Ikuti Kami

Khazanah

Marie Curie, Ahli Sains dari Polandia

Maria curie sains polandia
Credit: Finansialku.com

BincangMuslimah.Com Marie Curie (w. 1943) tercatat sebagai salah satu wanita yang mampu mengangkat derajat wanita-wanita Polandia yang pada waktu itu masih menjadi subordinat kaum laki-laki. Tentunya, hal itu juga tidak terlepas dengan upaya kegigihan dirinya yang terbangun semenjak kecil. Ia juga tercatat sebagai satu-satunya ilmuwan perempuan  yang mendapatkan dua kali hadiah Nobel.

Masa-masa kecil Marie Curie dilaluinya dengan penuh luka dan kesedihan. Ibunya meninggal ketika ia masih berumur sepuluh tahun karena serangan TBC. Sementara ayahnya yang menjabat sebagai guru di Warsawa sudah dipecat karena di tuduh turut serta menyemarakkan semangat nasionalisme rakyat Polandia untuk melawan penjajahan Rusia.

Keadaan semacam itu tidak lantas membuat Marie kecil menyerah pada nasib, ia terus berjuang melawan kehidupan. Semenjak kecil, ia sudah dikenal sebagai anak yang cemerlang. Hal itu terbukti ia pernah memenangkan medali emas di sekolahnya, Russian Lycee. Ia menyelesaikan pendidikannya pada tahun 1883. 

Marie mengajarkan banyak spirit kehidupan kepada kaum wanita Polandia khususnya. Bangunan spirit  dalam menjalani kehidupan dan kegigihan mengejar cita-cita besar dalam kehidupan, layak dijadikan teladan perempuan-perempuan yang bergelut dalam dunia sains. 

Meski demikian, ia juga pernah kehilangan spirit dalam hidup. Hal itu disebabkan oleh dua faktor. Kenangan di Warsa dan keluarga yang ditinggalkannya acap kali datang menganggu konsentrasi belajarnya. Tidak hanya konsentrasi belajar Marie yang terganggu, kuliahnya pun hampir menjadi berantakan.

Hingga pada suatu ketika, ia diminta oleh Prof. Lippman untuk membantunya dengan meneliti sifat magnetik baja. Semua itu banyak membantu Marie mengalihkan perasaan gundah gulana yang bergejolak dalam dirinya. 

Marie mulai mempelajari sifat-sifat magnetis dari berbagai jenis hubungan logam. Untuk laboratoriumnya, Marie ditawari sebuah ruangan kecil, lembab, dan tanpa pemanas. Ia tidak punya uang untuk riset yang dilakukannya. Pada waktu itu, ia bekerja dengan peralatan yang dimilikinya dan bahan-bahan hasil pemberian dari rekan-rekannya. Ia menggunakan elektrometer yang diciptakan oleh suaminya sendiri dan saudaranya, Jacques. 

Baca Juga:  Agung Hajjah Andi Depu, Nasionalis Perempuan dari Mandar

Marie mulai mencari bahan lain yang mengeluarkan emisi, seperti uranium. Ia berhasil menemukan bahwa bahan yang disebut thorium adalah salah satunya. Selian itu, ia juga menemukan bahwa tidak peduli bagaimana uranium dan bahan lain itu diperlukan, mereka selalu mengeluarkan jumlah emisi yang sama. 

Selain itu, ia juga melakukan riset ilmiah. Sejak tahun 1899, Marie mengawali tugas besar menghasilkan radium murni dalam suatu bentuk untuk membuktikan keberadaannya.

Pada tahun 1902, Marie mulai membuat bentuk murni garam radium hanya 0,1 gram, satu titik kecil. Dengan takaran itu, ia sudah mampu memperlihatkan beberapa sifat kimia dan fisikanya. Pada rekan-rekan sesame ilmuwan, Marie mulai mewartakan hasil kerjanya yang bisa dikategorikan sebagai puncak karier risetnya yang paling terkenal. Ia kemudian memperoleh anugerah Medali Davy oleh Royal Society London.

