Ikuti Kami

Kajian

Konsep Pendidikan Seks dalam Islam

pinterest.com

BincangMuslimah.Com – Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Pendidikan berasal dari kata dasar yakni didik atau mendidik yang memiliki makna memelihara dan memberi latihan berupa ajaran dan pimpinan mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran.

Sedangkan kata Seks menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) bermakna jenis kelamin, sesuatu hal yang berhubungan dengan alat kelamin seperti bersenggama. Kemudian kata Seks mengalami perkembangan menjadi hubungan kelamin antara pria dan wanita, tapi dalam perbincangan sehari-hari orang sering melibatkan makna yang mencakup seksualitas pada umumnya.

Tidak hanya sebatas pada hubungan fisik yang intim secara anatomi dan fisiologi, melainkan juga unsur kejiwaan dan kepribadian mereka yang tertarik antara satu sama lain secara lahiriah. Sedangkan pendidikan seks merupakan informasi, pengetahuan ataupun segala sesuatu tentang seksualitas, baik secara fisioseksual maupun psioseksual.

Menurut Bukhori dalam buku “Islam dan Adab Seksual”, pendidikan seks adalah pendidikan yang mempunyai objek khusus dalam bidang kelamin secara mendetail. Lebih luasnya, beliau menyebutkan pendidikan seks merupakan ilmu yang membahas mengenai perbedaan kelamin laki-laki dan wanita yang ditinjau dari sudut anatomi, fissiologi dan psikologi. Lalu, bagaimana sebenarnya pendidikan seks dalam Islam?

Menurut Wirda Faswita dan Leni Suarni dalam buku “Hubungan Pendidikan Seks Dengan Perilaku Seksual Pada Remaja Putri”, Pendidikan Seks adalah merupakan cara pengajaran atau pendidikan yang dapat menolong muda-mudi untuk menghadapi yang bersumber pada dorongan seksual.

Dalam Islam menurut Ayip Syafruddin dalam buku Islam dan Pendidikan Seks, pendidikan seks merupakan bagian dari pendidikan akhlak, dan perilaku seksual yang sehat merupakan buah dari kemuliaan akhlak. Dengan demikan pendidikan seks harus merujuk pada tuntunan Allah SWT, sebab hanya Allah lah yang maha mengetahui tentang manusia yang diciptakanNya.

Baca Juga:  Benarkah Air Liur Manusia Najis?

Oleh sebab itu pendidikan seks tanpa dibekali dengan pendidikan ibadah akan timpang, sebab dengan pendidikan ibadah kita akan mengetahui hak-hak Allah, Rasul dan sesama manusia. Pendidikan seks dalam Islam dilandasi oleh Surah al-Mukminun ayat 12-14 dan Surah al-Isra ayat 32.

Dan kami sesungguhnya telah menciptakan manusia dari suatu saripati yang berasal dari tanah. Kemudian kami jadikan saripati itu air mani yang tersimpan dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian air mani itu kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah kami jadikan segumpal daging , dan segumpal daging itu kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu kami bungkus dengan daging. Kemudia kami jadikan dia makhluk yang berbentuk lain. Maka maha sucilah Allah penciptanya paling baik. (QS. al-Mukminun ayat 12-14)

Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina adalah ssuatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk. (QS. al-Isra ayat 32).

Dari ayat dapat ditarik benang merah bahwa pendidikan seks pada dasarnya merupakan upaya untuk memberikan pengetahuan tentang tentang fungsi organ reproduksi dengan menanamkan moral, etika, serta hukum dalam agama agar tidak terjadi penyalahgunaan alat reproduksi tersebut.

Pendidikan seks juga semata-mata tidak hanya mengajarkan tentang bersenggama, fungsi-fungsi organ dan kesehatannya saja melainkan disertai dengan penguatan agama, tentang larangan dalam hukum islam dan aturan-aturan yang ada agar tidak terjadinya penyimpangan seksual bagi para umat muslim.

