Ikuti Kami

Kajian

Pandangan Islam Tentang Hukuman Mati

pandangan islam hukuman mati
Source: Gettyimages.com

BincangMuslimah.Com – Bagaimana pandangan Islam tentang hukuman mati? Isu hukuman mati tengah hangat dibicarakan belakangan ini. Hal itu tidak terlepas dari kasus pembunuhan berencana yang dilakukan oleh Ferdy Sambo cs, terhadap Brigadir Josua, asistennya sendiri. Hakim PN Jakarta Selatan pun menjatuhkan hukuman mati kepada terdakwa, Ferdy Sambo pada Senin [13/2].

Hakim Vonis Hukuman Mati Pada Terdakwa Ferdy Sambo

Dalam sidang pembacaan vonis di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), hakim memvonis terdakwa FS setelah dinyatakan bersalah secara meyakinkan atas tindak pidana penyertaan pembunuhan berencana.

“Terdakwa Ferdy Sambo S.H. S.I.K. M.H secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana pembunuhan berencana dan tanpa hak melakukan tindakan bersama yang mengakibatkan tidak berfungsinya sistem elektronik.Oleh karena itu terdakwa layak dijatuhi hukuman mati,” ujar Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (13/2).

Kondisi di ruang sidang pun tak terlepas dari sorotan media, nampak masyarakat menyambut putusan itu dengan sorak meriah penuh kepuasan.

Dakwaan yang Ditujukan Pada Ferdy Sambo

Ketua Mahkamah Agung Wahyu Iman Santoso membacakan dakwaan terhadap Ferdy antara lain: perbuatan (pembunuhan) dilakukan terhadap asistennya sendiri, perbuatan menimbulkan luka yang dalam bagi keluarga Joshua, perbuatan  menimbulkan keresahan dan kegaduhan bagi masyarakat luas.

Majelis hakim juga menilai perbuatan Ferdy  sebagai oknum polisi dan pejabat tinggi polri, atau Kadiv Propam Polri, menodai institusi Polri di mata publik Indonesia dan dunia internasional.

Lebih lanjut, menurut majelis hakim, selama di persidangan FS sendiri bingung dan tidak mengakui perbuatannya saat bersaksi di persidangan. Oleh karenanya hakim berpendapat bahwa tidak ada lagi yang dapat meringankan hukuman FS tersebut.

Pandangan Islam Terkait Hukuman Mati

Apabila dilihat dari sudut pandang Islam, hukuman mati memang sudah dipraktekkan sejak lama. Bagi pelaku yang menerima hukuman mati umumnya terkait kasus kejahatan pembunuhan.

Baca Juga:  Tidak Mampu Menafkahi Istri, Apakah Kewajiban Suami Menafkahi Istri Gugur?

Pidana semacam ini dalam hukum Islam disebut dengan qisas. Selain pembunuhan, beberapa kejahatan lainnya yang dikategorikan sebagai fasad fil ardh atau perbuatan pengrusakan di muka bumi. Maka dalam hal ini pula ada beragam interpretasi, contohnya seperti pengkhianatan, pemerkosaan, zina, perilaku homoseksual, atau hal-hal yang bersifat murtad.

Allah SWT menjelaskan dalam Al-Quran terkait hukuman mati tepatnya dalam QS. Al-Baqarah ayat 178:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الْقِصَاصُ فِى الْقَتْلٰىۗ اَلْحُرُّ بِالْحُرِّ وَالْعَبْدُ بِالْعَبْدِ وَالْاُنْثٰى بِالْاُنْثٰىۗ فَمَنْ عُفِيَ لَهٗ مِنْ اَخِيْهِ شَيْءٌ فَاتِّبَاعٌ ۢبِالْمَعْرُوْفِ وَاَدَاۤءٌ اِلَيْهِ بِاِحْسَانٍ ۗ ذٰلِكَ تَخْفِيْفٌ مِّنْ رَّبِّكُمْ وَرَحْمَةٌ ۗفَمَنِ اعْتَدٰى بَعْدَ ذٰلِكَ فَلَهٗ عَذَابٌ اَلِيْمٌ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu qishash berkenaan dengan orang-orang yang dibunuh; orang merdeka dengan orang merdeka, hamba dengan hamba, dan wanita dengan wanita.

Maka barangsiapa yang mendapat suatu pemaafan dari saudaranya, hendaklah (yang memaafkan) mengikuti dengan cara yang baik, dan hendaklah (yang diberi maaf) membayar (diat) kepada yang memberi maaf dengan cara yang baik (pula). Yang demikian itu adalah suatu keringanan dari Tuhan kamu dan suatu rahmat. Barangsiapa yang melampaui batas sesudah itu, maka baginya siksa yang sangat pedih.”

Meskipun di dalam Islam memang memberlakukan hukuman mati, tapi bukan berarti ini tidak memiliki batasan. Sama halnya dengan hukum yang berlaku pada umumnya, dalam Islam pun permasalahan pidana seperti ini juga memiliki asas keadilan, kepastian hukum, dan kemanfaatan.

