BincangMuslimah.Com – Kehidupan pasangan suami istri adakalanya tak langgeng sampai usia renta. Adakalanya keduanya berpisah karena cerai, atau berpisah karena salah satunya meninggal. Tapi karena hidup terus berlanjut, sebagian yang ditinggalkan oleh pasangan memilih untuk menikah lagi. Sebagian dari mereka terkadang masing-masing memiliki anak dari pasangan sebelumnya. Apakah anak tiri dengan orang tua tiri menjadi mahram setelah masing-masing orang tuanya menikah?
Dalam Islam, keterangan mahram disebutkan dalam surat an-Nisa ayat 23,
حُرِّمَتْ عَلَيْكُمْ اُمَّهٰتُكُمْ وَبَنٰتُكُمْ وَاَخَوٰتُكُمْ وَعَمّٰتُكُمْ وَخٰلٰتُكُمْ وَبَنٰتُ الْاَخِ وَبَنٰتُ الْاُخْتِ وَاُمَّهٰتُكُمُ الّٰتِيْٓ اَرْضَعْنَكُمْ وَاَخَوٰتُكُمْ مِّنَ الرَّضَاعَةِ وَاُمَّهٰتُ نِسَاۤىِٕكُمْ وَرَبَاۤىِٕبُكُمُ الّٰتِيْ فِيْ حُجُوْرِكُمْ مِّنْ نِّسَاۤىِٕكُمُ الّٰتِيْ دَخَلْتُمْ بِهِنَّۖ فَاِنْ لَّمْ تَكُوْنُوْا دَخَلْتُمْ بِهِنَّ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ
Artinya: Diharamkan atas kamu (menikahi) ibu-ibumu, anak-anakmu yang perempuan, saudara-saudaramu yang perempuan, saudara-saudara ayahmu yang perempuan, saudara-saudara ibumu yang perempuan, anak-anak perempuan dari saudara-saudaramu yang laki-laki, anak-anak perempuan dari saudara-saudaramu yang perempuan, ibu-ibumu yang menyusui kamu, saudara-saudara perempuanmu sesusuan, ibu-ibu istrimu (mertua), anak-anak perempuan dari istrimu (anak tiri) yang dalam pemeliharaanmu dari istri yang telah kamu campuri, tetapi jika kamu belum campur dengan istrimu itu (dan sudah kamu ceraikan), maka tidak berdosa kamu (menikahinya).
Dalam ayat tersebut, di antara yang menjadi mahram adalah anak tiri dari pasangan yang telah dipergauli. Misal, seorang perempuan janda dan telah memiliki anak perempuan menikah dengan seorang laki-laki, kemudian mereka melakukan hubungan seksual, maka anak perempuan dari perempuan tersebut menjadi mahram bagi suaminya. Dan hukum tersebut berlaku selamanya, sekalipun keduanya suatu saat bercerai.
Begitu juga sebaliknya, status anak laki-laki menjadi mahram bagi ibu tirinya yang menikahi ayahnya jika kedua orang tua telah melakukan hubungan seksual. Apabila belum melakukan hubungan seksual, maka statusnya masih non-mahram.
Demikian Islam telah mengatur hubungan mahram sedetail mungkin agar menjadi panduan dan pedoman hidup manusia. Pengaturan mahram diberlakukan karena tradisi masa jahiliyah sembarangan melakukan pernikahan dengan siapapun, maka itulah diberlakukan mahram dan non mahram. Wallahu a’lam.