Ikuti Kami

Kajian

Lima Manfaat Pola Asuh dan Pendidikan yang Baik

Ustadzah Oki Setiana Dewi
Gettyimages.com

BincangMuslimah.Com – Pola asuh dan pendidikan yang baik dari orang tua kepada anak-anak tentu memiliki dampak positif dan manfaat yang banyak. Di antaranya adalah lima hal yang dijelaskan oleh Dr. Sa’id bin Ali dalam Al-Hadyu An-Nabawi fi Tarbiyah Al-Aulad fi Dhau’ Al-Kitab wa As-Sunnah.

Pertama, Berbakti kepada Kedua Orang Tua

Insya Allah, para orang tua yang mau berjuang mengasuh dan mendidik anak-anaknya dengan baik, maka mereka akan menjadi anak-anak yang shalih dan shalihah. Mereka akan berbakti kepada orang tuanya, menaatinya, dan menjaganya. Setelah orang tuanya meninggal dunia, mereka akan tetap mengingatnya dengan mengirimkan doa dan memintakan ampunan kepada Allah untuknya. Inilah yang dimaksud oleh Nabi saw. di dalam sabdanya riwayat Imam Al-Bukhari, bahwa di antara tiga amal seseorang yang tidak dapat terputus meskipun ia meninggal dunia adalah doa anak yang shalih. 

Berbakti kepada kedua orang tua memang salah satu wasiat Allah kepada hamba-Nya (Q.S. Al-Isra’ 23-24). Bahkan wasiat ini difirmankan setelah agar hamba-Nya tidak menyekutukan-Nya. Di dalam ayat tersebut Allah swt. melarang keras untuk menyakiti keduanya, baik menyakiti secara verbal/dengan kata-kata buruk, seperti mengatakan “ah”. Apalagi menyakiti secara fisik, seperti memukul atau bahkan membunuh. Na’udzubillah min dzalik. Namun, Insya Allah anak yang diasuh dan dididik dengan baik tidak akan berani melakukan hal seperti itu. 

Hadis-hadis Nabi saw. juga banyak membicarakan tentang pentingnya berbakti kepada orang tua. Di antaranya adalah yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah r.a., “Ada seorang lelaki datang kepada Rasulullah saw. sambil berkata, “Wahai Rasulullah, siapakah orang yang paling berhak aku berbakti kepadanya,? beliau menjawab, “Ibumu”. Dia bertanya lagi, “Kemudian siapa?”, beliau menjawab, “Ibumu”. Dia bertanya lagi, “Kemudian siapa?”, beliau menjawab, “Ibumu”. Dia bertanya lagi, “Kemudian siapa?” beliau menjawab, “Ayahmu”. (HR. Al-Bukhari) 

Baca Juga:  Perempuan Ahli Ibadah Masuk Neraka Gara-gara Ini

Kedua, Anak-Anak yang Shalih dan Shalihah

Manfaat kedua yang merupakan buah manis dari pola asuh dan pendidikan yang baik adalah tumbuh dan berkembangnya anak-anak menjadi anak yang shalih dan shalihah. Mereka akan dapat menjaga dan menjalankan syariat-syariat agama yang telah ditanamkan kepada mereka sejak kecil. Seperti shalat lima waktu, puasa di bulan Ramadhan, dan menunaikan zakat. Anak-anak juga telah dibiasakan untuk berakhlak yang mulia, baik kepada dirinya sendiri, maupun kepada orang lain. 

Ketiga, Akhlak yang Terpuji

Di antara manfaat pola asuh dan pendidikan yang baik adalah terbentuknya akhlak yang terpuji. Akhlak yang telah diajarkan oleh Nabi saw., beliaulah yang memiliki akhlak yang paling baik. 

