Ikuti Kami

Diari

Sinopsis Film Rentang Kisah: Potret Muslimah yang Berdaya  

jpnn.com

BincangMuslimah.Com – Rentang Kisah adalah film keluarga yang disutradarai oleh Danial Rifki. Film ini diangkat dari buku Gita Savitri dengan judul yang sama. Cinta dan pertalian keluarga adalah kekuatan dalam film ini. Rentang Kisah dirilis pada Jumat, 11 September 2020.

Gita Savitri yang diperankan oleh Beby Tsabina dikisahkan tinggal dalam keluarga yang bahagia bersama ayahnya yang diperankan oleh Donny Damara, ibunya yang diperankan oleh Cut Mini, dan adiknya yang diperankan oleh Jihan Fairuz.

Gelombang krisis ekonomi pada 1998 di Indonesia yang membuat kondisi finansial keluarga Gita menjadi limbung. Pukulan ekonomi tersebut memaksa sang ayah untuk mengadu nasib ke Amerika Serikat.

Hidup berlanjut. Setelah lulus SMA, Gita memutuskan untuk kuliah ke Jerman. Saat tinggal di Jerman, ia mengenal Putra, Afif, Rigen, Sakti, dan Paul yang mencoba peruntungan dengan menjajal sebagai pembuat konten YouTube. Kehadiran lima orang tersebut membuat hidup Gita yang sepi dan kelabu kembali menjadi cerah.

Semasa awal-awal tinggal di Jerman, Gita berjuang melawan patah hati karena diselingkuhi oleh pacarnya, Robi yang diperankan oleh Junior Roberts. Robi yang mengaku tak bisa menjalin hubungan jarak jauh.

Ciri-ciri bahwa Robi selingkuh sudah dirasakan Gita sejak Robi memblokir akun Instagramnya. Lantaran hal tersebut, ia nyaris bunuh diri di dapur dan merasa putus asa lantaran kesulitan mencerna materi-materi saat kuliah.

Pada saat itulah kehadiran Paul yang tengah mencari Tuhan memberi perspektif baru dan unik dalam kehidupan Gita. Peristiwa inilah yang kemudian menjadi titik balik dalam hidup Gita. Ia bangkit dari keterpurukan dan kembali menjalani kehidupan seperti biasanya.

Film ini bercerita tentang keluarga dan kehidupan Gita yang memiliki banyak dimensi sekaligus sangat kompleks. Gita selalu merasa galau tentang masa depannya, bagaimana gaya busana, dan kegagalan menjalin hubungan.

Baca Juga:  Empat Keunikan Film Perempuan Tanah Jahanam

Puncak dalam film ini pertemuan Gita dan ayahnya di negeri orang, jauh dari negerinya sendiri, di mana ayahnya yang tampak tua mulai bingung mencerna tentang masalah hidupnya sendiri. Dalam adegan tersebut, tergambar jelas tekanan hidup dan kesepian di mimik wajahnya.

Film Rentang Kisah bercerita tentang pengkhianatan. Selain itu, film ini juga bercerita tentang pencarian akan Tuhan. Masalah kemudian berganti menjadi “pulang” sebagai tema yang dominan. Di menit-menit awal, adegan demi adegan hanya digambarkan sebagai patahan-patahan tanpa solusi yang jelas. Hal ini membuat puncak konflik yang sepintas terasa berakhir begitu saja atau entah ke mana perginya.

Film Rentang Kisah terasa seperti cerita campuran yang disusun secara acak dan kurang enak dinikmati. Beruntungnya, ada nilai positif dalam film ini yakni dalam setiap anggota keluarga di film ini dipresentasikan mempunyai problematika sendiri sebagai seorang manusia.

Problematika yang paling kentara tentu saja tentang seorang Muslimah yang berani mengambil keputusan untuk pergi ke luar negeri dan menuntut ilmu dan secara sadar menerima segala konsekuensi yang akan muncul.

