Ikuti Kami

Subscribe

Kajian

Konsep Pendidikan Seks dalam Islam

pinterest.com

BincangMuslimah.Com – Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Pendidikan berasal dari kata dasar yakni didik atau mendidik yang memiliki makna memelihara dan memberi latihan berupa ajaran dan pimpinan mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran.

Sedangkan kata Seks menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) bermakna jenis kelamin, sesuatu hal yang berhubungan dengan alat kelamin seperti bersenggama. Kemudian kata Seks mengalami perkembangan menjadi hubungan kelamin antara pria dan wanita, tapi dalam perbincangan sehari-hari orang sering melibatkan makna yang mencakup seksualitas pada umumnya.

Tidak hanya sebatas pada hubungan fisik yang intim secara anatomi dan fisiologi, melainkan juga unsur kejiwaan dan kepribadian mereka yang tertarik antara satu sama lain secara lahiriah.

Sedangkan pendidikan seks merupakan informasi, pengetahuan ataupun segala sesuatu tentang seksualitas, baik secara fisioseksual maupun psioseksual.

Menurut Bukhori dalam buku Islam dan Adab Seksual, pendidikan seks adalah pendidikan yang mempunyai objek khusus dalam bidang kelamin secara mendetail. Lebih luasnya, beliau menyebutkan pendidikan seks merupakan ilmu yang membahas mengenai perbedaan kelamin laki-laki dan wanita yang ditinjau dari sudut anatomi, fissiologi dan psikologi.

Menurut Wirda Faswita dan Leni Suarni dalam buku “Hubungan Pendidikan Seks Dengan Perilaku Seksual Pada Remaja Putri”, Pendidikan Seks adalah merupakan cara pengajaran atau pendidikan yang dapat menolong muda-mudi untuk menghadapi yang bersumber pada dorongan seksual.

Dalam Islam menurut Ayip Syafruddin dalam buku Islam dan Pendidikan Seks, pendidikan seks merupakan bagian dari pendidikan akhlak, dan perilaku seksual yang sehat merupakan buah dari kemuliaan akhlak. Dengan demikan pendidikan seks harus merujuk pada tuntunan Allah SWT, sebab hanya Allah lah yang maha mengetahui tentang manusia yang diciptakanNya.

Oleh sebab itu pendidikan seks tanpa dibekali dengan pedidikan ibadah akan timpang, sebab dengan pendidikan ibadah kita akan mengetahui hak-hak Allah, Rassul dan sessama manusia. Dalam Islam pendidikan seks dilandasi oleh Surah al-Mukminun ayat 12-14 dan Surah al-Isra ayat 32.

Dan kami sesungguhnya telah menciptakan manusia dari suatu saripati yang berasal dari tanah. Kemudian kami jadikan saripati itu air mani yang tersimpan dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian air mani itu kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah kami jadikan segumpal daging , dan segumpal daging itu kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu kami bungkus dengan daging. Kemudia kami jadikan dia makhluk yang berbentuk lain. Maka maha sucilah Allah penciptanya paling baik. (QS. al-Mukminun ayat 12-14)

Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina adalah ssuatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk. (QS. al-Isra ayat 32).

Dari ayat dapat ditarik benang merah bahwa pendidikan seks pada dasarnya merupakan upaya untuk memberikan pengetahuan tentang tentang fungsi organ reproduksi dengan menanamkan moral, etika, serta hukum dalam agama agar tidak terjadi penyalahgunaan alat reproduksi tersebut.

Pendidikan seks juga semata-mata tidak hanya mengajarkan tentang bersenggama, fungsi-fungsi organ dan kesehatannya saja melainkan disertai dengan penguatan agama, tentang larangan dalam hukum islam dan aturan-aturan yang ada agar tidak terjadinya penyimpangan seksual bagi para umat muslim.

Pendidikan seks ini berusaha mengenal penciptaan manusia dari jenis laki-laki dan perempuan dalam rangka saling mengenal menuju ketakwaan kepada Allah. Pendidikan seks memberikan pemahaman pada seorang terhadap lawan jenisnya, bahwa manusia memiliki kedudukan yang sama dihadapan Allah. Yang membedakan keduanya secara fisik hanyalah bentuk anatomi tubuh serta fungsi reproduksinya saja. Dalam ranah publik dan domestik dua jenis kelamin ini harus saling melengkapi.

