Ikuti Kami

Kajian

Imam Nahe’i : Pentingnya Menghadirkan Pengalaman Perempuan dalam Penafsiran Al-Qur’an

BincangMuslimah.Com – Hampir semua doktrin-doktrin keagamaan ditulis oleh laki-laki dengan menggunakan prespektif mereka. Sehingga, pengalaman perempuan belum terakomodasi dengan baik. Demikianlah yang disampaikan oleh Bapak Imam Nahe’i dalam pelatihan kepenulisan keislaman berbasis gender yang diadakan Bincang Muslimah Sabtu lalu (29/8).

Oleh karena itu, Bapak Imam Nahe’i berpesan kepada para penulis Bincang Muslimah agar  menghadirkan kembali pengalaman dan peran perempuan di dalam tulisan-tulisan yang berkaitan dengan keislaman. Menurutnya, ketidak hadiran pengalaman perempuan di dalam sebuah tulisan akan menyebabkan bahasa yang ditulis dapat berdampak diskriminasi terhadap perempuan.

Salah satu ayat yang dijadikan argumen Bapak Imam Nahe’i tentang pentingnya menghadirkan pengalaman perempuan dalam menulis adalah ayat haid. Allah swt. berfirman, Yas alunaka anil mahidh (mereka bertanya kepadamu tentang mahidh). Allah swt. menggunakan kata mahidh bukan haid. Mahidh berarti darah haid, sedangkan haidh adalah orang yang sedang haid. Allah memilih mahidh bukan haidh karena berangkat dari pengalaman perempuan.

Pada zaman jahiliyah, perempuan haid tidak diajak makan bersama. Tidak diajak minum bersama. Tidak diajak bicara dan duduk bersama. Perempuan-perempuan yang haid pada masa itu diletakkan di kandang belakang rumah untuk menjalankan fungsi reproduksinya itu. Bahkan, konon perempuan-perempuan yang baru selesai haid ketika itu baunya sangat menyengat.

Pengalaman perempuan tersebut ingin dirubah dengan kekuatan bahasa, maka Allah swt.  menggunakan lafadz mahidh/darah haid. Allah swt. menegaskan bahwa yang bermasalah itu darah haidnya bukan haidnya/orangnya.

Orang haid itu manusia seutuhnya yang sedang menjalankan fungsi reproduksi dan tidak ada yang salah dalam dirinya. Kemanusiaannya tidak turun karena dia menjalankan fungsi reproduksi. Maka, Al-Qur’an menggunakan redaksi mahidh untuk mengubah cara pandang masyarakat jahiliyah yang mempermasalahkan kemanusiaan orang haid.

Baca Juga:  Beberapa Alasan Seseorang Menjadi Fanatik

Begitu pula penggunaan bahasa pada kelanjutan ayat tersebut. Allah swt. berfirman, fa’tazilun nisaa a fil mahidh. Allah swt. menggunakan kata fa’tazilu (hendaknya laki-laki yang berisolasi diri). Allah swt. bukan menggunakan kata fa’ziluu (hendaknya mengasingkan perempuan).

Hal tersebut juga ingin memotret pengalaman perempuan di masa Jahiliyah. Mereka menjalankan fungsi reproduksinya dengan diasingkan dari keluarga. Al-Qur’an mengatakan jangan lakukan i’zilu tapi fa’taziluu. Kamu yang berisolasi, jangan perempuan yang kamu keluarkan.

I’zilu tidak sama dengan fisik dan berbeda dengan hujran yang berarti meninggalkan.  I’tazilu bisa dalam satu kamar tetapi satunya menghadap ke samping satunya menghadap ke samping lainnya atau tidak melakukan hubungan badan.

Selanjutnya firman Allah swt. wa laa taqrabuuhunna hatta yathhurna. Redaksi yang digunakan Al-Qur’an tersebut juga menarik. Ia menggunakan kata thahura, tathhir, tathahhur dan seterusnya. Hal ini ingin menunjukkan kemanusiaan perempuan. Ketika mereka sedang menjalankan fungsi reproduksi, mereka hanya mengalami hambatan kesucian seperti laki-laki pada umumnya kalau kencing atau BAB yang juga mengalami hambatan kesucian.

