Ikuti Kami

Muslimah Talk

Lia Karina Mansur: Atlet Taekwondo Berhijab, Siapa Takut?

BincangMuslimah.Com – Lia Karina Mansur merupakan atlet taekwondo perempuan yang berhijab. Bukan hanya memiliki paras yang cantik, Lia juga berhasil mengharumkan nama Indonesia berkat prestasi-prestasinya di cabang olahraga asal Korea tersebut.

Perempuan yang memakai hijab dalam bidang olahraga tertentu, terkadang masih menuai sikap diskriminasi. Terlebih di negara yang minoritas muslim. Hal tersebut juga pernah dialami Lia saat harus bertanding ke negara-negara non-Islam. Awalnya ia takut karena memang terlihat aneh sendiri menggunakan hijab dalam pertandingannya. Dilihatin orang-orang saat kemana-mana. Akan tetapi, Ia berhasil menepis rasa takutnya itu. Lia sudah berprinsip  untuk tidak menanggalkan hijabnya saat pertandingan sekalipun .

Dari kecil Lia telah mencari jati dirinya mulai berlatih atletik, basket, voli, renang, dan bulu tangkis.  Sampai akhirnya ia jatuh cinta dengan dunia bela diri, taekwondo. Usia Lia waktu itu sekitar 9 tahun. Keluarga Lia memanglah dari keluarga yang cinta olahraga. Sang ayah, Mansur adalah seorang mantan atlet voli nasional yang kini menjadi dosen olahraga di UNY. Sementara sang Ibu, Sri Hartati juga seorang instruktur senam. Dengan ketekunan dan kegigihannya berlatih telah menghantarkan seorang Lia Karina Mansur meraih kemenangan di tingkat nasional bahkan internasional.

Gadis hijabers dengan 11 ribu follower ini pernah meraih medali perak kelas 57 kg putri SEA Games XXVI. Lia juga berhasil masuk peringkat 2 dalam pertandingan Taekwondo di Jeonju Open International Taekwondo Championships. Walaupun awalnya was-was karena takut tidak diperkenankan memakai hijab saat bertanding, Lia Karlina yang juga merupakan wakil 1 Diajeng Kota Yogyakarta 2015 itu pun diizinkan menggunakan hijab di arena pertandingan Internasional.

Dalam sepak terjangnya, Lia juga pernah bertanding di Olympic Game Qualification, World Championship, hingga Bali Open Internasional Taekwondo Tournament 2015. Selain itu Lia juga pernah menjuarai PON XIX Jawa Barat kelas under 57 kg putri.

Baca Juga:  Buat Konten Edukasi, Host Kinderflix Malah Dapat Komentar Pelecehan Seksual

Perempuan yang menamatkan kuliahnya di Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY ini melalui proses yang panjang dalam meraih semua prestasinya tersebut. Lia awalnya latihan Taekwondo di klub. Dan ia paling kecil diantara teman-teman lainnya. Karena waktu itu Ia baru duduk di bangku SD. Sedangkan teman-temannya duduk di bangku SMP atau SMA.

Setelah bakatnya dilihat menonjol oleh sang pelatih, Lia mulai ikut berbagai macam kejuaraan. Karena dari daerah Lia sering menang, maka saat SMP ia mulai ikut KEJURNAS (2006) di Surabaya dan mendapatkan mendali Emas dan pemain terbaik. Setelah menjuarai KEJURNAS, Lia dipanggil ikut PELATNAS.

Perjuangan Lia ternyata tidak serta mulus. Dilansir dari interviewnya di Channel YouTube Elita Kerudung, karena saking berat dan tekanan saat latihan taekwondo dalam menghadapi pertandingan, kaki Lia pernah patah.  Dokter memprediksi bahwa Lia tidak bisa taekwondo lagi karena ligamennya putus. Akan tetapi, Lia tetap kekeh mau main PON 2012. Pokoknya bagaimana caranya ia harus sembuh. Dalam proses penyembuhan kakinya, Lia dibantu sang ibu dan pelatihnya.  Walaupun dalam tanding menggunakan 1 kaki,  alhamdulillah  Lia dapat mendali emas.

Dalam latihan, pasti ada saatnya down. Dengan jangka waktu yang tidak sebentar saat latihan di PELATNAS, rasanya capek, ingin berhenti latihan. Apalagi saat pertandingan dan tidak juara, pasti rasanya sangat kecewa dan down, lelah, bosan. Lia memberikan motivasi pada dirinya, bahwa ia harus selalu ingat targetnya, harus memperjuangkan apa yang menjadi impianya.

Di akhir wawancara, tak lupa Lia memberikan pesan kepada adek-adek yang ingin atau sedang menjadi atlet, “Perjalanan kalian itu masih panjang.  Sangat melelahkan, sangat membosankan, dan sangat menjenuhkan. Kalian harus tahan banting. Mulai dari capek latihan sampai cidera. Kalau kalian bisa melalui semua itu, maka kalian akan sampai di titik yang kalian inginkan. Entah juara nasional atau bahkan juara SEA GAMES. Semua itu pasti melalui proses yang berat. Siapa yang bisa bertahan, maka ialah yang menang.” Ungkap Lia yang juga merupakan Sang Juara Sunslik Hijab Hunt 2017 itu, dalam wawancaranya di channel YouTube Zachryan Daniel (18/07/2020).

Rekomendasi

Ditulis oleh

Alumni MA Salafiyah Kajen yang menamatkan kuliah di Program Jurusan Fisika Univesitas Diponegoro. Saat ini sedang merintis perpustakaan dan hobi menulis. Pernah menyabet juara 1 lomba puisi nasional dan menjuarai beberapa Lomba Karya Tulis Ilmiah.

Komentari

Komentari

Terbaru

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

panduan melaksanakan puasa syawal panduan melaksanakan puasa syawal

Panduan Melaksanakan Puasa Syawal

Ibadah

beberapa ibadah bulan syawal beberapa ibadah bulan syawal

Berikut Beberapa Ibadah yang Bisa Dilakukan di Bulan Syawal

Ibadah

kartini sikap kritis beragama kartini sikap kritis beragama

Raden Ajeng Kartini dan Sikap Kritis dalam Beragama

Khazanah

jiwa kartini setiap perempuan jiwa kartini setiap perempuan

Jiwa Kartini Ada di Setiap Diri Perempuan

Muslimah Talk

kisah fatimah idul fitri kisah fatimah idul fitri

Kisah Sayyidah Fatimah Merayakan Idul Fitri

Khazanah

Silaturahmi dalam Momen Lebaran Silaturahmi dalam Momen Lebaran

Menjalin Silaturahmi dalam Momen Lebaran

Kajian

Macam Manusia Imam Al-Ghazali Macam Manusia Imam Al-Ghazali

Empat Macam Manusia Menurut Imam Al-Ghazali

Kajian

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

Connect