyanyi Arab. Meski rilis pada dua tahun silam, lagu ini masih menjadi pilihan masyarakat untuk menemani kegiatan ramadhannya.

Demikian tujuh lagu tentang Ramadhan yang bisa diputar untuk menemani sela-sela aktivitas berpuasa.

Rekomendasi

memelihara semangat setelah ramadhan memelihara semangat setelah ramadhan

Tips Memelihara Semangat Ibadah Setelah Ramadhan

keutamaan sedekah bulan ramadhan keutamaan sedekah bulan ramadhan

Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan

Niat puasa malam hari Niat puasa malam hari

Mengapa Niat Puasa Boleh Dilakukan sejak Malam Hari?

keberkahan orang makan sahur keberkahan orang makan sahur

Keberkahan untuk Orang Makan Sahur

Ditulis oleh

Mahasiwi Fakultas Dirasat Islamiyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Mahasantriwati Pesantren Luhur Sabilussalam.

3 Komentar

3 Comments

Komentari

Terbaru

meletakkan al-Qur'an di lantai, Mengenal Hermeneutika Feminisme: Metode Penafsiran Al-Qur’an Berbasis Feminisme meletakkan al-Qur'an di lantai, Mengenal Hermeneutika Feminisme: Metode Penafsiran Al-Qur’an Berbasis Feminisme

Langkah-langkah dalam Memahami Alquran

Ibadah

Hukum Mengonsumsi Obat Penunda Haid saat Haji Hukum Mengonsumsi Obat Penunda Haid saat Haji

Hukum Mengonsumsi Obat Penunda Haid saat Haji

Kajian

denda larangan haji denda larangan haji

Denda yang Harus Dibayar saat Melanggar Larangan Haji

Ibadah

Tiga macam ibadah haji Tiga macam ibadah haji

Tiga Macam Ibadah Haji, Apa Saja?

Kajian

Puasa Dzulhijjah Qadha Ramadhan Puasa Dzulhijjah Qadha Ramadhan

Niat Menggabungkan Puasa Dzulhijjah dengan Qadha Ramadhan

Ibadah

fomo media sosial islam fomo media sosial islam

Upaya Menghindari Fomo dalam Kacamata Islam

Muslimah Talk

puasa syawal senilai setahun Niat Puasa Dzulhijjah puasa syawal senilai setahun Niat Puasa Dzulhijjah

Niat Puasa Dzulhijjah Lengkap dengan Latin dan Artinya

Ibadah

Hukum Menjual Kulit Sapi Kurban Hukum Menjual Kulit Sapi Kurban

Hukum Menjual Kulit Sapi Kurban

Kajian

Trending

Empat Karakteristik Kebudayaan Islam yang Dibawa Rasulullah

Kajian

Sayyidah Aisyah Sayyidah Aisyah

Belajar dari Fitnah yang Menimpa Sayyidah Aisyah  

Muslimah Daily

Makna Tawakkal atau Berserah Diri kepada Allah

Ibadah

butet manurung model barbie butet manurung model barbie

Butet Manurung, Dari Sokola Rimba Hingga Global Role Model Barbie

Diari

Kesalehan dan Domestikasi Perempuan Kesalehan dan Domestikasi Perempuan

Halal Lifestyle; Tawaran Gaya Hidup untuk Muslim Perkotaan

Muslimah Talk

Shafiyyah huyay istri nabi Shafiyyah huyay istri nabi

Shafiyyah binti Huyay, Perempuan Yahudi yang Masuk Islam dan Jadi Istri Nabi

Khazanah

18 Rukun yang Wajib Dipenuhi dalam Shalat

Ibadah

Resensi Buku Feminisme Muslim di Indonesia

Diari

Connect