Ikuti Kami

Muslimah Daily

Menunaikan Hak Tetangga Sebagian dari Iman, Bagaimana Jika Tetangga Non Muslim?

Hak Tetangga Non Muslim

BincangMuslimah.Com – Imam Ghazali dalam Ihya Ulumuddin menjelaskan bahwasanya tetangga itu berhak atas segala sesuatu yang menjadi hak seluruh muslim.

Dalam Islam, status tetangga mempunyai hak yang sedikit lebih dari lainnya, bahkan tetangga non muslim mempunyai hak dalam kapasitas sebagai tetangga atau untuk menegakkan hak bertetangga. Dalam kitabnya, Imam Ghazali kemudian menukil hadis berikut ini

عَن رسول الله -عليه الصلاة والسلام- أنه قال: (الجيرانُ ثلاثةٌ: جارٌ له حقٌّ واحدٌ وهو أدنَى الجيرانِ حقًّا، وجارٌ له حقَّان، وجارٌ له ثلاثةُ حقوقٍ وهو أفضلُ الجيرانِ حقًّا؛ فأمَّا الجارُ الَّذي له حقٌّ واحدٌ فالجارُ المُشرِكُ لا رحِمَ له وله حقَّ الجِوارِ، وأمَّا الَّذي له حقَّان فالجارُ المُسلمُ لا رحِم له وله حقُّ الإسلامِ وحقُّ الجِوارِ، وأمَّا الَّذي له ثلاثةُ حقوقٍ فجارٌ مسلمٌ ذو رحِمٍ له حقُّ الإسلامِ وحقُّ الجوارِ وحقُّ الرَّحِمِ، وأدنَى حقِّ الجِوارِ ألَّا تُؤذيَ جارَك بقُتارِ قِدرِك إلَّا أن تقدَحَ له منها)

Artinya: Rasulullah saw. bersabda, “Tetangga ada tiga macam, yaitu: 1) tetangga yang mempunyai satu hak, itu hak tetangga paling dasar. 2) Tetangga yang mempunyai dua hak dan 3) tetangga yang mempunyai tiga hak yaitu tetangga yang memiliki hak paling utama. Tetangga yang mempunyai satu hak adalah non muslim yang bukan kerabat ia hanya mendapat hak tetangga saja. Tetangga yang punya dua hak adalah tetangga muslim ia mendapatkan hak sebagai tetangga dan hak sebagai muslim. Tetangga yang mempunyai tiga hak ialah tetangga muslim yang masih kerabat, ia mendapatkan hak sebagai tetangga, sebagai muslim dan sebagai kerabat. Termasuk Hak tetangga yang paling dasar adalah jangan sampai engkau menyakiti tetanggamu dengan bau harum pancimu kecuali engkau memberinya sebagian darinya” (HR. Abu Nu’aim)

Baca Juga:  Menikah Beda Agama, Sahkah?

Dalam kitab Takhrij Ahaadist Ihya ‘Ulumuddin, Mustadha Az-Zabidi menjelaskan bahwa menurut Imam al-Iraqi hadis ini dhaif dan ditemukan dalam beberapa riwayat di antaranya dalam kitab Makarimi al-Akhlaq karya al-Kharaithi, kitab al-Kamil karya Ibn ‘Adi.

Selain itu hadis ini diriwayatkan juga oleh Abu Nu’aim dalam Hilyatul Auliya, dimana kandungan hadis ini termasuk dalam fadhail al-A’mal, maksudnya adalah hal yang dianjurkan syariat untuk diamalkan. Menurut Imam Nawawi dalam kitab al-Adzkar, boleh mengamalkan hadis dhaif  dalam fadhail al-a’mal. Apalagi jika kandungan hadis tersebut tidak bertentangan dengan hadis shahih lainnya.

Seperti dalam hadis lainnya yang disebutkan oleh Imam Ghazali dari riwayat berikut ini

قال مجاهد كنت عند عبد الله بن عمر رضي الله عنهما وغلام له يسلخ شاة فقال يا غلام إذا سلخت فابدأ بجارنا اليهودي حتى قال ذلك مراراً فقال له كم تقول هذا فقال إن رسول الله – صلّى الله عليه وسلم – لم يزل يوصينا بالجار حتى حسبنا أنَّهُ سيورِّثُهُ

Artinya: Mujahid berkata, “Aku berada disamping Abdullah bin Umar, sedangkan seorang hamba sahayanya menguliti kambing miliknya. Lalu ia berkata: “Hai nak, apabila kamu telah selesai menguliti, dahulukan tetangga kita yang Yahudi”, sehingga ia berkata begitu berulang-ulang. Lalu anak itu berkata: “Berapa kali tuan berkata begitu pada saya?” Lalu ia berkata: “Sesungguhnya Rasulullah Saw selalu berwasiat kepada kami tentang tetangga sehingga kami mengira bahwa tetangga termasuk dalam kelompok yang berhak menerima harta waris..” (HR. Abu Daud)

Menurut Imam al-‘Iraqi, hadis yang diriwayatkan oleh Imam Abu Daud dan Imam Tirmidzi tersebut hasan gharib. Berdasarkan hadis ini pula, para ulama berpendapat bahwa boleh memberikan tetangga Yahudi dan Nasrani hewan kurban yang kita sembelih sebagai bentuk muamalah yang baik.

