Ikuti Kami

Kajian

Tafsir Keajaiban “Basmalah” dalam Kitab Mafatih Al-Ghaib (Bagian 4)

tafsir Basmalah Mafatih Al-Ghaib
gettyimages.com

BincangMuslimah.Com Lafaz basmalah masih memiliki misteri dan keistimewaan yang tidak bisa dihitung oleh jari. Setelah mengungkap delapan kisah pada terbitan sebelumnya, Imam Fakhruddin Ar-Razi kembali melanjutkan kisah yang luar biasa terkait tafsir lafaz basmalah dalam Mafatih al-Ghaib, kitab karangannya. 

Salah satu keajaiban yang beliau ungkap adalah lafaz basmalah bisa mendekatkan seseorang lebih kepada rabbnya. Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh hadis Rasulullah saw,

أَنَّ عُثْمَانَ بْنَ عَفَّانَ سَأَلَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، عَنِ بسم الله الرَّحْمَنِ الرحيم فَقَالَ ‌هُوَ ‌اسْمٌ ‌مِنْ ‌أَسْمَاءِ ‌اللَّهِ ‌وَمَا ‌بَيْنَهُ ‌وَبَيْنَ ‌اسْمِ ‌اللَّهِ ‌الأَكْبَرِ ‌إِلا ‌كَمَا ‌بَيْنَ ‌سَوَادِ ‌الْعَيْنَيْنِ ‌وَبَيَاضِهِمَا ‌مِنَ ‌القرب.

Artinya: “sesungguhnya Usman bin Affan bertanya kepada Rasulullah saw. mengenai bacaan basmalah. Lalu Rasulullah Saw menjawab; “Basmalah merupakan salah satu dari nama-nama Allah, yang mana diantara ia (hamba) dan nama Allahu Akbar, tak ubahnya seperti di antara bagian hitam mata dan putihnya, saking dekatnya.”

Kisah berikutnya masih disampaikan oleh Imam Ar-Razi dalam kitabnya Mafatih Al-Ghaib juz 1, halaman 158;

:التَّاسِعَةُ

اجْعَلْ نَفْسَكَ قَرِينَ ذِكْرِ اللَّهِ تَعَالَى حَتَّى لَا تَبْعُدَ عَنْهُ فِي الدَّارَيْنِ، رُوِيَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ دَفَعَ خَاتَمَهُ إِلَى أَبِي بَكْرٍ الصِّدِّيقِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ فَقَالَ: اكْتُبْ فِيهِ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ، فَدَفَعَهُ إِلَى النَّقَّاشِ وَقَالَ: اكْتُبْ فِيهِ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ مُحَمَّدٌ رَسُولُ اللَّهِ، فَكَتَبَ النَّقَّاشُ فِيهِ ذَلِكَ، فَأَتَى أَبُو بَكْرٍ بِالْخَاتَمِ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَرَأَى النَّبِيُّ فِيهِ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ مُحَمَّدٌ رَسُولُ اللَّهِ أَبُو بَكْرٍ الصِّدِّيقُ، فَقَالَ: يَا أَبَا بَكْرٍ، مَا هَذِهِ الزَّوَائِدُ؟ فَقَالَ أَبُو بَكْرٍ: يَا رَسُولَ اللَّهِ مَا رَضِيتُ أَنْ أُفَرِّقَ اسْمَكَ عَنِ اسْمِ اللَّهِ، وَأَمَّا الْبَاقِي فَمَا قُلْتُهُ، وَخَجِلَ أَبُو بَكْرٍ، فَجَاءَ جِبْرِيلُ عَلَيْهِ السَّلَامُ وَقَالَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ أَمَّا اسْمُ أَبِي بَكْرٍ فَكَتَبْتُهُ أَنَا لِأَنَّهُ مَا رَضِيَ أَنْ يُفَرِّقَ اسْمَكَ عَنِ اسْمِ اللَّهِ فَمَا رَضِيَ اللَّهُ أَنْ يُفَرِّقَ اسْمَهُ عَنِ اسْمِكَ، وَالنُّكْتَةُ أَنَّ أَبَا بَكْرٍ لَمَّا لَمْ يَرْضَ بِتَفْرِيقِ اسْمِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنِ اسْمِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ وَجَدَ هَذِهِ الْكَرَامَةَ فَكَيْفَ إِذَا لَمْ يُفَارِقِ الْمَرْءُ ذِكْرَ اللَّهِ تَعَالَى؟.

