Ikuti Kami

Diari

Kisah Pernikahan Nabi Musa dan Putri Nabi Syuaib

menolak dijodohkan bahasa cinta
okezone.com

BincangMuslimah.Com – Lelaki berusia tiga puluh tahunan itu semakin kurus tak terurus. Genap delapan hari sudah ia berjalan tanpa alas kaki dari kota kelahirannya; Mesir menuju kota Madyan. Selama itu ia tak merasakan manisnya kurma atau makanan apapun. Ia hanya mengandalkan sayuran atau dedaunan yang ia temukan di tengah jalan.

Teriknya matahari kota Madyan pun membuatnya semakin tak kuasa membendung rasa hausnya. Beruntung ia segera menemukan sumber air kota itu. Sebuah sumur yang sedang dikerumuni para penggembala untuk memberi minum kambing-kambingnya.

Ketika mengamati area sumur, ia tak sengaja melihat dua wanita tak jauh dari tempat itu sedang menahan kambingnya agar tidak minum air sumur bersama kambing-kambing para penggembala lainnya yang terdiri dari para laki-laki.

“Kenapa kalian tidak mengambil air sumur itu bersama mereka?” Tanya lelaki itu penasaran.

“Kami tidak dapat mengambil air sampai para penggembala pergi. Ayah kami sudah tua. Ia tidak dapat menggembala dan mengambil minum sendiri. Karena itu, kami berlindung di tempat yang engkau lihat ini. Inilah nasib orang yang lemah. Orang kuat dapat minum air yang jernih, sedangkan yang lemah meminum air sisanya.”

Lelaki itu pun merasa iba dan segera membantu mereka mengambilkan air dari sumur lainnya. Namun, sumur itu tertutup batu yang sangat besar. Bahkan hanya bisa diangkat dengan tujuh sampai sepuluh orang laki-laki. Tetapi, lelaki itu mampu mengangkatnya tanpa bantuan siapapun. Padahal, saat itu ia dalam keadaan lelah, lapar, dan luka telapak kakinya.

Setelah mengambilkan air untuk dua wanita tadi, ia pun segera berteduh di bawah naungan pohon untuk mengistirahatkan tubuhnya yang semakin lemas. Lalu, ia bermunajat kepada Tuhannya, “Ya Allah, sungguh aku butuh makanan sedikit atau banyak untuk menghilangkan rasa lapar.”

Baca Juga:  Perempuan yang Menikah Lebih dari Sekali, di Surga Bersama Suami yang Mana?

Sementara itu, dua wanita tadi telah sampai di rumahnya dan menceritakan kejadian yang telah mereka alami kepada ayahnya.

“Undanglah lelaki itu kemari.” Pinta ayahnya kepada putri sulungnya yang bernama Shafura’.

Shafura segera pergi menemui lelaki itu dengan malu-malu sambil menutupi kepala dan wajahnya dengan bajunya.

“Sungguh, ayahku memintamu untuk membalas kebaikanmu kepada kami. Ia juga akan memberimu upah karena telah mengambilkan air untuk kambing kami.” Kata Shafura’ dengan nada yang sopan.

Saat Shafura’ mengatakan “Untuk membalas kebaikanmu.” Wajah lelaki itu terlihat kurang suka.
“Baik.” Jawab lelaki itu tanpa mengangkat kepalanya agar pandangan mereka tak bertemu. Ia mau menerima undangan ayah Shafura’ hanya untuk mengambil keberkahan saja, bukan untuk mencari upah.

“Berjalanlah di belakangku. Lemparkanlah krikil ke jalan yang benar sebagai petunjuknya.” Kata lelaki itu kepada Shafura’ agar ia tak dapat melihatnya. Ia paham keadaan Shafura’ yang malu jika berada di depannya.

Sesampainya di rumah Shafura’. Lelaki itu disambut dengan hidangan makanan. Ia pun menolaknya, “Sungguh kami berasal dari keluarga yang tidak menjual agama dengan dunia. Kami tidak meminta ganti atas amal kebaikan yang telah kami lakukan.”