Meski sulit menghadapi kehidupan di luar negeri, buktinya Gita bisa melewati itu semua dan menjadi manusia yang berdaya dengan pemikirannya sendiri. Ia pun berhasil menemukan konsep “pulang” yang selama ini ia cari.[]

Rekomendasi

Peran Perempuan di Masa Depan dalam The Silent Sea Peran Perempuan di Masa Depan dalam The Silent Sea

Peran Perempuan di Masa Depan dalam The Silent Sea

Review Film Tuhan Izinkan Aku Berdosa: Perjalanan Menemukan Kebenaran dan Menyembuhkan Luka Review Film Tuhan Izinkan Aku Berdosa: Perjalanan Menemukan Kebenaran dan Menyembuhkan Luka

Review Film Tuhan Izinkan Aku Berdosa: Perjalanan Menemukan Kebenaran dan Menyembuhkan Luka

The Stoning of Soraya The Stoning of Soraya

Review Film “The Stoning of Soraya”; Suara Perempuan yang Dibungkam

Under The Queen’s Umbrella Under The Queen’s Umbrella

Drakor “Under The Queen’s Umbrella”, Kisah Ibu Hebat dan Pengambil Kebijakan Handal

Ditulis oleh

Tim Redaksi Bincang Muslimah

Komentari

Komentari

Terbaru

meletakkan al-Qur'an di lantai, Mengenal Hermeneutika Feminisme: Metode Penafsiran Al-Qur’an Berbasis Feminisme meletakkan al-Qur'an di lantai, Mengenal Hermeneutika Feminisme: Metode Penafsiran Al-Qur’an Berbasis Feminisme

Langkah-langkah dalam Memahami Alquran

Ibadah

Hukum Mengonsumsi Obat Penunda Haid saat Haji Hukum Mengonsumsi Obat Penunda Haid saat Haji

Hukum Mengonsumsi Obat Penunda Haid saat Haji

Kajian

denda larangan haji denda larangan haji

Denda yang Harus Dibayar saat Melanggar Larangan Haji

Ibadah

Tiga macam ibadah haji Tiga macam ibadah haji

Tiga Macam Ibadah Haji, Apa Saja?

Kajian

Puasa Dzulhijjah Qadha Ramadhan Puasa Dzulhijjah Qadha Ramadhan

Niat Menggabungkan Puasa Dzulhijjah dengan Qadha Ramadhan

Ibadah

fomo media sosial islam fomo media sosial islam

Upaya Menghindari Fomo dalam Kacamata Islam

Muslimah Talk

puasa syawal senilai setahun Niat Puasa Dzulhijjah puasa syawal senilai setahun Niat Puasa Dzulhijjah

Niat Puasa Dzulhijjah Lengkap dengan Latin dan Artinya

Ibadah

Hukum Menjual Kulit Sapi Kurban Hukum Menjual Kulit Sapi Kurban

Hukum Menjual Kulit Sapi Kurban

Kajian

Trending

Empat Karakteristik Kebudayaan Islam yang Dibawa Rasulullah

Kajian

Sayyidah Aisyah Sayyidah Aisyah

Belajar dari Fitnah yang Menimpa Sayyidah Aisyah  

Muslimah Daily

Makna Tawakkal atau Berserah Diri kepada Allah

Ibadah

butet manurung model barbie butet manurung model barbie

Butet Manurung, Dari Sokola Rimba Hingga Global Role Model Barbie

Diari

Kesalehan dan Domestikasi Perempuan Kesalehan dan Domestikasi Perempuan

Halal Lifestyle; Tawaran Gaya Hidup untuk Muslim Perkotaan

Muslimah Talk

Shafiyyah huyay istri nabi Shafiyyah huyay istri nabi

Shafiyyah binti Huyay, Perempuan Yahudi yang Masuk Islam dan Jadi Istri Nabi

Khazanah

18 Rukun yang Wajib Dipenuhi dalam Shalat

Ibadah

Resensi Buku Feminisme Muslim di Indonesia

Diari

Connect