Ikuti Kami

Kajian

Tafsir Penciptaan Perempuan menurut Muhammad Abduh

BincangMuslimah.Com – Bicara tentang penciptaan, tentu kita tahu teori penciptaan Adam Hawa  selalu dijadikan pijakan. Penciptaan Hawa (perempuan pertama) dalam al-Qur’an tidak dijelaskan secara eksplesit nama Adam dan Hawa, tetapi di ungkapkan dengan kata nafs wahidah yang merupakan Adam, dan zaujaha adalah Hawa, perempuan pertama yang menjadi istri Adam.

Dalam pandangan sebagian ulama klasik, Hawa diciptakan dari bagian tubuh (tulang rusuk) Adam, yang dalam QS. al-Nisa’ ayat 1 disebut dengan dari padanya (minha). Namun menurut al-Razi terdapat perbedaan pandangan di kalangan ulama. Mayoritas ulama memang menafsiran Hawa diciptakan dari bagian tubuh Adam. Sementara yang lain tidak memahami demikian, tetapi mengatakan bahwa nafs wahidah adalah jenis yang satu, sehingga Hawa pun diciptakan dari hal yang sama dengannya. Begitulah kontruksi yang dibangun sejak dahulu kala.

Pembahasan ini sebenarnya telah dibantah sejak kedatangan Islam. Kaum perempuan menemukan kembali jati diri kemanusiaan mereka yang sempat diragukan. Mereka sadar bahwa mereka adalah manusia sebagaimana halnya kaum lelaki. Dalam makna laki-laki dan perempuan sama dan setara.

Sebab terjadinya perubahan kedudukan perempuan itu adalah karena Islam dengan tegas menolak anggapan bahwa Hawa adalah sumber malapetaka di dunia karena telah menggoda Adam sehingga terjatuh dari surga. Sedangkan al-Qur’an menjelaskan bahwa yang menggoda Adam dan Hawa secara bersamaan adalah setan, bukan Hawa. Hal ini telah dijelaskan dalam QS. al-Isra’: 70.

Meskipun Islam telah datang sebagai patron yang meyatakan setaranya perempuan dan laki-laki dari segi penciptaan, namun sebenarnya terjadi perdebatan panjang dalam tafsir al-Manar di kalangan para ulama klasik.

Menurut Muhammad Abduh dan Rasyid Ridha dalam tafsir al-Manar tentang ayat-ayat penciptaan Hawa, sumber primer dan tafsir al-Manar hanya terdiri dari jilid 1 sampai 12 atau al-Qur‟an juz 12 awal surat yusuf, sedangkan juz selanjutnya sampai 30 belum ditulis. Akan tetapi tiga ayat yaitu: QS. al-Nisa’: 1, QS. al-An’am: 98, QS. al-A’raf: 189, sudah mewakili dalam memahami penfasiran ayat-ayat tentang penciptaan perempuan dalam tafsir al-Manar.

Baca Juga:  Tafsir Surah An-Nisa Ayat 19; Perintah Berlaku Baik Kepada Perempuan

Dalam konteks ini, ayat-ayat tentang penciptaan Hawa tidak disebutkan secara jelas dan terperinci.  Para ulama klasik hanya  merujuk pada QS. Al-Nisa’:1, karena pada ayat ini lebih jelas diungkapkan konsep asal usul dan perkembangan manusia, termasuk Hawa.

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ ۚ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.” (QS. Al-Nisa: 1)

Ayat di atas ditafsirkan Para ulama terdahulu memahami kata nafs wahidah pada ayat ini dalam arti Adam. Akan tetapi al-Qasimi, Muhammad Abduh memaknainya dalam arti jenis manusia lelaki dan wanita. Kemudian ayat diatas sama penafsirannya dengan QS. al-Hujurat: 13 berikut

يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَىٰ وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (QS. Al-Hujurat: 13)

Kedua ayat di atas membicarakan hal sama yaitu tentang asal kejadian manusia dari seorang ayah dan ibu, yakni sperma ayah dan ovum ibu. hanya tekanannya saja yang berbeda. Jika ayat pertama dalam konteks menjelaskan tentang berkembang biaknya manusia dari seorang ayah dan ibu, maka ayat kedua konteksnya adalah persamaan hakikat kemanusian tiap individu manusia. Dimana setiap orang walau berbeda-beda ayah dan ibunya, tetapi unsur dan proses kejadian mereka sama. Sehingga tidak dibenarkan seseorang menghina atau merendahkan orang lain. (A. Musthofa al-Maraghi, Tafsir al-Maraghi)

Dengan menafsirkan kata nafs wahidah dalam arti dari jenis yang satu, Thabathaba’i dalam tafsirnya menyebutkan  bahwa ayat tersebut juga memberi penegasan bahwa istri Adam yang ditunjuk dengan kata zaujaha diciptakan dari jenis yang sama dengan Adam yakni dari tanah dan hembusan ruh Ilahi. Menurutnya sedikitpun ayat itu tidak mendukung faham yang beranggapan bahwa Hawa diciptakan dari tulang rusuk Adam sebagaimana yang dipahami para ulama terdahulu.

Baca Juga:  Penjelasan Rukun Iman dalam Kitab I’anatu al-Mustafid

Perdebatan terjadi pada  penciptaan Hawa dalam ayat ini diungkapkan dengan kalimat wa khalqa minha zaujaha. Persoalannya apakah Hawa diciptakan dari tanah sama seperti penciptaan Adam, atau diciptakan dari (bagian tubuh) Adam itu sendiri. Kata kunci penafsiran yang perdebatan  ini terletak pada kalimat minha. Apakah kalimat ini menunjukkan bahwa untuk Adam diciptakan istri dari jenis yang sama dengan dirinya, atau diciptaan dari (diri) Adam itu sendiri.