Ayah Shafura’ yang bernama Syuaib itu pun menjawab, “Ini adalah adat kebiasaan kami dan nenek moyang kami kepada setiap orang yang mengunjungi rumah kami. Orang yang melakukan kebaikan maka ia berhak diberi hadiah dan tidak haram mengambilnya.”

Lelaki itu mulai mengenalkan dirinya kepada Syuaib. Ia bernama Musa yang berasal dari Mesir. Ia pergi ke Madyan dengan berjalan kaki selama delapan hari untuk menghindar dari kejaran Firaun dan kaumnya yang hendak membunuhnya.

Ia memang telah membunuh salah satu kaum Firaun. Namun, hal itu dilakukan dengan tidak sengaja. Ia hanya membantu salah satu kaum Bani Israil dari golongannya yang sedang bertikai dengan kaum Firaun yang bernama Al-Qibthi. Tak disangka, dengan sekali pukulan dari Musa, Al-Qibthi tewas seketika.

Baca Juga:  Sekolah Perempuan, Sebuah Harap dari Kampung Sawah

Kota Madyan dipilih sebagai kota tujuan adalah atas petunjuk dari Allah swt. Nasab antara orang Bani Israil dengan penduduk Madyan masih bersambung. Madyan berasal dari keturunan Nabi Ibrahim a.s., sedangkan Bani Israil dari keturunan Nabi Ya’qub bin Nabi Ishaq bin Nabi Ibrahim a.s.

Musa juga mengisahkan tentang Firaun dan kaumnya yang kufur, sewenang-wenang, dan zalim kepada Bani Israil. “Jangan takut dan tenanglah. Perbaiki dirimu. Sungguh engkau telah selamat dari kekuasaan yang zalim dan engkau telah keluar dari kerajaan mereka. Tidak ada raja seperti mereka di negara kami.” Kata Syuaib menenangkan Musa setelah mendengar kisah-kisahnya yang membuatnya cemas.

Tiba-tiba Shafura’ berkata, “Wahai ayahku, pekerjakanlah ia untuk menggembala kambing ini. Sungguh ia adalah pekerja yang paling baik karena ia kuat untuk menjaga binatang ternak dan mengurusnya. Ia pun dapat dipercaya yang tidak perlu dikhawatirkan akan berbuat khianat.”

“Apa yang kamu tahu tentangnya.” Tanya Syuaib kepada Shafura’ yang sangat yakin Musa seorang yang kuat dan amanah.

“Ia mampu mengangkat batu yang besar ayah. Padahal, batu itu hanya mampu diangkat oleh sepuluh orang laki-laki.”

“Ketika mendatanginya dan mengajaknya ke rumah memenuhi panggilan ayah, aku berada di depannya. Lalu ia berkata kepadaku, “Berjalanlah di belakangku. Jika aku salah jalan, maka lemparkanlah krikil ke jalan yang benar sebagai petunjukku.”

Setelah mendengar penjelasan putrinya itu, ternyata Syuaib tidak hanya akan memperkerjakan Musa. Syuaib memiliki rencana lebih dari itu. Syuaib ingin menikahkan salah satu putrinya dengan pemuda shalih di hadapannya.

“Aku ingin menjadi mertuamu dan menikahkanmu dengan salah satu putriku ini. Pilihlah yang kamu inginkan. Mereka adalah Shafura dan Liya. Maharnya adalah engkau menggembala kambingku selama delapan tahun. Jika kamu rela ditambah dua tahun maka itu hakmu. Jika tidak, maka delapan tahun sudah cukup. Aku tidak akan membebanimu setelah itu. Insya Allah, kamu akan mendapatiku termasuk orang yang baik dan lembut dengan tamu.”

Baca Juga:  Tidak Bisa Mencintai Suami Sepenuh Hati Karena Dijodohkan?

Dengan penuh rasa ta’dzim, Musa pun memilih putri sulung Syuaib; Shafura’ dan memilih menyempurnakan waktu pengabdiannya selama sepuluh tahun sebagai maharnya.

