Ikuti Kami

Khazanah

Profesor Azyumardi Azra; Juru Bicara Wasathiyah Islam Tingkat Dunia

profesor azyumardi azra wasathiyah
Source: Wikipedia.

BincangMuslimah.Com – Di Lubuk Alung, Sumatera Barat, 4 Maret 1955 ia lahir. Profesor Azyumardi Azra adalah guru besar sejarah di Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Hidayatullah Jakarta. Tercatat ia sudah sejak 1997 jadi guru besar di Fakultas Adab dan Humaniora. Sebelum menjadi Profesor,  sejak 1982, terlebih dahulu menjadi dosen IAIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, dan sejumlah Program Pascasarjana di Indonesia. 

Kiprah Profesor Azyumardi Azra di UIN Jakarta begitu besar. Ia adalah rektor dua periode, 1998-2002. Di masa kepemimpinannya yang kedua—2005 sampai 2006—, IAIN Jakarta, secara resmi berubah Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah.  Ia adalah sosok yang mempelopori berdirinya sejumlah fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan di UIN Jakarta. Profesor Azra juga tokoh di balik berdirinya Fakultas Dirasah Islamiyah, yang awalnya mengadopsi kurikulum Al Azhar Mesir. 

Tak heran kemudian, jika Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyebut Perguruan Tinggi Keagamaan di Indonesia berhutang ide dan gagasan pada Profesor Azra. “Seluruh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri berhutang dalam ide dan gagasan hingga PTKIN bisa berkembang pesat hingga sekarang. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang berkembang pesat adalah rangkaian dari legacy almarhum,” jelasnya, sebagaimana tertera dalam leman resmi Kemenag.go.id.

Tak hanya di tingkat nasional, dalam tatanan internasional, Profesor Azyumardi Azra adalah cendikiawan muslim global. Kiprahnya sudah diakui di tingkat dunia. Hamid Basyaib dalam artikel Optimisme Konstan Azyumardi Azra, menyebut bahwa  sepanjang dekade 2000-an, kita berani memastikan tidak ada sarjana Indonesia yang melampaui prestasi Azyumardi dalam konteks undangan ke forum-forum mancanegara. 

Menurutnya, Profesor Azyumardi Azra sering tampil di forum-forum global di Amerika, Eropa, juga Jepang dan Asia Tenggara, dengan menyuarakan wasathiyah Islam (Islam moderat). Dalam forum internasional penulis buku Mencari Islam Otentik; Perspektif Doktrinal dan Historis, ia senantiasa menyuarakan nada sama: bahwa Islam adalah agama damai yang sejalan dengan semangat kemanusiaan mondial, dan untuk itu orang luar perlu melihat the shining Islamic example of Indonesia, sebuah bukti kecocokan Islam dan demokrasi, bukan terpaku hanya ke Timur Tengah. 

Baca Juga:  Sering Keliru, Ini Arti Takjil yang Sesungguhnya

Tak berlebihan jika menyebut Profesor Azyumardi Azra adalah Juru Bicara Islam Indonesia. Yang dalam catatan Hamid Basyaib, pelbagai argumen yang disampaikannya dalam pelbagai forum dunia, diterima kalangan akademisi Barat. Bahkan dalam para akademisi mancanegara seperti berlomba ingin mendengar apa yang sedang terjadi di Indonesia. “Negeri berpenduduk muslim terbesar dan satu-satunya yang menjalankan demokrasi, tetapi selalu kurang terdengar di tengah keriuhan suara Islam Timur Tengah, dan Profesor Azra mampu mengisi kekosongan itu,” tulis Hamid Basyaib. 

Atas kiprah dalam dunia internasional ia berhasil mendapatkan gelar ksatria kehormatan dari Kerajaan Inggris, Commander of Order of the British Empire (CBE). Pihak kerajaan Inggris, menganggap Profesor Azyumardi Azra sebagai jembatan perdamaian yang menghubungkan Islam dan Barat karena gagasan Islam wasathiyah yang ia cetuskan.

Yang tak kalah menarik adalah Profesor Azyumardi Azra berhasil memberikan semangat pada generasi sesudahnya untuk belajar ke luar negeri. Terlebih saat era IAIN Jakarta, yang sukses bertransformasi menjadi UIN Jakarta di bawah Profesor Azyumardi tahun 2022, menandai sebuah era baru intelektual Ciputat

Generasi baru UIN Jakarta mewarnai diskusi terkait topik sosial-politik nasional. Bahkan generasi muda UIN Jakarta dapat meninggalkan reputasi para intelektual dari universitas negeri umum lainnya. Pelbagai anak muda lulusan sarjana UIN, kemudian melanjutkan studi ke universitas Barat. Bahkan ada juga yang sampai ke benua Australia. 

