Ikuti Kami

Muslimah Talk

Refleksi Cerita Perjalanan Nabi Muhammad ke “Langit”

Kesalehan dan Domestikasi Perempuan

BincangMuslimah.Com – Dalam sejarah dan tradisi Islam, cerita tentang perjalanan Nabi Muhammad ke ‘langit‘ yang kerapkali disebut dengan Isra’ Mi’raj menjadi salah satu kisah yg paling banyak dituturkan baik melalui jalur hadis, tafsir, dan beberapa catatan sejarah, dari pada peristiwa spiritualitas lainnya misalnya saat menerima wahyu pertama atau bahkan saat Alquran pertama diturunkan di malam 17 Ramadan.

Salah satu catatan paling awal dan yang dianggap komplit menjelaskan tentang peristiwa ini ditulis oleh Ibn Abbas (688) dalam Kitab al-Mi’raj. Catatan Ibn Abbas ini kemudian dijadikan standar rujukan awal untuk karya-karya lainnya yang kemudian berkembang, dimodifikasi dan ditafsirkan sesuai kepentingan sektarian kelompok-kelompok tertentu dalam perkembangan selanjutnya.

Teks-teks tentang Isra Mi’raj ini menjadi populer bahkan sampai ke kawasan Persia dan Turki yg biasa disebut dengan Mi’rajnama. Kepopuleran genre Mi’rajname semakin menguat salah satunya dimanfaatkan untuk intra-religious debate, baik untuk kepentingan kelompok Sunni, Syiah, Sufi, Ismaili dll dengan memodifikasi beberapa detail dari kisah-kisah tersebut.

Christiane Gruber dalam bukunya “The Prophet’s Mi’raj in Texts and Images” menjelaskan secara detail tentang modifikasi-modifikasi yang dilakukan oleh beberapa kelompok di awal periode Islam.

Misalnya oleh Sunni dikatakan bahwa para malaikat ketika itu berdoa atas nama ahl-Sunnah dan mengutuk kelompok Syiah, atau dengan menafsirkan bahwa Nabi menyatakan kemenangan untuk kelompok Sunni di surga.

Sebaliknya, kelompok Syiah menafsirkan teks-teks tersebut dengan perjumpaan Nabi Muhammad dan Ali di langit ke tujuh dan mencakup percakapan keduanya tentang signifikansi konsep (walaya) dan ahl Bayt yang nantinya akan mendapatkan tempat serta kemenangan di surga.

Tak ketinggalan, beberapa sufi ternama seperti al-Sulami (1021) dalam Lathaif al-Mi’raj, al-Qusyairi (1073) dalam Kitab al-Mi’raj dan yang diikuti oleh beberapa syeikh sufi juga turut menuliskan beberapa tafsiran atas makna perjalanan Nabi Muhammad yang lebih menitikberatkan pada perjalanan spiritual menuju sumber cahaya abadi.

Baca Juga:  Nafisah: Sosok Guru Perempuan Imam Syafii

Ja’far al-Shadiq (765) dan juga al-Tustary (896) menginterpretasikan ayat-ayat Alquran tentang peristiwa itu sebagai komunikasi intim antara habib dan mahbub dalam konsep tasawuf.

Kisah berikut narasi-narasi tentang perjalanan Nabi Muhammad di malam 27 Rajab ini terus diproduksi dan dimodifikasi ke berbagai tradisi dalam beragam bentuknya, tak lupa juga diekspresikan dalam sebuah lukisan.

Sebuah catatan yg berjudul Jami al-Tawarikh oleh seorang Wazir Ilkhanid, Rashid al-Din di Tabriz pada Abad 12 tepatnya 1306-7, menjadi salah satu karya lukisan pertama yang menggambarkan tentang peristiwa Mi’rajnama. Ilustrasi Ilkhanid ini melahirkan beberapa ilustrasi yang juga mulai banyak diproduksi oleh beberapa pemimpin lainnya di Timurid, seperti ruler Shahrukh (1436-37).

Lukisan karya seorang seniman yg tidak diketahui ini di masa Shahrukh disusun dalam Chagatai Turkish, kemudian ditranskipsikan dalam skripsi Uighur yang terdiri dari beberapa unsur dan pengaruh dari elemen-elemen Sino-Buddhist.

Ikonografi lukisan ini paling tidak menjelaskan sebuah era di mana hubungan yang erat pernah terjalin antara kawasan Persia Muslim dengan beberapa kawasan lain khususnya Asia Tengah yang berarti lintas regional dan agama.

Menariknya, meskipun manuskrip ini mempunyai unsur-unsur Timur namun tidak pernah menuju ke ‘timur’ melainkan justru ke ‘barat’. Tercatat manuskrip Timurid ini bahkan sampai ke Istanbul yg awalnya berada di Herat dan dibeli oleh seorang berkebangsaan Paris tahun 1672, Antoine Galland, sebesar 25 piaster. Manuskrip ini sekarang berada di istana Topkapi, Istanbul.

Ilustrasi bergenre Mi’rajnama semakin terkikis, khususnya dari tahun 1465-1850. Karya-karya lukisan bertema ini hampir tidak ditemukan lagi, entah hilang atau memang tidak ada yang membuatnya lagi.

