Ikuti Kami

Muslimah Talk

Laksamana Malahayati: Memimpin Armada Laut untuk Lawan Penjajah

BincangMuslimah.Com – Cukup menarik membicarakan tentang tanah Aceh, selain sebagai wilayah penyebaran Islam pertama kali di Indonesia dan pernah menjadi kerajaan Islam terbesar di Asia Tenggara, ternyata, Aceh juga merupakan dianggap tidak janggal dalam membuka peluang peran perempuan untuk menjadi seorang pejuang kemerdekaan Indonesia. Bahkan kedudukan perempuan disetarakan dengan laki-laki, karena itu tidak heran jika muncul tokoh perempuan yang memainkan peran penting di tanah Aceh yaitu sebagai pemimpin pemerintahan sekaligus sebagai pahlawan. Salah satunya adalah Laksamana Malahayati.

Laksamana Malahayati pemimpin Armada Inong Balee pada masa Sultan al-Mukammil (1589-1604). Armada Inong Balee merupakan perkumpulan prajurit yang terdiri dari janda-janda prajurit yang gugur dalam pertempuran laut di Teluk Aru. Berkali-kali Armada Inong Balee mengikut pertemuran di Selat Malaka dan pantai-pantai Timur Sumatera. Marie van Zuchtelen dalam karyanya yang berjudul Vrowlijke Admiral Malayati menegaskan sangat memuji-muji  peran Laksamana Malahayati dalam memimpin pasukan Armada Inong Balee.

Singkat cerita ketika ada dua kapal besar dari Belanda terlihat akan merapat ke Pelabuhan Aceh pada tahun 1599, yang dinahkodai oleh Freederik dan Cornelis de Houtman. Semula kedatangan mereka disambut dengan baik. Akan tetapi selang berapa waktu Cornelis meninggal dalam pertempuran Laksmana Malahayati.

Laksamana Malahayati Keturunan Kerajaan Berjiwa Panglima

Pada karya Rusdi Sufi, Wanita Utama Nusantara dalam Lintas Sejarah, Laksamana Malahayati selain sebagai sosok perempuan yang cerdas serta banyak akal dalam menyusun strategi perang, ternyata beliau juga merupakan seorang putri dari Sultan Ibrahim Ali Mughayat (1513-1530), seorang pendiri Kesultanan Aceh Darusaalam otomatis merupakan bagian keluarga inti kerajaan.

Meskipun Malahayati terlahir dari kalangan bangsawan, tidak menjadikan Malahayati menjadi sosok perempuan manja dan semaunya, beliau dari kecil tumbuh dalam lingkaran cita-cita dan impian yang begitu tinggi. Keberanian dan juga kecerdasan semakin berkembang dan mampu memberikan kontribusi besar untuk perkembangan Aceh.

Baca Juga:  Malala, Perempuan Peraih Nobel Termuda Asal Pakistan

Sejak kecil Malahayati berkeinginan menjadi panglima laut seperti ayah dan kakeknya yang pernah menjabat sebagai laksamana angkatan laut Kesultanan Aceh. Maka dengan itu, akhirnya hingga beranjak dewasa, Malahayati memutuskan memilih berkecimpung di jalur militer. Kemudian beliau bersekolah militer di Ma’had Baitul makdis, sebuah lembaga pendidikan akademi ketentaraan Kesultanan Aceh Darussalam. Lulus dengan menyandang predikat terbaiknya, tidak diragukan lagi bakat Malahayati memang pada jiwa tentaranya.

Jiwa Heroik Laksmana Malahayati Bersama Pasukan Inong Balee

Pada masa Sultan Alaidin Riayatsah Al-Mukammil (1589-1604), Laksamana Malahayati resmi menjadi perempuan berpangkat laksamana (admiral) di Kerajaan Aceh, Malahayati juga diamanahi menjadi seorang pemimpin armada laut serta pemimpin pasukan prajurit perempuan Inong Balee.

Menurut Rusdi Sufi, Wanita Utama Nusantara dalam Lintas Sejarah, pada saat pembentukan Inong Balee sesuai permintaan Al-Mukammil, bahwa Malahayati telah bersumpah di hadapan Sultan atas nama Tuhan akan berjuang hingga titik darah penghabisan melawan musuh yang berani menyerang kerajaan Aceh. Hingga Akhirnya Malahayati membuktikan omongannya, bahwa beliau gugur pada saat pertempuran melawan bangsa Portugis yang pada saat itu dimenangkan oleh Aceh.

Kekuatuan heroik Malahayati mulai memasuki ujian berat pada saat menjalankan tugas militernya adalah ketika pertama kalinya terjadinya hubungan antara kerajaaan Aceh dengan Belanda. Pada tahun 1599, dua kapal dari Belanda datang menghampiri pelabuhan Aceh, kedua kapal tersebut dipimpin oleh dua saudara yang bernama Cornelis de Houtman dan Fredik de Houtman. Awalnya kedua kapal tersebut datang disambut dengan hangat oleh kerajaan Aceh, karena pihak Aceh mengharapkan  hubungan baik dalam hal perkembangan perekonomian tanah Aceh, khususnya hasil bumi Kerajaan Aceh pada saat itu yaitu lada atau bumbu rempah-rempahnya.

