Ikuti Kami

Kajian

Islam Mengakui Eksistensi Perempuan Sebagai Bagian dari Peradaban

Islam Mengakui Eksistensi Perempuan
Source: Gettyimages.com

BincangMuslimah.Com – Belakangan ini, berbicara mengenai eksistensi perempuan bukanlah hal yang baru dan tabu. Ramainya ranah kerja di ruang domestik maupun publik yang diisi oleh kaum perempuan merupakan bukti kualitas seseorang tidak bertumpu pada jenis kelamin.

Jauh sebelum riuh digalakkannya pemberdayaan perempuan, Islam terlebih dahulu telah mengakui eksistensi dan kerja-kerja yang dilakukan oleh perempuan. Sayangnya, teks agama mengenai hal ini jarang dikutip, padahal bersumber dari otoritas Alquran dan Hadis shahih. 

Di sisi lain, tidak dapat dipungkiri pula banyak pemahaman mengenai teks-teks Islam yang populer, justru kerap mendomestikasi bahkan mensubordinasikan diri perempuan atas laki-laki.

Namun, apabila diteliti dan dipahami lebih mendalam, banyak redaksi Alquran yang memanggil laki-laki dan perempuan untuk menunjukkan eksistensi dirinya. Pada akhirnya, setiap perbuatan yang dilakukan akan diganjar sesuai dengan apa yang diperbuat. 

Sekali lagi, panggilan ini tidak hanya eksklusif bagi laki-laki, tapi diperuntukkan juga bagi perempuan. Salah satunya sebagaimana yang direkam dalam firman Allah di surah Ghāfir [40] ayat 40:

مَنْ عَمِلَ سَيِّئَةً فَلَا يُجْزٰىٓ اِلَّا مِثْلَهَاۚ وَمَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِّنْ ذَكَرٍ اَوْ اُنْثٰى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَاُولٰۤىِٕكَ يَدْخُلُوْنَ الْجَنَّةَ يُرْزَقُوْنَ فِيْهَا بِغَيْرِ حِسَابٍ 

Siapa yang mengerjakan keburukan tidak dibalas, kecuali sebanding dengan keburukan itu. Siapa yang mengerjakan kebajikan, baik laki-laki maupun perempuan sedangkan dia dalam keadaan beriman, akan masuk surga. Mereka dianugerahi rezeki di dalamnya tanpa perhitungan.” (Q.S. Ghāfir [40]:40)

Dalam Tafsīr al-Misbāḥ, Prof. Quraish Shihab berpendapat penyebutan (ذَكَرٍ اَوْ اُنْثٰى) yang berarti laki-laki dan perempuan bertujuan sebagai penekanan tercakupnya semua yang dinamai manusia. 

Karenanya, syariat Islam memberikan kedudukan, hak, dan kesempatan yang sama bagi laki-laki dan perempuan. Jika pun ada perbedaan, itu disebabkan oleh perbedaan potensi dan keistimewaan pada masing-masing jenis kelamin.

Baca Juga:  Nyai Ahmad Dahlan, Emansipator Pendidikan Indonesia

Senada dengan pendapat tersebut, Prof. Wahbah al-Zuhailī dalam Tafsīr al-Munīr menjelaskan setiap manusia akan mendapatkan ganjaran dari apa yang diperbuat. Tidak ada spesifikasi penyebutan salah satu jenis kelamin yang ditinggikan dalam ayat ini. Laki-laki dan perempuan sebagai manusia, mendapatkan balasan berdasarkan apa yang diperbuatnya.

Disamping ayat Alquran di atas, sejarah turut merekam jejak kontribusi dan eksistensi perempuan di masa Rasulullah saw. Kontribusi yang mereka lakukan mencakup banyak bidang seperti dalam ibadah ritual, pengetahuan dan pendidikan, kerja-kerja ekonomi, maupun sosial serta budaya. 

Ragam pekerjaan juga digeluti oleh perempuan pada masa Rasulullah, seperti pedagang umum, pekerja rumahan, perawat, penggembala ternak, penenun, petani, dan lain sebagainya.

Sebagaimana contohnya yaitu Khadijah istri Rasulullah, seorang business woman yang sukses, Aisyah bint Abu Bakar yang merupakan seorang perawi yang telah meriwayatkan lebih lebih 6000 teks Hadits, ahli tafsir, dan juga fiqh. 

Selanjutnya ada pula Umm al-Hushain, perempuan yang mencatat khutbah Rasulullah saat haji Wada’. Kemudian Ummu Syuraik, perempuan yang kaya raya dan dermawan dari Madinah, serta masih banyak lagi kontribusi perempuan dalam peradaban.

Oleh sebab itu, sangat tepat apabila dalam Hadis disebutkan sebuah kemuliaan tidak didasarkan atas bentuk tubuh, akan tetapi tolok ukur yang digunakan adalah keimanan dalam hati serta amal perbuatan.