Di mana mereka yang memberikan hukuman sudah sepantasnya untuk juga mempertimbangkan asas kemanfaatan, baik dari orang yang dijatuhi hukuman dan masyarakat luas.

Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Isra ayat 33:

وَلَا تَقْتُلُوا النَّفْسَ الَّتِيْ حَرَّمَ اللّٰهُ اِلَّا بِالْحَقِّۗ وَمَنْ قُتِلَ مَظْلُوْمًا فَقَدْ جَعَلْنَا لِوَلِيِّهٖ سُلْطٰنًا فَلَا يُسْرِفْ فِّى الْقَتْلِۗ اِنَّهٗ كَانَ مَنْصُوْرًا

Baca Juga:  Islam Mengakui Eksistensi Perempuan Sebagai Bagian dari Peradaban

“Dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya), melainkan dengan suatu (alasan) yang benar. Dan barangsiapa dibunuh secara zalim, maka sesungguhnya Kami telah memberi kekuasaan kepada ahli warisnya, tetapi janganlah ahli waris itu melampaui batas dalam membunuh. Sesungguhnya ia adalah orang yang mendapat pertolongan.”

Hasil Bahtsul Masail Muktamar NU Terkait Hukuman Mati

Dalam Komisi Bahtsul Masail Diniyah Maudluiyah pada Muktamar ke-33 NU di Jombang, Jawa Timur beberapa tahun yang lalu pernah membahas terkait pidana mati yang seringkali dikaitkan dengan hak asasi manusia (HAM) dan  Islam.

Syariat Islam menerangkan hukuman mati termasuk dalam kategori qishash. Komisi yang diketuai KH Afifuddin Muhajir menyatakan bahwa  hukuman mati  diterapkan untuk  kejahatan berat tertentu (seperti pembunuhan).

Penerapan hukuman mati sendiri merupakan bukti keseriusan syariat Islam untuk menghapuskan kejahatan berat (seperti pembunuhan) yang telah menjadi bencana

kemanusiaan. Hukuman dianggap tepat dan merupakan pelajaran yang paling efektif untuk mencegah orang lain melakukan hal yang sama. Terkait penjatuhan hukuman mati sendiri dapat dijatuhkan ketika ada beberapa hal, diantaranya yakni:

  1. Memberantas tuntas kejahatan yang tidak dapat diberantas dengan hukuman yang lebih ringan.
  2. Orang lain akan terkendali untuk tidak melakukannya karena mereka tidak akan mau dihukum mati.
  3. Melindungi orang banyak dari tindak kejahatan itu.

Berdasarkan ketentuan hukum pidana mati tersebut maka dianggap bahwa pidana mati tidak dapat diakui sebagai pelanggaran hak asasi manusia. Sebaliknya, hukuman itu justru bertujuan untuk menghilangkan pelanggaran hak asasi manusia, melindungi hak hidup orang banyak. Posisi ini didasarkan pada dalil Al-Qur’an, as-sunnah dan pendapat para ulama  dalam berbagai literatur.

*Tulisan ini pernah diterbitkan di Bincangsyariah.com

Rekomendasi

Sejarah Pensyariatan Azan Pertama Sejarah Pensyariatan Azan Pertama

Sejarah Pensyariatan Azan Pertama Kali

terapi seft gangguan emosi terapi seft gangguan emosi

Terapi SEFT (Spiritual Emotional Freedom Technical) untuk Mengatasi Gangguan Emosi Sesuai Nilai Islam

poligami bagian tradisi islam poligami bagian tradisi islam

Benarkah Poligami Adalah Bagian dari Tradisi Islam?

Islam Ajarkan Bersikap Ramah dan Sambut Perempuan dengan Ceria Islam Ajarkan Bersikap Ramah dan Sambut Perempuan dengan Ceria

Islam Ajarkan Bersikap Ramah dan Sambut Perempuan dengan Ceria

Ditulis oleh

Redaksi bincangmuslimah.com

1 Komentar

1 Comment

Komentari

Terbaru

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

memelihara semangat setelah ramadhan memelihara semangat setelah ramadhan

Tips Memelihara Semangat Ibadah Setelah Ramadhan

Muslimah Talk

golongan manusia kedudukan terbaik golongan manusia kedudukan terbaik

Golongan Manusia yang Mendapatkan Kedudukan Terbaik di Sisi Allah

Kajian

kisah puasa sayyidah maryam kisah puasa sayyidah maryam

Memetik Hikmah dari Kisah Puasa Sayyidah Maryam dalam Alquran

Khazanah

Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan

Pendapat Para Ulama tentang Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan

Kajian

Makna Pentingnya Zakat Fitrah Makna Pentingnya Zakat Fitrah

Makna dan Pentingnya Zakat Fitrah

Kajian

perempuan haid mengikuti takbiran perempuan haid mengikuti takbiran

Hukum Perempuan Haid Mengikuti Takbiran di Hari Raya

Kajian

zakat fitrah anak rantau zakat fitrah anak rantau

Zakat Fitrah bagi Anak Rantau

Kajian

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

Mengapa Masih Ada Maksiat di Bulan Ramadhan Padahal Setan Dibelenggu?

Kajian

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

Connect