Ikuti Kami

Kajian

Kita Memang Pendosa, Tapi Pintu Taubat Terus Terbuka

Zikir Pagi dan Petang
Freepik

BincangMuslimah.Com – Sebagai manusia yang Allah ciptakan dengan segala kekurangan dan kelebihan, kita perlu menyadari sepenuhnya bahwa kita adalah manusia yang penuh dosa. 24 jam berlalu setiap hari, tentu ada saja dosa yang dilakukan. Sekalipun ia dosa yang tersirat dalam hati atau pikiran. Kita memang pendosa, tapi bukan berarti Tuhan menutup pintu ampunan bagi hambaNya. Pintu taubat selalu ada bagi siapapun yang mau memohon ampun.

Allah menganugerahi kebaikan dan keburukan pada diri manusia. Tapi Dia juga menganugerahi akal untuk mengendalikan keduanya. Adapun tentang ketentuan perbuatan baik dan buruk yang Allah terangkan dalam surat as-Syams ayat 7-8:

 وَنَفۡسٖ وَمَا سَوَّىٰهَا

  فَأَلۡهَمَهَا فُجُورَهَا وَتَقۡوَىٰهَا

Artinya: dan (demi) jiwa serta penyempurnaannya (ciptaannya) (7) maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya (8)

Dalam tafsir Jami’ al-Bayan fii Tafsir al-Qur`an atau populer dengan Tafsir at-Thabary diterangkan bahwa penciptaan manusia adalah dengan bentuk yang sempurna dan adil. Setiap individu diciptakan oleh Allah dengan bentuk yang sempurna secara fisik dan adil. Dan tentu, kita tak bisa memaknai adil dengan cara pandang manusia yang seringkali mengartikan bahwa adil adalah sama. Sikap adil Allah tentu berbeda dengan sikap adil manusia. Di dalamnya Imam at-Thabary menulis:

وقوله:( وَنَفْسٍ وَمَا سَوَّاهَا ) يعني جلّ ثناؤه بقوله:( وَمَا سَوَّاهَا ) نفسه؛ لأنه هو الذي سوّى النفس وخلقها، فعدّل خلقها، فوضع “ما” موضع “مَنْ” وقد يُحتمل أن يكون معنى ذلك أيضا المصدر، فيكون تأويله: ونفس وتسويَتها، فيكون القسم بالنفس وبتسويتها

Artinya: Allah berfirman: (dan (demi) jiwa serta penyempurnaannya (ciptaannya)), yaitu pada firman Allah yang menyebutkan (serta penyempurnaannya (ciptaannya)) karena Allah adalah zat yang menyempurnkan jiwa dan menciptakannya, Allah juga adil dalam proses penciptaannya. Huruf mim dan alif pada kalam ayat tersebut adalah sebagai pengganti “man” yang terkadang maknanya mengandung masdar, maka jika ditakwil menjadi: dan demi jiwa serta penyempurnannya, lafaz sumpah (yang dimulai sejak ayat pertama) juga disandingkan pada lafaz “nafs” yang berarti jiwa dan penyempurnannya.

Ini menggambarkan bahwa Allah sudah menciptakan manusia dengan sebaik-baik bentuk. Sekalipun ia memiliki bentuk mata, hidung, telinga, tubuh, bahkan kulit yang berbeda. Adapun penjelasan ayat berikutnya, Imam at-Thabary menjelaskan bahwa manusia telah diberi potensi untuk mampu membedakan jalan kebaikan dan keburukan. Beliau menulis:

Baca Juga:  Anjuran Bekerja Keras dalam Islam

وقوله:( فَأَلْهَمَهَا فُجُورَهَا وَتَقْوَاهَا ) يقول تعالى ذكره: فبين لها ما ينبغي لها أن تأتي أو تذر من خير، أو شرّ أو طاعة، أو معصية

Dan firmanNya: (maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya), maksudnya adalah Allah telah menerangkan kepada jiwa itu, manusia itu, akan jalan yang mana yang harus ia tempuh berupa kebaikan atau keburukan, berupa ketaatan atau maksiat.

Berdasarkan keterangan tersebut tentu kita bisa meyakini bahwa Allah adalah Tuhan Yang Maha Adil. Lalu Allah menganugerahi akal kepada manusia untuk bisa menentukan langkah yang ia pilih menuju kebaikan atau keburukan. Sebagaimana sebuah syiir yang tentang betapa beruntungnya nafsu yang dikuaia oleh akal:

طوبى لمن كان عقله أميرا  وهواه أسيرا # وويل لمن كان هواه أميرا وعقله أسيرا

Artinya: Berbahagialah orang yang akalnya menjadi pemimpin sedangkanya nafsuna menjadi tawanan. Dan celakalah bagi yang nafsunya menjadi pempimpin sedangkan akalnya menjadi tawanan.

Tapi bagaimana jika kita terpeleset dalam kesalahan, dan itu dilakukan setiap hari? Mungkinkah kita yang pendosa  ini akan mendapatkan ampunan dari Allah?

Banyak sekali ayat yang menerangkan bahwa Allah adalah Tuhan Yang Maha Pengampun. Bahkan, nenek moyang kita, Adam dan Hawa diterima taubatnya setelah melakukan kesalahan  besar hingga dikeluarkan dari surga. Begitu juga kita yang tentunya tak lepas dari kesalahan yang sengaja maupun tidak. Justru, sikap optimis diampuni adalah sesuatu yang mesti diyakini oleh kita karena itu artinya kita meyakini sifat Maha Pengampun Allah.