Para generasi muda UIN ini meminati pelbagai diskursu ilmu keislaman, sosial, dan politik. Wacana studi dan pemikiran ilmu sosial dan politik Indonesia, diwarnai oleh mahasiswa Azyumardi Azra, katakanlah  Saiful Mujani, Ali Munhanif, Jajang Jahroni, Oman Fathurrahman, dan masih banyak lagi. 

 

 

Rekomendasi

Fatwa yusuf al-qardhawi perempuan Fatwa yusuf al-qardhawi perempuan

Metode Fatwa Yusuf Al-Qaradawi; Ulama yang Sering Jadi Rujukan Muslim Indonesia

alissa wahid moderasi beragama alissa wahid moderasi beragama

Konferensi Internasional Moderasi Beragama, Alissa Wahid: Moderasi Beragama Ada untuk Inklusifitas

keselamatan muslim puritan moderat keselamatan muslim puritan moderat

Arti Keselamatan bagi Muslim Puritan dan Moderat Menurut Khaled Abou El Fadl

Literasi Agama ulama taliban Literasi Agama ulama taliban

Prof. Musdah Mulia: Pentingnya Membangun Literasi Agama untuk Ulama Taliban

Ditulis oleh

Mahasiswa Hukum Keluarga di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Saat ini penulis juga aktif di Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU).

3 Komentar

3 Comments

Komentari

Terbaru

Biografi Yenny Wahid Biografi Yenny Wahid

Biografi Alissa Wahid: Pejuang Moderasi Beragama Perempuan Indonesia

Muslimah Talk

meletakkan al-Qur'an di lantai, Mengenal Hermeneutika Feminisme: Metode Penafsiran Al-Qur’an Berbasis Feminisme meletakkan al-Qur'an di lantai, Mengenal Hermeneutika Feminisme: Metode Penafsiran Al-Qur’an Berbasis Feminisme

Langkah-langkah dalam Memahami Alquran

Ibadah

Hukum Mengonsumsi Obat Penunda Haid saat Haji Hukum Mengonsumsi Obat Penunda Haid saat Haji

Hukum Mengonsumsi Obat Penunda Haid saat Haji

Kajian

denda larangan haji denda larangan haji

Denda yang Harus Dibayar saat Melanggar Larangan Haji

Ibadah

Tiga macam ibadah haji Tiga macam ibadah haji

Tiga Macam Ibadah Haji, Apa Saja?

Kajian

Puasa Dzulhijjah Qadha Ramadhan Puasa Dzulhijjah Qadha Ramadhan

Niat Menggabungkan Puasa Dzulhijjah dengan Qadha Ramadhan

Ibadah

fomo media sosial islam fomo media sosial islam

Upaya Menghindari Fomo dalam Kacamata Islam

Muslimah Talk

puasa syawal senilai setahun Niat Puasa Dzulhijjah puasa syawal senilai setahun Niat Puasa Dzulhijjah

Niat Puasa Dzulhijjah Lengkap dengan Latin dan Artinya

Ibadah

Trending

Empat Karakteristik Kebudayaan Islam yang Dibawa Rasulullah

Kajian

Sayyidah Aisyah Sayyidah Aisyah

Belajar dari Fitnah yang Menimpa Sayyidah Aisyah  

Muslimah Daily

Makna Tawakkal atau Berserah Diri kepada Allah

Ibadah

butet manurung model barbie butet manurung model barbie

Butet Manurung, Dari Sokola Rimba Hingga Global Role Model Barbie

Diari

Kesalehan dan Domestikasi Perempuan Kesalehan dan Domestikasi Perempuan

Halal Lifestyle; Tawaran Gaya Hidup untuk Muslim Perkotaan

Muslimah Talk

Shafiyyah huyay istri nabi Shafiyyah huyay istri nabi

Shafiyyah binti Huyay, Perempuan Yahudi yang Masuk Islam dan Jadi Istri Nabi

Khazanah

18 Rukun yang Wajib Dipenuhi dalam Shalat

Ibadah

Resensi Buku Feminisme Muslim di Indonesia

Diari

Connect