Ikuti Kami

Muslimah Daily

Kuliah di UIN Jakarta? Ini Lima Hal yang Bikin Kangen

Kuliah di Sekitar Ciputat? Ini Lima Hal yang Bikin Kalian Kangen Ciputat

BincangMuslimah.Com – Tanah rantau tentu memiliki kesan tersendiri bagi para perantaunya, tak terkecuali Ciputat yang menjadi salah satu tempat pilihan para pendatang dari berbagai daerah. Seperti perantau yang memilih mencari ilmu dan kuliah di UIN Jakarta, dan kampus-kampus lain di sekitarnya seperti IIQ, PTIQ dan UMJ.

So, mendefinisikan Ciputat rasanya tak cukup hanya dengan kata-kata. Ada 5 hal yang bakal bikin kalian kangenĀ  Ciputat;

Pertama, Situ Gintung. Anak ciputat? Siapa sih yang gak tau salah satu icon Ciputat ini. Situ yang pernah jebol pada 27 Maret 2009 dan memporak-porandakan kehidupan di bawahnya ini pasti jadi salah satu hal yang bakal kalian kangenin.

Kebayang kan gimana orang-orang menghabiskan waktunya buat jogging keliling danau buatan ini. Apalagi saat weekend yang jumlah peminatnya makin banyak. Ada yang jogging sendiri, ramai-ramai bareng teman, bareng keluarga, atau pasangan. Pokoknya semuanya ada. Komplit kan!!

Nah, saat malam hari, suasana di Situ Gintung ini makin syahdu. Banyak orang-orang memilih menikmati malam ditemani sinar rembulan dipadu dengan ketenangan air situ. Ditambah ada angkringan yang siap menyelamatkan perut saat keroncongan. Kadang juga lewat para seniman jalanan yang siap memanjakan malam kalian dengan lagu-lagu syahdu. Aduhai indahnya…

Kedua, kajian. Buat kalian yang hobi ikut diskusi atau pun kajian pasti hal ini yang bakal bikin kalian kangenin. Tak terhitung banyak kajian yang digelar di sudut-sudut Ciputat.

Mulai dari diskusi atau kajian yang sifatnya intra kampus maupun ekstra kampus. Semua? Ada!! Banyak komunitas diskusi yang bakal kalian temui baik di lorong-lorong kampus, taman kampus, warkop, angkringan, juga kafe-kafe menengah dan kafe elit sekalipun.

Baca Juga:  Tafsir Ar-Rum 21 : Arti Sakinah, Mawaddah dan Rahmah dalam Pernikahan

Hal ini tentu gak mengherankan karena memang kebanyakan perantau yang datang ke Ciputat adalah mereka yang berstatus mahasiswa. Wah kalian para aktivis kajian, ayo mana nih suaranya?

Ketiga, jajanan ekonomis. Nah, yang ini penting banget nih buat noted. Diakui atau enggak tapi jajanan di sekitar Ciputat ini ramah kantong dan sesuai lah dengan kocek mahasiswa. Bagi anak UIN-ers, Fathullah maupun Pesanggrahan pasti menjadi surga jajanan yang murah-meriah.
Siapa sih yang gak tau pintu doraemon UIN yang sekali keluar, langsung disuguhi berbagai macam makanan yang dijamin gak mencekik kantongmu yang isinya mulai mengering. Cukuplah dengan uang Rp 5.000 ā€“ Rp 10.000 mengganjal perutmu yang mulai demo.

Lagi, minggu pagi menjadi surga bagi mereka penikmat jajan. Pasar kaget yang biasanya digelar di depan kampus Pascasarjana juga menjadi hal yang gak bakal kamu lupain.

Masih ingatkan gimana sesak dan ramainya orang-orang yang berbondong-bondong ke sini? Ada yang sengaja datang untuk beli jajan saja. Ada yang jajan dan belanja setelah ritual mingguan, semisal jogging ataupun senam. Nah, kalian geng yang mana nih?

Keempat, cendekiawan muslim. Wah berat nih. Buat kalian yang haus dengan ilmu, tentu Ciputat jadi salah satu tempat yang cocok untuk menghilangkan dahaga kalian. Banyak para cendekiawan yang berada di kawasan ini. Seperti ahli tafsir Quraish Shihab, ahli fikih perbandingan mazhab Huzaemah T. Yanggo, ahli hadis (al-marhum) KH. Ali Mustafa Yakub, dan lain sebagainya.

