Ikuti Kami

Subscribe

Muslimah Daily

Tips Memilih Kosmetik dan Skincare Aman Bagi Muslimah

Skincare Aman bagi Muslimah

BincangMuslimah.Com – Kosmetik dan skincare adalah dua kebutuhan yang tidak bisa jauh dari muslimah. Sebagai muslimah tentu kita harus pandai dalam merawat badan sebagai bentuk atas rasa syukur kita pada sang pencipta. Saat ini banyak sekali beredar produk kosmetik dan skincare di pasaran. Mereka semakin mudah ditemukan semenjak menjamurnya metode online shopping. Namun, hal tersebut juga membuat banyaknya peredaran produk palsu atau abal-abal. Sebagai muslimah yang bijak tentu kita harus memilih kosmetik dan skincare yang aman untuk kita gunakan.

Berikut ada beberapa tips yang bisa dilakukan dalam memilih produk kosmetik dan skincare aman bagi muslimah. Pertama, kita harus mengecek kemasan produk. Dalam kemasan produk terdapat beberapa informasi yang sangat penting bagi kita seperti, izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Jika BPOM Sudah mengeluarkan Nomor Izin Edar (NIE) maka sudah bisa dipastikan bahan-bahan dalam produk tersebut aman digunakan.

Namun, untuk lebih memastikannya kita perlu mengecek pada lama BPOM, apakah memang produk tersebut benar-benar sudah terdaftar atau hanya akal-akalan pedagang naka saja. Cara mengeceknya kita bisa mengunjungi laman BPOM di https://cekbpom.pom.go.id/ lalu masukan nomor registrasi POM yang tertera. Jika hasilnya muncul maka produk tersebut aman digunakan, begitu sebaliknya.

Informasi selanjutnya tentu terkait label halal. Sama seperti izin BPOM, nomor sertifikat halal ini sangatlah penting. Melalui UU No. 34 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal setiap produk yang beredar di Indonesia wajib bersertifikat halal, termasuk kosmetik dan skincare. Kosmetik dan skincare tersebut harus diuji dalam laboratorium apakah kandungannya terbebas dari unsur produk haram lalu baru bisa dikeluarkan sertifikat halal oleh MUI. Nah, untuk mengecek kebenaran produk tersebut sudah bersertifikat halal bisa mengunjungi laman LPPOM MUI, https://www.halalmui.org/mui14/ .

Kedua, membeli produk hanya di toko terpercaya. Semakin mudahnya peredaran produk maka semakin banyak pula yang menjualnya. Namun, untuk memastikan bahwa produk yang dijual asli maka sebaiknya kita pergi ke toko resmi (official store) dari produk tersebut, pun bisa melalui online.

Ketiga, memahami jenis kulit kita agar dapat menyesuaikan dengan produk kosmetik dan skincare yang cocok. Diketahui ada beberapa jenis kulit wajah antara lain, kulit normal, kulit kering, kulit berminyak, dan kulit sensitif. Berbeda jenis kulit berbeda pula kandungan yang dibutuhkan jadi tentu kita harus tahu apa jenis kulit wajah kita. Untuk mengetahuinya banyak ulasan di internet yang membahas hal tersebut atau jika ingin lebih akurat bisa periksakan langsung ke dokter. Karena berbeda jenis kulit maka berbeda pula perawatannya, jangan sampai kita memakai produk malah membuat wajah rusak.

Keempat, kenali alergi pada kulit sendiri. Penting untuk memperhatikan reaksi setelah menggunakan produk kosmetik dan skincare. Untuk mendapatkan kosmetik dan skincare yang aman untuk kulitmu maka kita perlu melakukan tester. Tester bisa kalian dapatkan pada toko-toko kosmetik resmi, atau bisa juga mencoba punya teman. Jadi jika produk tersebut tidak memberikan reaksi alergi atau tidak cocok, kita tidak usah rugi karena belum membeli produknya.

