Ikuti Kami

Muslimah Daily

Lima Amalan yang Mempercantik Perempuan

Ibu Said Nursi fathimah membersihkan punggung ayah

BincangMuslimah.Com – Cantik itu sesuatu yang indah dipandang. Cantik adalah satu kata yang selalu diidamkan oleh perempuan, sebab perempuan identik dengan kecantikan itu sendiri. Tapi kecantikan itu relatif, tergantung dari segi mana kita memandang. Kecantikan jasmani akan sirna dengan bertambahnya usia, sedang kecantikan rohani atau yang sering disebut inner beauty akan tetap melekat sepanjang hayat.

Islam sendiri merupakan agama yang menyeru pada kecantikan dan keindahan, tidak hanya kecantikan luar tapi juga kecantikan dari dalam. Bahkan dalam Islam dipercaya bahwa kecantikan yang memancar dari dalam dapat menambah aura kecantikan yang tampak dari luar.

Namun usaha untuk mempercantik diri jangan dilakukan dengan berlebihan apalagi dengan cara yang tidak baik. Sebab Islam melindungi dan menghargai harkat dan martabat perempuan. Salah satu ayat-Nya yang perlu direnungi adalah sebagai berikut:

يَا بَنِي آدَمَ خُذُوا زِينَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلا تُسْرِفُوا إِنَّهُ لا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ

“Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah setiap (memasuki) masjid. Makan dan minumlah, tapi janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan”(QS Al A’raf : 26)

Sebagian perempuan memilih mempercantik diri dengan caranya sendiri. Namun tahukah jika perempuan muslimah bisa mempercantik diri dengan melakukan amal shaleh? Berikut adalah amalan dalam Islam yang bisa memancarkan kecantikan perempuan muslimah

Pertama. Wudhu, suatu aktivitas bagi setiap muslim untuk bersuci sebelum beribadah. Selain bermanfaat menyucikan diri, berwudhu juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Wudhu dapat mencerahkan kulit wajah karena kinerja wudhu ini menghilangkan noda yang membandel dalam kulit. Kotoran-kotoran yang menempel pada kulit wajah kita akan senantiasa hilang dan tentunya wajah kita menjadi cerah dan bersih.

Baca Juga:  Sisa Makanan di Sela-sela Gigi Tertelan saat Puasa Ramadhan, Batalkah Puasa?

Menurut Prof. Leopold Wener von Ehrenfels, seorang Psikiater dan Neurology asal Australia menemukan bahwa pusat-pusat syaraf yang paling peka, yaitu sebelah dahi, tangan dan kaki. Pusat-pusat syaraf tersebut paling sensitif terhadap air segar dan semua bagian tubuh tersebut terkena air apabila kita berwudhu. Oleh karena itu wudhu sebelum tidur dapat merilekskan otot-otot, sehingga pikiran menjadi tenang dan istrahat bisa lebih maksimal. Dan ketika bangun pun badan akan terasa lebih segar.

Kedua. Shalat tahajud, salah satu shalat malam yang dikerjakan setelah bangun dari tidur. Shalat ini tidak hanya bernilai sebagai ibadah yang mulia, melainkan juga rahasia kecantikan perempuan muslimah. Bagaimana tidak cantik, barangsiapa banyak mengerjakan shalat tahajud di malam hari, maka wajahnya akan berseri di pagi harinya. Begitulah keterangan dari Rasulullah yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah. Tidak sedikit perempuan muslimah yang membuktkannya, dan hasilnya adalah benar memancarkan wajah yang bercahaya.

Ketiga. Puasa, salah satu cara yang lebih efektif dibandingkan dengan diet. Saat ini banyak sekali program diet yang menawarkan solusi untuk memiliki postur tubuh yang ideal. Namun tidak jarang kegiatan ini justru menimbulkan penyakit. Berbeda dengan puasa, selain bernilai ibadah di sisi Tuhan, puasa sebenarnya menyehatkan. Puasa bisa mengurangi berat badan dan berdampak pula pada kesehatan psikologis, yaitu menenangkan hati. Hal tersebut akan berpengaruh kepada fisik dalam membentuk guratan-guratan wajah yang terlihat teduh dan anggun.

