Ikuti Kami

Muslimah Talk

Serial “Suara Hati Istri” yang Penuh Nilai Patriarki

Suara Hati Istri: Sinetron

BincangMuslimah.Com – Masih belum lama ini serial “Suara Hati Istri” menuai polemik. Media sosial ramai mengecam penayangan sinetron tersebut karena mengajarkan nilai-nilai patriarki dan pedofilia. Pemeran Zahra dalam serial “Suara Hati Istri – Zahra” dinilai tidak pantas memerankan adegan sebagai istri. Selain dianggap sebagai pelanggaran norma dan pencekokan nila pedofilia, adegan-adegan di dalamnya seakan menormalisasi adegan “ranjang” yang dilakukan anak di bawah umur, tepatnya ia berusia 15 tahun.

Mega series “Suara Hati Istri” sudah muncul sejak Oktober 2019. Sinetron ini tayang di Indosiar pada pukul 17.00 atau 18.00 atau 19.00, tergantung keputusan penayang sinetron tersebut. Selain bisa disaksikan di channel Indosiar, ternyata serial ini juga bisa ditonton di aplikasi “Vidio”. Dalam deskripsi, “Suara Hati Istri” adalah drama rumah tangga dari sudut pandang wanita, terinspirasi dari curahan hati para istri yang terzalimi.

Serial “Suara Hati Istri” telah ditonton oleh banyak masyarakat Indonesia sampai lagunya pun terngiag-ngiang di telinga, bahkan saya sendiri yang jarang menontonnya kecuali saat berkumpul di rumah bersama keluarga. Sinetron ini telah menjadi sinetron yang menemani aktfitas istirahat masyarakat Indonesia pada umumnya.

Masyarakat umum mungkin menganggap adegan ini hanya hiburan, tapi siapa kira bahwa secara tak sadar mereka menormalisasi adegan-adegan di dalamnya dan turut terbawa perasaan. Serial ini selalu menunjukkan kekuasaan penuh seorang laki-laki atas istrinya. Adegan perselingkuhan, kekerasan dalam rumah tangga, dan poligami adalah adegan yang lekat dengan nilai-nilai patriarki.

Sejak tayangnya sinetron ini, sampai kini, perempuan selalu digambarkan sebagai sosok yang tak bisa melawan ketidakadilan dan tindakan semena-mena atas dirinya. Ini bukan sekedar menunjukkan fakta lapangan, seperti apa yang dikatakan oleh sinetron tersebut, tapi juga semacam cekokan nilai patriarki secara tak sadar yang menegaskan bahwa perempuan adalah makhluk yang tak punya kuasa atas dirinya.

Baca Juga:  Hua Mulan: Mendobrak Stigma yang Mengungkung Perempuan

Perempuan-perempuan dalam adegan serial ini hanya terbagi dua, perempuan yang tertindas oleh pasangannya dan tak punya daya atau perempuan yang merusak hubungan suami istri. Para pemeran perempuan di sini selalu digambarkan sebagai sosok yang tak punya kekuatan apapun selain menangis.

Dan belum lama ini, serial “Suara Hati Istri – Zahra” mendapat banyak kecaman dari netizen. Tagarnya sempat ramai di Twitter dan masyarakat ramai-ramai menyusun petisi agar KPI segera ambil tindakan untuk menghentikan tayangan sinetron ini. Alih-alih dihentikan, merekapun merasa tak mau rugi, pemeran Zahra sebagai istri ketiga justru diganti oleh artis lain.

Dalam tayangan vidio Youtube channel Indosiar, para pemeran diminta menanggapi komentar para penonton dan reaksi negatif atas film ini. Mereka kompak mengatakan, bahwa serial ini sama sekali tak mengajarkan poligami dan menormalisasi pedofilia, tapi justru menggambarkan kehidupan poligami yang sebenarnya.

Tentu apa yang mereka katakan tidak bisa diterima begitu saja. Terlebih saat Panji Saputra (39) tahun yang berperan sebagai Tirta menyatakan kalau sinetron ini bertujuan untuk menunjukkan bagaimana seharusnya suamai sebagai kepala rumah tangga bisa mengatur istri. Sungguh, ini adalah pernyataan yang sangat patriarki. Sangat terang memang, bahwa adegan-adegan dan alur cerita dalam serial ini hendak menormalisasi bahwa laki-laki bisa berkuasa penuh atas dirinya dan pasangannya. Sedangkan perempuan sebagai istri sekalipun tak punya kuasa atas dirinya apalagi untuk melawan.

Nilai-nilai ini secara tak sadar ditelan oleh para penonton. Mereka akan beranggapan bahwa kehidupan rumah tangga masyarakat urban, seperti yang terjadi dalam alur cerita tersebut adalah relasi yang tak pernah harmonis dan bahagia. Ketertindasan sebagai seorang perempuan atau kadang ditambahi dengan pemeran sebagai perempuan miskin hendak menambah tindakan marjinalisasi terhadap masyarakat kelas ekonomi ke bawah.

Baca Juga:  Lies Marcoes, Antropolog Gender Muhammadiyah

Tak mudah pula hanya dengan mengatakan bahwa tidak perlu menonton jika tidak suka. Atau mengatakan, tidak perlu buang-buang energi mengomentari sinetron ini. Justru masyarakat, terutama masyarakat yang telah sadar akan kebobrokan serial ini untuk serempak menolak serial ini untuk ditayangkan. Atau setidaknya bisa menyuguhkan adegan-adegan yang tak mencekoki nilai-nilai patriarki yang sudah begitu melekat.

Rekomendasi

faqihuddin abdul kodir mubadalah faqihuddin abdul kodir mubadalah

Faqihuddin Abdul Kodir, Aktivis Penggiat Keadilan Gender Lewat Metode Mubadalah

Pro Kontra Feminisme dalam Islam Pro Kontra Feminisme dalam Islam

Islam dan Feminisme; Sejalankah Keduanya?  

Tubuh perempuan feminis muslim Tubuh perempuan feminis muslim

Tubuh Perempuan dalam Kacamata Feminis Muslim

Sekolah Literasi Feminis, Perkuat Narasi Feminis dan Keberagaman

Ditulis oleh

Sarjana Studi Islam dan Redaktur Bincang Muslimah

Komentari

Komentari

Terbaru

Silaturahmi dalam Momen Lebaran Silaturahmi dalam Momen Lebaran

Menjalin Silaturahmi dalam Momen Lebaran

Kajian

Macam Manusia Imam Al-Ghazali Macam Manusia Imam Al-Ghazali

Empat Macam Manusia Menurut Imam Al-Ghazali

Kajian

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

memelihara semangat setelah ramadhan memelihara semangat setelah ramadhan

Tips Memelihara Semangat Ibadah Setelah Ramadhan

Muslimah Talk

golongan manusia kedudukan terbaik golongan manusia kedudukan terbaik

Golongan Manusia yang Mendapatkan Kedudukan Terbaik di Sisi Allah

Kajian

kisah puasa sayyidah maryam kisah puasa sayyidah maryam

Memetik Hikmah dari Kisah Puasa Sayyidah Maryam dalam Alquran

Khazanah

Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan

Pendapat Para Ulama tentang Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan

Kajian

Makna Pentingnya Zakat Fitrah Makna Pentingnya Zakat Fitrah

Makna dan Pentingnya Zakat Fitrah

Kajian

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

Niat puasa malam hari Niat puasa malam hari

Mengapa Niat Puasa Boleh Dilakukan sejak Malam Hari?

Ibadah

Connect