Ikuti Kami

Kajian

Tips Mengatasi Overthinking dalam Ajaran Islam

Tips Mengatasi Overthinking dalam

BincangMuslimah.Com – Bagi kaum muda, usia rentang 20-30 tahun adalah hal-hal sulit menjalani kehidupan. Pencarian jati diri, menentukan masa depan, mencari pekerjaan adalah struggle yang mesti dihadapi. Mencapai target-target yang ditentukan dengan segala rintangannya tentu tak hanya menguras tenaga dan uang, tapi juga emosi dan pikiran. Maka seringkali kaum muda mengalami overthinking, berpikiran secara berlebihan tentang suatu hal, terutama hal yang belum terjadi. Dan pengalaman ini bisa menerpa siapa saja. Lalu, bagaimana tips mengatasi overthinking dalam ajaran Islam?

Overthinking tentu bukan hal yang mudah dikendalikan. Pikiran-pikiran random sering tiba-tiba muncul tak mengenal waktu. Biasanya ia memang muncul pada malam hari, saat tubuh ingin memenuhi hak istirahatnya. Kekhawatiran akan hari esok adalah yang seringkali dipikirkan oleh anak muda. Apakah kelak akan menjadi orang yang berhasil atau tak berguna? Apakah esok hidup akan lebih baik? Atau bahkan pikiran-pikiran tentang masa lalu yang tak bisa kita ubah.

Berpikir berlebihan justru akan memecahkan konsentrasi kita dan takkan mengubah apapun jika kita tidak bertindak apapun. Justru, berpikir berlebihan menguras pikiran, emosi, dan membuang waktu. Meski begitu, overthinking memang sering reflek terjadi dan datangnya di luar kendali kita. Tapi tetap saja, kita masih bisa berupaya mengendalikannya.

Sebagai manusia yang beriman pada Allah, hal-hal ghaib termasuk masa depan, dan juga takdir harusnya bisa lebih memudahkan diri kita untuk bisa mengendalikan pikiran kita. Jika iman menancap dalam kalbu, maka hal yang perlu kita lakukan adalah berupaya semampu kita bukan membiarkan overthinking itu terus menguasai pikiran.

Jelas-jelas Allah sudah menjanjikan bahwa semua rezeki makhluk-Nya telah pasti. Firmannya dalam surat Hud ayat 6:

Baca Juga:  3 Tahapan Pengharaman Alkohol dalam Alquran

وَمَا مِنْ دَاۤبَّةٍ فِى الْاَرْضِ اِلَّا عَلَى اللّٰهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۗ كُلٌّ فِيْ كِتٰبٍ مُّبِيْنٍ

Artinya: Dan tidak satupun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya dijamin Allah rezekinya. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semua (tertulis) dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh).

Imam Thabary dalamm Jami’ al-Bayan fii Ta`wiil al-Qur`an menjelaskan tentang ayat ini. Ayat ini menjadi jaminan bahwa Allah adalah pemegang jaminan atas kekuatan, rezeki, dan kehidupan manusia. Jika manusia meyakini hal ini sepenuhnya, maka ia akan menjadi manusia yang optimis. Setidaknya, sikap optimis akan menggerakan dirinya untuk tetap berikhtiyar. Ikhtiyar tak semata-semata untuk menemukan hasil, tapi melaksanakan hidup sebagai hamba Allah yang menyerahkan hidup kepada Tuhannya.

Adapun beberapa tips mengatasi overthinking jika pikiran-pikiran random itu tiba-tiba saja datang kepadamu, adalah sebagai berikut:

Pertama, meyakini bahwa Allah menjadi penjamin penuh atas rezeki setiap makhlukNya. Jangankan manusia, seekor burung yang tiap pagi meninggalkan sarangnya juga akan selalu membawa makanan saat pulang. Apalagi manusia, makhluk Allah yang diciptakan untuk beribadah kepadaNya (QS. Az-Zariyat ayat 56).

Justru berpikiran berlebihan dan meragukan akan apa yang telah Allah jamin akan menjatuhkan seseorang pada level keimanan yang lebih rendah. Sebab iman cakupannya jauh lebih luas dari Islam. Seseorang yang telah beriman artinya ia meyakinkannya dalam hati dan mewujudkannya dalam tindak laku sehari-hari. Jika percaya penuh pada Allah, maka hari-harinya akan dijalani dengan tenang dan optimis.

Kedua, meski seringkali gagal, Allah akan menggantikannya bahkan jauh lebih baik. Kegagalan sangat diperlukan untuk manusia agar dirinya makin merasakan sifat kehambaannya. Sepenuh-penuhnya ia berusaha, jika memang Allah tidak menghendaki maka itu takkan terwujud. Tapi, apakah berusaha atau tidak akan sama hasilnya? Tentu tidak. Bayangkan, jika kamu lapar dan ingin makan tapi kamu tak berusaha membeli makanan atau masak, apakah tiba-tiba kamu akan merasakan kenyang? Jawabannya kan tidak. Usaha adalah niscaya bagi manusia.