وَاِنَّكَ لَعَلٰى خُلُقٍ عَظِيْمٍ 

Dan sesungguhnya engkau benar-benar berbudi pekerti yang luhur. (Al-Qolam: 4)

Akhlak atau budi pekerti yang baik merupakan tanda dari kesempurnaan iman seseorang. Rasulullah saw. bersabda, “Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya. Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik kepada istrinya.” (H.R. At-Tirmidzi)

Sementara itu dalam riwayat lainnya, Rasulullah saw. memberikan clue tentang kebajikan dan dosa ketika ditanya oleh sahabatnya yang bernama An-Nawwas bin Sim’an Al-Anshari. Rasulullah saw. bersabda, “Kebajikan adalah budi pekerti yang baik. Sedangkan dosa adalah perbuatan yang menyesakkan dada dan engkau sendiri benci jika perbuatanmu itu diketahui orang lain.” (H.R. Muslim)

Bahkan manfaat dari memiliki akhlak yang baik adalah ia dapat menjadi pemberat timbangan amal kelak di akhirat. Dari Abu Darda’, Nabi saw. bersabda, “Tidak ada sesuatu yang lebih berat dalam timbangan seorang mukmin kelak di hari Kiamat dari pada akhlak yang baik. Sesungguhnya Allah amatlah murka terhadap orang yang keji lagi jahat.” (H.R. At-Tirmidzi) Masih dalam riwayat Imam At-Tirmidzi juga, dari sahabat Abu Hurairah r.a., Rasulullah saw. pernah ditanya tentang mayoritas penduduk surga. Beliau bersabda, “Orang yang bertaqwa kepada Allah dan berakhlak yang baik”. 

Baca Juga:  Jika Orang Tua Merupakan Non Muslim

Oleh karena itu, maka para orang tua yang aware terhadap akhlak yang terpuji pastinya akan menanamkannya kepada anak-anaknya. Seperti bersikap tawadhu’ (rendah hati), jujur, menepati janji, amanah, istiqamah, berani, sabar, memiliki rasa empati dan simpati, serta akhlak-akhlak terpuji lainnya. Sehingga anak-anak menjadi terbiasa dan terlatih berakhlak yang baik. 

Keempat, Membentuk Keluarga Muslim yang Baik

Manfaat pola asuh dan pendidikan yang baik selanjutnya adalah dapat membentuk dan mencetak keluarga muslim yang baik. Betapa tidak, ketika anak-anak shalih dan shalihah tersebut berkeluarga, tentunya mereka akan membentuk keluarga yang baik, dipenuhi kasih sayang dan teladan sebagaimana orang tua mereka lakukan terhadap mereka. 

Potret keluarga yang baik bukanlah hal mustahil. Allah swt. saja sudah mengatakan di dalam Al-Qur’an tentang hal ini. Yaitu keluarga yang tentram karena dipenuhi rasa kasih dan sayang. 

وَمِنْ اٰيٰتِهٖٓ اَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوْٓا اِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَّوَدَّةً وَّرَحْمَةً ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ

Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir. Q.S. Ar-Rum: 21

Ayat tersebut secara tidak langsung mengajarkan bahwa keluarga yang tidak dipenuhi kasih dan sayang tidak akan tenang. Bahasa masyhurnya adalah tidak sakinah. Bagaimana bisa tenang, jika antara satu anggota keluarga dengan lainnya justru malah saling memusuhi atau bahkan lebih dari itu. Padahal ibarat sebuah bangunan seharusnya saling menguatkan agar tidak roboh. 

Keluarga seharusnya menjadi tempat paling nyaman, aman, dan menenangkan bagi anak-anak. Bukan sebaliknya. Bisa dibayangkan jika keluarga itu tidak lagi menjadi tempat yang aman bagi anak-anak, pasti mereka akan melampiaskannya ke luar. Na’udzubillahnya jika sampai mereka ikut pergaulan yang tidak benar. 

