BincangMuslimah.Com- Islam adalah agama yang mudah. Karena Allah SWT tidak pernah membebani hamba-Nya di luar batas kemampuan hamba tersebut. Oleh karena itu banyak kemudahan Allah memberikan kepada hamba-Nya yang tidak mampu menjalankan pembebanan yang seharusnya dilakukan.
Penjelasan dalam Literatur Fiqh
Kemudahan ini di dalam literatur Fiqh dikenal dengan nama rukhshoh. Salah satu rukhshoh yang Allah adalah adalah kebolehan untuk untuk menjamak dan mengqashar shalat sebagaimana firman Allah dalam QS. An-Nisa’ [4]:101:
وَإِذَا ضَرَبۡتُمۡ فِي ٱلۡأَرۡضِ فَلَيۡسَ عَلَيۡكُمۡ جُنَاحٌ أَن تَقۡصُرُواْ مِنَ ٱلصَّلَوٰةِ إِنۡ خِفۡتُمۡ أَن يَفۡتِنَكُمُ ٱلَّذِينَ كَفَرُوٓاْۚ إِنَّ ٱلۡكَٰفِرِينَ كَانُواْ لَكُمۡ عَدُوّٗا مُّبِينٗا ١٠١
“Dan apabila kamu bepergian di muka bumi, maka tidaklah mengapa kamu mengqasar shalat(mu), jika kamu takut diserang oleh orang-orang kafir. Sesungguhnya orang-orang kafir itu adalah musuh yang nyata bagimu”.
Rasulullah juga bersabda tentang kebolehan untuk jamak sholat sebagaimana yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim:
كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يجمع بين صلاة الظهر والعصر اذا كان على ظهر سير ويجمع بين المغرب والعشاء
“Rasulullah menggabungkan antara shalat zuhur dan asar jika beliau dalam perjalanan dan menggabungkan antara maghrin dan isya’.
Berdasarkan beberapa dalil tersebut, para ulama sepakat bahwa uzur yang menjadi sebab kebolehan menjamak shalat adalah safar (berada dalam perjalanan), hujan deras/ketakutan dan sakit. Beberapa uzur ini disebut juga sebagai uzur syar’i.
Bolehkan Jamak Sholat Tanpa Uzur Syar’i
Lantas bagaimana jika seseorang ingin menjamak shalat sementara ia tidak sedang dalam kondisi uzur syar’i?
Di dalam kitab al-Umm juz. 7 hal. 216, Imam Syafi’I mengutip sebuah sabda Rasulullah SAW:
أَخْبَرَنَا مَالِكٌ عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ الْمَكِّيِّ عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ: «صَلَّى رَسُولُ اللَّهِ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – الظُّهْرَ وَالْعَصْرَ جَمِيعًا وَالْمَغْرِبَ وَالْعِشَاءَ جَمِيعًا فِي غَيْرِ خَوْفٍ وَلَا سَفَرٍ
“Malik telah mengabarkan kepada kami dari Abu Zubair al-Makki dari sa’id bin Jubair dari Ibn Abbas, ia berkata bahwa Rasulullah SAW menjama’ sholat zuhur dan asar, maghrib dan isya’ di dalam selain keadaan takut dan tidak pula safar”.
Hadits ini kemudian ditafsiri oleh Imam Malik bahwa Rasulullah SAW melakukan jama’ sholat tersebut ketika hujan. Namun, tidak menutup kemungkinan mengartikan hadis ini kemudian dalam bentuk yang lebih umum. Sebagaimana Imam Nawawi menyebutkan di dalam kitab al-Minhaj Syarah Shahih Muslim bin al-Hajjaj juz. 5 hal. 219:
وَذَهَبَ جَمَاعَةٌ مِنَ الْأَئِمَّةِ إِلَى جَوَازِ الْجَمْعِ فِي الْحَضَرِ لِلْحَاجَةِ لِمَنْ لا يتخذه عادة
“Dan sekelompok para imam berpendapat terhadap kebolehan menjama’ shalat di dalam kondisi hadir (tidak dalam perjalanan) karena ada kebutuhan bagi orang yang tidak menjadikan hal tersebut sebagai kebiasaan”.
Di dalam riwayat lain juga mengatakan bahwa boleh melakukan sholat jama’ dalam keadaan darurat sebagaimana yang terdapat di dalam kitab Syarah Yaqut al-Nafis hal. 232:
وقال اخرون قد يجمع رسول الله صلى الله عليه وسلم عند الضرورة, ولهذَا اجاز البعض الجمع عند الضرورة
“Sebagian yang lain berkata bahwa terkadang Rasulullah SAW menjama’ shalat ketika darurat. Karena ini, sebagian ulama memperbolehkan menjama’ sholat ketika darurat”.
Syarat Jamak Shalat Selain Uzhur Syar’i
Berdasarkan beberapa pendapat tersebut dapat menarik kesimpulan bahwa boleh-boleh saja menjama’ sholat ketika tidak sedang dalam kondisi uzur syar’i. Tetapi dengan catatan orang tersebut sedang memiliki kesibukan yang membutuhkan waktu sehingga harus menjama’ sholat.
Namun perlu menggarisbawahi kesibukan tersebut tidak dalam hal maksiat atau orang tersebut sedang dalam kondisi darurat yang mengharuskannya untuk menjama’ sholat.
Salah satu contoh ketika seseorang sedang mengadakan resepsi pernikahan. Durasi acara yang kemungkinan besar menyita waktu shalat ini membuat sulit para mempelai terutama perempuan untuk melaksanakan shalat di waktunya. Terlebih harus menjamu banyaknya tamu yang juga merupakan ajaran Islam membuat kesibukan tersebut mempersulit seseorang untuk shalat tepat waktu.
Namun kendati demikian, tetap saja kewajiban hamba terhadap Allah SWT untuk melaksanakan ibadah seharusnya lebih diprioritaskan dibandingkan kesibukan lainnya.
Wallahu a’lam, semoga bermanfaat.
1 Comment