Ikuti Kami

Muslimah Daily

Urutan Skincare Malam yang Muslimah Mesti Perhatikan

urutan skincare malam muslimah

BincangMuslimah.Com – Pagi dan malam hari adalah waktu paling penting dalam rutinitas perawatan kulit. Terutama malam karena kulit akan memperbaiki dirinya secara alami di malam hari. Oleh karena itu, rutinitas di malam hari sudah semestinya diisi dengan perawatan dan pemenuhan berbagai nutrisi yang dibutuhkan kulit. Untuk menyempurnakan proses ini, pemakaian urutan skincare malam harus diperhatikan oleh muslimah.

Tujuan menerapkan produk skincare dalam urutan yang tepat adalah untuk memastikan bahwa kulit kita akan menerima manfaat penuh dari setiap produk skincare yang digunakan. Apabila kita tidak memakai produk dalam urutan yang benar, maka kita tidak akan melihat hasil terbaik dari skincare yang digunakan. Skincare semakin optimal jika digunakan dalam urutan yang tepat.

1. Membersihkan Wajah dan Make Up

Membersihkan wajah bisa dilakukan menggunakan facial foam dan sabun wajah yang sesuai. Kita juga bisa melakukan double cleanser untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan sisa-sisa make up. Jika sedang memakai make up, sebelum mencuci wajah alangkah baiknya apabila menghapus make up terlebih dahulu dengan penghapus khusus make up sebelum mencuci wajah dengan pembersih yang lembut. Langkah ini dilakukan agar mendapatkan kondisi kulit wajah bersih dengan maksimal.

Menghapus make up bisa menggunakan cleansing oil, kemudian menggunakan pencuci muka untuk menghilangkan semua sebum, kotoran, dan make up yang tersisa. Kita juga bisa menggunakan exfoliant, seperti scrub wajah sebagai pengganti pembersih setelah menghapus make up. Tidur dengan make up sangat berbahaya bagi kesehatan kulit wajah. Maka, membersihkan wajah adalah langkah pertama yang harus dilakukan dalam rutinitas malam hari yakni sebelum tidur.

2. Toner dan Essences

Urutan pemakaian skincare setelah membersihkan wajah dari make up dan mencuci wajah adalah memakai toner atau essences. Toner digunakan dengan cara mengoleskannya di wajah seperti biasa. Beberapa perempuan pun suka menggunakan mists, essences, beauty waters atau hydrating (hyaluronic acid) serums. Semua produk yang digunakan ini bertujuan untuk melembapkan dan memelihara kesehatan kulit.

Baca Juga:  Lima Jenis Gangguan Menstruasi yang Sering Terabaikan

Perlu dicatat, toner lebih baik digunakan untuk membersihkan wajah dan essences digunakan sebelum memakai serum atau krim malam karena berguna untuk memberikan perawatan. Toner adalah produk yang sengaja dirancang untuk menghidrasi kulit, menghilangkan sel-sel mati, dan kotoran yang tertinggal setelah pembersihan. Jika memiliki tipe kulit kering, hindari penggunaan toner.

3. Eye Cream

Eye cream berguna untuk mengatasi lingkaran hitam di kantong mata sekaligus melindungi area kulit halus sekitar mata dari produk skincare lainnya yang berpotensi menyebabkan iritasi. Produk bisa dilewati apabila pelembap atau serum dapat digunakan merupakan produk yang aman dan efektif untuk area di bawah mata.

4. Serum, Cream, dan Pads

Sama pula seperti bagian tubuh lain, kulit pun melakukan perbaikan, pemulihan, dan regenerasi saat tidur. Oleh karena itu, memakai skincare sesuai urutan pemakaian sangatlah penting. Memilih skincare harus sesuai dengan kebutuhan kulit kita. Penggunaan serum, krim dan pads harus dipertimbangkan baik-baik. Produk harus sesuai dengan kebutuhan kulit.