“Allah menjadi saksi atas apa yang kita ucapkan.” Kata Musa

Sepuluh tahun kemudian, Musa kembali ke kota kelahirannya; Mesir. Di tengah perjalanannya, Allah swt. mengutusnya menjadi seorang rasul. Wa Allahu a’lam bis shawab.

[Sumber: Surah Al-Qashah ayat 22-28 dan Kitab At-Tafsir Al-Munir karya Syekh Wahbah Az-Zuhaili juz 20, halaman 79-93, Maktabah Syamilah].

Rekomendasi

Langkah mengesahkan Pernikahan Siri Langkah mengesahkan Pernikahan Siri

Langkah Hukum Mengesahkan Pernikahan Siri

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Hukum Talak Via Online Hukum Talak Via Online

Hukum Talak Via Online, Bagaimana dalam Pandangan Islam?

perempuan memilih calon suaminya perempuan memilih calon suaminya

Tidak Hanya Lelaki, Perempuan Juga Berhak Memilih Calon Suaminya

Ditulis oleh

Redaktur Pelaksana BincangMuslimah.Com, Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Pondok Pesantren Luhur Ilmu Hadis Darus-Sunnah

1 Komentar

1 Comment

Komentari

Terbaru

Pembubaran Ibadah Katolik Pamulang Pembubaran Ibadah Katolik Pamulang

Pembubaran Ibadah Mahasiswa Katolik di Pamulang: Islam Melarang Menyakiti Umat Beda Agama

Kajian

pekerja migran dilarang jilbab pekerja migran dilarang jilbab

Ketika Pekerja Migran Dilarang Majikannya untuk Memakai Jilbab, Apa yang Harus Dilakukan?

Kajian

Menjawab Salam Agama Lain Menjawab Salam Agama Lain

Haruskah Menjawab Salam dari Pemeluk Agama Lain?

Kajian

pewarna karmin halal dikonsumsi pewarna karmin halal dikonsumsi

Apakah Makanan dari Pewarna Karmin Halal Dikonsumsi? Berikut Fatwa para Ulama Dunia

Video

Pembangunan Ibadah Agama Lain Pembangunan Ibadah Agama Lain

Nabi Pernah Memerintahkan Sahabat untuk Membantu Pembangunan Rumah Ibadah Agama Lain

Khazanah

Kenaikan Suhu Udara Ekstrem Kenaikan Suhu Udara Ekstrem

Waspada Dampak Kenaikan Suhu Udara Ekstrem bagi Perempuan

Muslimah Daily

Nyai Nafiqah ulama perempuan Nyai Nafiqah ulama perempuan

Nyai Nafiqah: Sosok Ulama Perempuan dan Istri Kyai Hasyim

Khazanah

fatimah ahli fikih uzbekistan fatimah ahli fikih uzbekistan

Fatimah as-Samarqandi, Sang Ahli Fikih Perempuan dari Uzbekistan

Khazanah

Trending

perempuan titik nol arab perempuan titik nol arab

Resensi Novel Perempuan di Titik Nol Karya Nawal el-Saadawi

Diari

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

Fatimah az zahra rasulullah Fatimah az zahra rasulullah

Sayyidah Sukainah binti Al-Husain: Cicit Rasulullah, Sang Kritikus Sastra

Kajian

Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah

Nyai Khoiriyah Hasyim dan Jejak Perjuangan Emansipasi Perempuan di Mekkah

Kajian

Teungku Fakinah Teungku Fakinah

Zainab binti Jahsy, Istri Rasulullah yang Paling Gemar Bersedekah

Kajian

Definisi anak menurut hukum Definisi anak menurut hukum

Definisi Anak Menurut Hukum, Umur Berapa Seorang Anak Dianggap Dewasa?

Kajian

nama bayi sebelum syukuran nama bayi sebelum syukuran

Hukum Memberi Nama Bayi Sebelum Acara Syukuran

Ibadah

Muslimah Shalat Tanpa Mukena, Sah atau Tidak? Muslimah Shalat Tanpa Mukena, Sah atau Tidak?

Sahkah Muslimah Shalat Tanpa Mukena? Simak Penjelasan Videonya!

Video

Connect