Baca Juga:  Tafsir al-Kahfi: Kisah Pemilik Kebun dan Temannya

Kisah Kesembilan: 

Hendaklah kamu mencari teman yang mengingatkan kepada allah ta’ala agar tidak jauh darinya di dunia dan akhirat. Diriwayatkan dari Nabi saw, bahwa nabi membayar cincinnya kepada Abu Bakar As-Siddiq dan Nabi berkata: “Tulislah di dalamnya kalimat laa ilaha illallah muhammad rasulullah (disambung)” 

Kemudian abu bakar menyerahkan cincin itu kepada tukang pahat dan berkata: “Tulislah di dalamnya kalimat laa ilaha illallah muhammad rasulullah” lalu tukang pahat mengukir pada cincin tersebut.

Setelah itu Abu Bakar datang membawa cincin itu kepada Nabi saw, Nabi melihat pada cincin itu “laa ilaha illallah muhammad rasulullah abu bakar as-siddiq (dipisah).” Lantas Nabi bertanya, “Wahai Abu Bakar, apa embel-embel ini? 

Abu Bakar berkata, “Wahai Rasulullah, aku tidak ingin membedakan namamu dengan nama Allah, dan selebihnya aku tidak mengatakannya.”

Abu Bakar merasa malu. Kemudian Jibril datang dan berkata: “Wahai Rasulullah, adapun nama Abu Bakar aku menulisnya karena dia tidak ingin membedakan namamu dengan nama Allah, maka Allah tidak ingin membedakan namanya dengan namamu.” 

Dikisahkan bahwa Abu Bakar ketika dia tidak ingin untuk membedakan nama Muhammad dari nama Allah Swt., ia mendapatkan kemuliaan tersebut. Jadi bagaimana jika seseorang tidak meninggalkan dalam mengingat Allah Swt.?

:الْعَاشِرَةُ

أَنَّ نُوحًا عَلَيْهِ السَّلَامُ لَمَّا رَكِبَ السَّفِينَةَ قَالَ: بِسْمِ اللَّهِ مَجْراها وَمُرْساها [هُودٍ: 41] فَوَجَدَ النَّجَاةَ بِنِصْفِ هَذِهِ الْكَلِمَةِ، فَمَنْ وَاظَبَ عَلَى هَذِهِ الْكَلِمَةِ طُولَ عُمْرِهِ كَيْفَ يَبْقَى مَحْرُومًا عَنِ النَّجَاةِ؟ وَأَيْضًا أَنَّ سُلَيْمَانَ عَلَيْهِ السَّلَامُ نَالَ مَمْلَكَةَ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ بِقَوْلِهِ: إِنَّهُ مِنْ سُلَيْمانَ وَإِنَّهُ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ [النَّمْلِ: 30] فَالْمَرْجُوُّ أَنَّ الْعَبْدَ إِذَا قَالَهُ فَازَ بِمُلْكِ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ

Baca Juga:  Hikmah di Balik Perintah Iddah Bagi Istri yang Ditinggal Wafat Suaminya

Kisah Kesepuluh: 

Ketika Nabi Nuh a.s naik ke atas kapal, Ia berkata, “dengan nama Allah Swt., pada waktu pergi dan berlabuhnya.” ia menemukan keselamatan dengan setengah dari kalimat ini. Jadi siapa pun yang istiqamah dengan kalimat ini sepanjang hidupnya, bagaimana dia bisa tetap kehilangan keselamatan? 

Dan juga diceritakan bahwa Nabi Sulaiman a.s. memperoleh kerajaan dunia dan akhirat dengan mengatakan: sesungguhnya itu (surat) dari Nabi Sulaiman dan bahwa surat itu dengan menyebut nama Allah, yang Maha Pemurah, yang Maha Penyayang, diharapkan bahwa ketika hamba mengatakan kalimat itu, ia akan memperoleh kerajaan dunia dan akhirat.

