Ikuti Kami

Kajian

Memahami Sujud Malaikat kepada Adam

sujud malaikat kepada adam
Apakah Hidung Termasuk Anggota Sujud?

BincangMuslimah.Com – Allah Swt. dalam surat Al-Baqarah ayat 34 menceritakan dengan lugas bahwa para malaikat bersujud kepada Adam.

وَإِذْ قُلْنَا لِلْمَلَائِكَةِ اسْجُدُوا لِآدَمَ فَسَجَدُوا إِلَّا إِبْلِيسَ أَبَى وَاسْتَكْبَرَ وَكَانَ مِنَ الْكَافِرِينَ

Artinya: “(Ingatlah) ketika Kami berkata kepada malaikat, ‘Sujudlah kalian kepada Adam,’ maka mereka bersujud kecuali Iblis. Ia enggan dan takabur. Ia termasuk golongan orang-orang yang ingkar.”

Ayat ini menjadi perdebatan panjang di kalangan ulama. Sebagian mempertanyakan, bagaimana bisa malaikat sujud kepada Adam? Padahal sujud hanya diperbolehkan kepada Allah Swt. semata. Sebagian yang lain juga mempertanyakan, apakah sujudnya malaikat itu dengan tujuan menghamba kepada Adam? Sedangkan hanya Allah Swt. Tuhan semesta alam yang berhak untuk disembah.

Di ayat sebelumnya, Allah Swt.  menjelaskan bahwa ia telah memberi kelebihan Adam di atas malaikat berupa ilmu pengetahuan, sebelum kemudian ia memerintahkan malaikat untuk sujud kepada Adam. 

وَعَلَّمَ ءَادَمَ ٱلْأَسْمَآءَ كُلَّهَا ثُمَّ عَرَضَهُمْ عَلَى ٱلْمَلَٰٓئِكَةِ فَقَالَ أَنۢبِـُٔونِى بِأَسْمَآءِ هَٰٓؤُلَآءِ إِن كُنتُمْ صَٰدِقِينَ

Artinya: “Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada para Malaikat lalu berfirman: “Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu memang benar orang-orang yang benar!”

Oleh karena Allah Swt. menyuruh mereka, maka sujudnya malaikat kepada Adam merupakan bentuk ketaatan kepada Allah Swt. dan bukan dalam rangka menyembah Adam. Lain halnya jika malaikat bersujud kepada Adam atas pilihan mereka sendiri. Apalagi dengan tujuan menghamba kepada selain Allah Swt.

Barang siapa beriman kepada Allah Swt. niscaya ia akan mentaati segala perintahnya. Pun siapa saja yang tidak menjalankan perintah Allah Swt, maka dia menjadi hamba yang berdosa. Oleh karena malaikat adalah makhluk yang diciptakan oleh Allah Swt. tanpa hawa nafsu, maka berpaling dari perintah Allah Swt. adalah suatu yang tidak mungkin dilakukan oleh para malaikat. Sehingga menolak perintah Allah Swt. untuk bersujud pada Adam menjadi hal yang mustahil bagi malaikat.

Baca Juga:  Ini 11 Nama Nabi Muhammad Saw yang Harus Kamu Ketahui

Adapun terkait penolakan Iblis untuk sujud kepada Adam, mayoritas ulama kalam menyebut Iblis bukan bagian dari malaikat. Akan tetapi, dia menjadi bagian umat jin yang sangat mungkin untuk berbuat dosa.

Lantas, mengapa Allah Swt. menyuruh malaikat untuk sujud kepada Adam? Imam Al-Syaukani dalam kitabnya Fathul Qadir menafsirkan bahwa, Allah Swt. ingin malaikat memberikan penghormatan kepada Adam. Sama halnya dengan umat muslim yang ketika sholat diwajibkan menghadap Ka’bah. Allah Swt. ingin umat muslim memuliakan bangunan suci Ka’bah, dan bukan berarti menyembahnya.

Mengapa Allah Swt. ingin malaikat memberikan penghormatan kepada Adam?

Oleh Allah Swt. Adam diberi keistimewaan berupa akal. Akal yang kemudian digunakan oleh Adam untuk mengenali ragam ciptaan Allah Swt. Diajarkan langsung oleh Allah Swt, Adam mampu menyebutkan satu persatu nama benda di depan para malaikat.

