Ikuti Kami

Khazanah

Kisah Umar bin Khattab dan Perempuan yang Merebus Batu

Kisah Umar bin Khattab

BincangMuslimah.Com – Kisah Umar bin Khattab selalu menarik diulik. Salah satunya, tatkala Umar bertemu dengan perempuan yang kelaparan, sehingga ia  harus merebus batu demi menenangkan anaknya. 

Berkenalan dengan Sosok Umar bin Khattab

Umar bin Khattab merupakan sahabat senior Rasulullah saw. Umar dikenal sebagai sosok paling keras dibandingkan sahabat Nabi yang lain. Bahkan, beliau ditakuti oleh jin dan setan karena ketegasan sekaligus keberaniannya. Lebih hebat lagi, Umar merupakan sosok yang memiliki keistimewaan, yaitu ‘diberi ilham’ oleh Allah Swt. sebagaimana sabda Nabi Muhammad saw.,

لَقَدْ كَانَ فِيْمَا قَبْلَكُمْ مِنَ الْأُمَمِ نَاسٌ مُحَدَّثُوْنَ, فَإِنْ يَكُنْ فِيْ أُمَّتِيْ أَحَدٌ فَإِنَّهُ عُمَرُ 

Artinya: “Sungguh sebelum kalian terdapat orang yang diberi ilham oleh Allah, jika dia umatku maka orang tersebut adalah Umar.” (HR. Bukhari)

Sabda Nabi tersebut benar-benar terbukti pada saat Umar telah menjadi khalifah. Saat itu, Umar sedang berkhutbah dan di pertengahan khutbahnya beliau berteriak secara lantang, “naik ke gunung, naik ke gunung”. 

Ternyata, teriakan beliau itu merupakan petunjuk untuk Sariyah (komandan perang kaum muslimin) untuk segera menaiki gunung agar selamat dari musuh. Padahal, Sariyah pada waktu itu sedang berperang dengan jarak yang sangat jauh. Tetapi, suara Umar terdengar hingga medan perang. Itulah bukti bahwa Umar ‘diberi ilham’ oleh Allah Swt.

Tatkala Umar Bertemu Perempuan yang Merebus Batu

Aslam, pembantu khalifah Umar bin Khattab bercerita:

Suatu ketika aku sedang bersama Sayyidina Umar pergi ke Kota Hirah yang terletak di dekat Kota Madinah. Dari kejauhan di atas gunung, tampak api unggun menyala. Sayyidina Umar berkata kepadaku, “Mungkin itu adalah sebuah kafilah yang kemalaman dan belum sempat memasuki kota. Mereka terpaksa menunggu di luar kota. Mari kita lihat bagaimana keadaan mereka.”

Baca Juga:  Muhammad Abduh, Sosok Pelopor Pembaharu Islam

Setelah sampai di tempat nyala api tersebut, tampaklah seorang perempuan dengan beberapa anak kecil di sekelilingnya sedang menangis meronta-ronta. Sementara itu, perempuan tersebut sedang merebus air dalam sebuah kuali di atas tungku yang menyala.

Setelah Sayyidina Umar memberi salam dan meminta izin untuk mendekat, beliau bertanya, “Mengapa anak-anak ini menangis?”

“Mereka menangis karena tidak dapat menahan rasa lapar”, jawab wanita itu.

“Apa yang sedang kau masak di kuali itu?”

“Aku memasak air untuk mengelabui mereka agar mereka senang karena menyangka bahwa saya sedang memasakkan makanan untuk mereka, sehingga mereka dapat tidur dan melupakan rasa laparnya. Semoga Allah menghukum khalifah yang tidak mau tahu kesusahanku ini.”

Dalam buku Kisah dan Hikmah, Dhurorudin Mashad menceritakan bahwa ibu anak-anak itu tidak memasak air, melainkan memasak sebongkah batu. Jadi, dengan ia memasak batu tujuannya untuk menghibur anaknya agar mengira ibunya itu memasakkan makanan untuknya.

Sayyidina Umar menangis seraya berkata, “Semoga Allah merahmatimu. Bagaimana mungkin Khalifah Umar dapat mengetahui keadaanmu?

“Sebagai seorang khalifah, ia harus tahu keadaan kami”, jawab sang ibu.

Aslam melanjutkan ceritanya.

Sayyidina Umar kemudian mengajakku kembali ke Madinah. Beliau mengambil sekarung gandum, kurma, minyak, beberapa potong pakaian, dan beberapa dirham uang dari baitul mal. Ia penuhi isi karung tersebut.

Setelah karung itu penuh beliau berkata kepadaku, “Wahai Aslam, letakkan karung ini di pundakku.”

“Biarkan saya yang membawanya, wahai Amirul Mukminin”, jawabku.

