Ikuti Kami

Kajian

Konsep Cinta dalam Perspektif Alquran

Konsep Cinta Dalam Alquran
cermati.com

BincangMuslimah.Com – Berbicara tentang cinta, ia tak akan habisnya. Berbagai definisi telah diuraikan, tetapi hakikatnya masih saja membuat orang kebingungan. Para ulama mencoba mendefinisikan secara struktural. Namun jauh sebelum itu, nyatanya konsep cinta sudah termaktub dalam kitab suci Alquran.

Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihya ‘ulum al-Din mengartikan cinta sebagai suatu kecondongan naluri kepada sesuatu yang menyenangkan. Sedangkan di dalam Kamus Istilah Fikih, cinta didefinisikan dengan ruangan tanpa batas dan tanpa cakrawala. Ia harus dibedakan dengan perdamaian. Cinta adalah kebebasan yang tidak satu pun hukum alam mampu mencegahnya. Ia seperti deras air, memburu muara, dan laut adalah tujuan akhir setelah melalui perjalanan panjang.

Manusia adalah satu makhluk Allah yang telah diberi rasa cinta, sehingga manusia mampu menjadikan dirinya makhluk yang saling kasih-mengasihi. Hal tersebut merupakan suatu proses dalam mendekatkan diri kepada-Nya. Inilah tujuan mendasar dari-Nya. Namun, cinta yang berkembang sekarang telah menjerumuskan orang kepada kezaliman. Ini merupakan suatu hal yang tidak diharapkan oleh ajaran Islam.

Islam tidak menafikan adanya perasaan saling mencintai antara manusia karena itu merupakan fitrah manusia. Secara naluriah, seseorang akan mencintai pasangan, keluarga, harta, dan tempat tinggalnya. Akan tetapi, tidak sepatutnya sesuatu yang bersifat duniawi ini lebih dicintai dibandingkan Allah dan Rasul-Nya. Jika manusia lebih mencintai sesuatu yang bersifat duniawi, berarti imannya belum sempurna.

Ibnu Miskawaih dalam buku Menuju Kesempurnaan Akhlak menuliskan bahwa cinta Ilahi akan tumbuh, karena di dalam diri manusia terdapat sifat-sifat ketuhanan. Sifat ketuhanan yang dimaksud ialah sifat yang tidak bercampur dengan unsur-unsur fisika, sehingga ia mampu merasakan kenikmatan rohani yang tidak ada pada kenikmatan jasadi yang sederhana.

Baca Juga:  Apakah Menggunakan Alat Bantu Pernapasan Membatalkan Puasa?

Seorang mukmin yang hakiki ialah orang yang memahami keindahan dan keagungan Allah, mengetahui kasih sayang dan kebaikan Allah. Mukmin sejati juga meyakini sepenuhnya bahwa Allah adalah satu-satunya pemberi nikmat dan anugerah. Dengan kesadaran ruhani seperti inilah seseorang dapat mencintai-Nya.

Rasa cinta kepada Allah dapat dibuktikan dengan menjalankan seluruh aktivitas hanya ditujukan kepada-Nya semata, menaati segala perintah-Nya dengan senang dan bahagia. Namun, jika mendapati kesulitan dalam mencapai ridha-Nya, ia harus selalu tegar dan berlapang dada.

Gambaran atau konsep tentang cinta kepada Allah terdapat di dalam Alquran pada surat Ali-Imran ayat 31:

قُلْ إِن كُنتُمْ تُحِبُّونَ ٱللَّهَ فَٱتَّبِعُونِى يُحْبِبْكُمُ ٱللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ ۗ وَٱللَّهُ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

Artinya: “Katakanlah: ‘Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu’. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Ali-Imran: 31)

Ahmad Musthafa al-Maraghi dalam Tafsir Al-Maraghi menjelaskan bahwa pengertian mengikuti, mengandung keyakinan yang benar dan amal saleh. Kedua hal itu dapat melenyapkan bekas-bekas perbuatan maksiat dan kejelekan dari dalam jiwa. Keduanya pula dapat menghapuskan gelapnya kebatilan dari dalam jiwa dan mengantarkan pada ampunan dan ridha-Nya.

