Ikuti Kami

Keluarga

Islam Mendorong Suami Memberi Dukungan agar Ibu Rumah Tangga Tidak Mengalami Krisis Identitas

ibu rumah tangga krisis
Source: Gettyimages.com

BincangMuslimah.Com – Selama ini masyarakat kita mungkin baru terbiasa mendengar krisis identitas pada remaja. Sedangkan isu mengenai ibu rumah tangga yang mengalami krisis identitas mungkin belum begitu terdengar gaungnya. Padahal di lapangan, fenomena ini sudah ada. 

Memang, setelah memutuskan menjadi ibu rumah tangga, banyak perubahan yang terjadi yang mengakibatkan ia mengalami krisis identitas. Terutama saat seorang perempuan memutuskan untuk menjadi seorang ibu. Sebagian besar keputusan yang diambil adalah dengan memprioritaskan anak. 

Tidak sedikit, perempuan yang mengurutkan dirinya pada posisi terakhir dan menaruh suami serta anak di urutan utama. Pada akhirnya, ibu lupa apa nilai yang ada di dalamnya sebagai ‘diri yang utuh’. Siapakah dirinya dan apa keinginan yang ia miliki sebenarnya. 

Maka tidak jarang jika misalnya saja seorang perempuan yang dahulu punya peran di tempat bekerja, pemerintah atau bisnis, sulit untuk bisa kembali seperti dahulu setelah menikah dan mempunyai seorang anak. Krisis identitas ini mungkin jadi satu penyebabnya. 

Walau tidak menanggapi secara langsung, situasi di atas menurut Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dalam diskusi daring terkait Women in Leadership, sering dihadapi oleh perempuan. Perempuan, kata Sri Mulyani selalu dibayangi oleh pilihan-pilihan yang tidak pernah terjadi pada laki-laki. 

Seperti memilih bekerja atau menikah. Pun bisa bekerja setelah menikah, suatu waktu akan diserahkan pilihan bekerja atau mengasuh anak. Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, atau menikah. Disadari atau tidak, pilihan ini nyatanya nyaris tidak pernah disodorkan pada laki-laki. 

Mengasuh dan membesarkan anak tentu bukanlah hal yang mudah. Sehingga, pilihan yang ditanggung perempuan terbilang berat. Kalau pun ingin bekerja setelah menikah, perempuan kerap dituntut bisa menyeimbangkan urusan domestik dan pekerjaan. Berbeda dengan laki-laki, meski sama-sama bekerja, urusan domestik tidak atau jarang sekali diemban oleh laki-laki. 

Baca Juga:  Kisah Pertemuan Nabi Muhammad dengan Siti Khadijah

Padahal, kata Sri Mulyani perempuan punya potensi cukup besar. Contohnya saja, perempuan kerap berada dalam jajaran pemilik nilai tertinggi di akademisi. Terkadang di dalam kelas sekolah atau perkuliahan, nilai akademisi perempuan banyak mengungguli laki-laki. Namun begitu meniti karir, mesti drop-out karena adanya pilihan-pilihan di atas. 

Makna Krisis Identitas, Dukungan Keluarga dan Suami Jadi Hal Penting

Krisis identitas sendiri adalah kondisi saat seseorang mempertanyakan berbagai hal yang berkaitan dengan identitas dirinya. Seperti apa nilai hidup yang dimiliki, apa tujuan hidup, perasaan dan sebagainya. Biasanya perasaan ini muncul ketika adanya kecemasan, kekhawatiran, hingga kesedihan. Mereka yang mengalami krisis identitas biasanya merasa hilang arah, putus asa dan tidak berarti. 

Sebagian orang bisa melewati fase krisis identitas ini. Biasanya, setelah melewati fase ini mereka akan merasa lebih baik bahkan menemukan jati dirinya. Tapi ada sebagian orang yang belum bisa melewati fase ini. Sehingga bisa berujung pada stres hingga depresi. 

Krisis identitas pada ibu sesungguhnya bisa ditangani. Pertama mungkin bisa ditangani dari sisi ibu. Mulailah kembali menyelami diri. Pikirkan tujuan yang dahulu pernah ada. Misal, jika suka menulis, maka lakukanlah. Sembari melakukan kegiatan rumah tangga, kembali lakukan hal-hal kecil yang dahulu amat digemari. 

Diskusikan bersama pasangan jika punya beberapa keinginan atau rencana. Jika dipikirkan bersama, mungkin ada solusinya. Sedangkan dari sisi suami, sudah saatnya membuka diri untuk terlibat dalam urusan domestik dan mengasuh anak. 

