Ikuti Kami

Subscribe

Muslimah Daily

Bahayakah Keputihan yang Abnormal?

BincangMuslimah.Com – Keputihan atau yang juga dikenal dengan leukorrhea merupakan lendir yang dihasilkan oleh kelenjar di dalam leher rahim dan dinding vagina secara berkala. Lendir ini merupakan cara alami tubuh dalam mencegah infeksi serta menjaga kebersihan vagina.

Sementara menurut Imam Syafi’i dalam kitab al-Umm menyebutkan bahwa keputihan dalam literatur Islam disebut juga wadi, yaitu cairan putih yang kental yang normalnya keluar karena aktivitas berat yang dilakukan. Keputihan dihukumi najis, karena itu biasanya muslimah yang mengalami masalah keputihan yang abnormal akan memakai pantilener agar mudah membersihkannya ketika bersuci supaya ibadah shalat yang dilakukan sah. (baca; tata cara bersuci bagi muslimah dengan keputihan yang abnormal)

Keputihan yang normal pada umumnya berwarna putih atau bening, bertekstur agak lengket dan licin, serta tidak menimbulkan bau, nyeri, atau gatal. Namun, bila keputihan yang muncul disertai gejala-gejala lain, maka perlu kiranya berhati-hati. Karena bisa jadi ini merupakan tanda dari  keputihan abnormal (patalogis)

Keputihan normal bisa ditangani dengan cara-cara konvensional seperti rajin membersihkan area intim serta menjaga istirahat dan pola makan. Namun jika mengalami keputihan abnormal (patologis) maka butuh cara yang serius. Namanya saja “patologis” mengindikasikan bahwa keputihan ini adalah suatu penyakit. Keputihan patplogis ditandai dengan sekresi vagina berwarna putih pekat, putih kekuningan, putih kehijauan atau putih kelabu dengan tekstur encer atau kental, lengket dan kadang-kadang berbusa, menyebabkan rasa gatal dan mengeluarkan bau yang menyengat. Penyebab keputihan patologis biasanya karena infeksi jamur, bakteri atau protozoa.

Bahaya apa sajakah yang bisa terjadi sebab keputihan abnormal tersebut?

Pertama. Salah satu dampak dari keputihan abnormal adalah mengganggu tingkat kesuburan Anda. Hal tersebut dikarenakan penumpukan bakteri yang merusak sel-sel serta hormon pada area kewanitaan

Kedua. Nyeri berkelanjutan. saat mengalami keputihan abrnomal Anda akan merasakan nyeri pada area kewanitaan, perut, serta pinggul. Hal tersebut dikarenakan telah terjadi infeksi yang cukup serius oleh bakteri atau jamur yang bersarang. Bahkan, yang lebih parah lagi Anda akan merasakan nyeri saat buang air kecil.

Ketiga. Beberapa kasus terjadi hingga seorang wanita kehilangan nyawa akibat keputihan abnormal yang dibiarkan. Sebab, keputihan abnormal bisa memiicu datangnya kanker rahim serta penyakit kelamin berbahaya lainnya. Hal itu terjadi karena cairan infeksi tersebut tersebar ke rongga rahim lalu melebar ke saluran indung telur dan beberapa jaringan lainnya

Organ reproduksi adalah organ berharga yang harus dijaga. Sangat disarankan untuk menerapkan pola hidup sehat. Jadi, sebelum mengalami keputihan patologis, jagalah kebersihannya dengan baik. Namun jika sudah mengalami keputihan abnormal, sebaiknya konsultasi pada dokter.

Rekomendasi

Tata Cara Bersuci bagi Muslimah dengan Keputihan yang Abnormal

Apakah Cairan Keruh yang Berasal dari Vagina Termasuk Darah Haid?

Silmi Adawiya
Ditulis oleh

Penulis adalah kandidat magister pengkajian Islam dalam bidang pendidikan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan aktif di Komunitas Jaringan Gusdurian Depok.

Komentari

Komentari

Terbaru

Ketentuan Malam Pertama Bagi Pengantin Baru Menurut Sunnah Rasulullah

Ibadah

Hukum Memberi Nafkah Terhadap Kerabat

Kajian

Keluarga Islami watak alamiah perempuan Keluarga Islami watak alamiah perempuan

Pentingnya Memahami Watak Alamiah Perempuan dalam Sabda Rasul

Kajian

Antara Islam dan Kebebasan Menurut Syeikh Mutawalli al-Sya’rawi

Kajian

berbuat baik pada perempuan berbuat baik pada perempuan

Hukum-hukum Rujuk dalam Islam

Kajian

Zainab binti Jahsy Mariyah Al-Qibtiyah: Istri Nabi yang Berdarah Romawi Zainab binti Jahsy Mariyah Al-Qibtiyah: Istri Nabi yang Berdarah Romawi

Zainab binti Jahsy, Perempuan yang Dinikahi Nabi Saw atas Wahyu Allah

Kajian

Tidak Datang ke Pernikahan Teman Tidak Datang ke Pernikahan Teman

Hukum Tidak Datang Ketika Diundang ke Pernikahan Teman

Ibadah

melamar perempuan iddah melamar perempuan iddah

Bolehkah Melamar Perempuan Iddah dengan Sindiran?

Kajian

Trending

Tiga Wasiat Terakhir Sayyidah Fatimah Kepada Sang Suami

Keluarga

Toleransi: Perjumpaan Islam dengan Nasrani dan Romawi

Kajian

The Queen’s Gambit: Representasi Diskriminasi pada Perempuan

Muslimah Daily

melamar perempuan iddah melamar perempuan iddah

Ini Lima Hal yang Patut Diketahui Muslimah sebelum Menerima Pinangan

Ibadah

Perempuan dalam Perspektif Tafsir Klasik dan Kontemporer

Kajian

hukum menikah - Pernikahan tanpa pacaran hukum menikah - Pernikahan tanpa pacaran

Tidak Hanya Laki-laki, Perempuan Juga Berhak Memilih Calon Suaminya!

Kajian

Hukum Tayamum bagi Istri yang Dilarang Bersuci Menggunakan Air oleh Suami

Ibadah

Tiga Contoh Perilaku Rendah Hati yang Diajarkan dalam Al-Qur’an

Muslimah Daily

Connect