Itulah kisah tentang keajaiban tafsir basmalah yang diungkap oleh Imam Ar-Razi dalam kitab Mafatih al-Ghaib yang mana salah satu faedahnya adalah bisa mendatangkan keberuntungan dan mendekatkan kita kepada Allah Swt. Sekian, semoga bermanfaat.

Rekomendasi

Hubungan Gender dan Tafsir Agama Menurut Quraish Shihab

perempuan tulang rusuk laki-laki perempuan tulang rusuk laki-laki

Tafsir An-Nisa Ayat 1; Benarkah Perempuan Berasal dari Tulang Rusuk Laki-laki?

Amatul wahid ulama perempuan Amatul wahid ulama perempuan

Perempuan dalam Perspektif Tafsir Klasik dan Kontemporer

Ayat Muhkamat dan Mutasyabihat Ayat Muhkamat dan Mutasyabihat

Perlunya Memahami Ayat Muhkamat dan Mutasyabihat

Ditulis oleh

Alumni Pesantren As'ad Jambi dan Ma'had Aly Situbondo. Tertarik pada Kajian Perempuan dan Keislaman.

Komentari

Komentari

Terbaru

Sekilas tentang Sholihah Wahid Hasyim, Ibunda Gusdur

Kajian

Definisi anak menurut hukum Definisi anak menurut hukum

Definisi Anak Menurut Hukum, Umur Berapa Seorang Anak Dianggap Dewasa?

Kajian

Beauty Previllege terobsesi kecantikan Beauty Previllege terobsesi kecantikan

Beauty Previllege akan Menjadi Masalah Ketika Terobsesi dengan Kecantikan

Diari

Perilaku Rendah Hati alquran Perilaku Rendah Hati alquran

Tiga Contoh Perilaku Rendah Hati yang Diajarkan dalam Alquran

Muslimah Daily

Langkah mengesahkan Pernikahan Siri Langkah mengesahkan Pernikahan Siri

Langkah Hukum Mengesahkan Pernikahan Siri

Kajian

puasa syawal senilai setahun puasa syawal senilai setahun

Alasan Mengapa Puasa Syawal Senilai Puasa Setahun

Kajian

Metode Nabi Muhammad Metode Nabi Muhammad

Tiga Langkah Membina Generasi Berkualitas bagi Perempuan Karir

Keluarga

Tiga Hal Ini Perlu Ditekankan agar Pernikahan Menjadi Sakinah

Keluarga

Trending

doa terhindar dari keburukan doa terhindar dari keburukan

Doa yang Diajarkan Rasulullah kepada Aisyah agar Terhindar Keburukan

Ibadah

Surat Al-Ahzab Ayat 33 Surat Al-Ahzab Ayat 33

Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat 33; Domestikasi Perempuan, Syariat atau Belenggu Kultural?

Kajian

Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia Laksminingrat tokoh emansipasi indonesia

R.A. Lasminingrat: Penggagas Sekolah Rakyat dan Tokoh Emansipasi Pertama di Indonesia

Muslimah Talk

Mahar Transaksi Jual Beli Mahar Transaksi Jual Beli

Tafsir Surat An-Nisa Ayat 4; Mahar Bukan Transaksi Jual Beli

Kajian

Doa berbuka puasa rasulullah Doa berbuka puasa rasulullah

Beberapa Macam Doa Berbuka Puasa yang Rasulullah Ajarkan

Ibadah

Definisi anak menurut hukum Definisi anak menurut hukum

Definisi Anak Menurut Hukum, Umur Berapa Seorang Anak Dianggap Dewasa?

Kajian

Hukum Sulam Alis dalam Islam

Muslimah Daily

Perilaku Rendah Hati alquran Perilaku Rendah Hati alquran

Tiga Contoh Perilaku Rendah Hati yang Diajarkan dalam Alquran

Muslimah Daily

Connect