Allah pun telah berfirman agar kita tak berputus asa dari rahmatNya, yang berarti tak boleh berkecil hati apakah Allah akan mengampuni atau tidak. Kita juga tak boleh putus harapan dari usaha mencapai tujuan, dalam hal ini mencapai ampunan Allah. Termaktub dalam surat yusuf ayat 87 yang menceritakan pencarian Yusuf dan saudaranya disertai perintah untuk tak boleh putus asa:

Baca Juga:  RUU PKS Resmi Disingkirkan dari Prolegnas 2020, Bagaimana Islam Memandang Pemimpin yang Menyia-nyiakan Umat?

يَٰبَنِيَّ ٱذۡهَبُواْ فَتَحَسَّسُواْ مِن يُوسُفَ وَأَخِيهِ وَلَا تَاْيۡ‍َٔسُواْ مِن رَّوۡحِ ٱللَّهِۖ إِنَّهُۥ لَا يَاْيۡ‍َٔسُ مِن رَّوۡحِ ٱللَّهِ إِلَّا ٱلۡقَوۡمُ ٱلۡكَٰفِرُونَ ٨٧

Artinya: Hai anak-anakku, pergilah kamu, maka carilah berita tentang Yusuf dan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir”

Dalam Tafsir Ibnu Katsir dijelaskan bahwa manusia hendaknya tak putus asa dari harapan kepada Allah, dan tentu salah satunya adalah harapan mendapat ampunan. Sebab, sikap putus asa hanya dimiliki oleh orang-orang yang telah tertutup hatinya. Maka teruslah memohon ampun, setiap hari dengan sungguh, terutama setiap habis melaksanakan shalat. Sebab pertemuan kita yang rutin dengan Tuhan adalah saat shalat.

Bahkan Rasulullah pun bersabda:

الفاجر الراجي رحمة الله تعالى أقرب الى الله تعالى من العابد المقنط

Artinya: Ahli maksiat yang berharap rahmat Allah Swt. lebih dekat dengan-Nya daripada ahli ibadah yang pesimis dari rahmta-Nya (HR. Hakim, dari Ibnu Mas’ud)

Maka janganlah mengeluh saat ibadah karena merasa tak yakin diterima. Jangan juga mengeluh lalu meneruskan berbuat maksiat karena merasa terlanjur terjebak dalam lubang dosa. Tetaplah optimis mendapat ampunan dari Allah. Semoga Allah senantiasa menuntun kita pada jalan yang disertai kebaikan dan tidak membuat kitia sering lalai.

 

 

Rekomendasi

membuat target dalam ibadah membuat target dalam ibadah

Bolehkah Membuat Target dalam Ibadah?

sujud malaikat kepada adam sujud malaikat kepada adam

Rukun, Syarat, Waktu, dan Tata Cara Sujud Syukur

hutang ramadan cara qadhanya hutang ramadan cara qadhanya

Punya Hutang Puasa di Dua Ramadan Sebelumnya, Bagaimana Cara Qadhanya?

Tata Cara Membayar Fidyah Tata Cara Membayar Fidyah

Tata Cara Membayar Fidyah Ramadhan

Ditulis oleh

Sarjana Studi Islam dan Redaktur Bincang Muslimah

Komentari

Komentari

Terbaru

Niat puasa malam hari Niat puasa malam hari

Mengapa Niat Puasa Boleh Dilakukan sejak Malam Hari?

Ibadah

Peran Perempuan Turunnya Alquran Peran Perempuan Turunnya Alquran

Peran Perempuan dalam Peristiwa Turunnya Alquran

Khazanah

suntik vitamin saat puasa suntik vitamin saat puasa

Hukum Suntik Vitamin, Gizi dan Infus saat Puasa?

Kajian

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah Agar Terhindar Keburukan

Ibadah

mengqadha puasa orang meninggal mengqadha puasa orang meninggal

Cara Mengqadha Puasa Orang yang Sudah Meninggal

Kajian

Keutamaan Melaksanakan I’tikaf Ramadhan Keutamaan Melaksanakan I’tikaf Ramadhan

Keutamaan Melaksanakan I’tikaf di Bulan Ramadhan

Kajian

doa nuzulul quran diamalkan doa nuzulul quran diamalkan

Doa Nuzulul Quran yang Bisa Diamalkan

Ibadah

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah Agar Terhindar Keburukan

Ibadah

perempuan tulang punggung keluarga perempuan tulang punggung keluarga

Dua Pahala yang Dijanjikan untuk Perempuan yang Jadi Tulang Punggung Keluarga

Kajian

Dalil Kewajiban Puasa Ramadhan dalam Al-Qur’an dan Hadis

Ibadah

Hijab Menurut Murtadha Muthahhari Hijab Menurut Murtadha Muthahhari

Konsep Hijab Menurut Murtadha Muthahhari

Kajian

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

Zainab Fawwaz Penggerak Pembebasan Zainab Fawwaz Penggerak Pembebasan

Zainab Fawwaz, Penggerak Pembebasan Perempuan Mesir

Khazanah

Mengapa Masih Ada Maksiat di Bulan Ramadhan Padahal Setan Dibelenggu?

Kajian

Kitab Manbaussa'adah bekal pernikahan Kitab Manbaussa'adah bekal pernikahan

Kitab Manbaussaadah: Bekal dan Persiapan Menuju Pernikahan

Keluarga

Connect