Ikuti Kami

Subscribe

Kajian

Konsep Pendidikan Seks dalam Islam

pinterest.com

BincangMuslimah.Com – Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Pendidikan berasal dari kata dasar yakni didik atau mendidik yang memiliki makna memelihara dan memberi latihan berupa ajaran dan pimpinan mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran.

Sedangkan kata Seks menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) bermakna jenis kelamin, sesuatu hal yang berhubungan dengan alat kelamin seperti bersenggama. Kemudian kata Seks mengalami perkembangan menjadi hubungan kelamin antara pria dan wanita, tapi dalam perbincangan sehari-hari orang sering melibatkan makna yang mencakup seksualitas pada umumnya.

Tidak hanya sebatas pada hubungan fisik yang intim secara anatomi dan fisiologi, melainkan juga unsur kejiwaan dan kepribadian mereka yang tertarik antara satu sama lain secara lahiriah.

Sedangkan pendidikan seks merupakan informasi, pengetahuan ataupun segala sesuatu tentang seksualitas, baik secara fisioseksual maupun psioseksual.

Menurut Bukhori dalam buku Islam dan Adab Seksual, pendidikan seks adalah pendidikan yang mempunyai objek khusus dalam bidang kelamin secara mendetail. Lebih luasnya, beliau menyebutkan pendidikan seks merupakan ilmu yang membahas mengenai perbedaan kelamin laki-laki dan wanita yang ditinjau dari sudut anatomi, fissiologi dan psikologi.

Menurut Wirda Faswita dan Leni Suarni dalam buku “Hubungan Pendidikan Seks Dengan Perilaku Seksual Pada Remaja Putri”, Pendidikan Seks adalah merupakan cara pengajaran atau pendidikan yang dapat menolong muda-mudi untuk menghadapi yang bersumber pada dorongan seksual.

Dalam Islam menurut Ayip Syafruddin dalam buku Islam dan Pendidikan Seks, pendidikan seks merupakan bagian dari pendidikan akhlak, dan perilaku seksual yang sehat merupakan buah dari kemuliaan akhlak. Dengan demikan pendidikan seks harus merujuk pada tuntunan Allah SWT, sebab hanya Allah lah yang maha mengetahui tentang manusia yang diciptakanNya.

Oleh sebab itu pendidikan seks tanpa dibekali dengan pedidikan ibadah akan timpang, sebab dengan pendidikan ibadah kita akan mengetahui hak-hak Allah, Rassul dan sessama manusia. Dalam Islam pendidikan seks dilandasi oleh Surah al-Mukminun ayat 12-14 dan Surah al-Isra ayat 32.

Dan kami sesungguhnya telah menciptakan manusia dari suatu saripati yang berasal dari tanah. Kemudian kami jadikan saripati itu air mani yang tersimpan dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian air mani itu kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah kami jadikan segumpal daging , dan segumpal daging itu kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu kami bungkus dengan daging. Kemudia kami jadikan dia makhluk yang berbentuk lain. Maka maha sucilah Allah penciptanya paling baik. (QS. al-Mukminun ayat 12-14)

Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina adalah ssuatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk. (QS. al-Isra ayat 32).

Dari ayat dapat ditarik benang merah bahwa pendidikan seks pada dasarnya merupakan upaya untuk memberikan pengetahuan tentang tentang fungsi organ reproduksi dengan menanamkan moral, etika, serta hukum dalam agama agar tidak terjadi penyalahgunaan alat reproduksi tersebut.

Pendidikan seks juga semata-mata tidak hanya mengajarkan tentang bersenggama, fungsi-fungsi organ dan kesehatannya saja melainkan disertai dengan penguatan agama, tentang larangan dalam hukum islam dan aturan-aturan yang ada agar tidak terjadinya penyimpangan seksual bagi para umat muslim.

Pendidikan seks ini berusaha mengenal penciptaan manusia dari jenis laki-laki dan perempuan dalam rangka saling mengenal menuju ketakwaan kepada Allah. Pendidikan seks memberikan pemahaman pada seorang terhadap lawan jenisnya, bahwa manusia memiliki kedudukan yang sama dihadapan Allah. Yang membedakan keduanya secara fisik hanyalah bentuk anatomi tubuh serta fungsi reproduksinya saja. Dalam ranah publik dan domestik dua jenis kelamin ini harus saling melengkapi.

