Ikuti Kami

Diari

Hai Ladies, Yuk Turut Serta Menjadi Aktor Kunci Menjaga Toleransi!

menjaga toleransi
gettyimages.com

 BincangMuslimah.Com – Banyak fakta mencengangkan yang dapat kita temui dalam sejarah tentang bagaimana perempuan mendapatkan perlakuan yang tidak adil dari lingkungan sosial masyarakat pada masa tersebut. Namun ketika Islam datang, perlahan dan sedikit demi sedikit perlakuan tak adil dan cenderung tidak memanusiakan perempuan itu mampu dihapuskan oleh Islam.

Perempuan sebelum kedatangan Islam tidak mendapatkan haknya secara proporsional dan cenderung hanya dianggap sebagai objek pemuas nafsu seksual belaka. Contoh lain yang bisa kita lihat mengenai gambaran bagaimana perempuan diperlakukan pada era sebelum kedatangan Islam adalah dari asbabun nuzul dari Q.S. An-Nisa ayat 19 yang artinya:
“Hai orang-orang yang beriman, tidak halal bagi kamu mempusakai wanita dengan jalan paksa dan janganlah kamu menyusahkan mereka karena hendak mengambil kembali sebagian dari apa yang telah kamu berikan kepadanya, terkecuali bila mereka melakukan pekerjaan keji yang nyata. Dan bergaullah dengan mereka secara patut. Kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak”

Ada tiga sebab diturunkannya ayat tersebut (asbabun nuzul ayat). Pertama, sebelum Islam datang, apabila seorang perempuan ditinggal mati oleh suaminya sementara ia memiliki seorang putra atau ahli waris lainnya, maka mereka memiliki hak penuh atas istri ayahnya yang meninggal tersebut.

Bahkan apabila mereka berkenan, mereka bisa saja menikahkan perempuan tersebut dengan seorang laki-laki sesuai keinginan mereka dan mengambil maharnya. Betapa pada masa itu perempuan hanya dianggap seperti barang yang bisa ‘dijual’ atau diwariskan seenaknya.

Kedua, pada zaman pra-Islam, apabila seorang laki-laki menikahi perempuan dan ternyata pada pertengahan pernikahan mereka sang laki-laki tidak menyukai perempuan tersebut, maka si laki-laki berhak menahan, memboikot, atau menempatkan sang istri pada situasi di mana sang suami tidak menggaulinya dan tidak pula menceraikannya.

Baca Juga:  Refleksi Lagu Bang Toyib dan Bang Jono dalam Kisah Pewayangan

Ketiga, pada zaman pra-Islam, mayoritas para suami pada zaman tersebut tidaklah memperlakukan istrinya dengan baik. Lazim ditemukan kasus kekerasan dalam rumah tangga dan para suami yang memperlakukan istrinya sesuka hati mereka. Itulah beberapa gambaran bagaimana perempuan diperlakukan, sebelum Islam datang. Keadaan tersebut yang digambarkan oleh al-Qur’an, terjadi di daerah Hijaz atau Makah, serta Madinah, sebagai teritori di mana al-Qur’an dan Islam dilahirkan.

Namun semua itu berubah ketika Islam datang. Islam mengajarkan untuk menghargai perempuan. Islam menghapuskan kebiasaan atau adat masyarakat jahiliyah yang memperlakukan perempuan seperti barang warisan. Seperti yang disebutkan dalam Q.S. An-Nisa ayat 19 di atas, bahwasanya al-Qur’an menyatakan dengan tegas tentang keharaman mewarisi istri dari sang ayah mereka secara paksa.

Islam juga menghapus kebiasaan masyarakat jahiliyah yang menindas para istri, kebiasaan berbuat kasar terhadap istri, dan juga menghapuskan adat bahwa perempuan tidak berhak mendapatkan hak waris ketika kerabatnya meninggal. Itulah beberapa latar belakang singkat mengenai perubahan perlakuan yang dialami oleh perempuan dari era pra-Islam hingga kemudian era pasca kedatangan Islam.

Salah satu hal yang patut disyukuri juga adalah di zaman modern ini, perempuan sudah memiliki kebebasan untuk mengekspresikan pendapatnya. Perempuan lebih leluasa berkarir, bersuara, dan berserikat.

Salah satu faktor yang membantu perempuan dalam mendapatkan hak-haknya tersebut ialah Islam itu sendiri, meskipun sebenarnya dalam praktik sosial-masyarakat masih banyak pula ketimpangan yang dialami perempuan, namun hal tersebut perlahan juga tengah dibenahi oleh aktor-aktor penggerak masyarakat.

Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh Wahid Foundation, UN Women, dan Lembaga Survei Indonesia (LSI) menyatakan bahwa mayoritas perempuan Indonesia, yakni sebanyak 80,7% mendukung hak kebebasan menjalankan ibadah bagi berbagai penganut agama dan kepercayaan. Hanya 7,2% yang tidak setuju akan hal tersebut.