Terakhir, untuk memilih kosmetik dan skincare aman bagi muslimah kita bisa melihat review dari beberapa dokter kecantikan dan influencer yang bertanggung jawab di sosial media. Yah tentu kita juga harus selektif dalam memilih tokoh. Jangan lupa untuk mengecek background tokoh tersebut untuk memastikan apa yang dikatakannya memang sudah sesuai kapasitasnya.

Nah, semoga tips-tips tadi bermanfaat buat teman-teman dalam memilih produk kosmetik dan skincare yang aman bagi muslimah. Karena untuk cantik dan sehat kita juga harus pintar, jangan sampai menjadi korban iklan dan promosi yang berujung kerusakan pada kulit wajah kita.

Rekomendasi

Mengapa Muslimah Harus Menggunakan Produk Skincare yang Halal?

Skincare Aman bagi Muslimah Skincare Aman bagi Muslimah

Urutan Skincare Malam yang Muslimah Mesti Perhatikan

Lima Skincare yang Aman Dipakai untuk Ibu Hamil

Ini Lima Skincare Aman dan Halal yang Cocok Untuk Para Muslimah

Ayu Fatma
Ditulis oleh

Alumni Sekolah Tinggi Hukum (STH) Indonesia Jentera (Indonesia Jentera School of Law).

Komentari

Komentari

Terbaru

memaafkan beserta melupakan kesalahan memaafkan beserta melupakan kesalahan

Memaafkan Harus Beserta Melupakan Kesalahan

Kajian

relasi muhammad non muslim relasi muhammad non muslim

Meneladani Relasi Nabi Muhammad dengan Non Muslim

Khazanah

mengidolakan ustaz ganteng halu mengidolakan ustaz ganteng halu

Mengidolakan Ustaz Ganteng Sampai “Halu”

Muslimah Talk

Semangat Women Supporting Women Semangat Women Supporting Women

Menurunnya Semangat Women Supporting Women

Muslimah Talk

persahabatan aisyah perempuan yahudi persahabatan aisyah perempuan yahudi

Persahabatan Antara Aisyah dan Perempuan Yahudi

Khazanah

Memperingati Maulid Nabi kesesatan Memperingati Maulid Nabi kesesatan

Apakah Memperingati Maulid Nabi Berarti Menuju Kesesatan?

Khazanah

Memperingati Maulid Nabi kesesatan Memperingati Maulid Nabi kesesatan

Penjelasan Akhlak Nabi Adalah Alquran

Khazanah

Beauty Standar hakikat kecantikan Beauty Standar hakikat kecantikan

Beauty Standar dan Hakikat Cantik Menurut Islam

Muslimah Talk

Trending

Shalat Sunnah Rawatib Perempuan Shalat Sunnah Rawatib Perempuan

Shalat Sunnah Rawatib Bagi Perempuan, Lebih Utama di Masjid atau Rumah?

Ibadah

keutamaan melanggengkan wudhu islam keutamaan melanggengkan wudhu islam

Keutamaan Melanggengkan Wudhu dalam Islam

Kajian

pendapat ulama membasuh tangan pendapat ulama membasuh tangan

Pendapat Ulama Mengenai Hukum Membasuh Tangan.

Kajian

Empat Kiat Mendidik Anak Empat Kiat Mendidik Anak

Empat Kiat Mendidik Anak Menurut Anjuran Islam

Keluarga

cairan kuning setelah haid cairan kuning setelah haid

Menyikapi Cairan Kuning yang Keluar Setelah Haid

Kajian

air liur manusia najis air liur manusia najis

Benarkah Air Liur Manusia Najis?

Kajian

Perbedaan Kata Membasuh mengusap Perbedaan Kata Membasuh mengusap

Perbedaan Kata Membasuh dan Mengusap pada Rukun Wudhu

Kajian

3 Hal didiskusikan kontrasepsi 3 Hal didiskusikan kontrasepsi

3 Hal yang Perlu Didiskusikan Perihal Kontrasepsi

Keluarga

Connect