Pendidikan seks ini berusaha mengenal penciptaan manusia dari jenis laki-laki dan perempuan dalam rangka saling mengenal menuju ketakwaan kepada Allah. Pendidikan seks memberikan pemahaman pada seorang terhadap lawan jenisnya, bahwa manusia memiliki kedudukan yang sama dihadapan Allah. Yang membedakan keduanya secara fisik hanyalah bentuk anatomi tubuh serta fungsi reproduksinya saja. Dalam ranah publik dan domestik dua jenis kelamin ini harus saling melengkapi.

Baca Juga:  Telaah Hadis 72 Bidadari untuk Mujahid

Pendidikan seks merupakan pendidikan mengenai tentang kesehatan alat reproduksi. Pendidikan seks sama dengan penerangan tentang anatomi fisiologis seks manusia, bahaya manusia dan sebaganya. Pendidikan seks sendiri bertujuan agar sesseorang dapat memahami arti, fungsi, sserta tujuan seks sehingga pada saat waktunya bisa menyalurkan seksualnya secara benar.

Pendidikan seks dapat dibedakan menjadi dua, pertama Sex Instruction merupakan penjelasan mengenai antomi dan psikologi seksual, seperti bertumbuhnya bulu di sebagian tubuh. Kedua, Education in Sexuality yang meliputi bidang moral, etika, fisiologi, dan pengetahuan lainnya dibutuhkan seorang agar dapat memahami diri sendiri sebagai individu seksual serta mengadakan hubungan personal yang baik. Dalam Islam banyak kitab yang memuat pendidikan seks seperti Kitab Qurratul Uyun dan Kitab Fath Al-Izar.

Rekomendasi

Pendidikan Seks dan Seksualitas Pendidikan Seks dan Seksualitas

Diah Irawaty: Pentingnya Pendidikan Seks dan Seksualitas dalam Masyarakat Muslim

Doa Nabi Ibrahim Keturunannya Doa Nabi Ibrahim Keturunannya

Usia Berapa Seharusnya Anak Mulai Dikenalkan pada Pendidikan Seks?

Berkaca dari Kasus Adhistya Zara: Pendidikan Seks Harus Diberikan Untuk Remaja

Cara Mempersiapkan Pendidikan Seks Untuk Anak Sesuai dengan Ketentuan Islam  

Ditulis oleh

Mahasiswi UIN Jakarta dan volunter di Lapor Covid

4 Komentar

4 Comments

Komentari

Terbaru

Sekilas tentang Sholihah Wahid Hasyim, Ibunda Gusdur

Kajian

Definisi anak menurut hukum Definisi anak menurut hukum

Definisi Anak Menurut Hukum, Umur Berapa Seorang Anak Dianggap Dewasa?

Kajian

Beauty Previllege terobsesi kecantikan Beauty Previllege terobsesi kecantikan

Beauty Previllege akan Menjadi Masalah Ketika Terobsesi dengan Kecantikan

Diari

Perilaku Rendah Hati alquran Perilaku Rendah Hati alquran

Tiga Contoh Perilaku Rendah Hati yang Diajarkan dalam Alquran

Muslimah Daily

Langkah mengesahkan Pernikahan Siri Langkah mengesahkan Pernikahan Siri

Langkah Hukum Mengesahkan Pernikahan Siri

Kajian

puasa syawal senilai setahun puasa syawal senilai setahun

Alasan Mengapa Puasa Syawal Senilai Puasa Setahun

Kajian

Metode Nabi Muhammad Metode Nabi Muhammad

Tiga Langkah Membina Generasi Berkualitas bagi Perempuan Karir

Keluarga

Tiga Hal Ini Perlu Ditekankan agar Pernikahan Menjadi Sakinah

Keluarga

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Definisi anak menurut hukum Definisi anak menurut hukum

Definisi Anak Menurut Hukum, Umur Berapa Seorang Anak Dianggap Dewasa?

Kajian

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Perilaku Rendah Hati alquran Perilaku Rendah Hati alquran

Tiga Contoh Perilaku Rendah Hati yang Diajarkan dalam Alquran

Muslimah Daily

Connect