Barulah ketika periode Qajar di Iran ditemukan lagi beberapa karya lukisan tentang Mi’rajname. Bedanya, lukisan tentang peristiwa Isra Mi’raj yg diproduksi era ini berubah dari genre lama yg cenderung mengadopsi interpretasi Sunni, kali ini berubah wujud dan lebih kental bernuansa Syiah sebagaimana Qajar merupakan patronage Syiah.

Baca Juga:  Cara Ulama Salaf Memahami Teks Sifat

Jika catatan Ibnu Abbas tentang peristiwa Isra Mi’raj menjadi standar awal penulisan dan catatan tema bergenre ini, maka Mi’rajnama ilustrasi Ilkhanid dengan segala evolusinya dianggap menjadi pusat mahakarya tradisi keislaman berbentuk teks dan ilustrasi yang dikhususkan untuk menggambarkan peristiwa Isra’ dan Mi’raj lintas kawasan, agama dan budaya.

Ilustrasi di atas merupakan ilustrasi dari salah satu seniman terkenal Persia, Sultan Muhammad Nur (1472) yang hidup pada Dinasti Timurid dan Savawi. Penyair Persia dari abad ketiga belas dan seterusnya mengawali epos mereka dengan deskripsi penuh warna tentang mi’raj, perjalanan surgawi yang membawa Nabi langsung ke hadirat Tuhan.

Miniatur ini dianggap sangat menarik karena Nabi diperlihatkan dengan wajah terbuka, mengendarai gunung misterius Buraq. Gambar-gambar Muhammad selanjutnya umumnya digambarkan dengan kerudung yang menutupi wajahnya, namun belakangan bahkan seluruh tubuhnya dilambangkan dengan awan putih atau mawar.

Apapun makna yang tersirat dari perjalanan Nabi Muhammad pada malam 27 Rajab, dan malam-malam hening lainnya, juga sampai betapapun masing-masing kelompok menafsirkannya dari beragam perspektif baik sains, sufi dll, hal terpenting dalam peristiwa ini adalah pemaknaan kembali tentang hakekat manusia.

Bahwa kejadian ini merupakan peristiwa melangitkan manusia untuk kembali berkontribusi di bumi. Juga menjadi awal perjalanan spiritual yang patut dipahami umat Muslim dalam rangka mempersiapkan diri menyambut bulan penu kerahmatan dan keberkahan, Ramadhan.

Seperti yang dinyatakan oleh Imam Nawawi dalam kitab Al-Majmu’ mencantumkan sebuah hadits yang berisi doa Nabi Muhammad SAW saat menyambut bulan Ramadhan. Hadits tersebut diriwayatkan oleh At-Tirmidzi dan Thalhah bin Ubaidillah, ia berkata:

انَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا رَأَى الْهِلالَ قَالَ : ” اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَالإِيمَانِ وَالسَّلامَةِ وَالإِسْلامِ رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ

Baca Juga:  Berbisnis dengan Nonmuslim dalam Islam

“Sesungguhnya Nabi SAW ketika telah melihat hilal (Ramadhan), beliau berdoa: Ya Allah jadikanlah hilal (bulan ini) bagi kami dengan membawa keberkahan, keimanan, keselamatan, dan keislaman. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah.” (HR At-Tirmidzi).


Selamat menempuh perjalanan ke langit lagi, dan jangan lupa kembali. Karena Tuhan menciptakan agama untuk kedamaian manusia dan alam semesta, bukan sebaliknya.

Wallahu a’lam

Rekomendasi

Kesalehan dan Domestikasi Perempuan Kesalehan dan Domestikasi Perempuan

Kesalehan dan Domestikasi Perempuan

Zakat Fitrah Menggunakan Uang Zakat Fitrah Menggunakan Uang

Zakat Fitrah Menggunakan Uang dan Tata Caranya

istri sungkem suami raya istri sungkem suami raya

Haruskah Istri Sungkem ke Suami Saat Hari Raya?

berbisnis nonmuslim dalam islam berbisnis nonmuslim dalam islam

Berbisnis dengan Nonmuslim dalam Islam

Ditulis oleh

Alumni Universitas Al-Azhar Kairo-Mesir, CRCS Universitas Gadjah Mada dan Jurusan Deutsch Courses di VHS Berlin. Founder neswa.id.

Komentari

Komentari

Terbaru

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

memelihara semangat setelah ramadhan memelihara semangat setelah ramadhan

Tips Memelihara Semangat Ibadah Setelah Ramadhan

Muslimah Talk

golongan manusia kedudukan terbaik golongan manusia kedudukan terbaik

Golongan Manusia yang Mendapatkan Kedudukan Terbaik di Sisi Allah

Kajian

kisah puasa sayyidah maryam kisah puasa sayyidah maryam

Memetik Hikmah dari Kisah Puasa Sayyidah Maryam dalam Alquran

Khazanah

Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan

Pendapat Para Ulama tentang Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan

Kajian

Makna Pentingnya Zakat Fitrah Makna Pentingnya Zakat Fitrah

Makna dan Pentingnya Zakat Fitrah

Kajian

perempuan haid mengikuti takbiran perempuan haid mengikuti takbiran

Hukum Perempuan Haid Mengikuti Takbiran di Hari Raya

Kajian

zakat fitrah anak rantau zakat fitrah anak rantau

Zakat Fitrah bagi Anak Rantau

Kajian

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

Mengapa Masih Ada Maksiat di Bulan Ramadhan Padahal Setan Dibelenggu?

Kajian

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

Connect