Ikuti Kami

Keluarga

Ibu Alami Postpartum Depression, Ini yang Bisa Dilakukan Suami

Postpartum Depression
Source: Gettyimages.com

BincangMuslimah.Com – Keberadaan ibu hamil yang mengalami postpartum depression atau depresi pasca melahirkan menjadi satu masalah yang amat menggelisahkan. Mungkin ada perasaan jerih ketika melihat sebuah pemberitaan seorang ibu yang melukai dirinya sendiri, hingga mencoba mengakhiri hidup. 

Saban hari muncul berita lain yang mengabarkan seorang ibu tega melukai sang buah hati. Jika sudah begini, kebanyakan di antara kita akan menghujat dan mengucapkan kalimat tidak mengenakkan. Ibu yang demikian dianggap tidak bersyukur.

Kenali Perbedaan Baby Blues dan postpartum Depression

Menyakiti diri sendiri hingga sang buah hati bisa jadi pertanda jika ibu telah melampaui baby blues dan berubah menjadi postpartum depression. Perbedaan antara baby blues dan postpartum depression sering disalahpahami kebanyakan orang. 

Keduanya jauh berbeda. Baby blues jika diartikan secara umum adalah rasa sedih hingga gangguan emosi yang dirasakan ibu usai melahirkan. Gangguan emosi ini biasanya ditandai dengan ibu sering menangis, merasa malu, tidak sempurna, marah, dan sebagainya. 

Namun, durasi baby blues biasanya singkat, paling lama sekitar dua minggu saja. Berbeda dengan postpartum depression, tahap yang lebih serius karena bisa terjadi lebih lama. Sebulan, bahkan bisa lebih. 

Gejala yang dimunculkan dari postpartum pun cenderung jauh lebih kuat. Tidak hanya sekedar sedih, ibu saat mengalami gangguan ini akan merasa putus asa. Perasaan lain yang muncul adalah merasa tidak berguna. Hingga jika berlarut-larut, ibu merasa tidak dapat menjadi orang tua yang baik untuk anaknya. 

Kalaulah sudah berlarut-larut, ibu bisa mengalami gangguan makan dan enggan melakukan apa pun. Bahkan pada tahap yang cukup serius, ibu tidak ingin melihat anaknya dan ingin mengakhiri ini semua. 

Lantas apa yang menyebabkan lahirnya keberadaan postpartum depression pada ibu usai melahirkan?

Baca Juga:  Lima Hal yang Boleh Dilakukan Suami Saat Istri Haid

Postpartum depression bisa saja terjadi karena terjadinya kehamilan yang tidak diinginkan. 

Pada sebuah pertemuan virtual, Sekretaris Jenderal Pengurus Besar (PB) Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Ulul Albab dan Badan Koordinasi Keluarga Berencana (BKKBN) merilis sebuah data. Data tersebut menyatakan jika ada 17,5 persen terjadi kehamilan yang tidak diinginkan. 

Kehamilan tidak direncanakan terjadi bukan hanya dari pasangan yang sah. Namun, kehamilan ini dialami juga oleh pasangan suami istri. Bisa disebabkan karena penggunaan alat kontrasepsi yang tidak tepat hingga faktor lainnya. 

Tentu keberadaan sang buah hati dengan kondisi mental yang belum matang bisa menjadi faktor ibu mengalami postpartum depression. Untuk mengasuh dan mengasihi anak, butuh kemapanan dari segi mental hingga finansial. 

Jika tidak, muncul kekhawatiran yang berkepanjangan dan kendala dalam membesarkan anak. Semua ini tentu dapat menjadi buah pikir yang berujung pada depresi. 

Faktor lain munculnya postpartum depression adalah perubahan besar yang dirasakan oleh ibu. Tadinya ia hanyalah seorang perempuan mandiri yang bertanggungjawab atas dirinya. Setelah melahirkan, muncul tanggung jawab lain yang jauh lebih besar. 

Selain itu, penyebab lain bisa juga berasal dari perubahan besar pada hormon ibu, hingga lingkungan sosial tempat ia tinggal. Semuanya terakumulasi dan mendorong terjadinya postpartum depression. Jika sudah di tahap ini, tidak perlu menunggu. Langsung pergi untuk mendapatkan penanganan dari pihak profesional.

Yang Bisa Dilakukan Suami Cegah Postpartum Depression pada Ibu

Anak, adalah buah kasih dari suami dan istri. Sehingga tanggung jawab terhadap anak diemban oleh keduanya. Bukan salah satu di antaranya. Oleh karena itu, suami harus menganggap istri sebagai partner, begitu sebaliknya. Mulailah menanamkan pikiran jika suami dan istri adalah satu tim yang tidak dapat terpisahkan. 

Baca Juga:  Parenting Islami: Seberapa Penting Sinergi Kedua Orangtua Untuk Tumbuh Kembang Anak?

Pertama, suami perlu membuka ruang untuk mengobrol 

Buka ruang diskusi dan hargai setiap masalah yang pasangan ungkapkan. Entah itu seputar dirinya atau pengasuhan anak. Tidak hanya sekedar berkomunikasi, pasangan juga perlu menghargai keluhan, gagasan, dan pendapat yang ada. 