Baca Juga:  Persiapan Calon Pengantin Menurut Agama, Check!

Apa Hak Tetangga yang Wajib Kita Tunaikan?

Hak tetangga yang paling dasar yaitu bersikap baik dan tidak menyakiti mereka. Rasulullah melarang seseorang menyakiti tetangga bahkan menjadikan sifat itu sebagai tanda dari kurangnya iman seseorang. Sebagaimana dalam hadis riwayat Imam Bukhari, Rasulullah bersabda,

فقال -عليه الصلاة والسلام: (واللَّه لا يؤمِنُ، واللَّه لا يؤمنُ، واللَّه لا يؤمنُ. قيلَ: ومن يا رسولَ اللَّه؟ قالَ: الَّذي لا يأمنُ جارُه بوائقَه

Rasulullah Saw bersabda, “Demi Allah tidak beriman, demi Allah tidak beriman, demi Allah tidak beriman.” Beliau ditanya (oleh seorang sahabat),”Siapa gerangan wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Yang tetangganya tidak aman dari keburukan-keburukannya.” (HR. Bukhari)

Ibnu Hajar dalam Fathul Bari menyebutkan bahwa maksud dari keburukan disini diartikan dari kata bawaaiq yaitu bentuk plural dari kata baaiqah yang artinya adalah kelicikan-kelicikan yang dapat merusak dengan tiba-tiba.

Dalam hadis ini, Rasul sampai mengulang kalimat sumpah hingga tiga kali secara tegas tentang alpanya keimanan seseorang jika sampai berbuat buruk pada tetangganya. Kecaman ini dalam riwayat Imam Ahmad dan Imam Malik disebutkan dengan tambahan redaksi laa yadkhul al-Jannah, tidak akan masuk surga.

Setiap tetangga berhak diperlakukan baik oleh tetangganya, dan sebagai tetangga kita wajib memperlakukan tetangga kita dengan baik. Inilah yang dimaksud sebagai hak dan kewajiban bertetangga menurut Imam Ghazali.

Dari hadis-hadis serta penjelasan ulama yang telah disebutkan di atas, dapat kita simpulkan bahwa serendah-rendahnya menunaikan hak tetangga adalah dengan berbuat baik dan tidak menyakitinya. Tidak ada perbedaan, baik itu kepada muslim ataupun non muslim. Wallahu’alam.

 

Rekomendasi

memberi daging kurban nonmuslim memberi daging kurban nonmuslim

Hukum Memberikan Daging Kurban untuk Nonmuslim

tiga nasihat penyelamat hidup tiga nasihat penyelamat hidup

Tips Agar Istiqamah dalam Ketaatan dari Syekh Nawawi al-Bantani

shalat peribadatan non muslim shalat peribadatan non muslim

Hukum Shalat di Tempat Peribadatan Non Muslim Menurut Mazhab Hanbali

Hukum Menghadiri Undangan Natal Hukum Menghadiri Undangan Natal

Hukum Menghadiri Undangan Natal yang Diadakan di Tempat Kerja

Ditulis oleh

Sarjana Studi Islam dan Peneliti el-Bukhari Institute

Komentari

Komentari

Terbaru

Metode Nabi Muhammad Metode Nabi Muhammad

Tiga Langkah Membina Generasi Berkualitas bagi Perempuan Karir

Keluarga

Tiga Hal Ini Perlu Ditekankan agar Pernikahan Menjadi Sakinah

Keluarga

makmum fardhu orang sunnah makmum fardhu orang sunnah

Hukum Menjadi Makmum Shalat Fardhu kepada Orang yang Shalat Sunnah

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

panduan melaksanakan puasa syawal panduan melaksanakan puasa syawal

Panduan Melaksanakan Puasa Syawal

Ibadah

beberapa ibadah bulan syawal beberapa ibadah bulan syawal

Berikut Beberapa Ibadah yang Bisa Dilakukan di Bulan Syawal

Ibadah

kartini sikap kritis beragama kartini sikap kritis beragama

Raden Ajeng Kartini dan Sikap Kritis dalam Beragama

Khazanah

jiwa kartini setiap perempuan jiwa kartini setiap perempuan

Jiwa Kartini Ada di Setiap Diri Perempuan

Muslimah Talk

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

Connect