Ikuti Kami

Kajian

Mengapa Ulama Terdahulu Memiliki Hafalan yang Kuat?

ulama memiliki hafalan kuat
Source: Gettyimages.com

BincangMuslimah.Com – Kita mungkin terheran-heran saat membaca kisah-kisah ulama terdahulu yang memiliki hafalan begitu kuat. Bahkan rata-rata, di umur yang masih anak-anak mereka telah menyelesaikan hafalan Alqurannya. Hal yang menjadi pertanyaan adalah apa rahasia dibalik hafalan kuat mereka? Dan mengapa hafalan kuat tersebut sulit untuk kita tiru?

Tulisan ini akan mengulas beberapa hal yang menjadi faktor kuatnya hafalan para ulama terdahulu. Hingga kiranya kita bisa menimbang hal-hal apa saja yang membuat hafalan kita cukup sulit. Mari kita menengok kondisi bangsa Arab 16 abad yang lalu sebelum kedatangan Islam. 

Bangsa Arab hidup di tengah dataran gurun pasir yang teramat panas di musim panas dan teramat dingin di musim dingin. Untuk bisa memenuhi kehidupan sehari-hari mereka harus bekerja sangat keras di tengah cuaca yang berat. Dari kondisi tersebut, terbentuklah watak bangsa Arab yang pekerja keras dan sangat gigih untuk bisa mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan.

Pun salah satu tradisi yang sangat melekat bagi bangsa Arab adalah tradisi bersyair. Hingga kecakapan dan kemasyuran seseorang ditentukan oleh seberapa bagus syair yang dibuat. Oleh karenanya, mereka berlomba-lomba untuk dapat membuat syair yang berkualitas. 

Tentu, hal tersebut bukan hal yang mudah bagi mereka, sebab saat itu tradisi tulis-menulis belum masif. Sehingga untuk bisa belajar membuat syair dari penyair terdahulu, mereka terpaksa harus menghafal. Dengan tabiat kegigihan dan tekad kuat yang mereka miliki, sekalipun sulit, menghafal bukanlah hal yang mustahil bagi mereka. Begitupun demi menyebarkan syairnya, mereka setiap hari membacakannya di tengah-tengah tempat umum untuk bisa dikenal syairnya oleh masyarakat, seperti pasar. Pada akhirnya seluruh proses transfer pengetahuan bangsa Arab dilakukan dengan menghafal.

Baca Juga:  Toleransi: Perjumpaan Islam dengan Nasrani dan Romawi

Bagi mereka, seberapa banyak dan kuat hafalan seseorang menentukan derajat kehormatan seseorang tersebut. Sehingga tiap-tiap orang bangsa Arab sangat membanggakan hafalan yang mereka miliki. Bahkan dalam sebuah riwayat, dikatakan bahwa salah satu alasan mereka enggan menulis adalah sebab kekhawatiran mereka disibukkan oleh menulis dan akhirnya mengesampingkan tradisi menghafal. Rupanya, menghafal sudah menjadi makanan sehari-hari mereka.

Disebutkan dalam kitab al-Hadharah al-Islamiyah oleh Ahmad Zaki, bahwa saking disibukkannya bangsa Arab dengan menghafal, mereka sampai tidak punya cukup waktu untuk menghias diri. Sehingga, pakaian yang mereka pakai cukup satu kain yang mereka lilit ke seluruh badan (izar), atau sepotong gamis, beserta selendang panjang yang dipakai saat musim dingin. Untuk makan pun, mereka cukup dengan memakan buah kurma sehari-harinya.

Tradisi menghafal tersebut kemudian diwarisi bangsa Arab generasi selanjutnya hingga masa-masa pengembangan keilmuan Islam. Tak heran jika di zaman Rasulullah saw. ada sedemikian banyak sahabat yang menghafal Alquran ayat demi ayat, bahkan menghafalkan setiap perkataan Rasulullah saw. 

Proses transfer keilmuan Islam pun akhirnya bertumpu pada hafalan-hafalan ulama. Proses mengajar masih dilakukan secara tradisional, guru menyampaikan dan murid menghafalkan. Baru lah tradisi penulisan dan pembukuan masif di masa Abu Ja’far Al-Mansur Dinasti Abbasiyah di abad 7 Masehi. 

