Ikuti Kami

Muslimah Daily

Kuliah di UIN Jakarta? Ini Lima Hal yang Bikin Kangen

Kuliah di Sekitar Ciputat? Ini Lima Hal yang Bikin Kalian Kangen Ciputat

BincangMuslimah.Com – Tanah rantau tentu memiliki kesan tersendiri bagi para perantaunya, tak terkecuali Ciputat yang menjadi salah satu tempat pilihan para pendatang dari berbagai daerah. Seperti perantau yang memilih mencari ilmu dan kuliah di UIN Jakarta, dan kampus-kampus lain di sekitarnya seperti IIQ, PTIQ dan UMJ.

So, mendefinisikan Ciputat rasanya tak cukup hanya dengan kata-kata. Ada 5 hal yang bakal bikin kalian kangen  Ciputat;

Pertama, Situ Gintung. Anak ciputat? Siapa sih yang gak tau salah satu icon Ciputat ini. Situ yang pernah jebol pada 27 Maret 2009 dan memporak-porandakan kehidupan di bawahnya ini pasti jadi salah satu hal yang bakal kalian kangenin.

Kebayang kan gimana orang-orang menghabiskan waktunya buat jogging keliling danau buatan ini. Apalagi saat weekend yang jumlah peminatnya makin banyak. Ada yang jogging sendiri, ramai-ramai bareng teman, bareng keluarga, atau pasangan. Pokoknya semuanya ada. Komplit kan!!

Nah, saat malam hari, suasana di Situ Gintung ini makin syahdu. Banyak orang-orang memilih menikmati malam ditemani sinar rembulan dipadu dengan ketenangan air situ. Ditambah ada angkringan yang siap menyelamatkan perut saat keroncongan. Kadang juga lewat para seniman jalanan yang siap memanjakan malam kalian dengan lagu-lagu syahdu. Aduhai indahnya…

Kedua, kajian. Buat kalian yang hobi ikut diskusi atau pun kajian pasti hal ini yang bakal bikin kalian kangenin. Tak terhitung banyak kajian yang digelar di sudut-sudut Ciputat.

Mulai dari diskusi atau kajian yang sifatnya intra kampus maupun ekstra kampus. Semua? Ada!! Banyak komunitas diskusi yang bakal kalian temui baik di lorong-lorong kampus, taman kampus, warkop, angkringan, juga kafe-kafe menengah dan kafe elit sekalipun.

Baca Juga:  Dunia Membutuhkan Sains dan Sains Membutuhkan Perempuan

Hal ini tentu gak mengherankan karena memang kebanyakan perantau yang datang ke Ciputat adalah mereka yang berstatus mahasiswa. Wah kalian para aktivis kajian, ayo mana nih suaranya?

Ketiga, jajanan ekonomis. Nah, yang ini penting banget nih buat noted. Diakui atau enggak tapi jajanan di sekitar Ciputat ini ramah kantong dan sesuai lah dengan kocek mahasiswa. Bagi anak UIN-ers, Fathullah maupun Pesanggrahan pasti menjadi surga jajanan yang murah-meriah.
Siapa sih yang gak tau pintu doraemon UIN yang sekali keluar, langsung disuguhi berbagai macam makanan yang dijamin gak mencekik kantongmu yang isinya mulai mengering. Cukuplah dengan uang Rp 5.000 – Rp 10.000 mengganjal perutmu yang mulai demo.

Lagi, minggu pagi menjadi surga bagi mereka penikmat jajan. Pasar kaget yang biasanya digelar di depan kampus Pascasarjana juga menjadi hal yang gak bakal kamu lupain.

Masih ingatkan gimana sesak dan ramainya orang-orang yang berbondong-bondong ke sini? Ada yang sengaja datang untuk beli jajan saja. Ada yang jajan dan belanja setelah ritual mingguan, semisal jogging ataupun senam. Nah, kalian geng yang mana nih?

Keempat, cendekiawan muslim. Wah berat nih. Buat kalian yang haus dengan ilmu, tentu Ciputat jadi salah satu tempat yang cocok untuk menghilangkan dahaga kalian. Banyak para cendekiawan yang berada di kawasan ini. Seperti ahli tafsir Quraish Shihab, ahli fikih perbandingan mazhab Huzaemah T. Yanggo, ahli hadis (al-marhum) KH. Ali Mustafa Yakub, dan lain sebagainya.

