Ikuti Kami

Diari

Refleksi Lagu Bang Toyib dan Bang Jono dalam Kisah Pewayangan

padukata.com

BincangMuslimah.Com – Beberapa pekan terakhir, dalam beberapa akun sosial media tentang haramnya musik jika di dengarkan oleh seorang muslim. Namun, hal tersebut mendapatkan respon yang berbeda dari netizen. Bagaimana pun juga, musik tidak pernah terlepas dari kehidupan manusia. Bahkan, beberapa lagu yang didengarkan terkadang menjadi healing bagi beberapa orang. Seperti lagu yang berjudul Bang Toyib, Lagu tersebut dipopulerkan oleh Ade Irma di tahun 2000an

“Bang Toyib… Bang Toyib… Kenapa tak pulang pulang? Anakmu… anakmu panggil panggil namamu…”

Dalam lagu tersebut. Bang Toyib adalah seorang lelaki yang merantau ke tempat orang lain. Akan tetapi, Bang Toyib lupa untuk pulang ke rumah. Bahkan dalam lagu tersebut disebutkan, tiga kali puasa tiga kali lebaran Bang Toyib tidak pulang-pulang. Mengacuhkan anaknya yang tiap hari memanggil nama Bang Toyib.

Ternyata lagu tersebut mendapatkan tempat di hati masyarakat Indonesia. Hingga di tahun 2015, ada banyak versi dari lagu yang mengangkat nama Bang Toyib. Di tahun 2011, lagu Bang Toyib mendapatkan bantahan dari Band Wali. Wali Band, mengeluarkan lagu dengan judul Aku Bukan Bang Toyib. Lagu ini disebut sebagai bantahan dari lagu Bang Toyib

“Kau bilang padaku, kau ingin bertemu. Ku bilang padamu oh ya nanti dulu. Aku lagi sibuk sayang, aku lagi kerja sayang. Untuk membeli beras dan sebongkah berlian”

Lagu tersebut dikisahkan seorang laki-laki yang sedang merantau, tetapi istrinya sangat takut bahwa si suami selingkuh. Padahal ketika merantau, si suami memang benar sedang bekerja untuk mencukupi kehidupan keluarganya. Si suami, selalu pulang membawakan kebutuhan keluarganya. Lagu Aku Bukan Bang Toyib ternyata lagu keras di pasaran. Bahkan karena lagu ini, Grup Band Wali mendapatkan berbagai penghargaan di ranah Indonesia. Dari lagu tersebut, beberapa orang berhasil menyakini bahwa seorang suami tidak semuanya terjadi seperti Bang Toyib.

Baca Juga:  Menghindari Zina atau Perselingkuhan dengan Poligami Jadi Alasan yang Tidak Relevan

Di tahun 2014 setelah semuanya percaya bahwa tidak semua lelaki dikisahkan seperti Bang Toyib, melalui lagu dengan judul Bang Jono, masyarakat kembali mempercayai bahwa kisah Bang Toyib. Lagu Bang Jono ini dipopulerkan oleh Zaskia Ghotik. Penyanyi dangdut berasal Bandung dengan usia yang masih muda dan cantik.

“Eee.. Bang Jono kenapa kau tak pulang-pulang. Pamitnya pergi cari uang tapi kini malah menghilang Eee.. Bang Jono ternyata cuma keluyuran. Sana sini cari hiburan lupa rumah lupa kerjaan”

Bahkan dalam reff, lagu tersebut menyindir lagu Aku Bukan Bang Toyib. Beberapa kalimat diambil dari lagu tersebut.

“Kau bilang padaku, baik-baik sayang. Abang pasti cepat pulang. Kau janjikan aku sebongkahberlian, sesuap nasi pun jarang,”

Ternyata lagu-lagu tersebut berasal dari kisah nyata yang terjadi di masyarakat. Tidak hanya Bang Toyib dan Bang Jono contoh dari kurang bertanggungjawabnya seorang laki-laki terhadap keluarganya.

Keadaan ini juga sudah dikisahkan sejak lama pada cerita pewayangan.  Pada cerita pewayangan di Alam Mayapada yaitu pada perkawinan Sanghyang Manikmaya. Sanghyang Manikmaya mempunyai dua orang istri yaitu Dewi Umayi dan Dewi Umarakti.

Pernikahan Sanghyang Manikmaya dengan Dewi Umarakti ternyata pernikahan yang tidak disengaja. Hal ini karena Dewi Umayi berubah menjadi raksesi. Sehingga, Ayah dari Dewi Umayi harus mencari perempuan yang mirip dengan Umayi. Dewi Umarakti ternyata mirip dengan Dewi Umayi.