Baca Juga:  Kajian Parenting Ustadzah Oki Setiana Dewi; Tugas Orang Tua Pada Anaknya

Kelima, Menyebarkan Rasa Cinta di Antara Anak-Anak

Manfaat yang sangat luar biasa dari pola asuh dan pendidikan yang baik adalah dapat menumbuhkan dan menyebarkan rasa cinta di hati anak-anak. Mereka telah diajarkan agar taat kepada Allah dan Rasul-Nya serta mencintai apa yang Allah dan Rasul-Nya cintai. Seperti halnya perintah untuk saling menyambung tali silaturahim, saling menyayangi dan mengasihi. 

Jika rasa cinta dan kasih sayang itu terus diasah dan dibiasakan, maka insya Allah menjadi watak dan kepribadian yang bagus bagi anak-anak. Mereka akan tumbuh dewasa dengan rasa itu karena didasari oleh iman dan ingin mencintai apa yang Allah dan Rasul-Nya cintai. 

Pola asuh dan pendidikan yang baik akan mencetak generasi yang shalih dan shalihah. Mereka dapat membentuk keluarga yang baik nantinya saat sudah menjadi suami atau istri serta melahirkan anak-anak yang bak. Di tengah masyarakat luas pun, mereka akan menjadi warga yang baik pula. Wa Allahu a’lam bis shawab.

 

Rekomendasi

Cara Mendidik Anak Islam Cara Mendidik Anak Islam

Enam Cara Mendidik Anak dalam Islam

Keterampilan sosial dimiliki anak Keterampilan sosial dimiliki anak

4 Keterampilan Sosial yang Harus Dimiliki Oleh Anak

mom war persaingan ibu mom war persaingan ibu

Fenomena Mom War, Persaingan antar Ibu yang Harus Dihentikan

mengkritik anak depan umum mengkritik anak depan umum

Mengkritik Anak di Depan Umum Adalah Bentuk Kekerasan

Ditulis oleh

Redaktur Pelaksana BincangMuslimah.Com, Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Pondok Pesantren Luhur Ilmu Hadis Darus-Sunnah

5 Komentar

5 Comments

Komentari

Terbaru

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah Agar Terhindar Keburukan

Ibadah

mengqadha puasa orang meninggal mengqadha puasa orang meninggal

Cara Mengqadha Puasa Orang yang Sudah Meninggal

Kajian

Keutamaan Melaksanakan I’tikaf Ramadhan Keutamaan Melaksanakan I’tikaf Ramadhan

Keutamaan Melaksanakan I’tikaf di Bulan Ramadhan

Kajian

doa nuzulul quran diamalkan doa nuzulul quran diamalkan

Doa Nuzulul Quran yang Bisa Diamalkan

Ibadah

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

lupa qunut shalat witir lupa qunut shalat witir

Imam Lupa Qunut Saat Shalat Witir, Wajibkah Sujud Sahwi?

Kajian

keberkahan orang makan sahur keberkahan orang makan sahur

Keberkahan untuk Orang Makan Sahur

Ibadah

kebiasaan shalat tarawih mesir kebiasaan shalat tarawih mesir

Tiga Kebiasaan Shalat Tarawih di Mesir

Kajian

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah Agar Terhindar Keburukan

Ibadah

perempuan tulang punggung keluarga perempuan tulang punggung keluarga

Dua Pahala yang Dijanjikan untuk Perempuan yang Jadi Tulang Punggung Keluarga

Kajian

Benarkah Janin yang Gugur Menjadi Syafaat Bagi Orang Tuanya Kelak?

Kajian

pendarahan sebelum melahirkan nifas pendarahan sebelum melahirkan nifas

Pendarahan Sebelum Melahirkan, Apakah Termasuk Nifas?

Kajian

Dalil Kewajiban Puasa Ramadhan dalam Al-Qur’an dan Hadis

Ibadah

Hijab Menurut Murtadha Muthahhari Hijab Menurut Murtadha Muthahhari

Konsep Hijab Menurut Murtadha Muthahhari

Kajian

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

Zainab Fawwaz Penggerak Pembebasan Zainab Fawwaz Penggerak Pembebasan

Zainab Fawwaz, Penggerak Pembebasan Perempuan Mesir

Khazanah

Connect