5. Hydrating Mask atau Face Oil

Dua skincare malam ini direkomendasikan bagi muslimah yang memiliki kulit kering. Keduanya memiliki kandungan ringan dan biasanya bisa digunakan sesering kulit kita membutuhkan tambahan hidrasi. Hydrating mask memiliki berbagai bentuk salah satunya adalah masker dengan gaya Korea. Ada beberapa jenis masker yang juga dirancang untuk digunakan semalaman. Face oil bisa digunakan dengan cara meneteskan beberapa tetes ke kulit.

6. Moisturizer atau Night Cream

Urutan skincare malam paling akhir adalah menggunakan moisturizer atau night cream. Ada beberapa orang menggunakan moisturizer sama di siang dan malam hari. Tapi, yang perlu menjadi perhatian adalah pelembap malam atau night cream biasanya lebih tebal dan lebih berat, dan dirancang untuk diserap selama beberapa jam.

Baca Juga:  Apakah Parfume Cologne yang Biasa Kita Gunakan Najis?

Pelembap yang lebih berat dan digunakan di malam hari dirancang untuk membuat lapisan pelindung pada kulit, berfungsi untuk mencegah penguapan air saat kita tidur. Skincare ini bekerja dengan cara mempertahankan kadar air yang tinggi di kulit adalah kunci untuk penyembuhan dan menjaga kesehatan kulit. Penggunaan night cream adalah pilihan. Kita boleh menggunakannya atau menyamakan dengan krim atau pelembap yang kita pakai di pagi hari.

Nah, demikianlah urutan skincare malam yang bisa Muslimah jadikan sebagai patokan. Selain urutan menjadi hal penting, rentang waktu yang dibutuhkan kulit untuk menyerap produk juga sama pentingnya. Jika Muslimah melakukan banyak perawatan di waktu yang sama, berhentilah sekitar satu menit untuk memungkinkan skincare bereaksi dengan kulit untuk melanjutkan ke produk berikutnya.

Rekomendasi

Muslimah Perlu Menggunakan Skincare Muslimah Perlu Menggunakan Skincare

Mengapa Muslimah Perlu Menggunakan Skincare?

Kandungan Lendir Siput skincare Kandungan Lendir Siput skincare

Hukum Kandungan Lendir Siput pada Skincare

urutan skincare malam muslimah urutan skincare malam muslimah

Tips Memilih Kosmetik dan Skincare Aman Bagi Muslimah

Muslimah Perlu Menggunakan Skincare Muslimah Perlu Menggunakan Skincare

Lima Skincare yang Aman Dipakai untuk Ibu Hamil

Ditulis oleh

Tim Redaksi Bincang Muslimah

Komentari

Komentari

Terbaru

Macam Manusia Imam Al-Ghazali Macam Manusia Imam Al-Ghazali

Empat Macam Manusia Menurut Imam Al-Ghazali

Kajian

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

memelihara semangat setelah ramadhan memelihara semangat setelah ramadhan

Tips Memelihara Semangat Ibadah Setelah Ramadhan

Muslimah Talk

golongan manusia kedudukan terbaik golongan manusia kedudukan terbaik

Golongan Manusia yang Mendapatkan Kedudukan Terbaik di Sisi Allah

Kajian

kisah puasa sayyidah maryam kisah puasa sayyidah maryam

Memetik Hikmah dari Kisah Puasa Sayyidah Maryam dalam Alquran

Khazanah

Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan

Pendapat Para Ulama tentang Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan

Kajian

Makna Pentingnya Zakat Fitrah Makna Pentingnya Zakat Fitrah

Makna dan Pentingnya Zakat Fitrah

Kajian

perempuan haid mengikuti takbiran perempuan haid mengikuti takbiran

Hukum Perempuan Haid Mengikuti Takbiran di Hari Raya

Kajian

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

Niat puasa malam hari Niat puasa malam hari

Mengapa Niat Puasa Boleh Dilakukan sejak Malam Hari?

Ibadah

Connect