Baca Juga:  Nora al-Matrooshi: Kandidat Astronaut Perempuan Arab Pertama

Selang beberapa lama, Malahayati mendengar niat buruk dari bangsa Belanda tersebut, Malahayati langsung bertindak sigap untuk menggagalkan niat buruh bangsa Belanda. Akhirnya Malahayati berhasil menggagalkan niat pengacauan dua saudara dari Belanda, Corelis de Hautman tewas terbunuh oleh tangan Malahayati dengan posisi di atas gelada kapal, sedangkan Freederick de Houtman berhasil dijebloskan ke dalam sel tahanan Kerajaan Aceh.

Karena pasukan Inong Balee ini semakin banyak, yang awalnya jumlahnya mencapai 1000 orang kemudian menjadi 2000 orang, pemerintah Aceh bersedia membuat sebuah bangunan benteng sebagai tempat berkumpulnya pasukan prajurit perempuan yang diberi nama benteng Kuto Inong Bale, sampai sekarang masih bisa ditemukan di Teluk Krueng Raya, deket pelabuhan Malahayati.

Selain berhasil menghidupkan pasukan prajurit Inong Balee, Malahayati juga memiliki kepiwaian dalam strategi kenegaraan, ketika negeri Belanda berusaha memperbaiki hubungan dengan Kerajaan Aceh, datanglah utusan Belanda yang bernama Sir James Lancaster datang ke Aceh pada tahun 1602 M. Membawa surat istimewa dari Raja Maurits, pemimpin negeri Belanda pada saat itu. Kemudian Malahayati ditunjuk oleh Sultan al-Mukammil untuk menghadapi utusan Belanda tersebut. Perundingan pun memberikan hasil yang baik, yaitu dibukanya kedutaan Aceh di negeri Belanda dengan Duta Besar pertama pada saat itu yaitu Abdul Hamid. Wallahu a’lam

Rekomendasi

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Sutayta al-Mahamli Sutayta al-Mahamli

Sutayta al-Mahamli: Ahli Matematika Muslimah dari Irak

Fatimah binti Sa'd al-Khair Fatimah binti Sa'd al-Khair

Fatimah binti Sa’d al-Khair: Pakar Hadis Perempuan Asal Cina

Syarifah Latifah Syarifah Latifah

Syarifah Latifah: Inisiator Pendidikan Perempuan di Kesultanan Siak

Ditulis oleh

Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya, aktif di CRIS Foundation (Center for Research dan of Islamic Studies)

Komentari

Komentari

Terbaru

Pembubaran Ibadah Katolik Pamulang Pembubaran Ibadah Katolik Pamulang

Pembubaran Ibadah Mahasiswa Katolik di Pamulang: Islam Melarang Menyakiti Umat Beda Agama

Kajian

pekerja migran dilarang jilbab pekerja migran dilarang jilbab

Ketika Pekerja Migran Dilarang Majikannya untuk Memakai Jilbab, Apa yang Harus Dilakukan?

Kajian

Menjawab Salam Agama Lain Menjawab Salam Agama Lain

Haruskah Menjawab Salam dari Pemeluk Agama Lain?

Kajian

pewarna karmin halal dikonsumsi pewarna karmin halal dikonsumsi

Apakah Makanan dari Pewarna Karmin Halal Dikonsumsi? Berikut Fatwa para Ulama Dunia

Video

Pembangunan Ibadah Agama Lain Pembangunan Ibadah Agama Lain

Nabi Pernah Memerintahkan Sahabat untuk Membantu Pembangunan Rumah Ibadah Agama Lain

Khazanah

Kenaikan Suhu Udara Ekstrem Kenaikan Suhu Udara Ekstrem

Waspada Dampak Kenaikan Suhu Udara Ekstrem bagi Perempuan

Muslimah Daily

Nyai Nafiqah ulama perempuan Nyai Nafiqah ulama perempuan

Nyai Nafiqah: Sosok Ulama Perempuan dan Istri Kyai Hasyim

Khazanah

fatimah ahli fikih uzbekistan fatimah ahli fikih uzbekistan

Fatimah as-Samarqandi, Sang Ahli Fikih Perempuan dari Uzbekistan

Khazanah

Trending

perempuan titik nol arab perempuan titik nol arab

Resensi Novel Perempuan di Titik Nol Karya Nawal el-Saadawi

Diari

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

Fatimah az zahra rasulullah Fatimah az zahra rasulullah

Sayyidah Sukainah binti Al-Husain: Cicit Rasulullah, Sang Kritikus Sastra

Kajian

Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah

Nyai Khoiriyah Hasyim dan Jejak Perjuangan Emansipasi Perempuan di Mekkah

Kajian

Teungku Fakinah Teungku Fakinah

Zainab binti Jahsy, Istri Rasulullah yang Paling Gemar Bersedekah

Kajian

Definisi anak menurut hukum Definisi anak menurut hukum

Definisi Anak Menurut Hukum, Umur Berapa Seorang Anak Dianggap Dewasa?

Kajian

nama bayi sebelum syukuran nama bayi sebelum syukuran

Hukum Memberi Nama Bayi Sebelum Acara Syukuran

Ibadah

Muslimah Shalat Tanpa Mukena, Sah atau Tidak? Muslimah Shalat Tanpa Mukena, Sah atau Tidak?

Sahkah Muslimah Shalat Tanpa Mukena? Simak Penjelasan Videonya!

Video

Connect