Ikuti Kami

Kajian

Interpretasi Khaled Abou El Fadl Terhadap Hadis Misoginis

Khaled Abou Hadis Misoginis
Photo from Islami.Co

BincangMuslimah.Com Khaled M. Abou el-Fadl lahir di Kuwait pada tahun 1963. Ia menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah di kampung halamannya di Kuwait. Setelah itu, ia melanjutkan studinya di Mesir. Seperti tradisi  Arab yang melestarikan tradisi hafalan, Khaled sudah hafal Al-Qur’an sejak usia 12 tahun. Ayahnya yang berprofesi sebagai pengacara sangat menginginkan Khaled menjadi orang yang paham hukum Islam.  

Kemudian tahun 1982, beliau hijrah dari Mesir ke Amerika Serikat, di mana ia melanjutkan pendidikan di Universitas Yale, mempelajari hukum selama 4 tahun, dan lulus studi bachelor dengan predikat cumlaude. Tahun  1989, ia menerima gelar Magister of Laws dari University of Pennsylvania. Karena prestasinya, ia diterima  sebagai pengacara komersial dan imigrasi di Pengadilan Tinggi Arizona (Supreme Court Justice).

Karena hal itu, Khaled Abou El Fadl memperoleh kewarganegaraan Amerika dan diangkat sebagai Associate Professor di University of Texas di Austin. Setelahnya, Khaled menerima gelar PhD dari Princeton University. Pada tahun 1999, ia menerima gelar PhD di bidang Hukum Islam. Sejak itu, ia menjadi profesor hukum Islam di Fakultas Hukum Universitas California, Los Angeles (UCLA). Ia juga sebagai direktur Human Rights Watch dan anggota Kebebasan Beragama Amerika Serikat.

Karya-karya

Khaled Abou El Fadl adalah penulis yang produktif. Di antara karya-karyanya yang sudah diterbitkan dalam bentuk buku yaitu: a) Speaking in God’s Name: Islamic Law, Authory, and Woman, b) Rebellion and Violence in Islamic Law, c) And God Knows the Soldiers: The Authoritative and Authoritorian in Islamic Discourse, The Authoritative and Authorian in Islamic Discourses: A Contemporary Case Study, e) Islam and Challenge of Democracy, f) The Place of Tolerance in Islam, g) Conference of Books: The Search for Beauty in Islam.

Baca Juga:  Benarkah Nabi Membolehkan Istri untuk Bersujud pada Suami?

Hermeneutika Negosiatif (Hermeneutika Hadis) 

Khaled Abou el-Fadl mengusulkan untuk memastikan makna hadits. Maksudnya ialah, proses penafsiran tidak hanya berusaha mengerti makna suatu kata atau frasa, tetapi juga bagaimana mengamalkan makna tersebut. Khaled berpendapat bahwa proses penentuan makna merupakan hasil interaksi antara pengarang (author), teks (teks), dan pembaca (reader). Singkatnya, dalam menentukan makna, proses negosiasi harus seimbang dari ketiga aspek tersebut, tanpa kendali salah satu pihak.

Pengarang (Author)

Melihat rumitnya proses penyuntingan hadis, dapat ditegaskan bahwa penciptaan hadis tidak terlepas dari campur tangan manusia baik dalam hafalan, periwayatan, maupun penyimpanan dan penulisan teks. Oleh karena itu, pembahasan penulis hadis tidak terlepas dari proses penulis dalam pembentukan hadis. Dalam hal ini, Nabi berperan sebagai penulis sejarah dan penulis utama.

Teks 

Hadis merupakan teks otoritatif yang menempati posisi teratas sebagaimana Alquran sebagai sarana untuk mendetekai pesan dan kehendak Tuhan. Otoritasnya berasal dari realitas fakta bahwa hadits berasal dari Tuhan dan menginformasikan manusia tentang perintah-perintah Tuhan. Kewibawaan hadis menjadikan hadis sebagai pemimpin manusia dan sumber hukum dari segi etika, moralitas, hukum dan kebijaksanaan.

Pembaca (Reader)

Dipandang sebagai bentuk makna. Guna menghindari sikap pembaca yang sewenang-wenang  dalam menentukan makna. Khaled mengusulkan konsep perwakilan. Ada lima syarat untuk mendelegasikan otoritas Tuhan kepada manusia sebagai “wakil khusus”, antara lain; kejujuran, kejujuran, ketelitian, akal sehat, dan pengendalian diri.

Contoh Hadis Misoginis : 

Khaled Abou El Fadl memecah pandangannya dalam mendalami hadis-hadis misoginis (hadis yang menganggap perempuan lebih rendah daripada laki-laki), salah satunya yaitu, hadis mengenai sujudnya istri pada suami. 

