Ikuti Kami

Subscribe

Muslimah Talk

Noor Shaker: Muslimah Ahli Artificial Intelligence dengan Segudang Prestasi

BincangMuslimah.Com – Noor Shaker adalah ilmuwan komputer Muslim yang meninggalkan Suriah ke Eropa pada 2008. Ia mewujudkan cita-citanya untuk mempelajari Kecerdasan Buatan. Sepuluh tahun sukses di dunia akademis, ia mengubah keterampilannya menjadi inovasi kewirausahaan. Perjuangan ibunya melawan kanker memotivasinya untuk membawa ilmu yang dimiliknya tentang kecerdasan buatan ke dunia medis.

Ia berhasil membuat teknik terobosan menggunakan kecerdasan buatan untuk merancang obat-obatan baru. Karyanya pun menarik perhatian perusahaan-perusahaan farmasi global terkemuka. Ia lalu dinobatkan sebagai salah satu inovator di bawah usia 35 tahun dari Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Sejak awal, Noor Shaker memang mengkhususkan diri dalam studi kecerdasan buatan. Karya-karyanya termasuk pengembangan penggabungan bahasa Arab ke dalam Speech Synthesis Markup Language untuk perangkat lunak speech-to-text.

Dalam perjalanan mengembangkan kecerdasna buatan, ia pernah pindah ke Belgia untuk melanjutkan Pendidikan Master-nya di KU Leuven dengan mengambil spesialisasi kecerdasan buatan.

Tahun 2009, ia juga pindah ke Denmark untuk belajar PhD dan melanjutkan sebagai postdoc dalam pembelajaran mesin di IT University of Copenhagen. Setelah mendapatkan gelar PhD, ia menetap di Kopenhagen selama beberapa tahun dan berhasil diangkat sebagai asisten profesor di Universitas Aalborg pada tahun 2016.

Penelitian doktornya fokus pada penggunaan pembelajaran mesin dalam komputasi afektif dan video game. Tema yang ia teliti meluas dan berhasil mengorganisir kompetisi untuk menghasilkan kecerdasan buatan yang bisa menangani video game atau menghasilkan level baru yang sesuai dengan pengguna, terutama dalam menggunakan game Super Mario.

Selama berkarir sebagai profesor, ia pernah menulis buku berjudul Pembuatan Konten Prosedural dalam Permainan. Kini, ia telah menulis lebih dari tiga puluh publikasi akademik. Prestasi lainnya adalah pada tahun 2015, Noor Shaker berhasil menciptakan aplikasi Lynura yang ditujukan untuk orang tua baru, langkah pertamanya di bidang kewirausahaan.

Tahun ini, ia pun memulai usaha keduanya yakni perusahaan baru yang berbasis di London bernama Glamorous AI. Perusahaan ini adalah kelanjutan dari perjalanan yang ia mulai sebelumnya yakni untuk untuk mengembangkan solusi inovatif dalam penemuan obat.

Perusahaan yang ia dirikan bertujuan untuk mengintegrasikan pengetahuan kimia para ahli dengan ML canggih untuk memungkinkan penemuan cepat entitas kimia baru dari sifat-sifat yang diinginkan.
Noor Shaker dan Glamorous AI telah menjalin beberapa kerjasama penelitian dengan dunia akademis. Kerjasama dengan Universitas Cardiff dilakukan untuk menemukan kemungkinan obat Covid-19 dengan menggunakan platform Glamorous AI, Rosalind.

Sebelum mendirikan Glamorous AI, Noor Shaker sebenarnya ikut mendirikan GTN Ltd (Generative Tensorial Networks). Tahun 2017, ia memutuskan untuk mengundurkan diri dari perannya sebagai CEO perusahaan pada Agustus 2019. Perusahaan tersebut memiliki tujuan untuk menggabungkan teknik pembelajaran mesin dan simulasi fisika kuantum untuk memprediksi lebih baik terapi untuk penggunaan medis.

Usaha untuk menggabungkan kecerdasan buatan dengan model kuantum dari struktur molekul yang diterbitkan bisa membuktikan metode baru dan efektif untuk memprediksi mitra pengikatan pada regulator penyakit.

