Ikuti Kami

Diari

Lima Bahasa Cinta: Suami Istri Perlu Tahu

menolak dijodohkan bahasa cinta
okezone.com

BincangMuslimah.Com – Cinta merupakan bahasan yang tak asing terdengar. Utamanya sejak remaja. Kata “cinta” seolah bagai magnet antar perempuan dan laki-laki yang tak bisa terpisahkan. Setelah menikah, pastinya suami dan istri ingin pernikahannya langgeng sampai akhir hayat. Bahasa cinta sangat perlu digunakan agar semakin harmonis.

Gary Chapman (2010) dalam “The five love languages: The secret to love that lasts” mengonsepkan kebutuhan cinta. Terdapat teori yang disebut lima Bahasa Cinta atau Five Love Languages. Mengapa bahasanini menjadi penting? Menurut Gary Chapman, dalam tubuh manusia ada namanya Love Tank atau tanki cinta. Love Tank ini berperan layaknya baterai telepon seluler. Jadi, bila baterai ini habis maka otomatis baterai ini butuh di-charge.

Analoginya, bila tanki cinta dalam keadaan penuh, maka rasa bahagia hadir, rasa dicintai datang, percaya diri meningkat dan sebagainya. Sebaliknya, jika tanki cinta menurun, maka yang hadir adalah rasa sedih, cepat marah, hingga rasa tidak dihargai oleh pasangan. Bahayanya, jika pasangan dalam keadaan Low Love Battery, kemudian bertemu dengan orang lain yang mampu mengisi kekosongan baterainya. Maka inilah awal bisa terjadinya ketidakharmonisan dalam keluarga.

Hal tersebut dapat dicegah bila suami ataupun istri saling mengetahui bahasa cinta yang mereka inginkan. Maka, sangat perlu mempelajari dasar bahasa cinta pada keluarga. Karena hal tersebut dapat menjadi komunikator kasih sayang yang baik dalam keluarga. Menurut Gary Chapman, manusia mempunyai lima bahasa cinta. Setiap individu cenderung mempunyai dua bahasa cinta. Berikut adalah lima bahasa cinta menurut Gary Chapman. Kalian termasuk yang mana nih?

Pertama, Words of Affirmation (kata pujian)

Saya rasa setiap orang akan suka bila diberi pujian. Terlebih pujian tersebut dari pasangan halalnya. Misal, ketika kamu tersipu malu setiap suami atau istri mengucapkan:

  • Mas gemes sekali sama adek yang memakai kerudung merah
  • Wah, dek, kamu cocok jadi penulis
  • Istriku jago masak, ya!
  • Suamiku ganteng sekali, dan lain sebagainya
Baca Juga:  Refleksi Isra Mi'raj: Nabi Memilih Susu daripada Miras pada Malam Isra'

Berarti bahasa cintamu berupa pujian. Bukan suatu masalah bila kamu memberitahu pasangan bahwa kamu merupakan tipe pemakai bahasa pujian ini.  Pujian, termasuk kata-kata yang menguatkan, tutur kata yang baik, dan bisa memperbaiki hubungan. “Love is kind…we must use kind words”.

Kedua, Quality Time

Ciri jenis bahasa kedua ini adalah selalu ingin menikmati waktu bersama pasangan. Kemana-mana ingin diantar pasangan, senang ditemani atau bahkan suami kamu yang tidak suka jika kamu bepergian sendiri. Berarti kamu atau pasanganmu memiliki kategori bahasa cinta ini. Luangkan waktu, walau hanya 10 menit untuk menikmati quality time. Walau hanya ngobrol 10 menit sambil minum teh. Karena bisa jadi menghabiskan waktu bersama merupakan bentuk cinta terbesar bagi pasanganmu.

Ketiga, Receiving Gifts

Tahaddu Tahabbu, begitulah dalam hadits. Biasanya ini adalah bahasa cinta yang dimiliki kaum hawa. Tapi, tak menutup kemungkinan juga laki-laki suka diberi hadiah. Utamanya saat hari spesialnya. Ciri pasangan yang masuk kategori bahasa cinta ini adalah merasa dicintai saat menerima hadiah dari kamu. Menurut perspektif saya, hadiahnya tidak perlu mahal. Kejutan-kejutan kecil yang diberikan pasangan untukmu dengan tulus sudah cukup membuat bahagia. Terutama di hari spesial. Contoh kejutan-kejutan kecil yaitu: memberi seikat bunga, memberikan tulisan manis atau puisi cinta, membelikan makanan favorit tanpa diminta atau gift surprise lainnya.

Hadiah tidak harus sebuah barang. Ternyata, kehadiran fisik juga merupakan salah satu bentuk hadiah. Kehadiran fisikmu pada saat krisis melanda merupakan hadiah yang paling kuat yang dapat kamu berikan. Jika bahasa pasanganmu adalah menerima hadiah. “Your body becomes the symbol of love’. ‘Remove the Symbol, and the sense of love evaporates”.