Dari Anas Ibn Malik, Nabi bersabda: “Tidak ada seorang manusia pun yang boleh bersujud kepada sesamanya, dan jika seorang manusia diperbolehkan bersujud kepada sesamanya, saya akan menyuruh seorang istri bersujud kepada suaminya karena begitu besarnya hak seorang suami terhadap istrinya. Demi Allah, jika seorang istri menjilat bisul yang tumbuh di sekujur tubuh suaminya, dari ujung kaki hingga ujung rambut, maka hal itu masih belum cukup sebagai pemenuhan kewajibannya kepada suaminya.

Baca Juga:  Apakah Shalat Sunnah Fajar Sama dengan Shalat Qabliyah Subuh?

Analisis Khaled Abou El Fadl

Khaled Abou El Fadl meneliti matan hadits ini. Ia menemukan bahwa strukturnya aneh. Sangat tidak mungkin Nabi membahas teologi Islam secara tidak sistematis, sehingga diragukan konteks dan struktur hadisnya. Hadis tersebut tidak dapat dipercaya karena tidak mengidentifikasi peran Nabi dalam proses penulisan yang menciptakan hadits. 

Hadits ini bertentangan dengan ayat-ayat dalam Al-Qur’an tentang pernikahan dan seluruh riwayat yang menjelaskan tindakan Nabi terhadap istrinya. Dari analisis di atas, Khaled telah menentukan bahwa hadits tersebut tidak dapat secara definitif diklaim berasal dari Nabi, sebab tidak cukup untuk menentukan maknanya. Hadits ini memiliki pengaruh yang besar terhadap pola hubungan gender dalam keluarga. 

Di sisi lain juga, memiliki implikasi teologis, moral dan sosial yang  besar. Namun, juga bertanggung jawab atas penurunan status moral perempuan. Oleh karena itu, untuk menangani hadits-hadits ini harus dilakukan jeda kecermatan, yaitu jeda untuk mencerminkan posisi dan pengaruh hadis-hadis ini, dan seberapa besar kebenaran bahwa Nabi berperan dan menciptakan hadis tersebut. Maka, jeda kecermatan ini membutuhkan tinjauan kritis terhadap hadis.

Begitulah kritikan Khaled Abou El Fadl terhadap hadis misoginis.

Rekomendasi

60 hadits hak-hak perempuan 60 hadits hak-hak perempuan

Review Buku 60 Hadits Shahih Hak-hak Perempuan dalam Islam

Menolak Ajakan Istri Berhubungan Menolak Ajakan Istri Berhubungan

Benarkah Nabi Membolehkan Istri untuk Bersujud pada Suami?

keselamatan muslim puritan moderat keselamatan muslim puritan moderat

Arti Keselamatan bagi Muslim Puritan dan Moderat Menurut Khaled Abou El Fadl

Khaled Abou Hadis Misoginis Khaled Abou Hadis Misoginis

Konsep Kekhalifahan Manusia Sebagai Wakil Tuhan Perspektif Khaled Abou El Fadl

Ditulis oleh

Alumni Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Jurusan Aqidah dan Filsafat Islam

Komentari

Komentari

Terbaru

Sekilas tentang Sholihah Wahid Hasyim, Ibunda Gusdur

Kajian

Definisi anak menurut hukum Definisi anak menurut hukum

Definisi Anak Menurut Hukum, Umur Berapa Seorang Anak Dianggap Dewasa?

Kajian

Beauty Previllege terobsesi kecantikan Beauty Previllege terobsesi kecantikan

Beauty Previllege akan Menjadi Masalah Ketika Terobsesi dengan Kecantikan

Diari

Perilaku Rendah Hati alquran Perilaku Rendah Hati alquran

Tiga Contoh Perilaku Rendah Hati yang Diajarkan dalam Alquran

Muslimah Daily

Langkah mengesahkan Pernikahan Siri Langkah mengesahkan Pernikahan Siri

Langkah Hukum Mengesahkan Pernikahan Siri

Kajian

puasa syawal senilai setahun puasa syawal senilai setahun

Alasan Mengapa Puasa Syawal Senilai Puasa Setahun

Kajian

Metode Nabi Muhammad Metode Nabi Muhammad

Tiga Langkah Membina Generasi Berkualitas bagi Perempuan Karir

Keluarga

Tiga Hal Ini Perlu Ditekankan agar Pernikahan Menjadi Sakinah

Keluarga

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Definisi anak menurut hukum Definisi anak menurut hukum

Definisi Anak Menurut Hukum, Umur Berapa Seorang Anak Dianggap Dewasa?

Kajian

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Perilaku Rendah Hati alquran Perilaku Rendah Hati alquran

Tiga Contoh Perilaku Rendah Hati yang Diajarkan dalam Alquran

Muslimah Daily

Connect