Sekalipun demikian, tradisi menghafal juga tidak semerta-merta hilang di kalangan muslim Arab dan Timur Tengah. Sebagaimana kita tahu, banyak ulama-ulama zaman itu yang sangat masyhur keilmuannya dan mereka sudah menghafal Alquran sebelum menginjak usia sepuluh tahun. Sehingga, di masa remajanya mereka sudah mampu menulis kitab-kitab dari berbagai bidang ilmu keislaman.  

Jika direnungkan, tradisi tersebut alangkah indahnya kalau bisa dilestarikan oleh seluruh umat muslim di berbagai belahan dunia. Sebab menghafal menjadi instrumen penting umat muslim untuk menjaga sumber-sumber primer maupun sekunder ajaran-ajaran Islam. Sekalipun teknologi sudah semakin canggih, kita tidak dapat menjamin bahwa apa-apa yang sudah tertulis akan selalu aman dari berbagai hal. Sehingga hafalan-hafalan di dada umat Islam menjadi satu-satunya tempat teraman. Itulah alasan-alasan mengapa ulama terdahulu memiliki daya hafalan yang kuat.

Baca Juga:  Manuskrip Nusantara; Menelusuri Naskah Tasawuf dari Kesultanan Buton

Sebagai refleksi, mengapa menghafal menjadi hal yang sulit buat kita, penulis ingin melontarkan beberapa pertanyaan. Sudahkah kita memiliki tekad kuat untuk turut andil melestarikan ilmu pengetahuan? Sudahkah kita menjadikan kegiatan menghafal sebagai prioritas laku keseharian kita? Sudahkah kita memaksimalkan proses transfer ilmu saat berguru, sehingga proses menghafal menjadi lebih mudah?

Editor: Zahrotun Nafisah

Rekomendasi

nyai hamdanah sejarah islam nyai hamdanah sejarah islam

Nyai Hamdanah, Tokoh Perempuan yang Turut Andil dalam Sejarah Islam Nusantara

single mom ulama besar single mom ulama besar

Kisah Ibu dari Rabi’ah Ar-Ra’yi, Single Mom yang Didik Anaknya Jadi Ulama Besar

sujud malaikat kepada adam sujud malaikat kepada adam

Memahami Sujud Malaikat kepada Adam

Adab Bercanda Sehat Rasulullah Adab Bercanda Sehat Rasulullah

Adab Bercanda Sehat Ala Rasulullah

Ditulis oleh

Tanzila Feby Nur Aini, mahasiswi Universitas al-Azhar, Kairo di jurusan Akidah dan Filsafat. MediaI sosial yang bisa dihubugi: Instagram @tanzilfeby.

Komentari

Komentari

Terbaru

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa Nabi Muhammad ketika Bangun Tengah Malam untuk Shalat

Ibadah

nama bayi sebelum syukuran nama bayi sebelum syukuran

Hukum Memberi Nama Bayi Sebelum Acara Syukuran

Ibadah

Teungku Fakinah Teungku Fakinah

Zainab binti Jahsy, Istri Rasulullah yang Paling Gemar Bersedekah

Kajian

Fatimah az zahra rasulullah Fatimah az zahra rasulullah

Sayyidah Sukainah binti Al-Husain: Cicit Rasulullah, Sang Kritikus Sastra

Kajian

CariUstadz Dakwah Perspektif Perempuan CariUstadz Dakwah Perspektif Perempuan

Berkolaborasi dengan KUPI, CariUstadz Tingkatkan Dakwah Perspektif Perempuan 

Berita

yukabid perempuan nabi musa yukabid perempuan nabi musa

Yukabid, Sosok Perempuan di balik Kisah Nabi Musa

Khazanah

perempuan titik nol arab perempuan titik nol arab

Resensi Novel Perempuan di Titik Nol Karya Nawal el-Saadawi

Diari

Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah

Nyai Khoiriyah Hasyim dan Jejak Perjuangan Emansipasi Perempuan di Mekkah

Kajian

Trending

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

perempuan titik nol arab perempuan titik nol arab

Resensi Novel Perempuan di Titik Nol Karya Nawal el-Saadawi

Diari

Fatimah az zahra rasulullah Fatimah az zahra rasulullah

Sayyidah Sukainah binti Al-Husain: Cicit Rasulullah, Sang Kritikus Sastra

Kajian

Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah

Nyai Khoiriyah Hasyim dan Jejak Perjuangan Emansipasi Perempuan di Mekkah

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

Teungku Fakinah Teungku Fakinah

Zainab binti Jahsy, Istri Rasulullah yang Paling Gemar Bersedekah

Kajian

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Connect