Ikuti Kami

Keluarga

Belajar Daring di Masa Pandemi, Bukti Pendidik Paling Utama adalah Keluarga

belajar daring
Gettyimages.com

BincangMuslimah.Com – Sudah setengah tahun berlalu sejak pertama kali pandemi covid-19 membatasi banyak hal. Terutama kegiatan belajar-mengajar yang biasanya diadakan di sekolah, terpaksa harus dilakukan di rumah. Belajar dalam jaringan (daring), dengan berbagai tugas harian yang diberikan para pengajarnya.

Banyak dilematika Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) daring, kesulitan bukan hanya dirasakan oleh tenaga pengajar saja, akan tetapi juga dirasakan siswa dan wali siswa yang mendampingi pembelajaran selama belajar di rumah. Belum lagi kendala teknis di luar unsur KBM seperti sinyal, jaringan, kuota, hingga smartphone yang belum tentu dimiliki oleh setiap siswa.

Di masa ini, kita dihadapkan pada kenyataan bahwa pendidikan di Indonesia masih bersifat guru sentris, yaitu guru menjadi pusat dan berperan penting dalam proses transfer ilmu pengetahuan. Kehadiran tenaga pengajar di tengah-tengah para siswa menjadi bagian paling penting dalam proses belajar, sehingga ruang kelas daring tidak bisa menggantikan proses KBM tatap muka.

Kesulitan ini akhirnya menjadikan mayoritas para guru hanya memberikan berbagai macam tugas kepada para siswanya. Namun sayangnya hal tersebut memberatkan siswa bahkan orangtuanya yang belum tentu mampu mendampingi belajar dan mengerjakan tumpukan tugas mata pelajaran anak-anaknya.

Berbagai problematika sekolah daring selalu menjadi bahasan menarik di masa pandemi yang belum bisa diprediksi kapan berakhir ini. Namun kita semua dihadapkan pada kenyataan bahwa sebenarnya pendidikan dan pengajaran paling utama ada dalam keluarga.

Keluarga sebagai unit terkecil di masyarakat berperan penting dalam menentukan kualitas bangsa. Hal ini menjadi catatan penting bagi siapapun. Baik yang sudah atau belum menikah, yang sudah memiliki anak atau pun belum, bahwa membekali diri dengan ilmu pengetahuan dan pengasuhan menjadi prioritas utama yang harus dilakukan sebagai bekal mendidik anak.

Baca Juga:  Berhati-hatilah Melontarkan Kalimat pada Anak, Bisa Jadi Doa

Pendidikan anak tersebut tentu saja dimaksudkan untuk mengembangkan potensi anak yang sangat diperlukan dalam menghadapi tantangan hidup di masa depan. Pendidikan adalah hal terbaik yang dapat diberikan oleh orangtua kepada anaknya. Sebagaimana hadist nabi dalam Kitabul Adab Juz 4 dikatakan bahwa ‘Tiada suatu pemberian pun yang lebih utama dari orangtua kepada anaknya, selain pendidikan yang baik’. (HR. Al-Hakim)

Selain peran orang tua, Negara juga harus melindungi hak anak untuk mendapat pendidikan. Pasal 31 ayat 1 UUD 1945 menyatakan bahwa ‘Setiap warga Negara berhak mendapatkan pendidikan.’Hal tersebut juga sejalan dengan Undang-UndangNomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, pada pasal 9 ayat 1 menyatakan bahwa‘Setiap anak berhak mendapatkan pendidikan dan pengajaran dalam rangka pengembangan pribadinya dan tingkat kecerdasannya sesuai minat bakatnya’.

Dalam ajaran Islam, pendidikan itu sendiri bertujuan untuk terciptanya insan kamil (manusia sempurna). Sempurna tersebut bermakna selalu memegang nilai-nilai Islam dan moral yang baik, memiliki kesehatan jasmani yang baik, bahagia, memiliki kehidupan sosial yang baik, sejahtera, dan keluarga yang harmonis.

Untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut tentu saja sejak awal orangtua dan guru perlu memiliki gambaran yang jelas dan detail tentang pentingnya pendidikan dan cara mendidik yang baik. Oleh karenanya menjadi tugas bersama baik orangtua, tenaga pendidik, maupun Negara menjamin pendidikan anak dengan sebaik-baiknya.

Pendidikan dan pengajaran harus dipahami secara menyeluruh, tidak cukup hanya mentransfer ilmu pengetahuan saja. Pendidikan yang terintegral dan holistic harus benar-benar diciptakan di lingkungan pembelajaran. Di masa KBM daring ini, pembelajaran ilmu pengetahuan secara teori ada baiknya dikurangi agar tidak membebani orangtua siswa yang tidak semuanya menguasai.

Adapun sebaiknya pembelajaran bisa dilakukan dengan praktik langsung dengan menerapkan nilai-nilai inti yang terkandung dalam pengajarannya. Praktik tersebut bisa juga disesuaikan dengan keahlian orangtua siswa masing-masing. Hal ini bertujuan untuk mempermudah proses pembelajaran yang tidak seperti biasanya ini.

Rekomendasi

Cara Mendidik Anak Islam Cara Mendidik Anak Islam

Enam Cara Mendidik Anak dalam Islam

Keterampilan sosial dimiliki anak Keterampilan sosial dimiliki anak

4 Keterampilan Sosial yang Harus Dimiliki Oleh Anak

membayarkan zakat anak tirinya membayarkan zakat anak tirinya

Mengkritik Anak di Depan Umum Adalah Bentuk Kekerasan

Pendidikan akhlak anak Pendidikan akhlak anak

Nilai Pendidikan Akhlak bagi Anak Menurut Syeikh Nawawi al-Bantani

Ditulis oleh

Alumni Pesantren Al-Ishlah Tajug dan Pondok Pesantren Tebuireng Jombang. Bercita-cita menjadi manusia yang muslihah dan menebar manfaat seluas-luasnya sesuai kemampuannya. Saat ini tergabung dalam komunitas Puan Menulis.

Komentari

Komentari

Terbaru

Macam Manusia Imam Al-Ghazali Macam Manusia Imam Al-Ghazali

Empat Macam Manusia Menurut Imam Al-Ghazali

Kajian

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

memelihara semangat setelah ramadhan memelihara semangat setelah ramadhan

Tips Memelihara Semangat Ibadah Setelah Ramadhan

Muslimah Talk

golongan manusia kedudukan terbaik golongan manusia kedudukan terbaik

Golongan Manusia yang Mendapatkan Kedudukan Terbaik di Sisi Allah

Kajian

kisah puasa sayyidah maryam kisah puasa sayyidah maryam

Memetik Hikmah dari Kisah Puasa Sayyidah Maryam dalam Alquran

Khazanah

Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan

Pendapat Para Ulama tentang Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan

Kajian

Makna Pentingnya Zakat Fitrah Makna Pentingnya Zakat Fitrah

Makna dan Pentingnya Zakat Fitrah

Kajian

perempuan haid mengikuti takbiran perempuan haid mengikuti takbiran

Hukum Perempuan Haid Mengikuti Takbiran di Hari Raya

Kajian

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

Niat puasa malam hari Niat puasa malam hari

Mengapa Niat Puasa Boleh Dilakukan sejak Malam Hari?

Ibadah

Connect