Pendidikan seks merupakan pendidikan mengenai tentang kesehatan alat reproduksi. Pendidikan seks sama dengan penerangan tentang anatomi fisiologis seks manusia, bahaya manusia dan sebaganya. Pendidikan seks sendiri bertujuan agar sesseorang dapat memahami arti, fungsi, sserta tujuan seks sehingga pada saat waktunya bisa menyalurkan seksualnya secara benar.

Pendidikan seks dapat dibedakan menjadi dua, pertama Sex Instruction merupakan penjelasan mengenai antomi dan psikologi seksual, seperti bertumbuhnya bulu di sebagian tubuh. Kedua, Education in Sexuality yang meliputi bidang moral, etika, fisiologi, dan pengetahuan lainnya dibutuhkan seorang agar dapat memahami diri sendiri sebagai individu seksual serta mengadakan hubungan personal yang baik. Dalam Islam banyak kitab yang memuat pendidikan seks seperti Kitab Qurratul Uyun dan Kitab Fath Al-Izar.

Rekomendasi

Diah Irawaty: Pentingnya Pendidikan Seks dan Seksualitas dalam Masyarakat Muslim

Berkaca dari Kasus Adhistya Zara: Pendidikan Seks Harus Diberikan Untuk Remaja

Cara Mempersiapkan Pendidikan Seks Untuk Anak Sesuai dengan Ketentuan Islam  

Avatar
Ditulis oleh

Mahasiswi UIN Jakarta dan volunter di Lapor Covid

Komentari

Komentari

Terbaru

jin qorin menggoda manusia jin qorin menggoda manusia

Benarkah Jin Qorin Ada untuk Menggoda Manusia?

Kajian

Relasi Tasawuf Psikologi Agama Relasi Tasawuf Psikologi Agama

Relasi Tasawuf dengan Psikologi Agama

Kajian

rasulullah mengadili Thu’mah Ubayriq rasulullah mengadili Thu’mah Ubayriq

Telaah Kisah Rasulullah SAW. Mengadili Thu’mah bin Ubayriq

Khazanah

penyebab kekerasan seksual pesantren penyebab kekerasan seksual pesantren

Penyebab Terjadinya Kekerasan Seksual di Pesantren Menurut Komisioner Komnas Perempuan

Kajian

rasulullah terjaga perbuatan dosa rasulullah terjaga perbuatan dosa

Rasulullah SAW. Terjaga dari Segala Perbuatan Dosa

Kajian

Kisah Ibnu Rusyd yang Pernah Ditolong oleh Yahudi

Kajian

seragam sekolah identitas keagamaan seragam sekolah identitas keagamaan

Sengkarut Seragam Sekolah dengan Identitas Keagamaan, Akankah Sekolah Berujung Jadi Ranah Intoleransi?

Muslimah Talk

Drama Extraordinary Attorney Woo Drama Extraordinary Attorney Woo

Perempuan Penyandang Disabilitas Mental menjadi Pengacara Hebat di Drama Extraordinary Attorney Woo

Muslimah Talk

Trending

Bulan Haram 3 Berurutan Bulan Haram 3 Berurutan

Amalan yang Bisa Dilakukan di Awal Tahun Hijriah

Ibadah

rasulullah mengadili Thu’mah Ubayriq rasulullah mengadili Thu’mah Ubayriq

Memahami Makna I’jaz Al Qur’an

Kajian

Perempuan dalam Historiografi Islam Perempuan dalam Historiografi Islam

Perempuan dalam Historiografi Islam

Kajian

Sejarah Kurban Sebelum Islam Sejarah Kurban Sebelum Islam

Sejarah Kurban Sebelum Nabi Ibrahim

Kajian

Tempat Duduk jenis kekerasan Tempat Duduk jenis kekerasan

Efektifkah Pemisahan Tempat Duduk Penumpang Berdasarkan Jenis Kelamin untuk Menangkal Kekerasan Seksual?

Muslimah Talk

Pelaku Pemerkosaan Dibela Ayahnya Pelaku Pemerkosaan Dibela Ayahnya

Pelaku Pemerkosaan Dibela Ayahnya, Padahal Nabi Tegas Menegakkan Hukum Termasuk pada Anaknya

Khazanah

Tingkatan Cinta Ibnu Arabi Tingkatan Cinta Ibnu Arabi

Tingkatan Cinta Menurut Ibnu Arabi

Kajian

Rasulullah Disalip Emak-emak Rasulullah Disalip Emak-emak

Kisah Rasulullah Disalip Emak-emak

Khazanah

Connect