Dewi Umarakti, diperlakukan sama seperti Dewi Umayi. Akhirnya, Dewi Umarakti menikah dengan Sanghyang Manikmaya. Selanjutnya pada kisah Mahabharata yaitu anak dari Arjuna, Abimanyu. Abimanyu memilik dua orang istri. Sebelum menikah dengan Dewi Utari, Abimayu menikah dengan Dewi Siti Sendari. Akan tetapi, Dewi Utari tidak mengetahui kejadian ini. Hingga akhirnya, Dewi Utari mencurigai suaminya. Lalu, Abimanyu berjanji jika dirinya sudah menikah dirinya akan dengan rela meninggal di medan perang.

Baca Juga:  Seberapa Dekatkah Kita dengan Rasulullah?

Di hari ke 13, ucapan Abimanyu terbukti. Abimanyu mati saat melawan Kurawa. Pernikahan pertama Abimanyu, ternyata mendapatkan diketahun dewata mendapat petaka. Abimanyu tidak akan mendapatkan keturunan. Sehingga, Abimanyu menikah dengan Dewi Utari. Berbeda dengan Abimanyu, pada kisah Arjuna. Arjuna memiliki 15 istri.

Dicatat bahwa diantara para Pandawa, hanya Arjuna yang memiliki paling banyak istri. Arjuna memiliki banyak istri, bukan berarti Arjuna mengejar wanita. Tetapi, wanitalah yang mengejar Arjuna. Bahkan dengan sekarela menjadi pendamping Arjuna.

Dalam cerita Mahabharata, Arjuna adalah seorang pemuda yang sangat tampan. Ditambah tingkat sosial Arjuna itu sangat tinggi. Dia berani melawan beberapa raksasa demi terciptanya kehidupan yang makmur.

Dalam bukunya Soedjiwo Tedjo yang berjudul Dalang Galau Nge-Twit, memberitahukan bahwa lelaki yang mempunyai tingkat sosial yang tinggi, akan selalu dikelilingi oleh perempuan. Bahkan perempuan akan mengejarnya. Pada akhirnya lelaki tersebut masuk ke dalam ruang perempuan, mengikuti keinginan perempuan.

Berbeda dengan Arjuna, perempuan yang terus berada di belakang Arjuna untuk mendukung gerakan sosialnya. Tidak dikisahkan bahwa Arjuna mengejar seorang perempuan dan memasuki dunia perempuan, memenuhi semua kebutuhan dari perempuan. Bahkan dalam kisah pertempuran melawan Kurawa, istri Arjuna yang bernama Srikandi membantunya mengalahkan Bisma. Kisah Bang Toyib dan Bang Jono tenyata terjadi juga di cerita pewayangan.

Apabila ditelisik dan dianalisis dengan cermat, di dalamnya terdapat banyak pesan moral. Ditambah tuntutan budi pekerti yang layak menjadi referensi pembentukan moral, akhlak serta prilaku di alam kehidupan modern. Nilai- nilai yang terkandung pada pewayangan ini adalah nilai-nilai yang universal, dapat berlaku, diterima, dan diterapkan oleh masyarakat. Adat dan budaya sebenarnya tak pernah lekang ditelan perubahan zaman dan peradaban.

Rekomendasi

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

tidak adil dalam berpoligami tidak adil dalam berpoligami

Adakah Suami yang Bisa Memenuhi Kriteria Adil dalam Poligami?

poligami istri gairah seksual poligami istri gairah seksual

Hukum Suami Melakukan Poligami Karena Istri Sudah Tidak Memiliki Gairah Seksual

menghindari zina perselingkuhan poligami menghindari zina perselingkuhan poligami

Menghindari Zina atau Perselingkuhan dengan Poligami Jadi Alasan yang Tidak Relevan

Ditulis oleh

Mantan jurnalis di Jabar Ekspres (Jawa Pos Grup). Saat ini bekerja di Asian Muslim Action Network (AMAN) Indonesia.

Komentari

Komentari

Terbaru

Silaturahmi dalam Momen Lebaran Silaturahmi dalam Momen Lebaran

Menjalin Silaturahmi dalam Momen Lebaran

Kajian

Macam Manusia Imam Al-Ghazali Macam Manusia Imam Al-Ghazali

Empat Macam Manusia Menurut Imam Al-Ghazali

Kajian

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

memelihara semangat setelah ramadhan memelihara semangat setelah ramadhan

Tips Memelihara Semangat Ibadah Setelah Ramadhan

Muslimah Talk

golongan manusia kedudukan terbaik golongan manusia kedudukan terbaik

Golongan Manusia yang Mendapatkan Kedudukan Terbaik di Sisi Allah

Kajian

kisah puasa sayyidah maryam kisah puasa sayyidah maryam

Memetik Hikmah dari Kisah Puasa Sayyidah Maryam dalam Alquran

Khazanah

Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan

Pendapat Para Ulama tentang Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan

Kajian

Makna Pentingnya Zakat Fitrah Makna Pentingnya Zakat Fitrah

Makna dan Pentingnya Zakat Fitrah

Kajian

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

Niat puasa malam hari Niat puasa malam hari

Mengapa Niat Puasa Boleh Dilakukan sejak Malam Hari?

Ibadah

Connect