Ayat ini merupakan bantahan kepada orang-orang yang mengaku mencintai Allah setiap saat, sedangkan amal perbuatannya berlawanan dengan ucapan-ucapan itu. Bagaimana mungkin dapat berkumpul pada diri seseorang cinta kepada Allah dan mengabaikan perintah-perintahnya. Siapa yang mencintai Allah, tetapi tidak mengikuti jalan dan petunjuk Rasululllah saw maka pengakuan cinta itu adalah palsu dan dusta. Kemudian, barang siapa yang mencintai Allah dengan penuh ketaatan dan mendekatkan diri dengan mengikuti perintah-Nya maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya.

Orang yang paling bahagia dan yang paling baik keadaannya di akhirat ialah yang paling besar cintanya kepada Allah. Makna akhirat adalah kembali kepada Allah dan meraih kebahagiaan bersua dengan-Nya. Jelaslah bahwa konsekuensi pertama muhabbah (cinta) ialah patuh, setia menuruti perintah yang dicintai, yakni Allah Swt. Kesempurnaan agama ialah dengan kesempurnaan cinta. Kekurangan agama ialah apabila kekurangan cinta kepada-Nya.

Rekomendasi

menolak dijodohkan bahasa cinta menolak dijodohkan bahasa cinta

Lima Bahasa Cinta: Suami Istri Perlu Tahu

menyikapi rasa cinta bijaksana menyikapi rasa cinta bijaksana

Dear Muslimah, Sikapilah Rasa Cinta dengan Bijaksana

ulama besar istrinya wafat ulama besar istrinya wafat

Kisah Cinta Perempuan Cerdas dan Pemuda Takwa

Cemburu Ibnu Qoyyim Al-Jauzi Cemburu Ibnu Qoyyim Al-Jauzi

Makna Cemburu Menurut Ibnu Qoyyim Al-Jauzi

Ditulis oleh

Mahasiswa semester 7 program studi Jurnalistik, UIN Syarif Hidayatullah. Saat ini menjabat sebagai Kepala Divisi Artistik Lembaga Pers Mahasiswa Journo Liberta. Tertarik dengan penulisan, design grafis dan fotografi.

3 Komentar

3 Comments

Komentari

Terbaru

perempuan titik nol arab perempuan titik nol arab

Resensi Novel Perempuan di Titik Nol Karya Nawal el-Saadawi

Diari

Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah

Nyai Khoiriyah Hasyim dan Jejak Perjuangan Emansipasi Perempuan di Mekkah

Kajian

Sekilas tentang Sholihah Wahid Hasyim, Ibunda Gusdur

Kajian

Definisi anak menurut hukum Definisi anak menurut hukum

Definisi Anak Menurut Hukum, Umur Berapa Seorang Anak Dianggap Dewasa?

Kajian

Beauty Previllege terobsesi kecantikan Beauty Previllege terobsesi kecantikan

Beauty Previllege akan Menjadi Masalah Ketika Terobsesi dengan Kecantikan

Diari

Perilaku Rendah Hati alquran Perilaku Rendah Hati alquran

Tiga Contoh Perilaku Rendah Hati yang Diajarkan dalam Alquran

Muslimah Daily

Langkah mengesahkan Pernikahan Siri Langkah mengesahkan Pernikahan Siri

Langkah Hukum Mengesahkan Pernikahan Siri

Kajian

puasa syawal senilai setahun puasa syawal senilai setahun

Alasan Mengapa Puasa Syawal Senilai Puasa Setahun

Kajian

Trending

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

perempuan titik nol arab perempuan titik nol arab

Resensi Novel Perempuan di Titik Nol Karya Nawal el-Saadawi

Diari

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah

Nyai Khoiriyah Hasyim dan Jejak Perjuangan Emansipasi Perempuan di Mekkah

Kajian

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Definisi anak menurut hukum Definisi anak menurut hukum

Definisi Anak Menurut Hukum, Umur Berapa Seorang Anak Dianggap Dewasa?

Kajian

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Connect