“Tidak. Letakkan karung ini di pundakku.”

Dua tiga kali aku menawarkan diri dengan sedikit memaksa beliau, tetapi beliau justru berkata, “Apakah engkau mau memikul dosa-dosaku kelak di hari kiamat? Biarlah aku sendiri yang memikul karung ini sebab aku sendirilah yang harus bertanggung jawab.”

Baca Juga:  Metode Pembuktian Kebenaran Milik Ibnu Rusyd

Dengan berat hati, kuletakkan karung tersebut di pundak beliau. Kemudian, dengan tergesa-gesa, beliau membawa karung itu ke atas gunung menuju kemah perempuan tua tadi. Aku berjalan menemaninya.

Sesampainya di sana, beliau langsung memasukkan tepung gandum tersebut ditambah dengan sedikit kurma dan minyak ke dalam kuali dan mengaduknya. Beliau sendiri yang mengaduk dan hingga kulihat asap perapian itu mengenai jenggotnya. Ia masak makanan itu hingga matang dan kemudian dengan tangannya yang penuh berkah, beliau hidangkan makanan tersebut kepada keluarga itu.

Sayyidina Umar merasa sangat senang dan tersenyum melihat mereka makan. Selesai makan, anak-anak itu bermain-main dengan riangnya, sedangkan si ibu nampak sangat bahagia.

Ia berkata, “Semoga Allah membalas kebaikanmu. Seharusnya, engkaulah yang menjadi khalifah, bukan Umar.”

Untuk menyenangkan hati ibu tersebut, Sayyidina Umar tidak membuka identitas dirinya dan berkata, “Jika engkau pergi menjumpai Umar maka akan kau temui pula aku di sana.”

Setelah itu, Sayyidina Umar duduk di tanah. Setelah beberapa lama duduk, ia kemudian meninggalkan mereka.

Beliau kemudian berkata kepadaku, “Wahai Aslam, tahukah engkau, mengapa aku duduk? Aku ingin menyaksikan mereka tertawa setelah sebelumnya aku melihat mereka menangis kelaparan.”

Dari kisah di atas, dapat kita ambil dua hikmah. Pertama, seorang pemimpin harus terjun ke masyarakat, hingga paling pelosok. Tidak ada sekat antara pemimpin dan masyarakat. Kedua, seorang pemimpin harus mengutamakan kepentingan rakyatnya dari pada kepentingan keluarganya.

Kisah tersebut diambil dari buku Sangu Urip, Lirboyo.

Demikianlah kisah Umar bin Khattab dan wanita lapar beserta hikmahnya. Semoga bermanfaat. Wallahu A’lam.

Rekomendasi

Ditulis oleh

1 Komentar

1 Comment

Komentari

Terbaru

Makna Kelapangan Dada Nabi Muhammad dalam Surah Al-Insyirah

Kajian

Kisah Rasulullah Memuliakan Perempuan

Khazanah

Membentuk Karakter Qur’ani Terhadap Anak Sejak Dini

Keluarga

Maulid Nabi sebagai Momentum Mewujudkan Warisan Keadilan

Khazanah

Hukum Jual Beli ASI

Kajian

imamghazali.org imamghazali.org

Qasidah Imam Busyiri, Bentuk Cinta Kepada Nabi

Khazanah

Retno Marsudi: Diplomat Handal dengan Segudang Prestasi

Diari

Cara mendidik anak Nabi Ibrahim Cara mendidik anak Nabi Ibrahim

Teladan Rasulullah Sebagai Kepala Keluarga

Khazanah

Trending

Hukum Masturbasi dalam Islam Hukum Masturbasi dalam Islam

Hukum Menghisap Kemaluan Suami

Kajian

doa baru masuk islam doa baru masuk islam

Doa yang Diajarkan Rasulullah pada Seseorang yang Baru Masuk Islam

Ibadah

Doa Nabi Adam dan Siti Hawa saat Meminta Ampunan kepada Allah

Ibadah

Doa menyembelih hewan akikah Doa menyembelih hewan akikah

Doa yang Diucapkan Ketika Menyembelih Hewan Akikah

Ibadah

Murtadha Muthahhari: Perempuan Butuh Kesetaraan, Bukan Keseragaman

Kajian

Mengeraskan Bacaan Niat Puasa Mengeraskan Bacaan Niat Puasa

Doa Qunut: Bacaan dan Waktu Pelaksanaannya

Ibadah

Khalil Gibran dan Cintanya yang Abadi

Diari

mona haedari pernikahan anak kdrt mona haedari pernikahan anak kdrt

Suami Boleh Saja Memukul Istri, Tapi Perhatikan Syaratnya!

Kajian

Connect