Ikuti Kami

Muslimah Daily

10 Tingkatan Cinta Menurut Ibn Qayyim al-Jauziyyah

tingktingkatCiri-ciri Rendah Hati
Source: gettyimages.com

BincangMuslimah.Com– Rasa cinta dan kasih sayang sudah menjadi sebuah fitrah yang Allah berikan kepada setiap hamba-Nya. Cinta yang paling diutamakan ialah cinta kepada Allah Swt. dan Rasul-Nya. Mengenai pembagiannya, Ibn Qayyim al-Jauziyah yang diinformasikan oleh Abdul Mujib telah menjelaskan sepuluh tingkatan dalam cinta. Sepuluh tingkatan ini yaitu:

al-‘Alaqah, yaitu cinta yang memiliki rasa ketergantungan hati kepada kekasih. Orang ini menaruh cinta dengan bergantung pada banyak hal, yaitu berupa hati, jiwa, cita-cita, harapan, hingga masa depannya.

al-Iradah, yaitu cinta karena ada tendensi atau keinginan hati serta menuntut sesuatu kepada sang kekasih. Cinta ini cenderung menuntut pada sang kekasih agar perasaan dan perhatian diberikan kepada pencipta.

al-Shababah, yaitu cinta yang mana hati tercurahkan pada apa yang dicintai, sehingga dirinya tidak dapat mengendalikan hatinya. Hatinya telah cenderung pada satu objek yang menetap sehingga tidak akan berpaling pada objek yang lain.

al-Gharam, yaitu tingkatan cinta yang sudah sangat mantap merasuk ke dalam hati. Pada tingkatan ini, seseorang banyak berkorban, menghabiskan waktunya, dan meluapkan rasa cintanya kepada sang kekasih sehingga tak ada waktu sedikit pun untuk mencintai dirinya sendiri.

al-Widdad, yaitu kemurnian, ketulusan, dan kedalaman cinta. Seseorang yang dipenuhi dengan rasa lapang, tidak akan kosong dan dipengaruhi hal-hal buruk. Widdad juga merupakan salah satu asma Allah yang bermakna dicintai (al-Maudud) dan mencintai (al-Wad).

al-Syaghaf, yakni cinta ini telah sampai di tahap kedalaman hati. Kedalaman hati ini juga biasanya dikenal dengan kasmaran. Hati yang ikhlas menerima dan selalu mencintai.

al-Isyq, yaitu cinta yang mengasyikkan. Seseorang akan asyik bersama orang yang dicintainya dan menghabiskan waktu bersama. Keadaan ini diumpamakan seperti orang yang sedang dimabuk asmara yang terlalu asik bersama hingga tak mengenal waktu. Isyq memiliki arti cinta yang telah mencapai tahap puncak.

Baca Juga:  Ini Empat Online Shop Khusus Muslimah yang Recomended untuk Muslimah Kece Masa Kini

al-Tatayyum, yaitu cinta yang diakibatkan oleh rasa penghambaan. Cinta ini diibaratkan anak kepada orang tuanya, yang mana cintanya dalam bentuk merendahkan diri.

al-Ta’abbud, yakni cinta dimana seseorang (hamba) merasakan bahwa dirinya dimiliki oleh yang dicintai yaitu Allah Swt. Ibnu Taimiyah mengatakan bahwa hakikat penghambaan adalah puncak dari cinta.

al-Khallah, yaitu cinta di mana ruh telah menyatu sehingga tidak ada ruang yang kosong bagi yang lain untuk masuk. Cinta ini hanya dimiliki oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Muhammad, sehingga keduanya disebut al-Khalil. Sebagaimana firman Allah Swt. dalam Qs. an-Nisa:125

وَاتَّخَذَ اللَّهُ إِبْرَاهِيمَ خَلِيلًا

Artinya: “Dan Allah mengambil Ibrahim menjadi kecintaan-Nya”.

Itulah sepuluh tingkatan cinta menurut Ibn Qayyim al-Jauziyyah. Jika kita berasumsi bahwa cinta menjadi sumber kebahagiaan maka kesepuluh peringkat cinta itu benar-benar harus dicapai semaksimal mungkin, Kualitas cinta bukan diperoleh dengan gratis, melainkan dengan pengorbanan bahkan penderitaan. Seseorang boleh mundur satu atau dua langkah untuk menggapai kebahagiaan cinta.

Rekomendasi

menolak dijodohkan bahasa cinta menolak dijodohkan bahasa cinta

Lima Bahasa Cinta: Suami Istri Perlu Tahu

Konsep Cinta Dalam Alquran Konsep Cinta Dalam Alquran

Konsep Cinta dalam Perspektif Alquran

menyikapi rasa cinta bijaksana menyikapi rasa cinta bijaksana

Dear Muslimah, Sikapilah Rasa Cinta dengan Bijaksana

Empat Tips Rezeki Lancar Empat Tips Rezeki Lancar

Empat Tips Rezeki Lancar dari Ibnu Qayyim

Ditulis oleh

Mahasiswi S2 program study Al-Quran dan Hadits di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Komentari

Komentari

Terbaru

Teungku Fakinah Teungku Fakinah

Zainab binti Jahsy, Istri Rasulullah yang Paling Gemar Bersedekah

Kajian

Fatimah az zahra rasulullah Fatimah az zahra rasulullah

Sayyidah Sukainah binti Al-Husain: Cicit Rasulullah, Sang Kritikus Sastra

Kajian

CariUstadz Dakwah Perspektif Perempuan CariUstadz Dakwah Perspektif Perempuan

Berkolaborasi dengan KUPI, CariUstadz Tingkatkan Dakwah Perspektif Perempuan 

Berita

yukabid perempuan nabi musa yukabid perempuan nabi musa

Yukabid, Sosok Perempuan di balik Kisah Nabi Musa

Khazanah

perempuan titik nol arab perempuan titik nol arab

Resensi Novel Perempuan di Titik Nol Karya Nawal el-Saadawi

Diari

Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah

Nyai Khoiriyah Hasyim dan Jejak Perjuangan Emansipasi Perempuan di Mekkah

Kajian

Sekilas tentang Sholihah Wahid Hasyim, Ibunda Gusdur

Kajian

Definisi anak menurut hukum Definisi anak menurut hukum

Definisi Anak Menurut Hukum, Umur Berapa Seorang Anak Dianggap Dewasa?

Kajian

Trending

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

perempuan titik nol arab perempuan titik nol arab

Resensi Novel Perempuan di Titik Nol Karya Nawal el-Saadawi

Diari

Fatimah az zahra rasulullah Fatimah az zahra rasulullah

Sayyidah Sukainah binti Al-Husain: Cicit Rasulullah, Sang Kritikus Sastra

Kajian

Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah

Nyai Khoiriyah Hasyim dan Jejak Perjuangan Emansipasi Perempuan di Mekkah

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

Teungku Fakinah Teungku Fakinah

Zainab binti Jahsy, Istri Rasulullah yang Paling Gemar Bersedekah

Kajian

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Connect