Ikuti Kami

Muslimah Talk

Sayyidah Nushrat al-Amin: Mufassir Perempuan Pertama Dengan Karya 30 Juz

Bincangmuslimah.com- Sayyidah Nushrat al-Amin merupakan mufasir perempuan pertama yang menghasilkan karya lengkap 30 juz, selain itu beliau juga merupakan ahli hadis, dan fikih. Lahir pada tahun 1308 H di Isfahan, Iran. Tafsir yang dihasilkan beliau ini bercorak tasawuf, ditulis dengan bahasa Farsi, dengan menitikberatkan pada akhlak dan pendidikan dari ayat al-Qur’an. Kitab tafsirnya ini berjumlah 15 jilid, berjudul Makhjan al-‘Irfân fî Tafsîr al-Qur’an. Hal tersebut menjadikan ramainya pengajian tafsir di rumah beliau, jamaahnya yang hadir rata-rata berjumlah 500 Muslimah.

Latar belakang Sayyidah Nushrat al-Amin

Nushrat Amin putri dari Sayyid Muhamad Ali bin Hasan yang dikenal orang yang saleh dan dermawan. Begitu pula ibu beliau adalah seorang wanita sholeha dan mulia. Selain itu juga memiliki nasab hingga ke Rasulullah Saw. melaui Fathimah az-Zahra dan Ali bin Abi Thalib. Dari aspek keturunan, Nushrat memang tidak lagi diragukan, keluarga alim yang sangat mendukung dalam ranah keilmuan.

Awal masa kecil Nusrhat sudah memulai rihlah pendidikan ke Maktab (pusat pendidikan) untuk belajar al-Qur’an dan baca tulis. Padahal, ketika itu, masih jarang sekali keluarga yang mengirim anak perempuannya ke Maktab untuk belajar, bahkan masyarkat pada saat itu tidak memperbolehkan anak peremuan untuk bersekolah.

Setelah menginjak remaja, ia melanjutkan pendidikan dalam bidang Fiqih, Ushul Fara’id, Kifayah al-Ushul bidang ilmu kalam (teologi). Beliau belajar kepada gurunya yang bernama Mir Sayyid Ali Najaf.

Ketika beranjak dewasa, Nushrat menikah dengan Haji Mirza dan dikenal dengan “Mu’in-e Tujjari”, suaminya merupakan saudagar terkenal di kota Isfahan. Meskipun sudah berkeluarga dan dikarunia anak, tidak mengurangi rasa semangat Nushrat untuk tetap terus belajar. Yang mana beliau sudah begitu merasakan nikmat belajar.

Baca Juga:  Jiwa Kartini Ada di Setiap Diri Perempuan

Dengan kerja keras dan semangat cinta ilmu, sepanjang hidupnya beliau sampai akhir hayatnya menghabiskan waktunya untuk menulis kitab, mengajar, menjawab berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan masalah-masalah keagamaan dan membimbing kaum perempuan. Hingga pada umur ke 44 tahun, beliau telah mencapai derajat ijtihad dan juga mendapatkan ijazah untuk berijtihad berkaitan dengan hukum syariat, ijazah diperoleh dari beberapa ulama besar salah satunya dari Sayyid Ibrahim Husaini Syirazi Ishthahbanati berasal dari Iran.

Karya-karyanya

Arba’in Hasyimiyah merupakan karya pertama beliau, yang berisi empat puluh hadis tentang tauhid, sifat-sifat Allah swt, akhlak dan hukum syari’at.

Jaami’u asy-Syatat, sebuah karya Nusrhat yang berisi berbagai pertanyaan yang telah dilontarkan para guru besar salah satunya: Ayatullah Muhammad Ali Qadzi Thabathaba’i, Syeikh Muhammad Thaha al-Hindawi an-Najafi Zadeh, dan lain sebagainya, kemudian jawaban-jawaban gurunya ini beliau rangkum dalam bentuk tulisan.

Ma’ad yo Okharin Sairi Basyar merupakan karya yang menjelaskan tentang perjalanan manusia di alam dunia hingga menuju alam kesempurnaan. Pada buku ini dikemas menjadi Sembilan makalah.

An-Nafahaatu ar-Rahmaniyah fii al-Waaridaati al-Qalbiyah, kitab ini berisi tentang wirid-wirid.

Makhjan al-‘Irfân fî Tafsîr al-Qur’an. Tafsir ini berisi pembahasan irfan (mistik), pesan-pesan akhlak dan pembahasan menarik lainnya tentang keuamaan al-Qur’an dan lain sebagaiya. Karena karya Tafsir inilah beliau di juluki mufasir perempuan pertama yang menghasilkan karya lengkap 30 juz

Rawesy-e Khusybakhti wa Taushiyeh be Khoharan-e Imoni, kitab yang berisi tentang arti kebahgiaan.

