Ikuti Kami

Khazanah

Tiga Metode Merawat Kesehatan Mental dalam Islam

Merawat Kesehatan Mental
gettyimages.com

BincangMuslimah.Com – Islam memiliki konsep tersendiri dan khas mengenai kesehatan mental. Dalam Islam, metode merawat kesehatan mental dibagi menjadi tiga; metode imaniyah, islamiyah, dan ihsaniyah. Berikut penjelasan tentang ketiga metode tersebut.

Metode Imaniyah

Iman secara harfiah berarti rasa aman (al-aman) dan kepercayaan (al-amanah). Orang yang beriman, jiwanya merasa tenang dan sikapnya penuh keyakinan dalam menghadapi masalah hidup. 

Dengan iman, seseorang memiliki tempat bergantung, mengadu, dan memohon saat mengalami kesulitan hidup. Keimanan tidak akan menjadikan seseorang mudah putus asa, meskipun mengalami kegagalan atas usahanya. 

Sesungguhnya orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh ialah sebaik-baik makhluk. Keimanan akan mengarahkan seseorang untuk muhasabah diri. 

Contohnya, ia akan selalu memikirkan apakah yang dilakukannya sudah sesuai dengan hukum-Nya atau belum. Apabila telah sesuai, namun masih mengalami kegagalan, maka ia akan berusaha menemukan hikmah di balik kegagalan tersebut. Boleh jadi Allah Swt. sedang menguji kualitas keimanannya melalui kegagalan ataukah Dia mengasihi hamba-Nya supaya ia tidak sombong atau angkuh ketika mendapat kesuksesan. 

Keimanan memberikan dampak besar bagi seseorang. Terutama membuat manusia percaya diri, meningkatkan kesabaran, kuat menghadapi ujian kehidupan, membangkitkan rasa tenang dan tenteram dalam jiwa, menimbulkan kedamaian hati, dan memberi perasaan bahagia. 

Keimanan kepada Allah selalu dibarengi oleh ketaqwaan kepada-Nya. Taqwa artinya takut melanggar ketentuan Allah, menjaga atau membentengi diri dari bermacam dorongan yang tercela dan perbuatan mungkar, dan menjaga diri dari tingkah laku yang tidak terpuji. 

Seseorang yang menerapkan metode Imaniyah akan memiliki karakter berikut :

Pertama, karakter rabbani, yakni karakter yang mampu mengambil dan mengamalkan sifat-sifat dan nama-nama Allah Swt. ke dalam tingkah laku nyata sebatas pada kemampuan manusiawinya.

Baca Juga:  Ketika Sahabat Perempuan Protes Terhadap Kekerasan

Kedua, karakter malaki, yakni karakter yang mampu mengambil dan mengamalkan sifat-sifat malaikat yang agung dan mulia. Karakter kepribadian malaki terbagi lagi menjadi empat macam, yaitu karakter qur’ani, rasuli, mementingkan hari akhir, dan takdiri. 

Yang dimaksud dengan karakter qur’ani adalah mampu mengambil dan mengamalkan nilai-nilai Alquran dalam tingkah laku nyata. Karakter ini didapat dengan membaca, memahami, dan mengamalkan ajaran yang terkandung di dalam Alquran  dan Sunnah.

Sedangkan karakter rasuli adalah karakter yang mampu mengambil dan mengamalkan sifat-sifat rasul yang mulia. Di antaranya adalah bersikap jujur (al-shiddiq), dapat dipercaya (al-amanah), menyampaikan informasi atau wahyu (al-tabligh), dan cerdas (al-fathanah).

Selain karakter qur’ani dan rasuli, karakter yang berwawasan dan mementingkan hari akhir juga termasuk karakter malaki. Praktik konkrit dari karakter ini adalah dengan melakukan shalat, zakat, dan selalu bertaqwa.

Terakhir, karakter takdiri adalah yakni karakter yang menghendaki adanya penyerahan dan kepatuhan pada hukum, aturan, dan sunnah Allah Swt.

