Ikuti Kami

Muslimah Talk

Islam Ajarkan Bersikap Ramah dan Sambut Perempuan dengan Ceria

Islam Ajarkan Bersikap Ramah dan Sambut Perempuan dengan Ceria
Source: gettyiamges.com

BincangMuslimah.Com – Pernah mendengar sebuah pesan untuk selalu ramah dan tersenyum kepada setiap orang? Bahkan sebuah senyuman yang tulus dan ikhlas dari hati dapat mendatangkan pahala yang teramat besar bagi empunya senyum. Islam mengajarkan itu semua, bersikap ramah dan menyambut perempuan dengan ceria.

Secara psikologis, tersenyum dapat menaikkan hormon endorfin pada tubuh. Hormon endorfin dapat meningkatkan kebahagiaan. Sehingga, siapa pun dapat menjalani hari-harinya dengan perasaan positif.

Memang dianjurkan bersikap ramah dan ceria pada orang lain. Selain memicu munculnya rasa bahagia untuk sendiri, bersikap ceria juga dapat meringankan beban orang lain secara tidak langsung.

Perilaku ini sangat dianjurkan dalam kehidupan sehari-hari. Baik pada laki-laki maupun perempuan. Namun pada zamannya, perlakuan tersebut tidak pernah didapatkan oleh perempuan.

Jangankan bersikap ramah dan ceria, terlibat dalam sebuah diskusi keluarga rasanya sulit. Setiap keputusan dan forum yang dibuat khusus diperuntukkan bagi kaum lelaki saja.

Jika ada satu permasalahan dalam satu keluarga atau kaum, maka yang terdengar hanya perkumpulan bapak-bapak dan pemuda. Jarang ibu-ibu dilibatkan dalam sebuah forum serius untuk membuat sebuah kebijakan, misalnya.

Di sisi lain pergaulan perempuan memang amatlah terbatas. Bagaimana tidak? Setiap pergerakan selalu disebut sebagai fitnah. Sampai-sampai ada istilah ‘ikan asin’ dan ‘kucing’.

‘Ikan asin’ adalah perempuan. Sedangkan ‘kucing’ adalah laki-laki. Keduanya tidak dapat disatukan di dalam forum. Karena ‘kucing’ dapat ‘menyantap ‘ikan asing’. Atau jika diartikan, perempuan dapat menarik laki-laki untuk berbuat kriminal dan kekerasan seksual.

Hal juga tidak jauh berbeda pada zaman Jahiliah hingga Islam baru masuk di Jazirah Arab. Diceritakan bahwa pada zaman Rasulullah, keberadaan perempuan dianggap tidak ada. Bahkan tidak mengajak mereka berbicara hingga melibatkan dalam sebuah diskusi.

Baca Juga:  Teladan Single Mother: Kisah Hannah dan Maryam dalam Alquran

Sehingga banyak orang yang tercengan sekaligus takjub dengan bagaimana sikap nabi Muhammad Saw memperlakukan perempuan. Beliau selalu menunjukkan keceriaannya  pada istri, anak, bibi hingga masyarakat biasa. Hal ini seperti yang dikisahkan dalam sebuah hadis.

عن عائشة رضي الله عنها قالت; قال النبي صلى الله عليه وسلم لفاطمة عليها السلام(مرحبا بإبنتي) و قالت ام هانئي رضي الله عنها جئت الى النبي صلى الله عليه و سلم فقال (مرحبا بأم هانيئ). رواه البخاري

Artinya: “Aisyah Ra berkata “Nabi Muhammad menyambut putrinya Fatimah Ra (yang berkunjung), ‘Selamat datang putriku.” Ummu Hani juga berkata, “ Ketika aku mendatangi Nabi Muhammad Saw, ia pasti menyongsong. ‘Selamat datang Ummu Hani.” (H.R Imam Bukhari dalam Shahih-nya No 3666).

Menurut Faqihuddin Abdul Kodir di dalam bukunya yang berjudul 60 Hadis Shahih, hadis di atar secara umum mengajak setiap orang menyambut kedatangan tamu dengan suka cita.

Siapapun tamu tersebut, laki-laki maupun perempuan. Menunjukkan kecerian merupakan suatu sikap menghargai orang lain dan termasuk perbuatan yang baik. Sebagaimana halnya dengan senyuman dan kebaikan, kedua hal itu dapat menular.