Keempat. Sedekah, merupakan salah satu cara melatih keikhlasan kita untuk berbagi kepada orang lain. Hal ini bisa menghindarkan diri dari kecintaan terhadap dunia. Orang yang mencintai dunia lebih rentan terhadap stress karena banyak memikirkan cara untuk menjaga hartanya. Tingkat stress yang tinggi akan berpengaruh pada wajah. Wajah orang yang stress terlihat ketakutan, berkerut dan lesu, sedangkan orang yang sering bersedekah wajahnya terlihat bahagia dan ceria.

Baca Juga:  Zikir Ketika Angin Kencang

Wajah yang ceria tentu saja akan memberikan aura positif bagi dirinya dan lingkungannya, serta membuat siapapun yang memandangnya merasa nyaman. Dengan demikian, sedekah juga bisa menjadi rahasia kecantiakan perempuan muslimah

Kelima. Zikir, ibadah yang paling mudah dijalankan. Tidak hanya mudah, melainkan juga memiliki manfaat yang teramat besar. Sebagaimana dijelaskan dalam QS Ar Ra’d ayat 28, bahwa barangsiapa yang mengingat Allah (zikir), maka hatinya menjadi tentram. Jika hati tentram tentu aura yang terpancar memiliki energi positif.

Aura tersebut membuat wajah sedap dipandang dan tidak membosankan. Sehingga perempuan-perempuan yang banyak berzikir, akan memiliki wajah yang lebih cantik berseri. Alhasil, berzikir menjadi solusi untuk tampil cantik kapan dan dimana saja.

Rekomendasi

keutamaan sedekah bulan ramadhan keutamaan sedekah bulan ramadhan

Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan

puasa istri dilarang suami puasa istri dilarang suami

Hukum Puasa Seorang Istri yang Dilarang oleh Suami

Keutamaan Bersedekah Bulan Rajab Keutamaan Bersedekah Bulan Rajab

Keutamaan Bersedekah di Bulan Rajab yang Perlu Kamu Ketahui

Tahapan Diwajibkannya Puasa Ramadhan Tahapan Diwajibkannya Puasa Ramadhan

Lafaz Niat Puasa Bulan Rajab

Ditulis oleh

Penulis adalah kandidat magister pengkajian Islam dalam bidang pendidikan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan aktif di Komunitas Jaringan Gusdurian Depok.

7 Komentar

Terbaru

Silaturahmi dalam Momen Lebaran Silaturahmi dalam Momen Lebaran

Menjalin Silaturahmi dalam Momen Lebaran

Kajian

Macam Manusia Imam Al-Ghazali Macam Manusia Imam Al-Ghazali

Empat Macam Manusia Menurut Imam Al-Ghazali

Kajian

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

memelihara semangat setelah ramadhan memelihara semangat setelah ramadhan

Tips Memelihara Semangat Ibadah Setelah Ramadhan

Muslimah Talk

golongan manusia kedudukan terbaik golongan manusia kedudukan terbaik

Golongan Manusia yang Mendapatkan Kedudukan Terbaik di Sisi Allah

Kajian

kisah puasa sayyidah maryam kisah puasa sayyidah maryam

Memetik Hikmah dari Kisah Puasa Sayyidah Maryam dalam Alquran

Khazanah

Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan

Pendapat Para Ulama tentang Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan

Kajian

Makna Pentingnya Zakat Fitrah Makna Pentingnya Zakat Fitrah

Makna dan Pentingnya Zakat Fitrah

Kajian

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

Niat puasa malam hari Niat puasa malam hari

Mengapa Niat Puasa Boleh Dilakukan sejak Malam Hari?

Ibadah

Connect