Ikuti Kami

Kajian

Bagaimana Cara Mendidik Anak Menurut Islam?

Keterampilan sosial dimiliki anak
A young Arab American mother reads with her young daughter in a public park. She is wearing a hijab and having a great time as they turn pages and point to pictures together.

BincangMuslimah.Com – Ada banyak pertanyaan tentang bagaimana cara mendidik anak menurut Islam. Pendidikan anak yang pertama dan paling utama dalam Islam adalah pendidikan dalam keluarga yang berperspektif Islam.

Cara mendidik anak menurut Islam adalah memberikan pendidikan yang didasarkan pada tuntunan agama Islam. Pendidikan tersebut diterapkan dalam keluarga dan dimaksudkan untuk membentuk anak agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt.

Selain itu, hal yang ditekankan dalam cara mendidik anak menurut Islam adalah agar bisa berakhlak mulia. Akhlak mulia yang dimaksud adalah mencakup etika, moral, budi pekerti, spiritual atau pemahaman dan pengalaman nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan sehari-hari.

Hal tersebut adalah salah satu wujud amar ma’ruf nahi munkar dalam kehidupan keluarga. Bentuk amar ma’ruf nahi munkar dalam keluarga bisa dilaksanakan dengan memberikan pendidikan kepada putra-putri berdasarkan ajaran Islam.

Menuju proses kedewasaan, anak-anak sangat memerlukan bermacam-macam proses. Proses tersebut diperankan oleh bapak dan ibu dalam lingkungan keluarga, sehingga mesti diperhatikan dengan ekstra.

Pada dasarnya, pola atau metode pendidikan agama dalam Islam adalah mencontoh pada perilaku Nabi Muhammad Saw. dalam membina keluarga dan sahabatnya. Sebab, apa pun yang dilakukan oleh Nabi Muhammad Saw. adalah manifestasi dari kandungan Al-Qur’an.

Dalam pelaksanaannya, Rasulullah Saw. memberikan kesempatan pada para pengikutnya untuk mengembangkan cara sendiri. Sebagai catatan, cara tersebut tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip pelaksanaan pendidikan yang dilakukan oleh Rasulullah Saw.

Keluarga adalah unit sosial terkecil yang utama dan pertama bagi seorang anak. Sebelum anak berkenalan dengan dunia sekitarnya, anak akan berkenalan terlebih dahulu bersinggungan dengan situasi keluarga..

Ahmad Tafsir dalam buku Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam (2001) menyatakan bahwa pengalaman pergaulan dalam keluarga berpengaruh sangat besar dalam perkembangan anak untuk masa yang akan datang.

Baca Juga:  Mengapa Daerah Tertentu Banyak Orang Saleh?

Keluarga adalah sistem pendidikan yang pertama dan utama bagi anak. Orang tua adalah pendidik utama dan pertama bagi anak-anak. Sebab, dari orang tualah anak-anak mulai menerima pendidikan.

Setiap anak memiliki dorongan dan daya untuk meniru. Dorongan tersebut membuat anak bisa mengerjakan sesuatu yang dikerjakan oleh orang tuanya. Oleh karena itu, setiap orang tua harus menjadi teladan bagi anak-anaknya.

Apa saja yang didengar dan dilihat anak selalu ditiru tanpa mempertimbangkan baik dan buruknya. Untuk itu, orang tua harus memperhatikan perkembangan jasmani, rohani, dan akal anak-anaknya.

Tanggung jawab orang tua Muslim untuk mendidik anak agar mampu menjadi pribadi yang shaleh telah tertuang dalam firman Allah Swt. yakni dalam Qur’an Surat At-Tahrim Ayat 6 sebagai berikut:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ قُوٓا۟ أَنفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا ٱلنَّاسُ وَٱلْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَٰٓئِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَّا يَعْصُونَ ٱللَّهَ مَآ أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

Yā ayyuhallażīna āmanụ qū anfusakum wa ahlīkum nāraw wa qụduhan-nāsu wal-ḥijāratu ‘alaihā malā`ikatun gilāẓun syidādul lā ya’ṣụnallāha mā amarahum wa yaf’alụna mā yu`marụn

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.”

Cara mendidik anak menurut Islam sebagai pola atau metode pendidikan agama dalam Islam adalah mencontoh pada perilaku Nabi Muhammad Saw. Tujuan pendidikan yang dilaksanakan adalah akhlak yang mulia.

Perilaku Rasulullah Saw. yang dicontoh adalah perbuatannya dalam membina keluarga dan menghadapi para sahabat. Sebab, apa pun yang dilakukan oleh Nabi Muhammad Saw. adalah manifestasi dari kandungan Al-Qur’an.[]

Rekomendasi

Metode Nabi Muhammad Metode Nabi Muhammad

Tiga Langkah Membina Generasi Berkualitas bagi Perempuan Karir

Cara Mendidik Anak Islam Cara Mendidik Anak Islam

Enam Cara Mendidik Anak dalam Islam

Keterampilan sosial dimiliki anak Keterampilan sosial dimiliki anak

4 Keterampilan Sosial yang Harus Dimiliki Oleh Anak

membayarkan zakat anak tirinya membayarkan zakat anak tirinya

Mengkritik Anak di Depan Umum Adalah Bentuk Kekerasan

Ditulis oleh

Tim Redaksi Bincang Muslimah

Komentari

Komentari

Terbaru

Metode Nabi Muhammad Metode Nabi Muhammad

Tiga Langkah Membina Generasi Berkualitas bagi Perempuan Karir

Keluarga

Tiga Hal Ini Perlu Ditekankan agar Pernikahan Menjadi Sakinah

Keluarga

makmum fardhu orang sunnah makmum fardhu orang sunnah

Hukum Menjadi Makmum Shalat Fardhu kepada Orang yang Shalat Sunnah

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

panduan melaksanakan puasa syawal panduan melaksanakan puasa syawal

Panduan Melaksanakan Puasa Syawal

Ibadah

beberapa ibadah bulan syawal beberapa ibadah bulan syawal

Berikut Beberapa Ibadah yang Bisa Dilakukan di Bulan Syawal

Ibadah

kartini sikap kritis beragama kartini sikap kritis beragama

Raden Ajeng Kartini dan Sikap Kritis dalam Beragama

Khazanah

jiwa kartini setiap perempuan jiwa kartini setiap perempuan

Jiwa Kartini Ada di Setiap Diri Perempuan

Muslimah Talk

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

Connect