Baca Juga:  Fenomena Adopsi Spirit Doll dan Pandangan Islam Terhadapnya

Tapi soal kegagalan, coba kamu ingat-ingat lagi, rezeki apa yang tak terduga datang dalam hidupmu? Adakah itu kau lupakan? Manusia memang nalurinya mudah melupakan kebaikan orang lain hanya karena satu kesalahan besar yang dilakukannya. Bahkan manusia cenderung melupakan rezeki yang sangat berharga dan mengingat kegagalan yang ia alami tapi penuh menyalahkan Tuhan. Padahal Allah berfiman dalam surat at-Thalaq ayat 3:

وَّيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُۗ وَمَنْ يَّتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ فَهُوَ حَسْبُهٗ ۗاِنَّ اللّٰهَ بَالِغُ اَمْرِهٖۗ قَدْ جَعَلَ اللّٰهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

Artinya: dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu.

Tawakkal adalah kunci. Ibnu Katsir memaknai tawakkal sebagai sikap berharap hanya kepada Allah. Tak ada tujuan dan maksud bagi seorang hamba selain Allah, dan tidak mengharapkan segala sesuatu selain kepadaNya. Jika harapan, maksud, dan kehendak diarahkan hanya kepada Allah maka kita akan melakukan ikhtiyar dengan ridho dan ikhlas. Karena sikap ini mewujudkan kepasrahan kepada Tuhan.

Ketiga, tetap berusaha semaksimal mungkin tapi disertai keyakinan bahwa apa yang ditakdirkan untukmu akna terjadi dan apa yang tidak ditakdirkan untukmu tidak akan terwujud bagaimanapun kau mengupayakannya. Usaha lahiriah diiringi keyakinan batin akan Kuasa Allah akan mengantarkan kita pada sika husnuzon kepada Allah. Allah tetap punya Kuasa atas hamba-Nya, termasuk rezekinya. Termaktub dalam surat al-Isra` ayat 30:

اِنَّ رَبَّكَ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَّشَاۤءُ وَيَقْدِرُ ۗاِنَّهٗ كَانَ بِعِبَادِهٖ خَبِيْرًاۢ بَصِيْرًا

Artinya: Sungguh, Tuhanmu melapangkan rezeki bagi siapa yang Dia kehendaki dan membatasi (bagi siapa yang Dia kehendaki); sungguh, Dia Maha Mengetahui, Maha Melihat hamba-hamba-Nya.

Rezeki tak hanya sebatas uang, tapi juga kesehatan, kesempatan, waktu yang bermanfaat, dan orang-orang yang mencintai kita. Maka overthinking yang terus dibiarkan takkan mengubah apapun kecuali hanya akan menghabiskan waktu dan menjadikan kita manusia yang pesimis. Wallahu a’lam bisshowab.

Baca Juga:  Mengenali Kekerasan dalam Rumah Tangga dan Bagaimana Solusinya?

Rekomendasi

Sejarah Pensyariatan Azan Pertama Sejarah Pensyariatan Azan Pertama

Sejarah Pensyariatan Azan Pertama Kali

Hubungan Gender dan Tafsir Agama Menurut Quraish Shihab

perempuan tulang rusuk laki-laki perempuan tulang rusuk laki-laki

Tafsir An-Nisa Ayat 1; Benarkah Perempuan Berasal dari Tulang Rusuk Laki-laki?

Nama Lain Surat Al-Ikhlas Nama Lain Surat Al-Ikhlas

Nama Lain Surat Al-Ikhlas

Ditulis oleh

Sarjana Studi Islam dan Redaktur Bincang Muslimah

Komentari

Komentari

Terbaru

Macam Manusia Imam Al-Ghazali Macam Manusia Imam Al-Ghazali

Empat Macam Manusia Menurut Imam Al-Ghazali

Kajian

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

memelihara semangat setelah ramadhan memelihara semangat setelah ramadhan

Tips Memelihara Semangat Ibadah Setelah Ramadhan

Muslimah Talk

golongan manusia kedudukan terbaik golongan manusia kedudukan terbaik

Golongan Manusia yang Mendapatkan Kedudukan Terbaik di Sisi Allah

Kajian

kisah puasa sayyidah maryam kisah puasa sayyidah maryam

Memetik Hikmah dari Kisah Puasa Sayyidah Maryam dalam Alquran

Khazanah

Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan

Pendapat Para Ulama tentang Tradisi Takbiran Menggunakan Petasan

Kajian

Makna Pentingnya Zakat Fitrah Makna Pentingnya Zakat Fitrah

Makna dan Pentingnya Zakat Fitrah

Kajian

perempuan haid mengikuti takbiran perempuan haid mengikuti takbiran

Hukum Perempuan Haid Mengikuti Takbiran di Hari Raya

Kajian

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

kisah yahudi maulid nabi kisah yahudi maulid nabi

Enam Hal Penting yang Perlu Digarisbawahi tentang Poligami Rasulullah

Kajian

Niat puasa malam hari Niat puasa malam hari

Mengapa Niat Puasa Boleh Dilakukan sejak Malam Hari?

Ibadah

Connect