Ikuti Kami

Subscribe

Muslimah Daily

Lima Amalan yang Mempercantik Perempuan

Lima Amalan yang Mempercantik Perempuan

BincangMuslimah.Com – Cantik itu sesuatu yang indah dipandang. Cantik adalah satu kata yang selalu diidamkan oleh perempuan, sebab perempuan identik dengan kecantikan itu sendiri. Tapi kecantikan itu relatif, tergantung dari segi mana kita memandang. Kecantikan jasmani akan sirna dengan bertambahnya usia, sedang kecantikan rohani atau yang sering disebut inner beauty akan tetap melekat sepanjang hayat.

Islam sendiri merupakan agama yang menyeru pada kecantikan dan keindahan, tidak hanya kecantikan luar tapi juga kecantikan dari dalam. Bahkan dalam Islam dipercaya bahwa kecantikan yang memancar dari dalam dapat menambah aura kecantikan yang tampak dari luar.

Namun usaha untuk mempercantik diri jangan dilakukan dengan berlebihan apalagi dengan cara yang tidak baik. Sebab Islam melindungi dan menghargai harkat dan martabat perempuan. Salah satu ayat-Nya yang perlu direnungi adalah sebagai berikut:

يَا بَنِي آدَمَ خُذُوا زِينَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلا تُسْرِفُوا إِنَّهُ لا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ

“Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah setiap (memasuki) masjid. Makan dan minumlah, tapi janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan”(QS Al A’raf : 26)

Sebagian perempuan memilih mempercantik diri dengan caranya sendiri. Namun tahukah jika perempuan muslimah bisa mempercantik diri dengan melakukan amal shaleh? Berikut adalah amalan dalam Islam yang bisa memancarkan kecantikan perempuan muslimah

Pertama. Wudhu, suatu aktivitas bagi setiap muslim untuk bersuci sebelum beribadah. Selain bermanfaat menyucikan diri, berwudhu juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Wudhu dapat mencerahkan kulit wajah karena kinerja wudhu ini menghilangkan noda yang membandel dalam kulit. Kotoran-kotoran yang menempel pada kulit wajah kita akan senantiasa hilang dan tentunya wajah kita menjadi cerah dan bersih.

Menurut Prof. Leopold Wener von Ehrenfels, seorang Psikiater dan Neurology asal Australia menemukan bahwa pusat-pusat syaraf yang paling peka, yaitu sebelah dahi, tangan dan kaki. Pusat-pusat syaraf tersebut paling sensitif terhadap air segar dan semua bagian tubuh tersebut terkena air apabila kita berwudhu. Oleh karena itu wudhu sebelum tidur dapat merilekskan otot-otot, sehingga pikiran menjadi tenang dan istrahat bisa lebih maksimal. Dan ketika bangun pun badan akan terasa lebih segar.

Kedua. Shalat tahajud, salah satu shalat malam yang dikerjakan setelah bangun dari tidur. Shalat ini tidak hanya bernilai sebagai ibadah yang mulia, melainkan juga rahasia kecantikan perempuan muslimah. Bagaimana tidak cantik, barangsiapa banyak mengerjakan shalat tahajud di malam hari, maka wajahnya akan berseri di pagi harinya. Begitulah keterangan dari Rasulullah yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah. Tidak sedikit perempuan muslimah yang membuktkannya, dan hasilnya adalah benar memancarkan wajah yang bercahaya.

Ketiga. Puasa, salah satu cara yang lebih efektif dibandingkan dengan diet. Saat ini banyak sekali program diet yang menawarkan solusi untuk memiliki postur tubuh yang ideal. Namun tidak jarang kegiatan ini justru menimbulkan penyakit. Berbeda dengan puasa, selain bernilai ibadah di sisi Tuhan, puasa sebenarnya menyehatkan. Puasa bisa mengurangi berat badan dan berdampak pula pada kesehatan psikologis, yaitu menenangkan hati. Hal tersebut akan berpengaruh kepada fisik dalam membentuk guratan-guratan wajah yang terlihat teduh dan anggun.

Keempat. Sedekah, merupakan salah satu cara melatih keikhlasan kita untuk berbagi kepada orang lain. Hal ini bisa menghindarkan diri dari kecintaan terhadap dunia. Orang yang mencintai dunia lebih rentan terhadap stress karena banyak memikirkan cara untuk menjaga hartanya. Tingkat stress yang tinggi akan berpengaruh pada wajah. Wajah orang yang stress terlihat ketakutan, berkerut dan lesu, sedangkan orang yang sering bersedekah wajahnya terlihat bahagia dan ceria.

Wajah yang ceria tentu saja akan memberikan aura positif bagi dirinya dan lingkungannya, serta membuat siapapun yang memandangnya merasa nyaman. Dengan demikian, sedekah juga bisa menjadi rahasia kecantiakan perempuan muslimah

Kelima. Zikir, ibadah yang paling mudah dijalankan. Tidak hanya mudah, melainkan juga memiliki manfaat yang teramat besar. Sebagaimana dijelaskan dalam QS Ar Ra’d ayat 28, bahwa barangsiapa yang mengingat Allah (zikir), maka hatinya menjadi tentram. Jika hati tentram tentu aura yang terpancar memiliki energi positif.

Aura tersebut membuat wajah sedap dipandang dan tidak membosankan. Sehingga perempuan-perempuan yang banyak berzikir, akan memiliki wajah yang lebih cantik berseri. Alhasil, berzikir menjadi solusi untuk tampil cantik kapan dan dimana saja.

Silmi Adawiya
Ditulis oleh

Penulis adalah kandidat magister pengkajian Islam dalam bidang pendidikan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan aktif di Komunitas Jaringan Gusdurian Depok.

1 Komentar

1 Comment

  1. Pingback: Ini Lima Amalan yang Mempercantik Perempuan - Bincang Syariah

Komentari

Trending

Hukum Penetapan Nasab dalam Agama Islam Hukum Penetapan Nasab dalam Agama Islam

Cara Nabi Memuliakan Ibu Asuhnya

Keluarga

Shalat Tanpa Mukena? Perhatikan Lima Prinsip Ini Agar Shalat Tetap Sah

Ibadah

Nikah Siri Sah dalam Islam? Ini Kata Pakar Perbandingan Mazhab Fikih

Keluarga

Asiyah binti Muzahim: Istri Firaun yang Dijamin Masuk Surga Oleh Allah

Muslimah Talk

Mariyah Al-Qibtiyah: Istri Nabi yang Berdarah Romawi Mariyah Al-Qibtiyah: Istri Nabi yang Berdarah Romawi

Mariyah Al-Qibtiyah: Istri Nabi yang Berdarah Romawi

Muslimah Talk

Ini Lima Skincare Aman dan Halal yang Cocok Untuk Para Muslimah

Muslimah Daily

Riwayat Uwais Al-Qarni: Menjadi Penghuni Langit karena Memuliakan Ibu

Keluarga

Cerai daripada poligami Cerai daripada poligami

Tafsir An-Nisa Ayat 128-130: Pilihan Cerai Daripada Poligami?

Kajian

Rekomendasi

© 2019 Bincang Muslimah - All Right Reserved

Connect