Ikuti Kami

Khazanah

Alexandra Avierino: Sastrawan Pemberdaya Perempuan

Alexandra Avierino Sastrawan Pemberdaya

Bincangmuslimah.com – Sastrawan perempuan bernama asli Alexandra Qisthinthin Alkhaury masyhur dengan nama Alexandra Avierino ini lahir di Beirut, Lebanon pada tahun 1872. Saat usianya 10 tahun ia pindah ke Iskandariyah, Mesir lalu belajar di Madrasah Rahibat dan American International School. Alexandra belajar bahasa Prancis dan Italia, dan tentu juga bahasa Arab.

Ketertarikannya pada bahasa negaranya sendiri ia buktikan dengan mempelajarinya dengan detil, tekun, dan ulet. Alexandra Khaury juga mempelajari syair dan prosa hingga mahir di kedua bidang tersebut. Selain sebagai penyair, ia juga dikenal sebagai aktivis sosial hingga namanya harum di kalangan dunia. Namanya harum sebagai Alexandra Avierino, sastrawan pemberdaya perempuan.

Alexandra menikah di usia 16 tahun dengan laki-laki berkebangsaan Itali, Miltiyadi Avierino. Pada masanya, pernikahan di usia muda memang masih marak terjadi. Namun Alexandra beruntung, pernikahannya dengan Avierino tak sampai menghalangi karir dan aktivitasnya. Justru, atas peran suaminya ia bisa berkiprah dan mengabdikan dirinya pada ilmu dan masyarakat. Ia terus menekuni nazam dan syair. Kegemarannya pada sastra Arab ini dianggap sebagai warisan dari ayahnya yang juga merupakan seorang sastrawan.

Jiwa sosialnya tumbuh saat ia hidup di Mesir. Realitas sosial Mesir membuat ia melakukan perubahan nyata. Saat akhirnya memutuskan dirinya terjun menjadi seorang jurnalis, ia melihat bahwa perempuan Arab mengalami pengalaman sosial yang tidak menyenangkan. Mereka terbelakang, tidak mendapatkan akses pendidikan yang setara dengan laki-laki, bahkan mengalami perbudakan. Atas keresahan itulah ia membentuk majalah Aniis al-Jaliis yang bermakna “teman duduk”, maksudnya teman bercerita pada tahun 1898.

Majalah ini melejit, menempati rating tertinggi yang tak pernah ditempati oleh majalah lain sebelumnya. Majalah ini ternyata diterima oleh masyarakat, tidak di kalangan laki-laki, tapi juga perempuan. Sehingga para sastrawan laki-laki dan perempuan di berbagai negara turut membacanya dan mengapresiasinya.

Baca Juga:  Dr. Atiyatul Ulya: Kesadaran Emansipasi Perempuan Tumbuh Sejak Masa Nabi

Tidak hanya itu, ketenarannya dan relasinya dengan negara Prancis juga ia manfaatkan untuk membentuk majalah Lutus di Prancis yang menjadi wadah suara perempuan. Ia mengabarkan kepada publik melalui majalah itu tentang kondisi perempuan Arab pada masa itu.

Kemampuannya diakui oleh banyak ahli, karena pergerakannya dan majalahnya pun tersebar di kalangan internasional sehingga kedudukan Anis al-Jaliis setingkat dengan majalah di Prancis, Karan Mondo di Italia, Madam dan Femina di Inggris, kecuali di Mesir sendiri, Amerika, dan Suria.

Isa Futuh dalam Adiibat ‘Arabiyyat tidak menjelaskan detil alasan itu. Tapi penulis menduga, Amerika dan Suria mengalami permasalahan yang sama. Perempuan-perempuan di sana pun mengalami pengalaman sosial yang sama dengan perempuan-perempuan Mesir.

Selain sebagai founder dan pemimpin redakis dari majalah Anis al-Jaliis ia tetap menekuni bidang sastra. Melakukan penerjemahan terhadap teks-teks novel dan menulis naskah-naskah drama. Terdapat naskah yang ia tulis sampai lima jilid tetapi tak sampai dicetak. Naskah tersebut berjudul Amaanatu asy-Sya’bi.

Alexandra Avierino juga pernah menghadiri konferensi bersama para sastrawan dari berbagai negara di Paris pada tahun 1900. Ia menjadi perwakilan dari negara Mesir. Di sana ia berkenalan dengan ketua konferensi, Fizinoska yang memberikan sanjungan dan apresiasi kepadanya.

