Ikuti Kami

Subscribe

Ibadah

Perempuan Shalat di Rumah atau di Masjid, Mana Yang Lebih Baik?

shalat dhuha pembuka rezeki

BincangMuslimah.Com – Masjid adalah tempat ibadah umat muslim. Di dalamnya tidak hanya terjadi kegiatan yang nilainya ritual, tetapi juga sosial. Misal, kegiatan santunan yatim dan piatu, mengkaji ilmu agama, dan perkumpulan majlis ilmu lainnya. Allah menciptakan manusia berjenis kelamin dan laki-laki adalah untuk menyembahNya, keduanya setara sebagai hamba Allah. Maka di manapun tempat beribadah adalah wujud dari upaya keduanya beribadah kepada Allah. Namun hingga kini, masih sering timbul pertanyaan, bagi perempuan shalat di rumah atau di masjid, manakah yang lebih baik?

Mengenai masjid, rasulullah menyebutkan keutamaan masjid sebagai tempat ibadah bagi setiap orang yang beriman, baik laki-laki maupun perempuan:

قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {المَسْجِدُ بَيْتُ كُلِّ مُؤْمِنٍ}

Artinya: Nabi saw. bersabda, “Masjid adalah rumahnya setiap mukmin.”

Hadis ini berasal dari riwayat Imam Abu Nu’aim dari sahabat Salman. Meski memiliki sanad yang dho’if, namun dalam hadis lain dengan konteks yang sama dapat ditemukan hadis yang menjelaskan hal ini. Imam Nawawi al-Bantani menjelaskan bahwa hadis ini bermakna bahwa masjid menjadi tempat bagi setiap muslim, artinya tidak memandang apakah ia laki-laki ataupun perempuan.

Nabi Muhammad Saw. pun pernah bersabda agar tidak melarang perempuan untuk masuk masjid:

حَدَّثَنَا الْحَكَمُ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ أَبِي الرِّجَالِ فَقَالَ أَبِي يَذْكُرُهُ عَنْ أُمِّهِ عَنْ عَائِشَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا تَمْنَعُوا إِمَاءَ اللَّهِ مَسَاجِدَ اللَّهِ وَلْيَخْرُجْنَ تَفِلَاتٍ قَالَتْ عَائِشَةُ وَلَوْ رَأَى حَالَهُنَّ الْيَوْمَ مَنَعَهُنَّ

Artinya: Telah menceritakan kepada kami Al-Hakam Telah menceritakan kepada kami Abdurrahman bin Abi Ar-Rijal berkata; Ayahku menceritakannya dari ibunya dari Aisyah dari Nabi Shallallahu’alaihiwasallam bersabda: “Janganlah kalian melarang wanita pergi ke masjid, dan hendaklah mereka keluar dengan tidak menggunakan wangi-wangian.” Aisyah berkata: “Kalau Nabi melihat keadaan wanita sekarang ini maka beliau tentu melarangnya.” (HR. Ahmad)

Dalam hadis ini, Nabi justru melarang orang-orang untuk mencegah perempuan mendatangi masjid. Memang terdapat nasihat agar tidak bersolek berlebihan bagi perempuan sebab tujuan dari mengunjungi masjid adalah beribadah, baik untuk shalat atau menghadiri majlis ilmu. Kebiasaan ini adalah kebiasaan yang dulu Rasulullah sering lihat di masanya. Seperti yang dikatakan oleh Aisyah, jika Rasulullah melihat kejadian itu (perempuan bersolek berlebihan saat ke masjid) maka Rasulullah tentu melarangnya.

Meski terdapat hadis bahwa tempat yang paling utama untuk beribadah bagi perempuan adalah masjid, tapi bukan berarti masjid menjadi tempat yang tidak mendapat ganjaran bagi perempuan yang mengunjunginya.

عن ابن عمر قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم « لا تمنعوا نساءكم المساجدّ وبيوتُهنَّ خيرٌ لهنَّ

Artinya: Dari Ibnu Umar berkata: Rasulullah Saw bersabda, “janganlah kalian melarang perempuan kalian untuk ke masjid, sedangkan rumah-rumah mereka adalah lebih baik bagi mereka.” (HR. Abu Daud)

Terdapat juga hadis lain yang menyebutkan hal yang sama, bahwa rumah bagi perempuan adalah lebih baik untuk melaksanakan shalat jamaah daripada di masjid:

عن مورق عن أبي الأحوص ، عن عبد الله ، عن النبي صلى الله عليه وسلم قال : « صلاة المرأة في بيتها أفضل من صلاتها في حُجرتها وصلاتها في مُخدعها أفضل من صلاتها في بيتها

Artinya: Dari Mawraq dari Abu al-Ahwash, dari Abdullah, dari Nabi Saw bersabda: shalatnya perempuan di rumahnya lebih baik daripada shalatnya di kamarnya. Shalatanya perempuan di ruang kamarnya (yang lebih privat) lebih baik daripada shalat di rumahnya (di ruangan yang lebih terbuka). (HR. Ibnu Mas’ud)

Apakah Rasulullah hendak membatasi pergerakan dan ibadah perempuan? Bagaimana memahami maksud Rasulullah?

Syekh Muhammad al-Mukhtar al-Shinqiti, salah seorang ulama kontemporer berkebangsaan Arab Saudi mencoba membaca hadis-hadis ini secara kontekstual. Dalam kitab tafsirnya berjudul Adwa` al-Bayan disbeutkan bahwa anjuran untuk shalat berjamaah bagi perempuan di rumah saja karena pada saat itu kondisi masjid hanya memiliki satu pintu. Hingga dikhawatirkan akan timbulnya fitnah (kerusakaan yang mengantarkan pada zina) dan ikhtilath (percampuran laki dan perempuan). Selain itu, kebiasaan perempuan jahiliyah pada masa itu masih lekat meski Islam telah datang mereduksinya perlahan-lahan.