Metode Islamiah

Islam secara bahasa memiliki tiga makna, yaitu penyerahan dan ketundukan (al-silm), perdamaian dan keamanan (al-salm), serta keselamatan (al-salamah). Penerapan metode Islam dapat membentuk kepribadian muslim (syakhshiyah al-muslim) yang mendorong seseorang untuk hidup bersih, suci, dan dapat beradaptasi dalam segala situasi. Kondisi ini merupakan syarat mutlak bagi terciptanya kesehatan mental. 

Berikut beberapa karakter yang akan terbentuk:

Pertama, karakter syahadatain, yakni karakter yang mampu membebaskan diri dari segala belenggu duniawi, seperti; materi dan hawa nafsu.

Kedua, karakter mushalli, yakni karakter yang mampu berkomunikasi dengan Allah (ilahi) dan dengan sesama manusia (insani). Komunikasi ilahiah ditandai dengan takbir, sedangkan komunikasi insaniah ditandai dengan salam. 

Karakter mushalli juga menghendaki kesucian lahir dan batin. Kesucian lahir diwujudkan dalam wudhu, sedangkan kesucian batin diwujudkan dalam bentuk keikhlasan dan kekhusyukan

Baca Juga:  Daily Dose of Sunshine: Gangguan Kesehatan Mental Bukan Aib

Ketiga, karakter muzakki, yakni karakter yang berani mengorbankan hartanya demi kebersihan dan kesucian jiwanya (QS. At-Taubah : 103). Karakter ini menghendaki adanya pencarian harta secara halal dan menyalurkannya dengan cara yang halal pula.

Keempat, karakter sha’im, yakni karakter yang mampu mengendalikan dan menahan nafsu yang rendah dan liar. Contohnya, hubungan seksual pada waktu, dan tempat yang dilarang.

Kelima, karakter hajji, yakni karakter yang rela mengorbankan harta, waktu, bahkan nyawa demi memenuhi panggilan Allah Swt. Karakter ini menghasilkan jiwa yang sederajat, memiliki wawasan yang luas, melawan kebatilan, dan meningkatkan wawasan spiritual.

Metode Ihsaniah

Ihsan secara bahasa artinya baik. Orang yang baik (muhsin) ialah orang yang mengetahui hal-hal baik, mengaplikasikan dengan cara yang baik, dan dilakukan dengan niatan baik pula. Metode ini apabila dilakukan dengan benar akan membentuk kepribadian muhsin (syakhshiyah al-muhsin) yang dapat dijalani melalui beberapa tahapan:
Pertama, tahapan permulaan (al-bidayah). Tahapan ini disebut juga tahapan takhalli artinya mengosongkan diri dari segala sifat-sifat kotor , tercela, dan maksiat.

Kedua, tahapan kesungguhan dalam menempuh kebaikan (al-mujahadat). Pada tahapan ini kepribadian seseorang telah bersih dari sifat tercela dan maksiat. Kemudian ia berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mengisi diri dengan tingkah laku yang terpuji. Tahapan ini disebut juga tahalli artinya upaya mengisi diri dengan sifat-sifat yang baik. 

Ketiga, tahapan merasakan (al-muziqat). Pada tahapan ini, seorang hamba tidak hanya mengerjakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya, namun ia merasakan kenikmatan, kedekatan, kerinduan dengan-Nya. Tahapan ini disebut Tajalli. Tahapan ini bagi para sufi umumnya didahului oleh dua proses, yaitu al-Fana dan Al-Baqa. 

Seseorang apabila mampu menghilangkan wujud jasmaniah dengan cara menghilangkan nafsu liarnya dan tidak terikat oleh materi atau lingkungan sekitar, ia telah berada dalam proses Al-Fana. Kondisi ini kemudian beralih kepada kebaqaan wujud ruhaniyah yang ditandai dengan tetapnya sifat-sifat ketuhanan. 

Baca Juga:  Tips Menjaga Kesehatan Mental Bagi Perempuan

Ketika tahapan tersebut telah dilalui maka muncullah yang disebut dengan al-hal, yakni kondisi spiritual yang telah mencapai kebahagiaan tertinggi yang dicita-citakannya. Kondisi ini merupakan karunia dan rahmat dari Allah.

