Ikuti Kami

Diari

Pengalaman Saya Mendampingi Perempuan Inspirasi Indonesia Selama di Maroko

BincangMuslimah.Com – Perempuan inspirasi Indonesia yang saya maksudkan adalah Prof. Dr. Amany Lubis. Selain sebagai Rektor UIN Jakarta yang dilantik Menteri Agama pada Januari 2019, perempuan yang sudah mengelilingi 32 negara di lima benua ini juga tercatat memiliki banyak pengalaman di organisasi, baik nasional maupun internasional.

Antara lain Ketua Umum Majelis Ilmuwan Muslimah Indonesia (2014-2018), Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat Bidang Perempuan (2015-2020), Anggota Majelis Ifta’ di Uni Emirat Arab (2016-2020) dan Anggota Board of Trustees Forum for Promoting Peace in Muslim Societies, Abu Dhabi (2016-2020).

Prof. Amany Lubis menerima penghargaan Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) sebagai Rektor Perempuan Pertama UIN di Indonesia sekaligus mendapat penghargaan MURI sebagai Penceramah Perempuan Pertama di Hadapan Raja Maroko dari ASEAN. Karya-karya beliau berupa buku, jurnal, artikel ilmiah sudah banyak dipublikasi nasional dan internasional.

Salah satu karya buku terbarunya berjudul Autobiografi Amany Lubis Namaku Harapan, menjadi salah satu hadiah yang diberikan pada saya dan suami, kepada PPI Maroko, dan KBRI Rabat di Maroko. Buku tersebut dibedah dan lauching ketika Hari Ibu 22 Desember 2019 di Auditorium UIN Jakarta, dihadiri para cendikiawan Indonesia dan dikatakan sebagai buku sejarah peradaban Indonesia menurut Prof Azyumardi Azra.

Saya pribadi menemani Beliau yang ke enam kalinya selama di Maroko sejak 2015, 2 bulan Beliau mengajar di Kampus Ibnu Tufail di Kenitra pada jenjang S1 sampai S3 dalam program Visiting Proffesor, 4 Konferensi Internasional di Maroko, di Casablanca Beliau menjadi Penceramah Durus Hassania di hadapan Raja yang dihadiri para Ulama dari seluruh negara islam yang diundang Kerajaan, menjadi Penceramah di depan para Muslimah Maroko, belum lagi undangan-undangan rapat Dewan Mufti dari berbagai negara islam di Dunia dan undangan-undangan lainnya.

Baca Juga:  Raden Ajeng Sutartinah dan Perannya dalam Perjuangkan Hak Pendidikan Perempuan

Awal Maret 2020 saya menemani beliau ke Sahah Moh V Casablanca, 5 Maret 2020 Beliau menjadi penguji sidang doktoral istimewa Kampus Daar El-Hadith El Hassania Kampus di bawah Kerajaan Maroko, malam 5 Maret menyampaikan pembinaan terhadap WNI di KBRI Rabat, 6 Maret Audiensi dengan Wakil Rektor Univ tertua di Dunia (Abad ke 8 M), serta napak tilas sejarah peradaban Kota Tua Fes dan Kampus Al-Qarawiyyin, 6 Maret malam hari beliau mempersilahkan saya istirahat sebab Beliau ada undangan makan malam dengan KBRI Rabat, Isesco, dan tokoh akademisi Maroko. 7 Maret pagi beliau bertolak kembali ke Jakarta.

Beliau yang energik di usianya yang saat ini 56 tahun, tak pernah lelah dengan aktifitas jadwal yang sangat padat walau setelah perjalanan panjang antar negara (Maroko-Indo 24 jam atau lebih). Sesampai di Maroko tanpa istirahat Beliau langsung mengatur jadwal dan hadir sebelum waktu agenda-agenda dimulai, menyampaikan materi baik duduk atau berdiri berjam-jam dengan bahasa Arab maupun bahasa Inggris dengan lancar dan percaya diri. Waktu tidur beliau juga sangat singkat dengan berbagai tugas dan kesibukan yang harus dikerjakan.

Media TV dan Radio Maroko juga mewawancarai beliau di tengah jadwal kegiatan selama di Maroko, rekan-rekan ulama dan akademisi banyak yang mengundang beliau ketika beliau kembali datang ke Maroko, terkadang karena jadwal yang padat dan waktu yang tidak sesuai, pertemuan menjadi batal.