Pendidikan seks merupakan pendidikan mengenai tentang kesehatan alat reproduksi. Pendidikan seks sama dengan penerangan tentang anatomi fisiologis seks manusia, bahaya manusia dan sebaganya. Pendidikan seks sendiri bertujuan agar sesseorang dapat memahami arti, fungsi, sserta tujuan seks sehingga pada saat waktunya bisa menyalurkan seksualnya secara benar.

Pendidikan seks dapat dibedakan menjadi dua, pertama Sex Instruction merupakan penjelasan mengenai antomi dan psikologi seksual, seperti bertumbuhnya bulu di sebagian tubuh. Kedua, Education in Sexuality yang meliputi bidang moral, etika, fisiologi, dan pengetahuan lainnya dibutuhkan seorang agar dapat memahami diri sendiri sebagai individu seksual serta mengadakan hubungan personal yang baik. Dalam Islam banyak kitab yang memuat pendidikan seks seperti Kitab Qurratul Uyun dan Kitab Fath Al-Izar.

Rekomendasi

Diah Irawaty: Pentingnya Pendidikan Seks dan Seksualitas dalam Masyarakat Muslim

Berkaca dari Kasus Adhistya Zara: Pendidikan Seks Harus Diberikan Untuk Remaja

Cara Mempersiapkan Pendidikan Seks Untuk Anak Sesuai dengan Ketentuan Islam  

Avatar
Ditulis oleh

Mahasiswi UIN Jakarta dan volunter di Lapor Covid

Komentari

Komentari

Terbaru

Qurratul Uyun Qurratul Uyun

Potret perempuan dalam kitab Qurratul Uyun

Kajian

Perkara Yang Membatalkan Wudhu Perspektif Empat Mazhab Perkara Yang Membatalkan Wudhu Perspektif Empat Mazhab

Perkara Yang Membatalkan Wudhu Perspektif Empat Mazhab

Ibadah

Hai Ladies, Mari Turut Serta Menjadi Aktor Kunci Penjaga Toleransi!

Diari

jenis mukena jenis mukena

Tiga Kesunnahan yang Dianjurkan Ketika Melakukan Shalat Fajar

Ibadah

apakah sikat gigi bisa menggantikan siwak? apakah sikat gigi bisa menggantikan siwak?

Apakah Sikat Gigi Bisa Menggantikan Siwak?

Ibadah

doa dalam wudhu doa dalam wudhu

Doa-doa dalam Wudhu Tidak Ada Sumber Hadisnya, Bolehkah Diamalkan?

Ibadah

menolak ruu-pks, RUU Penghapusan Kekerasan Seksual menolak ruu-pks, RUU Penghapusan Kekerasan Seksual

Catatan Bagi Orang-Orang yang Menolak RUU-PKS

Diari

bolehkah berwudhu dengan bantuan bolehkah berwudhu dengan bantuan

Bolehkah Berwudhu Dengan Bantuan Orang Lain?

Ibadah

Trending

Hukum Menghisap Kemaluan Suami

Kajian

Beauty Previllege, Menjadi Masalah Ketika Terobsesi dengan Kecantikan

Diari

dalil puasa rajab dalil puasa rajab

Berapa Hari Kita Disunnahkan Puasa Rajab?

Ibadah

Metode Nabi Muhammad Metode Nabi Muhammad

Parenting Islami: Tiga Langkah Membina Generasi Berkualitas bagi Perempuan Karir

Keluarga

Ini Keutamaan Bersedekah Di Bulan Rajab yang Perlu Kamu Ketahui

Ibadah

Mandi junub dan haid Mandi junub dan haid

Hukum Menggabungkan Mandi Jum’at Dengan Mandi Janabah, Bolehkah?

Ibadah

qabliyah shubuh qabliyah shubuh

Ini Surah-surah yang Sunah Dibaca Saat Shalat Qabliyah Shubuh

Ibadah

Jilbab, SKB 3 Menteri dan Kemerdekaan Perempuan

Diari

Connect