Baca Juga:  Perempuan yang Berperan dalam Kebijakan Islam di Masa Rasulullah

Survei itu bertajuk “Tren Toleransi Sosial-Keagamaan di Kalangan Perempuan Muslim Indonesia” yang merupakan survei wawancara tatap muka terhadap 1500 responden perempuan pada 6-27 Oktober 2017 di 34 provinsi di Indonesia menggunakan metode multi-random sampling dengan margin error 2,6%. Terkait dengan potensi radikalisme, 80,8% perempuan tidak bersedia menjadi radikal.

Dari hasil survei tersebut, nampak jelas bahwa sebenarnya perempuan muslim Indonesia memiliki potensi kuat menjadi aktor kunci penjaga toleransi. Potensi ini bisa menjadi modal bagi perempuan untuk menjadi aktor kunci dalam mengampanyekan toleransi dan menangkal radikalisme. Guna mewujudkan hal tersebut, perempuan mulanya harus menyadari potensi perilaku toleransi serta makna toleransi itu sendiri. Berangkat dari kesadaran inilah kaum perempuan bisa lebih proaktif dalam turut serta menjaga perdamaian.

Potensi perilaku toleran perempuan muslim di Indonesia tersebut pengarusutamaan gender dan toleransi harus lebih digalakkan lagi oleh para tokoh penggerak masyarakat, khususnya yang berfokus pada pemberdayaan perempuan. Perempuan di Indonesia harus menyadari bahwa apapun peran mereka saat ini, mereka mampu berpartisipasi dalam menjaga perdamaian dan toleransi di NKRI.

Tugas menjaga perdamaian dan toleransi adalah tugas bersama yang bisa dilakukan oleh perempuan dari semua kalangan, baik perempuan yang menjadi ibu rumah tangga, perempuan yang berkarir, ataupun perempuan yang masih bersekolah. Para ibu bisa menjadi promotor perdamaian dan toleransi bagi putra-putrinya, mewariskan hal tersebut bagi generasi selanjutnya sebagai amunisi perjuangan berikutnya.

Peran perempuan sebagai aktor kunci menjaga perdamaian dan toleransi tidaklah terbatas pada standar pemaknaan tertentu. Justru peran tersebut haruslah dimulai dari lingkup terkecil yakni dari keluarga, forum-forum kecil ibu-ibu kompleks, arisan tingkat RT, arisan ibu-ibu sosialita, forum wali murid, hingga mewujud dalam gerakan proaktif perempuan yang mengampanyekan perdamaian dan toleransi.

Baca Juga:  Lima Peran Publik Perempuan yang Sering Terabaikan

Jadi, ladies… Setelah perjuangan panjang untuk mendapatkan hak-hak kebebasan yang saat ini akhirnya bisa kita nikmati, apakah kita masih akan berpangku tangan? Katakan dengan lantang bahwa kita mau dan mampu turut berperan menjaga perdamaian dan toleransi di NKRI tercinta mulai dari lingkup terkecil.

Rekomendasi

perempuan berperan kebijakan Islam perempuan berperan kebijakan Islam

Perempuan yang Berperan dalam Kebijakan Islam di Masa Rasulullah

toleransi perjumpaan Islam Nasrani toleransi perjumpaan Islam Nasrani

Toleransi: Perjumpaan Islam dengan Nasrani dan Romawi

Hukum Menghadiri Undangan Natal Hukum Menghadiri Undangan Natal

Hukum Menghadiri Undangan Natal yang Diadakan di Tempat Kerja

Menerima Bingkisan Natal Muslim Menerima Bingkisan Natal Muslim

Hukum Menerima Bingkisan Natal bagi Muslim

Ditulis oleh

Sarjana Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir STAI Sunan Pandanaran. Perempuan asal Banyuwangi ini aktif dalam komunitas Puan Menulis

Komentari

Komentari

Terbaru

Tiga Hal Ini Perlu Ditekankan agar Pernikahan Menjadi Sakinah

Keluarga

makmum fardhu orang sunnah makmum fardhu orang sunnah

Hukum Menjadi Makmum Shalat Fardhu kepada Orang yang Shalat Sunnah

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

panduan melaksanakan puasa syawal panduan melaksanakan puasa syawal

Panduan Melaksanakan Puasa Syawal

Ibadah

beberapa ibadah bulan syawal beberapa ibadah bulan syawal

Berikut Beberapa Ibadah yang Bisa Dilakukan di Bulan Syawal

Ibadah

kartini sikap kritis beragama kartini sikap kritis beragama

Raden Ajeng Kartini dan Sikap Kritis dalam Beragama

Khazanah

jiwa kartini setiap perempuan jiwa kartini setiap perempuan

Jiwa Kartini Ada di Setiap Diri Perempuan

Muslimah Talk

kisah fatimah idul fitri kisah fatimah idul fitri

Kisah Sayyidah Fatimah Merayakan Idul Fitri

Khazanah

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

Connect