Lelaki di dapur bukan hal tabu. Mengasuh dan membesarkan anak juga bukan kewajiban ibu saja. Bahkan Rasulullah saw. digambarkan adalah sosok suami yang biasa membantu pekerjaan di rumah

Dari Al-Aswad, ia bertanya pada ‘Aisyah, “Apa yang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lakukan ketika berada di tengah keluarganya?” ‘Aisyah menjawab,  “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa membantu pekerjaan keluarganya di rumah. Jika telah tiba waktu shalat, beliau berdiri dan segera menuju shalat.” (HR. Bukhari)

Baca Juga:  Alasan Orang Tua Harus Menguasai Ilmu Parenting Islam

Ibnu Hajar dalam Syarh Shahih Bukhari mengatakan bahwa seperti itulah gambaran keseharian dalam rumah tangga Nabi Muhammad saw. Beliau orang yang tawadhu, menjauhkan diri dari kenikmatan, berlaku mandiri meski semua istri beliau berebut melayani.

Selain itu di dalam buku ’60 Hadist : Hak-Hak Perempuan dalam Islam,’ Karya Faqihuddin Abdul Kodir juga menjelaskan perihal kesetaraan perempuan dan kesalingan dalam rumah tangga. Antara istri dan suami sudah seharusnya saing menolong dan menopang sebagaimana digariskan di dalam Al-Quran. Yaitu saling menolong dan menopang (Q.S. Attaubah; 71), saling melindungi dan melengkapi (Q.S. Albaqarah; 187) dan saling berbuat baik (Q.S. Annisa; 19).

Oleh karena itu, peran suami menjadi sangat penting. Dengan adanya saling bantu, istri atau ibu tidak tenggelam dalam krisis identitasnya. Ia bisa menjadi dirinya sendiri, menemukan nilai-nilai yang dahulu dimiliki, hingga dapat melakukan apa yang disuka dan berkarya. 

Rekomendasi

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Ibu rumah tangga Ibu rumah tangga

Ibu Rumah Tangga, Rentan Jadi Manusia Paling Kesepian

islam pekerja rumah tangga islam pekerja rumah tangga

Islam dan Pekerja Rumah Tangga

kekerasan ketimpangan relasi seksual kekerasan ketimpangan relasi seksual

Kekerasan yang Sering Timbul karena Ketimpangan Relasi Seksual

Ditulis oleh

Melayu udik yang berniat jadi abadi. Pernah berkuliah di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, jurusan Jurnalistik (2014), aktif di LPM Institut (2017), dan Reporter Watchdoc (2019). Baca juga karya Aisyah lainnya di Wattpad @Desstre dan Blog pribadi https://tulisanaisyahnursyamsi.blogspot.com

Komentari

Komentari

Terbaru

Teungku Fakinah Teungku Fakinah

Zainab binti Jahsy, Istri Rasulullah yang Paling Gemar Bersedekah

Kajian

Fatimah az zahra rasulullah Fatimah az zahra rasulullah

Sayyidah Sukainah binti Al-Husain: Cicit Rasulullah, Sang Kritikus Sastra

Kajian

CariUstadz Dakwah Perspektif Perempuan CariUstadz Dakwah Perspektif Perempuan

Berkolaborasi dengan KUPI, CariUstadz Tingkatkan Dakwah Perspektif Perempuan 

Berita

yukabid perempuan nabi musa yukabid perempuan nabi musa

Yukabid, Sosok Perempuan di balik Kisah Nabi Musa

Khazanah

perempuan titik nol arab perempuan titik nol arab

Resensi Novel Perempuan di Titik Nol Karya Nawal el-Saadawi

Diari

Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah

Nyai Khoiriyah Hasyim dan Jejak Perjuangan Emansipasi Perempuan di Mekkah

Kajian

Sekilas tentang Sholihah Wahid Hasyim, Ibunda Gusdur

Kajian

Definisi anak menurut hukum Definisi anak menurut hukum

Definisi Anak Menurut Hukum, Umur Berapa Seorang Anak Dianggap Dewasa?

Kajian

Trending

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

perempuan titik nol arab perempuan titik nol arab

Resensi Novel Perempuan di Titik Nol Karya Nawal el-Saadawi

Diari

Fatimah az zahra rasulullah Fatimah az zahra rasulullah

Sayyidah Sukainah binti Al-Husain: Cicit Rasulullah, Sang Kritikus Sastra

Kajian

Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah

Nyai Khoiriyah Hasyim dan Jejak Perjuangan Emansipasi Perempuan di Mekkah

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

Teungku Fakinah Teungku Fakinah

Zainab binti Jahsy, Istri Rasulullah yang Paling Gemar Bersedekah

Kajian

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Connect