Menurut Abduh, nafs wahidah bukanlah Adam. Karena kalimat selanjutnya yaitu wa bathth minhuma rijal katsir wa nisa, berbentuk nakirah (tidak menunjukkan arti tertentu). Kalau nafs wahidah dipahami Adam, maka seharusnya kalimat berikutnya adalah wa bathth minhuma rijal katsir wa al-Nisa’, berbentuk ma’rifah. Menurutnya, ayat itu tidak dapat dipahami sebagai jenis tertentu, karena panggilan (khitab) yang ada dalam ayat itu ditunjukkan kepada segenap bangsa yang tidak semuanya mengetahui Adam.

Pemahaman tentang Adam sebagai nenek moyang yang kemudian menjadi dasar penafsiran ayat tersebut adalah lebih didasarkan pada sejarah bangsa Ibrani dari pada al-Qur’an itu sendiri, karena al-Qur’an tidak memberikan penjelasan tentang hal itu.

Penyebutan kata rijal dan nisa’ dalam bentuk nakirah pada ayat tersebut dikuatkan dengan kata minhuma bukanlah Adam dan Hawa, tetapi zaujain (suami dan istri). Hal ini menurut Abduh, karena keterangan zauj (pasangan) setelah keterangan tentang penciptaan manusia tidak menunjukkan selang waktu, dan kata sambung waw (dan tidak menunjukkan arti tertentu, tetapi merupakan tafsil (perincian) dari yang ijmal (global).

Dengan mengutip penafsiran al-Razi, Abduh mengemukakan ada tiga macam takwil terhadap ayat ini:

Pertama, ayat tersebut adalah penyamaan (ala sabil darb al-mithl) bahwa Allah menciptakan setiap manusia dari nafs wahidah dan menciptakan dari jenisnya istri yang memilki jenis kesamaan di dalam sifat kemanusiaannya.

Baca Juga:  Hewan Kurban Rekomendasi Rasulullah

Kedua, yang dimaksud dengan nafs wahidah adalah Quraish, karena ayat tersebut ditujukan kepada bangsa Quraish pada masa Nabi Muhammad.

Ketiga, yang dimaksud dengan nafs wahidah adalah Adam. (Muhammad Rasyid Ridha, Tafsir al-Qur‟an al-Hakim, hal. 323).

Rekomendasi

Hubungan Gender dan Tafsir Agama Menurut Quraish Shihab

perempuan tulang rusuk laki-laki perempuan tulang rusuk laki-laki

Tafsir An-Nisa Ayat 1; Benarkah Perempuan Berasal dari Tulang Rusuk Laki-laki?

diperhatikan Memilih pasangan hidup diperhatikan Memilih pasangan hidup

Tafsir Al-Baqarah Ayat 221: Hal yang Harus Diperhatikan saat Memilih Pasangan Hidup

tafsir Basmalah Mafatih Al-Ghaib tafsir Basmalah Mafatih Al-Ghaib

Tafsir Keajaiban “Basmalah” dalam Kitab Mafatih Al-Ghaib (Bagian 4)

Ditulis oleh

Mahasiswi UIN Jakarta dan volunter di Lapor Covid

Komentari

Komentari

Terbaru

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah Agar Terhindar Keburukan

Ibadah

mengqadha puasa orang meninggal mengqadha puasa orang meninggal

Cara Mengqadha Puasa Orang yang Sudah Meninggal

Kajian

Keutamaan Melaksanakan I’tikaf Ramadhan Keutamaan Melaksanakan I’tikaf Ramadhan

Keutamaan Melaksanakan I’tikaf di Bulan Ramadhan

Kajian

doa nuzulul quran diamalkan doa nuzulul quran diamalkan

Doa Nuzulul Quran yang Bisa Diamalkan

Ibadah

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

lupa qunut shalat witir lupa qunut shalat witir

Imam Lupa Qunut Saat Shalat Witir, Wajibkah Sujud Sahwi?

Kajian

keberkahan orang makan sahur keberkahan orang makan sahur

Keberkahan untuk Orang Makan Sahur

Ibadah

kebiasaan shalat tarawih mesir kebiasaan shalat tarawih mesir

Tiga Kebiasaan Shalat Tarawih di Mesir

Kajian

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah Agar Terhindar Keburukan

Ibadah

perempuan tulang punggung keluarga perempuan tulang punggung keluarga

Dua Pahala yang Dijanjikan untuk Perempuan yang Jadi Tulang Punggung Keluarga

Kajian

Benarkah Janin yang Gugur Menjadi Syafaat Bagi Orang Tuanya Kelak?

Kajian

pendarahan sebelum melahirkan nifas pendarahan sebelum melahirkan nifas

Pendarahan Sebelum Melahirkan, Apakah Termasuk Nifas?

Kajian

Dalil Kewajiban Puasa Ramadhan dalam Al-Qur’an dan Hadis

Ibadah

Hijab Menurut Murtadha Muthahhari Hijab Menurut Murtadha Muthahhari

Konsep Hijab Menurut Murtadha Muthahhari

Kajian

Doa Setelah Shalat Witir

Ibadah

Zainab Fawwaz Penggerak Pembebasan Zainab Fawwaz Penggerak Pembebasan

Zainab Fawwaz, Penggerak Pembebasan Perempuan Mesir

Khazanah

Connect