Bapak Imam Nahe’i juga menyinggung hadis yang menjadi streotip bagi perempuan; al mar’atu naqisatu aqlin wa diinin. Perempuan itu kurang akal dan agamanya. Jika dibaca tanpa melihat pengalaman perempuan ketika hadis ini disabdakan, maka akan salah menangkap pesan.

Pada saat itu, perempuan tidak mendapatkan hak dan pendidikan yang setara dengan laki-laki. Maka, perempuan tidak mendapatkan akses yang setara untuk menimba ilmu sebagaimana laki-laki. Perempuan tidak diberi ruang yang cukup oleh suami dan keluarganya untuk mendapatkan akses yang sama dengan laki-laki. Merekapun terbentuk secara budaya tidak mendapatkan kemampuan yang sama dengan kemampuan laki-laki karena aksesnya berbeda.

Dengan demikian, maka ketika hendak menulis atau menafsirkan teks agama harus memperhatikan dua hal. Pertama; pengalaman perempuan di mana teks itu diturunkan. Kedua, pengalaman perempuan di mana teks itu akan diaplikasikan atau dibumikan. Ketika dua hal tersebut diperhatikan, maka insya Allah tidak ada lagi diskriminasi dan pengabaian peran perempuan dalam penafsiran teks agama.

Baca Juga:  Benarkah Perempuan Kurang Akal?

Bapak Imam Nahe’i memungkasi materinya dengan mengatakan bahwa ketika menulis sebuah gagasan tentang isu perempuan, maka catatannya satu, harus mengkaji situasi dan pengalaman perempuan. Wa Allahu a’lam bis shawab.

Rekomendasi

Review Novel “Telembuk”, Potret Buram Perempuan Miskin

tafsir Ayat Bias gender tafsir Ayat Bias gender

Tiga Kemungkinan Salah Tafsir Ayat Bias Gender Menurut Kiai Hussein Muhammad

inner child yang terluka inner child yang terluka

Inner Child yang Terluka Berdampak Besar bagi Perempuan Dewasa

Syariat Islam Mengecam Keras Aksi Bullying  Syariat Islam Mengecam Keras Aksi Bullying 

Perundungan Terhadap Perempuan karena Pengalaman Biologis

Ditulis oleh

Redaktur Pelaksana BincangMuslimah.Com, Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Pondok Pesantren Luhur Ilmu Hadis Darus-Sunnah

Komentari

Komentari

Terbaru

Silaturahmi dalam Momen Lebaran Silaturahmi dalam Momen Lebaran

Menjalin Silaturahmi dalam Momen Lebaran

Kajian

Macam Manusia Imam Al-Ghazali Macam Manusia Imam Al-Ghazali

Empat Macam Manusia Menurut Imam Al-Ghazali

Kajian

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

memelihara semangat setelah ramadhan memelihara semangat setelah ramadhan

Tips Memelihara Semangat Ibadah Setelah Ramadhan

Muslimah Talk

golongan manusia kedudukan terbaik golongan manusia kedudukan terbaik

Golongan Manusia yang Mendapatkan Kedudukan Terbaik di Sisi Allah

Kajian

kisah puasa sayyidah maryam kisah puasa sayyidah maryam

Memetik Hikmah dari Kisah Puasa Sayyidah Maryam dalam Alquran

Khazanah

Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan

Pendapat Para Ulama tentang Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan

Kajian

Makna Pentingnya Zakat Fitrah Makna Pentingnya Zakat Fitrah

Makna dan Pentingnya Zakat Fitrah

Kajian

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

Niat puasa malam hari Niat puasa malam hari

Mengapa Niat Puasa Boleh Dilakukan sejak Malam Hari?

Ibadah

Connect