Ikuti Kami

Kajian

Anjuran Islam untuk Saling Menjaga Kenyamanan Pasangan

memilih pasangan baik mendidik
credit: photo from Gettyimages.com

BincangMuslimah.Com – Agar nyaman dan dapat hidup berdampingan dengan orang lain, tentu diperlukan usaha untuk menjaga keharmonisan. Salah satunya mengusung sikap toleransi dan saling menghargai satu sama lain,

Begitu pula dalam berkehidupan rumah tangga. Dalam Islam, sudah semestinya saling menjaga kenyamanan satu sama lain antar pasangan. Tidak perlu hal yang besar, mungkin bisa dimulai dengan menghargai aktivitas yang dipilih. 

Misalnya, ketika istri memutuskan untuk bekerja, setelah adanya komitmen, suami harus menghargai hal tersebut. Di sisi lain, ketika istri memilih untuk totalitas mengurus aktivitas rumah tangga, seperti memasak dan membersihkan rumah, suami juga harus mengakui dan tidak perlu ragu memberikan apresiasi. 

Begitu pula sebaliknya, suami yang mencari nafkah di rumah, perlu diberikan apresiasi dan penghargaan oleh sang istri. Tentunya penghargaan tersebut bisa disesuaikan, tergantung dengan masing-masing pasangan. 

Di sisi lain, dalam hidup berumah tangga, istri dapat menyimpan kekurangan yang dimiliki suami. Misalnya, saat tidur suka mendengkur, cara makan, sendawa dan kebiasaan lainnya.

Sebelumnya perlu ditekankan jika aib adalah perilaku yang menyebabkan rasa malu jika diketahui oleh banyak orang. Berbeda dengan kekerasan yang dilakukan oleh suami. 

Terjadinya pemukulan di dalam rumah tangga bukanlah aib yang harus ditutupi oleh istri. Melainkan sebuah tindak kriminal yang perlu diadukan pada pihak berwajib.

Jika ada salah seorang pihak yang melakukan kesalahan, tentu bisa menggunakan kalimat yang mengenakkan. Memberikan teguran, tanpa kekerasan. Dan yang paling utama adalah membangung komunikasi interaktif agar bisa mengenal satu sama lain. 

Kembali lagi pada pokok pembicaraan mengenai menjaga kenyamanan antar pasangan. Diharapkan selama berumah tangga tidak ada diskriminasi yang didapat. Keduanya saling menjaga, memerhatikan hak dan kewajiban masing-masing. 

Baca Juga:  Dilema Istri Korban KDRT; Bertahan atau Bercerai?

Islam sendiri mengajarkan bagaimana adab seorang suami untuk tidak menganggu ketenangan istri. Satu di antaranya adalah perihal mengentuk pintu di malam hari. Di mana sang istri mungkin sudah tertidur. Hal ini dijelaskan dalam salah satu hadis. َ

عَنْ جَابِرٍ بْن عَبْدِ اللَّهِ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ;اذَا أَطَالَ أَحَدُكُمْ الْغَيْبَةَ فَلاَ يَطْرُقْ أَهْلَهُ لَيْلاً

Artinya: dari Jabir bin Abdillah Ra menuturkan bahwa Rasulullah Saw bersabda ‘jika salah seorang di antara kalian bepergian dalam waktu yang lama, maka janganlah (ketika sudah pulang) mengentuk pintu rumah istrinya pada malam hari ( H.R Imam Bukhari dalam Shahihnya no 5299)

Menurut Faqihuddin Abdul Kodir di dalam bukunya yang berjudul 60 Hadis Shahih menjelaskan jika hadis ini menjelaskan adab tertinggi untuk berbuat sesuatu yang tidak nyaman pada istri. 

Larangan mengetuk pintu dan masuk dalam rumah dalam hal ini sifatnya kontekstual. Kala itu belum ada teknologi seperti berkirim pesan secara cepat dengan chat. Zaman sekarang, tentu bisa disesuaikan dengan memberikan kabar atau informasi pada pasangan. 

Sehingga saat kepulangan nanti, tidak ada yang terganggu atau terbangun dari tidurnya. Terkait hal ini, kata Faqihuddin dibutuhkan komunikasi intensif dan berbagai informasi pada pasangan untuk membangun rasa nyaman tadi. 