Itulah metode merawat kesehatan mental dalam Islam. Dapat ditegaskan bahwa iman dan takwa memiliki kaitan yang sangat erat dengan masalah kejiwaan. Iman dan takwa itulah yang disinggung dalam arti psikologi dan kesehatan mental yang sesungguhnya bagi manusia dalam Islam. Relasi agama dengan kesehatan mental dalam Islam adalah sebagai terapi, yang terletak pada sikap penyerahan diri sepenuhnya kepada Allah Swt. Ketenangan jiwa akan diperoleh yang kemudian akan menjadikan hidup manusia seimbang dunia akhirat. 

Rekomendasi

Ruqyah Pemulihan Kesehatan Mental  Ruqyah Pemulihan Kesehatan Mental 

Terapi Ruqyah untuk Pemulihan Kesehatan Mental 

Daily Dose of Sunshine: Daily Dose of Sunshine:

Daily Dose of Sunshine: Gangguan Kesehatan Mental Bukan Aib

Menjaga Kesehatan Mental Perspektif Alquran dan Hadis Menjaga Kesehatan Mental Perspektif Alquran dan Hadis

Menjaga Kesehatan Mental Perspektif Alquran dan Hadis

Ada juga yang memberikan tudingan jika mereka yang mengalami gangguan kesehatan mental merupakan manusia kurang iman, kurang mendekatkan Ada juga yang memberikan tudingan jika mereka yang mengalami gangguan kesehatan mental merupakan manusia kurang iman, kurang mendekatkan

Gangguan Kesehatan Mental Bukan Karena Kurang Iman

Ditulis oleh

Alumni Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Jurusan Aqidah dan Filsafat Islam

3 Komentar

3 Comments

Komentari

Terbaru

Muslimah Shalat Tanpa Mukena, Sah atau Tidak? Muslimah Shalat Tanpa Mukena, Sah atau Tidak?

Sahkah Muslimah Shalat Tanpa Mukena? Simak Penjelasan Videonya!

Video

doa tak kunjung dikabulkan doa tak kunjung dikabulkan

Ngaji al-Hikam: Jika Doa Tak Kunjung Dikabulkan

Kajian

rasulullah melarang ali poligami rasulullah melarang ali poligami

Kala Rasulullah Melarang Ali bin Abi Thalib untuk Poligami

Khazanah

puasa syawal kurang enam puasa syawal kurang enam

Puasa Syawal Tapi Kurang dari Enam Hari, Bagaimana Hukumnya?

Kajian

orang tua beda agama orang tua beda agama

Bagaimana Sikap Kita Jika Orang Tua Beda Agama?

Khazanah

Nyi Hadjar Dewantara pendidikan Nyi Hadjar Dewantara pendidikan

Perjuangan Nyi Hadjar Dewantara dalam Memajukan Pendidikan Indonesia

Khazanah

isu perempuan najwa shihab isu perempuan najwa shihab

Kekerasan, Kesenjangan, dan Krisis Percaya Diri: Isu Penting Perempuan Menurut Najwa Shihab

Kajian

sikap rasulullah masyarakat adat sikap rasulullah masyarakat adat

Meneladani Sikap Rasulullah terhadap Masyarakat Adat

Khazanah

Trending

perempuan titik nol arab perempuan titik nol arab

Resensi Novel Perempuan di Titik Nol Karya Nawal el-Saadawi

Diari

Fatimah az zahra rasulullah Fatimah az zahra rasulullah

Sayyidah Sukainah binti Al-Husain: Cicit Rasulullah, Sang Kritikus Sastra

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah Nyai Khoiriyah Hasyim mekkah

Nyai Khoiriyah Hasyim dan Jejak Perjuangan Emansipasi Perempuan di Mekkah

Kajian

Teungku Fakinah Teungku Fakinah

Zainab binti Jahsy, Istri Rasulullah yang Paling Gemar Bersedekah

Kajian

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Definisi anak menurut hukum Definisi anak menurut hukum

Definisi Anak Menurut Hukum, Umur Berapa Seorang Anak Dianggap Dewasa?

Kajian

nama bayi sebelum syukuran nama bayi sebelum syukuran

Hukum Memberi Nama Bayi Sebelum Acara Syukuran

Ibadah

Connect