Di sisi lain dalam berbagai cerita dan hadis, Rasul memang selalu membiarkan istri bersuara dan berpendapat secara lantang. Bahkan pernah diceritakan para sahabat laki-laki yang menghardik dan menganggap istrinya yang berpendapat  memberi masukan. Lalu dianggap tidak sopan.

Seperti Umar bin Khatab yang tempo hari pernah dikisahkan menolak masukan sang istri. Bahkan menyebut istrinya tidak perlu ikut campur. Penolakan itu langsung dijawab oleh istri Umar bin Khatab, jika Rasulullah bahkan lebih santun pada istrinya.

Oleh karena itu, hadis di atas dapat memunculkan suatu kesimpulan bahwa Islam mengajarkan untuk bersikap ramah dan menyambut perempuan dengan ceria karena enularkan keceriaan boleh kepada siapa saja. Begitu pula pada perempuan. Keceriaan dapat memberikan pintu kebahagiaan pada sekitar.

Rekomendasi

fomo media sosial islam fomo media sosial islam

Upaya Menghindari Fomo dalam Kacamata Islam

doa setelah membaca Alquran doa setelah membaca Alquran

Doa yang Dibaca Setelah Membaca Alquran

Sejarah Pensyariatan Azan Pertama Sejarah Pensyariatan Azan Pertama

Sejarah Pensyariatan Azan Pertama Kali

orang tua rasulullah neraka orang tua rasulullah neraka

Benarkah Orang Tua Rasulullah Saw. Masuk Neraka?

Ditulis oleh

Melayu udik yang berniat jadi abadi. Pernah berkuliah di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, jurusan Jurnalistik (2014), aktif di LPM Institut (2017), dan Reporter Watchdoc (2019). Baca juga karya Aisyah lainnya di Wattpad @Desstre dan Blog pribadi https://tulisanaisyahnursyamsi.blogspot.com

Komentari

Komentari

Terbaru

ajarkan kesetaraan laki-laki perempuan ajarkan kesetaraan laki-laki perempuan

Mengenal Lebih Jauh Macam-macam Pendekatan Gender

Kajian

Kisah cinta Zainab binti Rasulullah Kisah cinta Zainab binti Rasulullah

Kisah Cinta Sayyidah Zainab binti Rasulullah

Muslimah Talk

Hukum kremasi jenazah mualaf Hukum kremasi jenazah mualaf

Hukum Kremasi Jenazah Mualaf

Kajian

Rembuk Ide Rembuk Ide

El-Bukhari Institute Gelar Rembuk Ide, Bahas Moderasi Beragama untuk Gen Z

Berita

Bincang Thaharah; Wudhu Tidak Berurutan, Apakah Tetap Sah?

Video

Perbedaan Haji dan Umrah Perbedaan Haji dan Umrah

Tiga Perbedaan Haji dan Umrah

Ibadah

Syarat-syarat dikabulkannya doa Syarat-syarat dikabulkannya doa

Fungsi dan Syarat-syarat Dikabulkannya Doa  

Ibadah

Larangan bagi Perempuan Haid Larangan bagi Perempuan Haid

Larangan bagi Perempuan Istihadhah

Kajian

Trending

Doa keguguran Doa keguguran

Kehilangan Buah Hati Akibat Keguguran, Baca Doa yang Diajarkan Rasulullah Ini

Ibadah

masa iddah hadis keutamaan menikah masa iddah hadis keutamaan menikah

10 Hadis Tentang Keutamaan Menikah

Kajian

Tujuh Keutamaan Membaca Shalawat Tujuh Keutamaan Membaca Shalawat

Doa agar Terhindar dari Prasangka Buruk pada Allah

Ibadah

Mengenal Rufaidah al-Aslamiyah: Perawat Perempuan Pertama dalam Sejarah Islam

Muslimah Talk

Mandi junub dan haid Mandi junub dan haid

Empat Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Mandi Wajib

Ibadah

Resensi Buku Pernah Tenggelam Resensi Buku Pernah Tenggelam

Resensi Buku Pernah Tenggelam: Halu Berlebihan Menenggelamkan Keimanan?

Diari

Shafiyah binti Huyay Teungku Fakinah Shafiyah binti Huyay Teungku Fakinah

Kisah Bulan Madu Rasul dengan Shafiyah binti Huyay

Muslimah Talk

muslimah mencukur habis rambutnya muslimah mencukur habis rambutnya

Bolehkah Muslimah Mencukur Habis Rambutnya?

Kajian

Connect