Sekembalinya ke Paris, Marie kemudian memperoleh penghargaan doktor di bidang Sains. Pada tahun yang sama pula, Marie mendapat hadiah Nobel dalam bidang Fisika untuk karya radioaktif. Rasa bangga dan bahagia dalam diri Marie berlipat ganda karena ia tercatat dalam sejarah sebagai wanita pertama yang terkenal sebagai ilmuan. Hadiah Nobel semakin memantapkan hatinya bahwa tidak ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan. 

Pada 19 April 1906 Pierre meninggal Marie untuk selamanya. Marie menggantikan pekerjaan suaminya. Ia tercatat sebagai pengajar wanita pertama di Sorbonne dan wanita pertama pula yang menyandang status pofesor dari universitas tersebut. Gelar itu diterimanya pada tahun 1908. Marie kembali memperoleh Nobel dalam bidang kimia pada tahun1911 atas penemuan polonium dan radium, isolasi radium, serta penentuan sifat-sifatnya. 

Sisi lain dari kehidupan Marie, ia juga dikenal sebagai sosok perempuan yang memiliki tekad besar untuk mengabdikan hidupnya pada kemanusiaan dengan mengatasnamakan sains. Hal itu kemudian ia buktikan dengan terjun langsung dalam pemanfaatan sinar-X untuk menangani korban perang. Ia juga mendirikan Institut Radium di Paris dan Warsawa. 

Baca Juga:  Herawati Diah, Tokoh Pers Indonesia yang Tampil di Google Doodle

Atas semua jasa penemuannya, sebagian kalangan menjuluki Marie Curie sebagai Einstein Kaum Perempuan. Meski ia disibukkan dengan banyak penelitian, ia tidak pernah melalaikan tugasnya sebagai ibu rumah tangga. 

Rekomendasi

mamah dedeh pendakwah perempuan mamah dedeh pendakwah perempuan

Mamah Dedeh, Pendakwah Legendaris Perempuan

Zainab Fawwaz Penggerak Pembebasan Zainab Fawwaz Penggerak Pembebasan

Zainab Fawwaz, Penggerak Pembebasan Perempuan Mesir

nyai ageng pinatih majapahit nyai ageng pinatih majapahit

Nyai Ageng Pinatih, Saudagar Kaya era Majapahit

single mom ulama besar single mom ulama besar

Kisah Ibu dari Rabi’ah Ar-Ra’yi, Single Mom yang Didik Anaknya Jadi Ulama Besar

Ditulis oleh

Penulis Buku “NW Studies II” dan “Senandung Aforisme, Catatan Ruang Waktu Etika dan Cinta Si Gadis”. Saat ini sedang menyelesaikan gelar Magister Aqidah dan Filsafat Islam di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Komentari

Komentari

Terbaru

Silaturahmi dalam Momen Lebaran Silaturahmi dalam Momen Lebaran

Menjalin Silaturahmi dalam Momen Lebaran

Kajian

Macam Manusia Imam Al-Ghazali Macam Manusia Imam Al-Ghazali

Empat Macam Manusia Menurut Imam Al-Ghazali

Kajian

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

memelihara semangat setelah ramadhan memelihara semangat setelah ramadhan

Tips Memelihara Semangat Ibadah Setelah Ramadhan

Muslimah Talk

golongan manusia kedudukan terbaik golongan manusia kedudukan terbaik

Golongan Manusia yang Mendapatkan Kedudukan Terbaik di Sisi Allah

Kajian

kisah puasa sayyidah maryam kisah puasa sayyidah maryam

Memetik Hikmah dari Kisah Puasa Sayyidah Maryam dalam Alquran

Khazanah

Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan

Pendapat Para Ulama tentang Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan

Kajian

Makna Pentingnya Zakat Fitrah Makna Pentingnya Zakat Fitrah

Makna dan Pentingnya Zakat Fitrah

Kajian

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

Niat puasa malam hari Niat puasa malam hari

Mengapa Niat Puasa Boleh Dilakukan sejak Malam Hari?

Ibadah

Connect