Beliau sosok yang cerdas dan multitallent dengan wawasan yang luas, tidak hanya dalam bidang kajian Agama Islam, beliau juga menguasai hukum tata negara, pendidikan, bahasa, kesehatan, politik, keluarga, peran remaja dan perempuan, dan lainnya.

Tak heran, dialog dan diskusi di berbagai topik mampu beliau jawab dan lawan bicarapun sangat antusias ingin menjalin kerjasama setelah mendapat banyak informasi yang banyak dari beliau. Di samping beliau menyampaikan dengan bahasa Arab maupun bahasa Inggris dengan lancar seperti penutur aslinya.

Baca Juga:  Kisah Tiga Peneliti Tentang Sufi Perempuan  

Beliau tanggap dan cekatan, disiplin juga perhatian. Saya menemani beliau ketika hamil anak pertama dan anak kedua, saya yang merasa aman-aman saja, sering beliau tanyakan kondisi di tengah-tengah waktu mendampingi beliau, memberi makanan untuk bekal saya di jalan, dan mempersilahkan saya tidur di perjalanan di tengah beliau berdiskusi dengan koleganya.

Di setiap kedatangan ke Maroko, Beliau yang dermawan selalu membawakan kami dan koleganya buah tangan khas Indonesia, buku-buku karya beliau, makanan khas Indonesia, buah dan barang khas Indonesia. Salah satunya beliau membawa peci Indonesia yang dihadiahkan pada Ulama Maroko sebagai ikatan persaudaraan Indonesia dan Maroko.

Di akhir perjalanan setiap mengunjungi Maroko, Beliau selalu meninggalkan barang-barangnya untuk kami, dan kami juga bagikan pada teman-teman mahasiswa dan mahasiswi di Maroko, banyak kerudung beliau yang ditinggalkan untuk saya, juga saya bagikan ke teman-teman, buku-buku juga barang-barang lain yang bermanfaat. Menyisipkan juga sedekah untuk mahasiswa-mahasiswi di Maroko. Masya Allah Alhamdulillah

Sesampai tanah air, kembali beliau langsung menyesuaikan diri dengan aktifitas dan kegiatannya yang terjadwal tanpa lelah. Semoga Allah berikan kesehatan selalu dan keberkahan di usia dan waktu-waktu beliau. Aamiin.

[Maroko, 9 Maret 2020]

Rekomendasi

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

nyai hamdanah sejarah islam nyai hamdanah sejarah islam

Nyai Hamdanah, Tokoh Perempuan yang Turut Andil dalam Sejarah Islam Nusantara

Ummu Hisyam binti Haritsah Ummu Hisyam binti Haritsah

Ummu Hisyam binti Haritsah, Pemelihara Surat Qaf dari Lisan Rasulullah

Sutayta al-Mahamli Sutayta al-Mahamli

Sutayta al-Mahamli: Ahli Matematika Muslimah dari Irak

Ditulis oleh

Mahasiswi Univ Mohammed V Rabat Maroko

Komentari

Komentari

Terbaru

Metode Nabi Muhammad Metode Nabi Muhammad

Tiga Langkah Membina Generasi Berkualitas bagi Perempuan Karir

Keluarga

Tiga Hal Ini Perlu Ditekankan agar Pernikahan Menjadi Sakinah

Keluarga

makmum fardhu orang sunnah makmum fardhu orang sunnah

Hukum Menjadi Makmum Shalat Fardhu kepada Orang yang Shalat Sunnah

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

panduan melaksanakan puasa syawal panduan melaksanakan puasa syawal

Panduan Melaksanakan Puasa Syawal

Ibadah

beberapa ibadah bulan syawal beberapa ibadah bulan syawal

Berikut Beberapa Ibadah yang Bisa Dilakukan di Bulan Syawal

Ibadah

kartini sikap kritis beragama kartini sikap kritis beragama

Raden Ajeng Kartini dan Sikap Kritis dalam Beragama

Khazanah

jiwa kartini setiap perempuan jiwa kartini setiap perempuan

Jiwa Kartini Ada di Setiap Diri Perempuan

Muslimah Talk

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

Connect