Keempat, Act of Services

Bahasa cinta ini artinya memberikan pelayanan. Tapi, bukan berarti menjadi pembantu ya. Jika suami termasuk kategori ini maka istri dapat memberikan perhatian seperti memasak, merapikan tempat tidur, mengantarkan suami ke depan pintu saat mau kerja atau sekedar menawarkan secangkir teh saat udara dingin. Hal tersebut merupakan bentuk pelayanan cinta istri kepada suami yang memiliki kategori bahasa cinta ini. Karena bahasa cinta suami adalah memberikan pelayanan, biasanya suami juga cenderung suka melayani istrinya seperti mengantar jemput istrinya.

Baca Juga:  Tips agar Tidak Cinta Buta Ala Rasulullah

Melakukan sesuatu atau melayani untuk orang lain, juga merupakan salah satu bentuk dari cinta. Mungkin kadang terlihat seperti pertolongan. Dilansir dari channel you tube Rumil Al-Hilya, Dr. Aisah Dahlan mengungkapkan bahwa orang yang commander / koleris cenderung memiliki pelayanan sebagai Bahasa kasih utamanya.

Kelima, Physical Touch

Ciri pasangan yang memiliki bahasa cinta ini adalah merasa dicintai hanya dengan menyentuh tubuhnya, bergandengan tangan, dll.  Dr. Aisah Dahlan menjelaskan bahwa bahasa kasih utamanya adalah sentuhan fisik. Seseorang yang mempunyai bahasa ini, bila dipegang pundaknya atau dibelai rasanya sudah bahagia.

Pada umumnya laki-laki mengira bahwa bahasa sentuhan fisik hanyalah hubungan seks. Kedekatan yang sederhana (berpelukan dll) juga merupakan bahasa sentuhan. Chapman memberi nasehat bagi pasangan yang menggunakan bahasa ini, “tidak boleh memaksa untuk menyentuh pasangan dengan cara sendiri atau waktu sendiri (sesuka hati). Bukan berarti apa yang membuatmu senang juga membuat senang pasanganmu, maka pelajarilah dialek pasanganmu”

Dari manakah bisa melihat bahasa cinta kita?

Kebiasaan yang dilakukan, bisa jadi merupakan cara untuk menyampaikan bahwa itulah bahasa cinta utama kita. Misal ada seseorang yang sering memberi hadiah kepada istrinya. Bisa jadi sebenarnya dia juga ingin diberikan hadiah. Komunikasikanlah bahasa cinta ini dengan pasanganmu. Komunikasi adalah jembatan paling penting. Agar antara suami istri saling mengetahui apa yang diinginkan masing-masing. Utamanya melalui bahasa cinta. Kamu bisa tes secara gratis untuk mengetahui bahasa cintamu dan pasanganmu di website resmi 5 Love Languages. Menarik bukan?.

Rekomendasi

Hannan Lahham: Mufassir Perempuan Ayat Kekerasan

Postpartum Depression Postpartum Depression

Ibu Alami Postpartum Depression, Ini yang Bisa Dilakukan Suami

Ibu rumah tangga Ibu rumah tangga

Ibu Rumah Tangga, Rentan Jadi Manusia Paling Kesepian

Konsep Cinta Dalam Alquran Konsep Cinta Dalam Alquran

Konsep Cinta dalam Perspektif Alquran

Ditulis oleh

Alumni MA Salafiyah Kajen yang menamatkan kuliah di Program Jurusan Fisika Univesitas Diponegoro. Saat ini sedang merintis perpustakaan dan hobi menulis. Pernah menyabet juara 1 lomba puisi nasional dan menjuarai beberapa Lomba Karya Tulis Ilmiah.

Komentari

Komentari

Terbaru

Perilaku Rendah Hati alquran Perilaku Rendah Hati alquran

Tiga Contoh Perilaku Rendah Hati yang Diajarkan dalam Alquran

Muslimah Daily

Langkah mengesahkan Pernikahan Siri Langkah mengesahkan Pernikahan Siri

Langkah Hukum Mengesahkan Pernikahan Siri

Kajian

puasa syawal senilai setahun puasa syawal senilai setahun

Alasan Mengapa Puasa Syawal Senilai Puasa Setahun

Kajian

Metode Nabi Muhammad Metode Nabi Muhammad

Tiga Langkah Membina Generasi Berkualitas bagi Perempuan Karir

Keluarga

Tiga Hal Ini Perlu Ditekankan agar Pernikahan Menjadi Sakinah

Keluarga

makmum fardhu orang sunnah makmum fardhu orang sunnah

Hukum Menjadi Makmum Shalat Fardhu kepada Orang yang Shalat Sunnah

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

panduan melaksanakan puasa syawal panduan melaksanakan puasa syawal

Panduan Melaksanakan Puasa Syawal

Ibadah

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Perilaku Rendah Hati alquran Perilaku Rendah Hati alquran

Tiga Contoh Perilaku Rendah Hati yang Diajarkan dalam Alquran

Muslimah Daily

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

Connect