Ini tentunya karena banyaknya kampus yang ada di sekitar Ciputat yang turut mencetak para ilmuwan-ilmuwan muslim khususnya. Banyak pula di antara para cendekiawan tersebut yang mendirikan pesantren khusus mahasiswa.

Baca Juga:  Bahayakah Keputihan yang Abnormal?

Suasana keilmuwan di sini bakal jadi hal yang kalian kangenin karena tak terhitung banyaknya transfer ilmu yang digelar baik lewat pembelajaran formal di kelas, seminar, maupun diskusi dan bincang santai di kafe. So, bersyukur sekali rasanya bisa langsung bertemu dengan orang-orang hebat di sini.

Kelima, macet. Yakin deh walaupun macet itu adalah hal yang menyebalkan tapi tanpa kalian sadari kalian pasti bakal mengenang kemacetan yang kalian nikmati sehari-hari.
Siapa sih yang gak tau gimana macetnya Ciputat? Dari ujung perbatasan dengan Jakarta Selatan di daerah Lebak Bulus, Pondok Ranji, Ciputat, Jombang, drama macet itu udah biasa, gak usah kaget. Iya kan gaes!!

Nah, itu tadi lima hal tentang Ciputat yang bakal kalian kangenin. Tentu masih banyak hal lainnya yang belum disebutin, terlebih buat kalian yang terlalu memiliki kenangan mendalam di Ciputat. Membincang Ciputat tak sekadar tentang kata namun juga tentang rasa dan asa.

Rekomendasi

Ditulis oleh

Tim Redaksi Bincang Muslimah. Penulis adalah alumnus Bahasa dan Sastra Arab UIN Syarif Hidayatullah dan Pondok Pesantren Ilmu Hadis Darus-Sunnah Ciputat

Komentari

Komentari

Terbaru

gigi palsu dicabut wafat gigi palsu dicabut wafat

Haruskah Gigi Palsu Dicabut Setelah Seseorang Wafat?

Kajian

rasulullah terbuka sahabat muda rasulullah terbuka sahabat muda

Kisah Rasulullah yang Terbuka Menerima Pendapat Sahabat Muda

Khazanah

veve zulfikar keturunan rasulullah veve zulfikar keturunan rasulullah

Veve Zulfikar, Pelantun Sholawat dari Kalangan Keturunan Rasulullah

Khazanah

Zakiah Daradjat Ulama Perempuan Zakiah Daradjat Ulama Perempuan

Zakiah Daradjat: Ulama Perempuan Pelopor Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum

Khazanah

keutamaan haji hadis rasulullah keutamaan haji hadis rasulullah

Tujuh Keutamaan Ibadah Haji dalam Hadis Rasulullah

Kajian

sikap rasulullah penderita kusta sikap rasulullah penderita kusta

Marak Diskriminasi pada ODHA, Tiru Sikap Rasulullah terhadap Penderita Kusta

Khazanah

keistimewaan umat nabi muhammad keistimewaan umat nabi muhammad

Delapan Keistimewaan Umat Nabi Muhammad

Kajian

Mencintai Saudara Sesama Muslim Mencintai Saudara Sesama Muslim

Pelajaran dari Kaum Anshar: Mencintai Saudara Sesama Muslim

Khazanah

Trending

Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

Tafsir Al-Baqarah 187: Kiat Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga menurut Islam

Kajian

Empat Karakteristik Kebudayaan Islam yang Dibawa Rasulullah

Kajian

perempuan titik nol arab perempuan titik nol arab

Resensi Novel Perempuan di Titik Nol Karya Nawal el-Saadawi

Diari

Yoga gerakan ibadah hindu Yoga gerakan ibadah hindu

Yoga Dianggap Menyerupai Gerakan Ibadah Hindu, Haramkah Menurut Islam?

Kajian

malaikat melaknat istri menolak malaikat melaknat istri menolak

Benarkah Malaikat Melaknat Istri yang Menolak Ajakan Suami untuk Berhubungan Badan?

Kajian

alasan fatimah julukan az-zahra alasan fatimah julukan az-zahra

Sayyidah Sukainah binti Al-Husain: Cicit Rasulullah, Sang Kritikus Sastra

Kajian

Sayyidah Aisyah Sayyidah Aisyah

Belajar dari Fitnah yang Menimpa Sayyidah Aisyah  

Muslimah Daily

Makna Tawakkal atau Berserah Diri kepada Allah

Ibadah

Connect