حَدَّثَنَا عَمْرٌو النَّاقِدُ حَدَّثَنَا كَثِيرُ بْنُ هِشَامٍ حَدَّثَنَا جَعْفَرُ بْنُ بُرْقَانَ عَنْ يَزِيدَ بْنِ الْأَصَمِّ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ اللَّهَ لَا يَنْظُرُ إِلَى صُوَرِكُمْ وَأَمْوَالِكُمْ وَلَكِنْ يَنْظُرُ إِلَى قُلُوبِكُمْ وَأَعْمَالِكُمْ (صحيح مسلم)

“Dari Abu Hurairah r.a, berkata Rasulullah SAW, bersabda, “Sesungguhnya Allah tidak melihat pada rupa kalian, tidak juga pada harta kalian, tetapi Dia melihat hati kalian dan amal-amal kalian.” (Shahih Muslim, Kitāb al-Birr wa al-Shilāh, Bab al-Taḫrir Zhulm al-Muslim wa Khaldihi wa Damihi wa ‘Aridlihi wa Mālihi, no. 2564)

Baca Juga:  Bolehkah Menjauhi Ilmu karena Takut Mengamalkannya?

Islam membawa penghargaan setinggi-tingginya terhadap hak setiap manusia. Islam hadir untuk memanggil dan mengangkat derajat manusia, baik itu laki-laki atau perempuan tanpa terkecuali. Semangat ajaran Islam bertujuan menghilangkan berbagai macam ketidakadilan dalam masyarakat. 

Tak hanya itu, bukti yang abadi bahwa Islam mengakui eksistensi perempuan salah satunya dengan penyematan perempuan sebagai nama surah di dalam Alquran yaitu surah an-Nisā’ yang berarti “perempuan”. Wallahu’alam.

Rekomendasi

mamah dedeh pendakwah perempuan mamah dedeh pendakwah perempuan

Mamah Dedeh, Pendakwah Legendaris Perempuan

Sejarah Pensyariatan Azan Pertama Sejarah Pensyariatan Azan Pertama

Sejarah Pensyariatan Azan Pertama Kali

Zainab Fawwaz Penggerak Pembebasan Zainab Fawwaz Penggerak Pembebasan

Zainab Fawwaz, Penggerak Pembebasan Perempuan Mesir

terapi seft gangguan emosi terapi seft gangguan emosi

Terapi SEFT (Spiritual Emotional Freedom Technical) untuk Mengatasi Gangguan Emosi Sesuai Nilai Islam

Ditulis oleh

Komentari

Komentari

Terbaru

Peran Perempuan Turunnya Alquran Peran Perempuan Turunnya Alquran

Peran Perempuan dalam Peristiwa Turunnya Alquran

Khazanah

suntik vitamin saat puasa suntik vitamin saat puasa

Hukum Suntik Vitamin, Gizi dan Infus saat Puasa?

Kajian

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah Agar Terhindar Keburukan

Ibadah

mengqadha puasa orang meninggal mengqadha puasa orang meninggal

Cara Mengqadha Puasa Orang yang Sudah Meninggal

Kajian

Keutamaan Melaksanakan I’tikaf Ramadhan Keutamaan Melaksanakan I’tikaf Ramadhan

Keutamaan Melaksanakan I’tikaf di Bulan Ramadhan

Kajian

doa nuzulul quran diamalkan doa nuzulul quran diamalkan

Doa Nuzulul Quran yang Bisa Diamalkan

Ibadah

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

lupa qunut shalat witir lupa qunut shalat witir

Imam Lupa Qunut Saat Shalat Witir, Wajibkah Sujud Sahwi?

Kajian

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah Agar Terhindar Keburukan

Ibadah

perempuan tulang punggung keluarga perempuan tulang punggung keluarga

Dua Pahala yang Dijanjikan untuk Perempuan yang Jadi Tulang Punggung Keluarga

Kajian

Benarkah Janin yang Gugur Menjadi Syafaat Bagi Orang Tuanya Kelak?

Kajian

pendarahan sebelum melahirkan nifas pendarahan sebelum melahirkan nifas

Pendarahan Sebelum Melahirkan, Apakah Termasuk Nifas?

Kajian

Dalil Kewajiban Puasa Ramadhan dalam Al-Qur’an dan Hadis

Ibadah

Hijab Menurut Murtadha Muthahhari Hijab Menurut Murtadha Muthahhari

Konsep Hijab Menurut Murtadha Muthahhari

Kajian

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

Zainab Fawwaz Penggerak Pembebasan Zainab Fawwaz Penggerak Pembebasan

Zainab Fawwaz, Penggerak Pembebasan Perempuan Mesir

Khazanah

Connect