Ikuti Kami

Khazanah

Kisah Umar bin Khattab yang Sangat Perhatian kepada Kaum Perempuan

Umar perhatian kaum perempuan
Source: gettyimages.com

BincangMuslimah.Com – Meskipun dalam riwayat masyhur terkenal dengan ketegasannya, Sayyidina Umar juga dikenal sebagai sosok yang tidak pernah menunjukkan sifat kasar dan keras kepada perempuan. Artinya, Khalifah Umar bin Khattab memiliki pribadi yang lemah lembut, ia juga sangat perhatian kepada kaum perempuan dan bahkan menganggap dirinya adalah bapak bagi para perempuan.

Sewaktu menjabat sebagai khalifah, sahabat Rasulullah tersebut memiliki kebiasaan keliling rumah penduduk di setiap malam harinya. Ia tidak akan tidur sebelum yakin warganya tidak melalui malam kecuali dengan perut kenyang dan hati yang tentram. 

Sebagaimana dikisahkan dalam kitab Fatwa dan Ijtihad Umar bin Khaththab karangan al-Halawi. Zaid bin Aslam pernah menceritakan bahwa suatu malam ketika Khalifah Umar sedang ronda, ia lewat di depan rumah seseorang. Dari dalam rumah tersebut, terdengar suara seorang perempuan yang lirih sedang bersenandung untaian syair: “Malam ini terasa panjang, sunyi senyap hitam kelam; Lama aku tiada kekasih, yang kucumbu dan kurayu.

Umar bin Khattab lantas menanyakan kepada orang yang juga kebetulan lewat di tempat itu, siapa gerangan perempuan itu. Darinya didapatkan informasi, bahwa perempuan tersebut adalah istri dari seorang prajurit Islam yang sedang berjuang di medan jihad. Keesokan harinya, Khalifah Umar bersurat kepada komandan di lapangan agar suami fulanah tersebut segera pulang ke rumahnya.

Tidak berhenti disitu, Sayyidina Umar juga berusaha mencari tahu, sebenarnya berapa lama waktu bagi seorang istri dapat menahan kerinduan akan suaminya. Untuk menjawab rasa penasarannya itu lalu ia mengunjungi rumah putri kandungnya, Hafshah. 

“Wahai, putriku. Berapa lama seorang perempuan mampu menahan (sabar) ditinggal pergi suaminya?” Tanya Umar setelah berbasa-basi.

Awalnya, Hafshah terkejut dan tersipu malu mendengar pertanyaan yang tak disangka itu dari ayahnya. “Subhanallah. Orang seperti ayah bertanya kepada saya tentang soalan ini?”

Baca Juga:  Mulai Ramai Menjelang Pemilu Serentak 2024, Begini Pandangan Islam Terhadap Pemimpin Perempuan

“Kalau misalnya bukan karena kepentingan umat, tentu Ayah tidak akan menanyakan hal ini kepadamu.” Jelas Umar, melanjutkan.

Setelah mendapatkan pengertian, Hafshah menjawab bahwa rentang waktu kesabaran seorang istri untuk menunggu suaminya pulang ialah sekitar lima atau enam bulan. Semenjak itu, Khalifah Umar menetapkan waktu tugas bagi seluruh prajurit Muslim di medan perang tidak lebih dari enam bulan. Rinciannya, satu bulan merupakan perjalanan pergi ke gelanggang jihad, empat bulan lamanya di lapangan, kemudian satu bulan sisanya untuk perjalanan pulang.

Diriwayatkan pula dalam kitab 150 Qishah min Hayati Umar ibn al-Khaththab karya al-Tanthawi. Suatu hari Khalifah Umar mendatangi perempuan-perempuan yang ditinggalkan suami mereka yang tengah berjihad. Ketika sampai di pintu rumah mereka, Umar bertanya, “Apakah kalian membutuhkan sesuatu? Atau di antara kalian ada yang ingin membeli sesuatu? Sesungguhnya aku tidak suka kalian tertipu dalam jual-beli.” Maka, Umar kemudian membawa mereka ke pasar bersama anak-anak mereka yang jumlahnya cukup banyak, dan membelikan kebutuhan mereka.