Maka disebutkan juga dalam riwayat Aisyah, jikalau Rasulullah melihat terjadinya fitnah yang begitu marak di dalam masjid tentu Rasulullah akan melarang perempuan untuk ke masjid:

عن عائشة رضي الله عنها قالت : لو أنَّ رسول الله صلى الله عليه وسلم رأى من النساء ما رأينا ، لمنعهنَّ منَ المسجد كما مَنَعت بنو إسرائيل نساءَها .

Artinya: Dari Aisyah R.A berkata: jika Rasulullah melihat  perempuan-perempuan seperti yang telah ekami lihat (pada masa itu), maka tentu Rasulullah akan melarang perempuan masuk masjid sebagai dilarangnya perempuan pada masa Bani Israil. (HR. Bukhari & Muslim)

Justru pada masa kini, masjid atau yang lebih kecil lagi terdapat mushala, sudah disediakan pintu yang berbeda bagi laki-laki dan perempuan. Tempat wudhu dan kamar mandi yang berbeda, serta diberi batasan berupa tirai. Beberapa hal tersebut justru untuk memberi kesempatan bagi perempuan agar bisa turut hadir di masjid untuk beribadah.

Artinya, di manapun perempuan melakukan shalat baik di masjid maupun di rumah tetaplah dinilai utamanya. Seperti yang juga dikatakan oleh Buya Yahya, salah satu ulama Indonesia sekaligus pimpinan Pesantren al-Bahjah. Keutamaan shalat bagi perempuan di rumah akan berlaku jika rumahnya memang mengantarkan ia pada kekhusyu’an. Bagaimana jika sebaliknya? tentu dipersilakan saja untuk shalat di masjid. Sebab esensi dari shalat adalah mencapai kekhusyu’an dan ridha Allah. Wallahu a’lam bisshowab.

 

Rekomendasi

islam kenyamanan perempuan pendapat islam kenyamanan perempuan pendapat

Islam Menyediakan Kenyamanan pada Perempuan untuk Mengemukakan Pendapat

shalat kursi roda tongkat shalat kursi roda tongkat

Tata Cara Shalat Penyandang Disabilitas yang Menggunakan Kursi Roda atau Tongkat

perempuan mel shalat jenazah perempuan mel shalat jenazah

Perempuan Melakukan Shalat Jenazah, Benarkah Tidak Boleh?

perempuan berdua sopir taksi perempuan berdua sopir taksi

Perempuan hanya Berdua dengan Sopir Taksi, Apakah Disebut Khalwat?

Zahrotun Nafisah
Ditulis oleh

Sarjana Studi Islam dan Redaktur Bincang Muslimah

Komentari

Komentari

Terbaru

mandi jumat sunnah shalat mandi jumat sunnah shalat

Apakah Mandi Hari Jumat Hanya Sunnah untuk yang Melaksanakan Shalat Jumat?

Kajian

Pengakuan Korban Kekerasan Seksual Diakui dalam Islam

Video

anjuran healing dalam islam anjuran healing dalam islam

Anjuran Healing dalam Islam

Kajian

alquran tidak satu Qirâat alquran tidak satu Qirâat

Mengapa Alquran Tidak Cukup dengan Satu Qirâât?

Khazanah

al-Mulk anjuran untuk merantau al-Mulk anjuran untuk merantau

Tafsir al-Mulk ayat 15; Anjuran untuk Merantau

Kajian

islam memberi ruang istri islam memberi ruang istri

Islam Memberikan Ruang pada Istri untuk Bersuara dan Bersikap

Keluarga

peran perempuan domestik islam peran perempuan domestik islam

Peran Perempuan di Ranah Domestik Bernilai dalam Islam

Muslimah Talk

pemerkosa UMY laporkan balik pemerkosa UMY laporkan balik

Pemerkosa Mahasiswi UMY Malah Laporkan Balik Akun Pembongkar Kasus; Islam Memihak pada Korban

Muslimah Talk

Trending

tuna netra waktu shalat tuna netra waktu shalat

Cara Penyandang Tuna Netra dalam Memperkirakan Waktu Shalat

Ibadah

sufi tasawuf rabi'ah al-adawiyah sufi tasawuf rabi'ah al-adawiyah

Tasawuf Cinta Murni Sufi Rabi’ah al-Adawiyah

Diari

nafkah keluarga ditanggung bersama nafkah keluarga ditanggung bersama

Nafkah Keluarga Boleh Ditanggung Bersama-Sama

Kajian

al-Mulk anjuran untuk merantau al-Mulk anjuran untuk merantau

Haruskah Laki-Laki Memberikan Kursi pada Perempuan di dalam Transportasi Umum?

Muslimah Talk

perempuan korban kekerasan zakat perempuan korban kekerasan zakat

Bisakah Perempuan Korban Kekerasan Menjadi Penerima Zakat?

Kajian

anak berbeda orang tua anak berbeda orang tua

Pandangan Islam Jika Anak Berbeda dengan Keinginan Orang Tua

Keluarga

fenomena adopsi spirit doll fenomena adopsi spirit doll

Fenomena Adopsi Spirit Doll dan Pandangan Islam Terhadapnya

Berita

Pengakuan Korban Kekerasan Seksual Diakui dalam Islam

Video

Connect