Ini tentunya karena banyaknya kampus yang ada di sekitar Ciputat yang turut mencetak para ilmuwan-ilmuwan muslim khususnya. Banyak pula di antara para cendekiawan tersebut yang mendirikan pesantren khusus mahasiswa.

Baca Juga:  Lakukan Lima Tips Sederhana Ini untuk Memiliki tubuh Langsing

Suasana keilmuwan di sini bakal jadi hal yang kalian kangenin karena tak terhitung banyaknya transfer ilmu yang digelar baik lewat pembelajaran formal di kelas, seminar, maupun diskusi dan bincang santai di kafe. So, bersyukur sekali rasanya bisa langsung bertemu dengan orang-orang hebat di sini.

Kelima, macet. Yakin deh walaupun macet itu adalah hal yang menyebalkan tapi tanpa kalian sadari kalian pasti bakal mengenang kemacetan yang kalian nikmati sehari-hari.
Siapa sih yang gak tau gimana macetnya Ciputat? Dari ujung perbatasan dengan Jakarta Selatan di daerah Lebak Bulus, Pondok Ranji, Ciputat, Jombang, drama macet itu udah biasa, gak usah kaget. Iya kan gaes!!

Nah, itu tadi lima hal tentang Ciputat yang bakal kalian kangenin. Tentu masih banyak hal lainnya yang belum disebutin, terlebih buat kalian yang terlalu memiliki kenangan mendalam di Ciputat. Membincang Ciputat tak sekadar tentang kata namun juga tentang rasa dan asa.

Rekomendasi

Ditulis oleh

Tim Redaksi Bincang Muslimah. Penulis adalah alumnus Bahasa dan Sastra Arab UIN Syarif Hidayatullah dan Pondok Pesantren Ilmu Hadis Darus-Sunnah Ciputat

Komentari

Komentari

Terbaru

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah Agar Terhindar Keburukan

Ibadah

mengqadha puasa orang meninggal mengqadha puasa orang meninggal

Cara Mengqadha Puasa Orang yang Sudah Meninggal

Kajian

Keutamaan Melaksanakan Iā€™tikaf Ramadhan Keutamaan Melaksanakan Iā€™tikaf Ramadhan

Keutamaan Melaksanakan Iā€™tikaf di Bulan Ramadhan

Kajian

doa nuzulul quran diamalkan doa nuzulul quran diamalkan

Doa Nuzulul Quran yang Bisa Diamalkan

Ibadah

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

lupa qunut shalat witir lupa qunut shalat witir

Imam Lupa Qunut Saat Shalat Witir, Wajibkah Sujud Sahwi?

Kajian

keberkahan orang makan sahur keberkahan orang makan sahur

Keberkahan untuk Orang Makan Sahur

Ibadah

kebiasaan shalat tarawih mesir kebiasaan shalat tarawih mesir

Tiga Kebiasaan Shalat Tarawih di Mesir

Kajian

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah Agar Terhindar Keburukan

Ibadah

perempuan tulang punggung keluarga perempuan tulang punggung keluarga

Dua Pahala yang Dijanjikan untuk Perempuan yang Jadi Tulang Punggung Keluarga

Kajian

Benarkah Janin yang Gugur Menjadi Syafaat Bagi Orang Tuanya Kelak?

Kajian

pendarahan sebelum melahirkan nifas pendarahan sebelum melahirkan nifas

Pendarahan Sebelum Melahirkan, Apakah Termasuk Nifas?

Kajian

Dalil Kewajiban Puasa Ramadhan dalam Al-Qur’an dan Hadis

Ibadah

Hijab Menurut Murtadha Muthahhari Hijab Menurut Murtadha Muthahhari

Konsep Hijab Menurut Murtadha Muthahhari

Kajian

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

Zainab Fawwaz Penggerak Pembebasan Zainab Fawwaz Penggerak Pembebasan

Zainab Fawwaz, Penggerak Pembebasan Perempuan Mesir

Khazanah

Connect