Perhatian Umar bin Khattab kepada kaum perempuan yang lain juga bisa dilihat ketika seorang utusan datang membawa surat dari para suami, Khalifah Umar sendiri yang mengantarkan surat-surat tersebut langsung kepada mereka seraya berkata, “Suami-suami kalian berada di jalan Allah, sedangkan kalian berada di negeri Rasulullah saw. Apakah ada di antara kalian yang bisa membaca? Atau jika tidak, kalian bisa mendekati pintu-pintu kalian dan aku yang membacakannya.”

Umar juga menyaratkan istri-istri para mujahid tadi untuk membalas surat suaminya, “Utusan pembawa surat akan pergi pada hari sekian dan sekian. Maka, tulislah surat untuk suami kalian.” Umar membagikan kertas dan alat tulis, lalu mengambil surat-surat mereka dan mengirimkannya kepada suami-suami mereka.[]

Rekomendasi

Pray the Devil Back Pray the Devil Back

Pray the Devil Back to Hell, Cerita Powerfull Perempuan Mengusung Perdamaian

Kisah Istri Ibnu Hajar Kisah Istri Ibnu Hajar

Kisah Istri Imam Ibnu Hajar al-Haitami yang Hampir Tertipu Duniawi

Fitham Binti Syajnah Fitham Binti Syajnah

Fitham Binti Syajnah: Otak dari Pembunuhan Ali Ibn Abi Thalib

butet manurung model barbie butet manurung model barbie

Butet Manurung, Dari Sokola Rimba Hingga Global Role Model Barbie

Ditulis oleh

Khadimul 'Ilmi di Yayasan Taftazaniyah

Komentari

Komentari

Terbaru

satuharapan.com satuharapan.com

Paus Fransiskus: Bhinneka Tunggal Ika adalah Kekayaan Terbesar Indonesia

Berita

Pro-Kontra Azan Maghrib di Televisi Diganti Tulisan Berjalan

Berita

Pentingnya Sikap Toleransi dalam Kajian Hadis Nabi

Khazanah

Tafsir Surah al-Jatsiyah ayat 30: Bekerja Sebagai Bentuk Keimanan

Kajian

Bolehkah Non-Muslim Masuk ke Masjid?

Kajian

catholicnewsagency.com catholicnewsagency.com

Pandangan Paus Fransiskus tentang Anak-Anak

Khazanah

Pandangan Paus Fransiskus terhadap Hak-Hak Perempuan

Khazanah

Tafsir Surah al-Mumtahanah Ayat 8: Menghormati Pemeluk Agama Lain

Khazanah

Trending

Mariam al-‘Ijliya al-Asturlabi Mariam al-‘Ijliya al-Asturlabi

Mariam al-‘Ijliya al-Asturlabi: Ilmuwan Muslimah Berpengaruh di Balik Astrolab

Muslimah Talk

doa baru masuk islam doa baru masuk islam

Doa yang Diajarkan Rasulullah pada Seseorang yang Baru Masuk Islam

Ibadah

Doa Nabi Adam dan Siti Hawa saat Meminta Ampunan kepada Allah

Ibadah

Doa menyembelih hewan akikah Doa menyembelih hewan akikah

Doa yang Diucapkan Ketika Menyembelih Hewan Akikah

Ibadah

Pratiwi Sudarmono Pratiwi Sudarmono

Pratiwi Sudarmono: Muslimah, Putri Ningrat dan Astronot Pertama Asia

Muslimah Talk

Perempuan Mengembalikan Cincin Tunangan Perempuan Mengembalikan Cincin Tunangan

Haruskah Perempuan Mengembalikan Cincin Tunangan Jika Pernikahan Batal?

Kajian

Mengeraskan Bacaan Niat Puasa Mengeraskan Bacaan Niat Puasa

Doa Qunut: Bacaan dan Waktu Pelaksanaannya

Ibadah

Zubaidah binti Ja’far: Muslimah Ahli Konstruksi

Muslimah Talk

Connect