Hindari percakapan yang berbau pelecehan secara verbal. Pelecehan tidak selalu terkait seksual. Bisa saja berupa kalimat yang merendahkan, menjatuhkan dan membandingkan. Kamu kok gak bisa, begini saja tidak mampu, gak becus, dan sebagainya. 

Kedua, lakukan evaluasi bersama terkait pengasuhan anak 

Suami mungkin tidak bisa sepenuhnya berada di samping istri. Namun ketika malam tiba, walau hanya sebentar, peran suami tetap amat penting. validasi perasaan istri, hingga tawarkan bantuan.

Mungkin sesederhana memberikan pijatan ketika istri memberikan ASI pada sang buah hati. Bisa juga dengan membiarkan istri bersandar di bahu saat menyusui. Tindakan kecil seperti itu nyatanya membuat ibu merasa tidak sendiri.  

Ayah, suami bisa berbagi tugas dengan sang ibu. Sediakan waktu untuk menggantikan posisi istri untuk menggendong sang buah hati. Atur waktu sedemikian rupa dan jangan sungkan bertanya pada istri, apa yang dibutuhkan. 

Libatkan istri untuk membuat rencana masa depan, begitupun tentang masa depan anak. Tidak perlu rencana jangka pendek atau panjang. Bisa saja membuat rencana kesepakatan tentang berbagi tugas dan sebagainya. 

Dengan contoh kiat-kiat di atas, ibu merasa ia tidak sendiri dalam mengemban tanggung jawab bersama mengasih dan mengasuh anak. Yang terpenting, jangan lupa dan sungkan untuk berkonsultasi pada tenaga profesional terkait kesehatan mental. 

Rekomendasi

menolak dijodohkan bahasa cinta menolak dijodohkan bahasa cinta

Lima Bahasa Cinta: Suami Istri Perlu Tahu

Hannan Lahham: Mufassir Perempuan Ayat Kekerasan

Faktor-Faktor Psikologis Baby Blues Faktor-Faktor Psikologis Baby Blues

Faktor-faktor Psikologis yang Mempengaruhi Baby Blues

Ibu rumah tangga Ibu rumah tangga

Ibu Rumah Tangga, Rentan Jadi Manusia Paling Kesepian

Ditulis oleh

Melayu udik yang berniat jadi abadi. Pernah berkuliah di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, jurusan Jurnalistik (2014), aktif di LPM Institut (2017), dan Reporter Watchdoc (2019). Baca juga karya Aisyah lainnya di Wattpad @Desstre dan Blog pribadi https://tulisanaisyahnursyamsi.blogspot.com

Komentari

Komentari

Terbaru

ajarkan kesetaraan laki-laki perempuan ajarkan kesetaraan laki-laki perempuan

Mengenal Lebih Jauh Macam-macam Pendekatan Gender

Kajian

Kisah cinta Zainab binti Rasulullah Kisah cinta Zainab binti Rasulullah

Kisah Cinta Sayyidah Zainab binti Rasulullah

Muslimah Talk

Hukum kremasi jenazah mualaf Hukum kremasi jenazah mualaf

Hukum Kremasi Jenazah Mualaf

Kajian

Rembuk Ide Rembuk Ide

El-Bukhari Institute Gelar Rembuk Ide, Bahas Moderasi Beragama untuk Gen Z

Berita

Bincang Thaharah; Wudhu Tidak Berurutan, Apakah Tetap Sah?

Video

Perbedaan Haji dan Umrah Perbedaan Haji dan Umrah

Tiga Perbedaan Haji dan Umrah

Ibadah

Syarat-syarat dikabulkannya doa Syarat-syarat dikabulkannya doa

Fungsi dan Syarat-syarat Dikabulkannya Doa  

Ibadah

Larangan bagi Perempuan Haid Larangan bagi Perempuan Haid

Larangan bagi Perempuan Istihadhah

Kajian

Trending

Doa keguguran Doa keguguran

Kehilangan Buah Hati Akibat Keguguran, Baca Doa yang Diajarkan Rasulullah Ini

Ibadah

masa iddah hadis keutamaan menikah masa iddah hadis keutamaan menikah

10 Hadis Tentang Keutamaan Menikah

Kajian

Tujuh Keutamaan Membaca Shalawat Tujuh Keutamaan Membaca Shalawat

Doa agar Terhindar dari Prasangka Buruk pada Allah

Ibadah

Mengenal Rufaidah al-Aslamiyah: Perawat Perempuan Pertama dalam Sejarah Islam

Muslimah Talk

Mandi junub dan haid Mandi junub dan haid

Empat Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Mandi Wajib

Ibadah

Resensi Buku Pernah Tenggelam Resensi Buku Pernah Tenggelam

Resensi Buku Pernah Tenggelam: Halu Berlebihan Menenggelamkan Keimanan?

Diari

Shafiyah binti Huyay Teungku Fakinah Shafiyah binti Huyay Teungku Fakinah

Kisah Bulan Madu Rasul dengan Shafiyah binti Huyay

Muslimah Talk

muslimah mencukur habis rambutnya muslimah mencukur habis rambutnya

Bolehkah Muslimah Mencukur Habis Rambutnya?

Kajian

Connect