 قَالَ يَٰٓـَٔادَمُ أَنۢبِئْهُم بِأَسْمَآئِهِمْ ۖ فَلَمَّآ أَنۢبَأَهُم بِأَسْمَآئِهِمْ قَالَ أَلَمْ أَقُل لَّكُمْ إِنِّىٓ أَعْلَمُ غَيْبَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ وَأَعْلَمُ مَا تُبْدُونَ وَمَا كُنتُمْ تَكْتُمُونَ

Artinya: “Allah berfirman: “Hai Adam, beritahukanlah kepada mereka nama-nama benda ini”. Maka setelah diberitahukannya kepada mereka nama-nama benda itu, Allah berfirman: “Bukankah sudah Kukatakan kepadamu, bahwa sesungguhnya Aku mengetahui rahasia langit dan bumi dan mengetahui apa yang kamu lahirkan dan apa yang kamu sembunyikan?”

Peristiwa ini juga menunjukkan betapa Allah Swt. memuliakan makhluk yang berilmu. Di saat malaikat diciptakan dari cahaya, tanpa hawa nafsu, bersih dari segala hal buruk, Allah Swt. justru menghendaki mereka untuk bersujud kepada manusia, makhluk yang tercipta dari tanah dan sangat berpotensi durhaka kepada Allah Swt, namun ia mampu mendayagunakan akal untuk menggali ilmu pengetahuan. 

Anugerah istimewa ini, bukan untuk dibanggakan oleh umat manusia. Justru oleh Allah Swt. kita diamanahi untuk memakmurkan dunia. Kalau memanfaatkannya dengan baik manusia bisa mengungguli malaikat. Maka jika sebaliknya, manusia pun bisa lebih rendah dari hewan sekalipun. 

Baca Juga:  Imlek: Refleksi Peran Tionghoa dalam Menyebarkan Islam di Banten

Oleh karenanya, perlu kita renungkan kembali, apakah kita pantas disebut sebagai keturunan Adam yang dahulu di surga para malaikat bersujud kepadanya? 

 

Rekomendasi

nyai hamdanah sejarah islam nyai hamdanah sejarah islam

Nyai Hamdanah, Tokoh Perempuan yang Turut Andil dalam Sejarah Islam Nusantara

nabi adam mendapat ampunan nabi adam mendapat ampunan

Kisah Nabi Adam yang Mendapat Ampunan pada Bulan Muharram

Adab Bercanda Sehat Rasulullah Adab Bercanda Sehat Rasulullah

Adab Bercanda Sehat Ala Rasulullah

ulama memiliki hafalan kuat ulama memiliki hafalan kuat

Mengapa Ulama Terdahulu Memiliki Hafalan yang Kuat?

Ditulis oleh

Tanzila Feby Nur Aini, mahasiswi Universitas al-Azhar, Kairo di jurusan Akidah dan Filsafat. MediaI sosial yang bisa dihubugi: Instagram @tanzilfeby.

Komentari

Komentari

Terbaru

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

memelihara semangat setelah ramadhan memelihara semangat setelah ramadhan

Tips Memelihara Semangat Ibadah Setelah Ramadhan

Muslimah Talk

golongan manusia kedudukan terbaik golongan manusia kedudukan terbaik

Golongan Manusia yang Mendapatkan Kedudukan Terbaik di Sisi Allah

Kajian

kisah puasa sayyidah maryam kisah puasa sayyidah maryam

Memetik Hikmah dari Kisah Puasa Sayyidah Maryam dalam Alquran

Khazanah

Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan

Pendapat Para Ulama tentang Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan

Kajian

Makna Pentingnya Zakat Fitrah Makna Pentingnya Zakat Fitrah

Makna dan Pentingnya Zakat Fitrah

Kajian

perempuan haid mengikuti takbiran perempuan haid mengikuti takbiran

Hukum Perempuan Haid Mengikuti Takbiran di Hari Raya

Kajian

zakat fitrah anak rantau zakat fitrah anak rantau

Zakat Fitrah bagi Anak Rantau

Kajian

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

Mengapa Masih Ada Maksiat di Bulan Ramadhan Padahal Setan Dibelenggu?

Kajian

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

Connect