Saat ini, Noor Shaker telah menerima beberapa penghargaan, termasuk mendapat julukan Rising Star di antara daftar 201 Mover dan penghargaan di BioBeat pada tahun 2018. Saat mewakili GTN, ia juga dianugerahi CogX UK Rising Star Award oleh Perdana Menteri Inggris Theresa May pada tahun 2018 untuk teknik AI yang inovatif untuk penemuan obat dan keberhasilan dalam mengamankan pendanaan benih dan kolaborasi bergengsi.

Noor Shaker sering menjadi pembicara di acara-acara yang membahas tema tentang kecerdasan buatan, termasuk yang ditujukan untuk para perempuan yang bekerja di bidang industri. Selain sibuk dengan perusahaannya, ia juga mengetuai beberapa organisasi pengembangan kecerdasan buatan.[]

Rekomendasi

Raden Ajeng Sutartinah Raden Ajeng Sutartinah

Raden Ajeng Sutartinah dan Perannya dalam Perjuangkan Hak Pendidikan Perempuan

Nora al-Matrooshi Calon Astronaut Nora al-Matrooshi Calon Astronaut

Nora al-Matrooshi: Kandidat Astronaut Perempuan Arab Pertama

Nusaibah binti ka'ab sahabat Nusaibah binti ka'ab sahabat

Jalilah Ridho: Penyair Mesir Yang Romantis

Asma Tubi sastrawan Asma Tubi sastrawan

Asma Tubi: Sastrawan dan Revolusioner Palestina

Ayu Alfiah Jonas
Ditulis oleh

Tim Redaksi Bincang Muslimah

Komentari

Komentari

Terbaru

memaafkan beserta melupakan kesalahan memaafkan beserta melupakan kesalahan

Memaafkan Harus Beserta Melupakan Kesalahan

Kajian

relasi muhammad non muslim relasi muhammad non muslim

Meneladani Relasi Nabi Muhammad dengan Non Muslim

Khazanah

mengidolakan ustaz ganteng halu mengidolakan ustaz ganteng halu

Mengidolakan Ustaz Ganteng Sampai “Halu”

Muslimah Talk

Semangat Women Supporting Women Semangat Women Supporting Women

Menurunnya Semangat Women Supporting Women

Muslimah Talk

persahabatan aisyah perempuan yahudi persahabatan aisyah perempuan yahudi

Persahabatan Antara Aisyah dan Perempuan Yahudi

Khazanah

Memperingati Maulid Nabi kesesatan Memperingati Maulid Nabi kesesatan

Apakah Memperingati Maulid Nabi Berarti Menuju Kesesatan?

Khazanah

Memperingati Maulid Nabi kesesatan Memperingati Maulid Nabi kesesatan

Penjelasan Akhlak Nabi Adalah Alquran

Khazanah

Beauty Standar hakikat kecantikan Beauty Standar hakikat kecantikan

Beauty Standar dan Hakikat Cantik Menurut Islam

Muslimah Talk

Trending

Shalat Sunnah Rawatib Perempuan Shalat Sunnah Rawatib Perempuan

Shalat Sunnah Rawatib Bagi Perempuan, Lebih Utama di Masjid atau Rumah?

Ibadah

keutamaan melanggengkan wudhu islam keutamaan melanggengkan wudhu islam

Keutamaan Melanggengkan Wudhu dalam Islam

Kajian

pendapat ulama membasuh tangan pendapat ulama membasuh tangan

Pendapat Ulama Mengenai Hukum Membasuh Tangan.

Kajian

Empat Kiat Mendidik Anak Empat Kiat Mendidik Anak

Empat Kiat Mendidik Anak Menurut Anjuran Islam

Keluarga

cairan kuning setelah haid cairan kuning setelah haid

Menyikapi Cairan Kuning yang Keluar Setelah Haid

Kajian

air liur manusia najis air liur manusia najis

Benarkah Air Liur Manusia Najis?

Kajian

Perbedaan Kata Membasuh mengusap Perbedaan Kata Membasuh mengusap

Perbedaan Kata Membasuh dan Mengusap pada Rukun Wudhu

Kajian

3 Hal didiskusikan kontrasepsi 3 Hal didiskusikan kontrasepsi

3 Hal yang Perlu Didiskusikan Perihal Kontrasepsi

Keluarga

Connect