Ikuti Kami

Muslimah Talk

Noor Shaker: Muslimah Ahli Artificial Intelligence dengan Segudang Prestasi

BincangMuslimah.Com – Noor Shaker adalah ilmuwan komputer Muslim yang meninggalkan Suriah ke Eropa pada 2008. Ia mewujudkan cita-citanya untuk mempelajari Kecerdasan Buatan. Sepuluh tahun sukses di dunia akademis, ia mengubah keterampilannya menjadi inovasi kewirausahaan. Perjuangan ibunya melawan kanker memotivasinya untuk membawa ilmu yang dimiliknya tentang kecerdasan buatan ke dunia medis.

Ia berhasil membuat teknik terobosan menggunakan kecerdasan buatan untuk merancang obat-obatan baru. Karyanya pun menarik perhatian perusahaan-perusahaan farmasi global terkemuka. Ia lalu dinobatkan sebagai salah satu inovator di bawah usia 35 tahun dari Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Sejak awal, Noor Shaker memang mengkhususkan diri dalam studi kecerdasan buatan. Karya-karyanya termasuk pengembangan penggabungan bahasa Arab ke dalam Speech Synthesis Markup Language untuk perangkat lunak speech-to-text.

Dalam perjalanan mengembangkan kecerdasna buatan, ia pernah pindah ke Belgia untuk melanjutkan Pendidikan Master-nya di KU Leuven dengan mengambil spesialisasi kecerdasan buatan.

Tahun 2009, ia juga pindah ke Denmark untuk belajar PhD dan melanjutkan sebagai postdoc dalam pembelajaran mesin di IT University of Copenhagen. Setelah mendapatkan gelar PhD, ia menetap di Kopenhagen selama beberapa tahun dan berhasil diangkat sebagai asisten profesor di Universitas Aalborg pada tahun 2016.

Penelitian doktornya fokus pada penggunaan pembelajaran mesin dalam komputasi afektif dan video game. Tema yang ia teliti meluas dan berhasil mengorganisir kompetisi untuk menghasilkan kecerdasan buatan yang bisa menangani video game atau menghasilkan level baru yang sesuai dengan pengguna, terutama dalam menggunakan game Super Mario.

Selama berkarir sebagai profesor, ia pernah menulis buku berjudul Pembuatan Konten Prosedural dalam Permainan. Kini, ia telah menulis lebih dari tiga puluh publikasi akademik. Prestasi lainnya adalah pada tahun 2015, Noor Shaker berhasil menciptakan aplikasi Lynura yang ditujukan untuk orang tua baru, langkah pertamanya di bidang kewirausahaan.

Baca Juga:  Tujuh Keistimewaan Sayyidah Khadijah yang Tak Banyak Orang Tahu

Tahun ini, ia pun memulai usaha keduanya yakni perusahaan baru yang berbasis di London bernama Glamorous AI. Perusahaan ini adalah kelanjutan dari perjalanan yang ia mulai sebelumnya yakni untuk untuk mengembangkan solusi inovatif dalam penemuan obat.

Perusahaan yang ia dirikan bertujuan untuk mengintegrasikan pengetahuan kimia para ahli dengan ML canggih untuk memungkinkan penemuan cepat entitas kimia baru dari sifat-sifat yang diinginkan.
Noor Shaker dan Glamorous AI telah menjalin beberapa kerjasama penelitian dengan dunia akademis. Kerjasama dengan Universitas Cardiff dilakukan untuk menemukan kemungkinan obat Covid-19 dengan menggunakan platform Glamorous AI, Rosalind.

Sebelum mendirikan Glamorous AI, Noor Shaker sebenarnya ikut mendirikan GTN Ltd (Generative Tensorial Networks). Tahun 2017, ia memutuskan untuk mengundurkan diri dari perannya sebagai CEO perusahaan pada Agustus 2019. Perusahaan tersebut memiliki tujuan untuk menggabungkan teknik pembelajaran mesin dan simulasi fisika kuantum untuk memprediksi lebih baik terapi untuk penggunaan medis.