Selain minat pada bidang sastra dan menempati posisi tinggi dan berarti di kalangan sastrawan Arab, ia juga menulis di bidang politik. Maka ia serig menulis untuk menuangkan pikirannya dan tanggapannya terhadap isu politik dan menulis di koran al-Mu`ayyad. Sampai akhirnya ia mendirikan media koran bernama Iqdam sebagai bentuk pengabdiannya pada negara. Akan tetapi karir dan majalah-majalah yang ia bentuk tidak berumur lagi akibat pengaruh perang dunia pertama yang memberi dampak bagi seluruh dunia, terutama perempuan.

Baca Juga:  Ummu Salamah; Istri Nabi, Perawi hadis yang Ahli Fiqih

Salim Anhuri, seorang penulis dari Damaskus memujinya melalui tulisan di majalah asy-syata, “Alexandra Avierino adalah satu-satunya perempuan Arab yang unggul dalam sastra, membangkitkan dan memberdayakan orang-orang sekitarnya, bertahun-tahun mengabdi, berani menanggung risiko demi membela perempuan. Ia bergerak di banyak bidang, jurnalis, sastra, dan public speaking.”

Setelah terjadinya perang dunia pertama, ia dibawa oleh anak-anaknya ke Britania dan wafat di London pada tahun 1927 di uisanya yang ke-55. Alexandra Avierino, sastrawan pemberdaya perempuan yang semoga Allah tempatkan di sisi Tuhan.

 

Rekomendasi

walladah penyair terkenal andalusia walladah penyair terkenal andalusia

Walladah binti al-Mustakfi, Penyair Terkenal Masa Kekhalifahan di Andalusia

Citra Perempuan dalam alquran Citra Perempuan dalam alquran

Bagaimana Citra Perempuan Ideal dalam Alquran?

Zainab Fawwaz Penggerak Pembebasan Zainab Fawwaz Penggerak Pembebasan

Zainab Fawwaz, Penggerak Pembebasan Perempuan Mesir

menghilangkan Stigma Negatif Janda menghilangkan Stigma Negatif Janda

Pentingnya Menghilangkan Stigma Negatif terhadap Janda

Ditulis oleh

Sarjana Studi Islam dan Redaktur Bincang Muslimah

Komentari

Komentari

Terbaru

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah Agar Terhindar Keburukan

Ibadah

mengqadha puasa orang meninggal mengqadha puasa orang meninggal

Cara Mengqadha Puasa Orang yang Sudah Meninggal

Kajian

Keutamaan Melaksanakan I’tikaf Ramadhan Keutamaan Melaksanakan I’tikaf Ramadhan

Keutamaan Melaksanakan I’tikaf di Bulan Ramadhan

Kajian

doa nuzulul quran diamalkan doa nuzulul quran diamalkan

Doa Nuzulul Quran yang Bisa Diamalkan

Ibadah

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

lupa qunut shalat witir lupa qunut shalat witir

Imam Lupa Qunut Saat Shalat Witir, Wajibkah Sujud Sahwi?

Kajian

keberkahan orang makan sahur keberkahan orang makan sahur

Keberkahan untuk Orang Makan Sahur

Ibadah

kebiasaan shalat tarawih mesir kebiasaan shalat tarawih mesir

Tiga Kebiasaan Shalat Tarawih di Mesir

Kajian

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah Agar Terhindar Keburukan

Ibadah

perempuan tulang punggung keluarga perempuan tulang punggung keluarga

Dua Pahala yang Dijanjikan untuk Perempuan yang Jadi Tulang Punggung Keluarga

Kajian

Benarkah Janin yang Gugur Menjadi Syafaat Bagi Orang Tuanya Kelak?

Kajian

pendarahan sebelum melahirkan nifas pendarahan sebelum melahirkan nifas

Pendarahan Sebelum Melahirkan, Apakah Termasuk Nifas?

Kajian

Dalil Kewajiban Puasa Ramadhan dalam Al-Qur’an dan Hadis

Ibadah

Hijab Menurut Murtadha Muthahhari Hijab Menurut Murtadha Muthahhari

Konsep Hijab Menurut Murtadha Muthahhari

Kajian

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

Zainab Fawwaz Penggerak Pembebasan Zainab Fawwaz Penggerak Pembebasan

Zainab Fawwaz, Penggerak Pembebasan Perempuan Mesir

Khazanah

Connect