Sekali lagi, Faqihuddin menekankan jika hadis di atas menujukkan pentingnya kesalingan dan kerjasama antar suami istri. Suami menjaga perasaan istri dan sebaliknya, istri menjaga perasaan suami. 

Di sisi lain, Faqihuddin pun menyebutkan jika melakukan pendekatan qiyas aulawi atau analogi superlatif, segala sesuatu yang berbentuk kekerasan adalah haram. Termasuk pemukulan. Mengetuk pintu di malam hari sehingga dapat menganggu tidur istri saja dilarang. Apa lagi sampai melakukan kekerasan fisik dan psikis?

Baca Juga:  Bagaimana Mewujudkan Keluarga yang Bahagia dalam Islam?

Oleh karena itu dapat disimpulkan jika menganggu kenyamanan pasangan, bagaimana pun bentuknya harus dijauhi. Maka lakukanlah anjuran Islam dengan perilaku yang menyenangkan dan menjaga kenyamanan antar pasangan. Selain berpahala, dapat merawat kecintaan dn kebahagiaan antara keduanya. 

Rekomendasi

puasa istri dilarang suami puasa istri dilarang suami

Hukum Puasa Seorang Istri yang Dilarang oleh Suami

Etika Seksual Suami Istri dalam Islam Etika Seksual Suami Istri dalam Islam

Etika Seksual Suami Istri dalam Islam

Hannan Lahham: Mufassir Perempuan Ayat Kekerasan

terjebak toxic relationship terjebak toxic relationship

Hindari Toxic Relationship, Agama Tak Larang

Ditulis oleh

Melayu udik yang berniat jadi abadi. Pernah berkuliah di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, jurusan Jurnalistik (2014), aktif di LPM Institut (2017), dan Reporter Watchdoc (2019). Baca juga karya Aisyah lainnya di Wattpad @Desstre dan Blog pribadi https://tulisanaisyahnursyamsi.blogspot.com

2 Komentar

2 Comments

Komentari

Terbaru

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah Agar Terhindar Keburukan

Ibadah

mengqadha puasa orang meninggal mengqadha puasa orang meninggal

Cara Mengqadha Puasa Orang yang Sudah Meninggal

Kajian

Keutamaan Melaksanakan I’tikaf Ramadhan Keutamaan Melaksanakan I’tikaf Ramadhan

Keutamaan Melaksanakan I’tikaf di Bulan Ramadhan

Kajian

doa nuzulul quran diamalkan doa nuzulul quran diamalkan

Doa Nuzulul Quran yang Bisa Diamalkan

Ibadah

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

lupa qunut shalat witir lupa qunut shalat witir

Imam Lupa Qunut Saat Shalat Witir, Wajibkah Sujud Sahwi?

Kajian

keberkahan orang makan sahur keberkahan orang makan sahur

Keberkahan untuk Orang Makan Sahur

Ibadah

kebiasaan shalat tarawih mesir kebiasaan shalat tarawih mesir

Tiga Kebiasaan Shalat Tarawih di Mesir

Kajian

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah Agar Terhindar Keburukan

Ibadah

perempuan tulang punggung keluarga perempuan tulang punggung keluarga

Dua Pahala yang Dijanjikan untuk Perempuan yang Jadi Tulang Punggung Keluarga

Kajian

Benarkah Janin yang Gugur Menjadi Syafaat Bagi Orang Tuanya Kelak?

Kajian

pendarahan sebelum melahirkan nifas pendarahan sebelum melahirkan nifas

Pendarahan Sebelum Melahirkan, Apakah Termasuk Nifas?

Kajian

Dalil Kewajiban Puasa Ramadhan dalam Al-Qur’an dan Hadis

Ibadah

Hijab Menurut Murtadha Muthahhari Hijab Menurut Murtadha Muthahhari

Konsep Hijab Menurut Murtadha Muthahhari

Kajian

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

Zainab Fawwaz Penggerak Pembebasan Zainab Fawwaz Penggerak Pembebasan

Zainab Fawwaz, Penggerak Pembebasan Perempuan Mesir

Khazanah

Connect