Usaha untuk menggabungkan kecerdasan buatan dengan model kuantum dari struktur molekul yang diterbitkan bisa membuktikan metode baru dan efektif untuk memprediksi mitra pengikatan pada regulator penyakit.

Saat ini, Noor Shaker telah menerima beberapa penghargaan, termasuk mendapat julukan Rising Star di antara daftar 201 Mover dan penghargaan di BioBeat pada tahun 2018. Saat mewakili GTN, ia juga dianugerahi CogX UK Rising Star Award oleh Perdana Menteri Inggris Theresa May pada tahun 2018 untuk teknik AI yang inovatif untuk penemuan obat dan keberhasilan dalam mengamankan pendanaan benih dan kolaborasi bergengsi.

Noor Shaker sering menjadi pembicara di acara-acara yang membahas tema tentang kecerdasan buatan, termasuk yang ditujukan untuk para perempuan yang bekerja di bidang industri. Selain sibuk dengan perusahaannya, ia juga mengetuai beberapa organisasi pengembangan kecerdasan buatan.[]

Rekomendasi

Sutayta al-Mahamli Sutayta al-Mahamli

Sutayta al-Mahamli: Ahli Matematika Muslimah dari Irak

Fatimah binti Sa'd al-Khair Fatimah binti Sa'd al-Khair

Fatimah binti Sa’d al-Khair: Pakar Hadis Perempuan Asal Cina

Hannan Lahham: Mufassir Perempuan Ayat Kekerasan

perempuan dan hijab tafsir ummu salamah perempuan dan hijab tafsir ummu salamah

Kiprah Ulama Perempuan Masih Jarang Diceritakan

Ditulis oleh

Tim Redaksi Bincang Muslimah

Komentari

Komentari

Terbaru

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah Agar Terhindar Keburukan

Ibadah

mengqadha puasa orang meninggal mengqadha puasa orang meninggal

Cara Mengqadha Puasa Orang yang Sudah Meninggal

Kajian

Keutamaan Melaksanakan I’tikaf Ramadhan Keutamaan Melaksanakan I’tikaf Ramadhan

Keutamaan Melaksanakan I’tikaf di Bulan Ramadhan

Kajian

doa nuzulul quran diamalkan doa nuzulul quran diamalkan

Doa Nuzulul Quran yang Bisa Diamalkan

Ibadah

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

lupa qunut shalat witir lupa qunut shalat witir

Imam Lupa Qunut Saat Shalat Witir, Wajibkah Sujud Sahwi?

Kajian

keberkahan orang makan sahur keberkahan orang makan sahur

Keberkahan untuk Orang Makan Sahur

Ibadah

kebiasaan shalat tarawih mesir kebiasaan shalat tarawih mesir

Tiga Kebiasaan Shalat Tarawih di Mesir

Kajian

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah Agar Terhindar Keburukan

Ibadah

perempuan tulang punggung keluarga perempuan tulang punggung keluarga

Dua Pahala yang Dijanjikan untuk Perempuan yang Jadi Tulang Punggung Keluarga

Kajian

Benarkah Janin yang Gugur Menjadi Syafaat Bagi Orang Tuanya Kelak?

Kajian

pendarahan sebelum melahirkan nifas pendarahan sebelum melahirkan nifas

Pendarahan Sebelum Melahirkan, Apakah Termasuk Nifas?

Kajian

Dalil Kewajiban Puasa Ramadhan dalam Al-Qur’an dan Hadis

Ibadah

Hijab Menurut Murtadha Muthahhari Hijab Menurut Murtadha Muthahhari

Konsep Hijab Menurut Murtadha Muthahhari

Kajian

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

Zainab Fawwaz Penggerak Pembebasan Zainab Fawwaz Penggerak Pembebasan

Zainab Fawwaz, Penggerak Pembebasan Perempuan Mesir

Khazanah

Connect