Dan masih banyak karya Sayyidah Nushrat Al- Amin yang lainnya.

Giat Mengembangkan Intelektual Kaum Perempuan.

Semangat serta cintanya Nushrat al-Amin pada keilmuan, tidak mengabaikan perhatian beliau kepada nasib pendidikan perempuan-permpuan disekitarnya pada saat itu. Pada tahun 1344 H beliau mendirikan pusat pendidikan untuk perempuan dengan nama “Maktab-e Fathimeh as” dan Sekolah Menengah Atas (SMA) khusus perempuan.

Baca Juga:  Dian Pelangi, Jadikan Fashion Muslimah Sebagai Mode Dunia

Dalam perjalanan kiprah al-amin yang dikontribusikan untuk para peremupan, tidak pantang semangat untuk selalu menggembar-gombarkan terkait ilmu kepada perempuan. Karena sebagian orang beranggapan, bahwa sangat sedikit sekali tokoh perempuan yang dapat dikenal keunggulannya. Mereka beranggapan bahwa seorang perempuan yang totalitas mengabdi pada inteletual yang tinggi, tetap saja, derajatya masih dibawah laki-laki. Faktor lain juga minimnya ruang kesempatan dan peran perempuan untuk ranah keilmuan.

Padahal perempuan yang mempunyai inteletual yang tinggi bukan untuk menyamai derajat laki laki, akan tetapi memberikan perihal kenikmatan mendapat ilmu pengetahuan, apalagi hingga mampu berbagi dan memberikan pengaruh kepala pola pikir perempuan terhadap disiplin ilmu, itu sungguh sangat bermanfaat.

Beliau pun aktif mengajar ilmu-ilmu agama dan tafsir, juga menjawab berbagai pertanyaan di sebuah lembaga yang bernama “Pusat Dakwah dan Pendidikan Agama” di kota Isfahan. Yang jelas beliau sampai akhir hayatnya selalu berusaha untuk membimbing dan meningkatkan perkembangan intelektual dan spiritual kaum perempuan. Hal tersebut menjadikan ramainya pengajian tafsir yang diadakan di rumah beliau, jamaahnya yang hadir rata-rata berjumlah 500 Muslimah.

Akhirnya, beliau menghembuskan nafas terakhirnya pada tahun 1363 H atau 1943 M, yakni pada usia 97 tahun. Meski beliau sudah tiada, namun perjuangan beliau dalam mengeman ilmu masih bisa dirasakan hingga sekarang, melalui karya-karyanya yang setia menemani dalam proses belajar kita.

 

Rekomendasi

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

nyai hamdanah sejarah islam nyai hamdanah sejarah islam

Nyai Hamdanah, Tokoh Perempuan yang Turut Andil dalam Sejarah Islam Nusantara

Ummu Hisyam binti Haritsah Ummu Hisyam binti Haritsah

Ummu Hisyam binti Haritsah, Pemelihara Surat Qaf dari Lisan Rasulullah

Sutayta al-Mahamli Sutayta al-Mahamli

Sutayta al-Mahamli: Ahli Matematika Muslimah dari Irak

Ditulis oleh

Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya, aktif di CRIS Foundation (Center for Research dan of Islamic Studies)

Komentari

Komentari

Terbaru

Metode Nabi Muhammad Metode Nabi Muhammad

Tiga Langkah Membina Generasi Berkualitas bagi Perempuan Karir

Keluarga

Tiga Hal Ini Perlu Ditekankan agar Pernikahan Menjadi Sakinah

Keluarga

makmum fardhu orang sunnah makmum fardhu orang sunnah

Hukum Menjadi Makmum Shalat Fardhu kepada Orang yang Shalat Sunnah

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

panduan melaksanakan puasa syawal panduan melaksanakan puasa syawal

Panduan Melaksanakan Puasa Syawal

Ibadah

beberapa ibadah bulan syawal beberapa ibadah bulan syawal

Berikut Beberapa Ibadah yang Bisa Dilakukan di Bulan Syawal

Ibadah

kartini sikap kritis beragama kartini sikap kritis beragama

Raden Ajeng Kartini dan Sikap Kritis dalam Beragama

Khazanah

jiwa kartini setiap perempuan jiwa kartini setiap perempuan

Jiwa Kartini Ada di Setiap Diri Perempuan

Muslimah Talk

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

Connect